Semarak Bersih Pantai Area Mangrove Tambak Wedi Bareng Nelayan

Aksi Bersih Pantai Seri-76 dilaksanakan oleh Tunas Hijau di pesisir area mangrove Tambak Wedi Surabaya, Sabtu (3/9/2022). 452 orang mengikuti aksi mengumpulkan sampah dari pesisir ini. 60 orang di antaranya adalah para nelayan yang berada di sekitar lokasi.

Aktivis Senior Tunas Hijau Richi Razak mengatakan bahwa aksi bersih pantai ini memang khusus untuk mengajak lebih banyak nelayan setempat. “Kami mengakomodir usulan dari Kelurahan Tambak Wedi agar pelaksanaan bersih pantai kali ini digelar pada Sabtu. Bukan Minggu,” kata Richi Razak di sela bersih pantai.

Aksi para nelayan ikut serta membersihkan pantai ini membuat suasana bersih pantai berbeda dari yang sebelumnya. “Sejak pukul 06.30 para nelayan setempat sudah melakukan memulai aksi mengumpulkan sampah dari pesisir ini. Padahal aksi dijadwalkan mulai pukul 07.00,” ujar Revalina Fernanda, finalis putri lingkungan hidup 2022 dari SDN Tandes Kidul I, yang pertama kali hadir di lokasi.

Sampah-sampah yang memadati pantai ini sebagian besar dibawa air laut saat pasang

Sampah lebih dari 1 truk berhasil dikumpulkan pada aksi bersih pantai Sabtu pagi itu. Jumlah sampah yang banyak ini harus diangkut melalui dua kali pengangkutan truk sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya. 

Pada aksi bersih pantai ini, SDN Kedung Cowek I Surabaya mengikutsertakan peserta paling banyak, yaitu 250 orang. Dipimpin oleh Sukarti, Kepala SDN Kedung Cowek I, rombongan peserta dari sekolah ini memilih berjalan kaki menuju lokasi. “Kami berjalan kaki dari sekolah sejauh 1 kilometer,” tutur Sukarti.

Tim sekolah lain yang ikut serta aksi bersih pantai ini adalah SMPN 53, SMPN 61, SDN Kaliasin I, SDN Ketabang I, SDN Rungkut Menanggal I, SDN Nginden Jangkungan I. Selebihnya, peserta adalah para finalis pangeran dan putri lingkungan hidup 2022 beserta keluarganya.

Aksi bersih pantai ini aktif diikuti oleh para peserta dan finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup beserta keluarganya

Para finalis pangeran dan putri lingkungan hidup 2022 yang ikut serta aksi bersih pantai bersama keluarga adalah Ni Luh Gd Kt Keyva Richie Valerina Atmaja, Ni Luh Gede Reva Dealove Valentcia Atmaja, Verlita Anggraini Putri, Soraya Azzahra Wisanggeni, Revalina Fernanda, dan Rayshiva Purnomo.

Hadir juga Tanaya Aprilia Giofian, Kevin Aditya Rakha, Muhammad Raka Nafi’ Fathonah, Jesslyn Aurelia, Andrew Ionesta, Callysta Kusuma Azalia, Viola Kanaka Ardhani, Queen Anneysa Kabeer Lukito, Vania Nur Fitria, Cantika Putri Agita, Alkaisar, Naufal Suma Azizi, SMP N 17 Surabaya, Sanaz Aisya Janeeta, Nur Zidna, Affandieny Wahadzaa Wicaksono, dan Muchlisin.

Bersih pantai ini diakhiri dengan pembagian paket bahan pokok kepada seluruh nelayan yang ikut serta bersih pantai. Pembagian paket bahan pokok bantuan dari keluarga Pangeran Lingkungan Hidup 2020 Gregorius Marcelino Krustian ini dilakukan oleh para finalis yang ikut serta aksi bersih pantai. 

Penulis: Mochamad Zamroni

2 tanggapan untuk “Semarak Bersih Pantai Area Mangrove Tambak Wedi Bareng Nelayan

  • September 6, 2022 pada 16:54
    Permalink

    Keishya Ghea Avrillea
    Dari SMPN 56 Surabaya
    Dengan judul proyek BUDJANG (Budidaya Pepaya Jepang)
    No peserta 434

    Masya Allah Luar biasa sekali semangatnya,
    Kegiatan dan Aksi yang dilakukan sangat bermanfaat dan berdampak baik bagi lingkungan, Mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

    Salam sehat salam Zero Waste.👌
    Salam bumi pasti Lestari.🌍🌳

    Balas
  • September 6, 2022 pada 19:21
    Permalink

    Assalamualaikum wr. wb.✨
    Hai sobat hijau!🌿
    Perkenalan nama saya,,
    Nama: Ahmad Imam Syafi’i
    Asal sekolah: SMPN 56 Surabaya
    Judul proyek: BUNSENG (Budidaya Ginseng)
    No urut: 173
    .
    Sangat keren sekaliii🤩, kegiatan yang dilakukan oleh kakak² tunas hijau yang kerenn untuk mengajak siswa siswi Surabaya untuk melakukan hal positif bagi lingkungan, juga dengan para keluarga melakukan aksi bersih² pantai🌿
    .
    Salam bumi pasti lestari 🌏🌱
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *