Aliyy Hakim SDN Nginden Jangkungan Bagikan Pohon-Pohon Langka. Mau?

Aliyy Hakim Jalanidhi, siswa SDN Nginden Jangkungan I Surabaya, yang juga finalis pangeran lingkungan hidup 2022, membagikan pohon-pohon yang sejak awal tahun 2022 dia budidayakan. Dia mau memberikan pohon-pohon hasil budidayanya kepada siapapun yang mau. 

Di antara jenis pohon yang dibudidayakan oleh Aliyy Hakim adalah cendana, kawista, lerak, saga, gaharu, malaka, kaliandra, johar, klampis, flamboyant, kemuning, trembesi, jenitri, puspa, pule, nagasari, asam jawa, secang, kenitu ungu, gandaria, santigi dan dewandaru.

Banyak dari pohon yang dibudidayakan oleh Aliyy Hakim itu yang sudah langka dan tidak mudah untuk membibitkannya. “Saya membudidayakan pohon-pohon itu dibantu oleh ayah. Budidaya pohon ini saya lakukan di rumah. Di lantai 2 dan di pekarangan depan,” terang Aliyy Hakim Jalanidhi. Sudah lebih dari 1600 pohon berhasil dibudidayakan oleh Aliyy.

Aliyy bersama Ika Suci Rahayu Kepala SDN Nginden Jangkungan I di tempat pembibitan pohon di rumahnya

Untuk mendukung program Surabaya Eco School 2022 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya, Aliyy bermaksud membagikan pohon-pohon itu kepada sekolah-sekolah yang mau menanam dan merawatnya.

“Bagi sekolah yang mau pohon-pohon hasil pembibitan saya, bisa datang ke rumahnya di Jalan Nginden II/103 Surabaya sore hari,” tutur Aliyy didampingi ibunya, gurunya Lina Rachmawati dan plt Kepala SDN Nginden Jangkungan I Ika Suci Rahayu, Senin (31/10/2022).

Aliyy menjelaskan bahwa tidak menjual pohon-pohon yang harga di pasaran cukup mahal itu. “Bagi yang mau silahkan ambil saja dan janji untuk menanam dan merawatnya. Cukup dengan donasi seikhlasnya. Bisa dengan satu rupiah, dua rupiah, seratus rupiah, atau berapapun,” kata Aliyy Hakim.

Aliyy bersama Lina Rachmawati guru pembinanya dan Ika Suci Rahayu di pembibitan pohon lantai 2 rumahnya

Siswa peraih penghargaan kategori Pembibitan Pohon Terbaik Pangeran & Putri Lingkungan Hidup 2022 ini mengaku berkomitmen untuk melanjutkan pembibitan pohon untuk membantu gerakan penghijauan di Jawa Timur. Bagi sekolah yang mau pohon-pohon Aliyy Hakim bisa menghubungi guru pembinanya Lina Rachmawati melalui pesan Whatsapp 081357738237. 

Sementara itu, Ika Suci Rahayu plt Kepala SDN Nginden Jangkungan I Surabaya mengaku sangat mendukung kepedulian lingkungan hidup yang dilakukan oleh Aliyy Hakim Jalanidhi. “Ayo terus dikembangkan budidaya pohonnya. Terus semangat. Aliyy anak yang hebat,” pesan Ika Suci Rahayu saat mengunjungi tempat pembibitan pohon di rumah Aliyy Hakim Jalanidhi. 

Penulis: Zamroni

Satu tanggapan untuk “Aliyy Hakim SDN Nginden Jangkungan Bagikan Pohon-Pohon Langka. Mau?

  • November 1, 2022 pada 10:02
    Permalink

    Wah, Ali, jual di Shopee/Tokopedia aja pasti laku sebab banyak orang yang masih mencari bibit tanaman langka, lho. Nanti malah bisa sampai ke seluruh Indonesia tanaman langkamu. (Viola Kanaka Ardhani)

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *