Realisasi Challenge I Surabaya Eco School 2022 SD Wani

Kemeriahan Surabaya Eco School oleh Tunas Hijau Indonesia diwarnai dengan pelaksanaan Chalenge 1 peserta SES 2022. Keberhasilan melaksanakan Challenge 1 diunggah oleh beberapa sekolah dasar di halaman Instagram resmi kader lingkungan hidup sekolah masing-masing. 

Seperti yang dilakukan oleh SDN Rungkut Menanggal I Surabaya pada Senin (24/10/2022).  Dilansir dari Instagram Tunas Hijau Indonesia sekolah tersebut telah melaksanakan Challenge 1 SES 2022 dengan mengagendakan secara rutin kegiatan pengambilan sampah kardus, botol plastik bekas dan minyak jelantah di hari Jumat. 

Kegiatan berdurasi 60 menit tersebut diikuti oleh 20 orang warga sekolah. Hasil dari pengumpulan sampah akan dijual ke bank sampah dan hasil penjualanya akan dipergunakan untuk modal pembelian media pengomposan sampah organik.

SDN Ketabang 1 Surabaya ikut memeriahkan SES 2022 dengan melaksanakan Challenge 1 dengan sosialisasi pengelolaan dan pemilahan sampah melalui radio sekolah.  Sosialisasi tersebut disampaikan oleh Queen selaku Runner Up 1 Putri Lingkungan hidup 2022 perwakilan dari SDN Ketabang 1 Surabaya. Dalam siaran radio sekolah, Queen mengingatkan kembali warga sekolah untuk memilah sampah sesuai dengan warna tong sampah. 

Pantun yang menarik juga disampaikan Queen pada akhir siaran radio sekolah. Pantun tersebut berisikan ajakan untuk menjaga sekolah agar tetap bersih serta mengurangi sampah plastik agar lingkungan semakin cantik. 

Dilansir dari halaman Instagram resmi SDN Jemurwonosari 1 Surabaya, sosialisasi mengenai pemilahan sampah juga disampaikan melalui radio sekolah. Sosialisasi yang disampaikan oleh tiga orang siswa menyampaikan mengenai pentingnya memilah sampah untuk menjaga kelestarian lingkungan. Mereka juga menyampaikan tagline yaitu “Mari gaungkan upaya pengurangan sampah, terus konsisten, dan berkelanjutan”.   

SDN Bulak Rukem 1 Surabaya turut merealisasikan Challenge 1 Surabaya Eco School dengan melakukan gerakan membawa bekal makan dan minum sendiri dari rumah dengan wadah berulang kali pakai. 

Kegiatan tersebut diikuti oleh warga sekolah SDN Bulak Rukem 1 Surabaya. SDN Tanah Kalikending 1 Surabaya menggunakan cara yang sama untuk mengurangi sampah dengan mengajak 665 warga sekolah untuk membawa tempat makan dan tempat minum. Kegiatan yang serupa juga dilaksanakan oleh SDN Kertajaya IV yang juga berkomitmen untuk mengurangi sampah plastik. 

SDN Pacarkeling 1 Surabaya pada Jumat (28/10/2022) menyerahkan tanaman toga untuk ditanam bersama dan memanfaatkan air leri untuk menyiram tanaman tersebut. Kegiatan tersebut diikuti oleh warga sekolah dengan jumlah partisipan sebanyak 450 orang. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta lingkungan hidup bagi warga sekolah SDN Pacarkeling 1 Surabaya. 

Keterangan foto: Gerakan membawa bekal makanan dan minuman dengan wadah berulang kali pakai di SDN Kertajaya IV Surabaya

Penulis: Aisyah Maharani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *