Warung NKRI Kwarda Jatim Diresmikan di Jember

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Republik Indonesia bersama Kwarda Pramuka Jatim meresmikan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (Warung NKRI) di Kabupaten Jember, Minggu (4/12/2022). Acara peresmian berlangsung di Aula City Forest Arum Sabil, Kecamatan Sumbersari.

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan bahwa Warung NKRI merupakan wadah untuk melakukan pencegahan terhadap munculnya paham radikalisme yang semakin menjamur di Indonesia.

“Warung NKRI dapat membangun kewaspadaan sejak dini terhadap ancaman paham radikal yang bertentangan dengan ideologi Pancasila,” kata Komjen Pol Boy Rafly Amar. Lulusan Akpol 1988 ini menjelaskan bahwa penanggulangan terorisme bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab semua pihak.

“Oleh sebab itu, partisipasi masyarakat dan yang lainnya akan sangat membantu dalam mengantisipasi munculnya terorisme. Bergotong-royong dalam menjaga keutuhan NKRI,” tegasnya.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim H.M. Arum Sabil, SP bersama Ketua Badan Nasional Penanggulangan Terorisme RI Komjen Pol Dr. Boy Rafly Amar usai peresmian Warung NKRI dan dialog kebangsaan di Jember

Ketua Kwarda Pramuka Jatim, Arum Sabil menilai, kehadiran Warung NKRI wujud nyata dari konsep pentahelix. Yaitu sebuah strategi yang melibatkan berbagai unsur masyarakat maupun lembaga-lembaga nonprofit. “Dalam menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air dan membangkitkan rasa persatuan,” katanya.

Warung NKRI Kwarda Pramuka Jatim berlokasi di Kawasan City Forest and Farm Jember. Area ini merupakan tempat terbuka untuk semua lapisan masyarakat. Di tempat ini, siapa saja bisa berdiskusi tentang masalah dan potensi yang ada di masyarakat. 

Berdiskusi tentang ketahanan pangan, energi terbarukan, kegiatan-kegiatan pendidikan, ekonomi, sosial, lingkungan hidup dan kemanusiaan, untuk menjadikan Indonesia menjadi negeri yang maju dan harmoni.

“Keluarga besar Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jatim memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar atas gagasan dan inovasi beliau dalam program Warung NKRI,” ujar Arum Sabil.

Kepala BNPT Komjen Pol Dr. Boy Rafly Amar memberangkatkan tim dan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat

Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur Edi Supriyanto hadir pada kegiatan ini mewakili Gubernur Jawa Timur. Sekretaris Daerah Kabupaten Jember, jajaran Forkopimda Kabupaten Jember, ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) se – Jawa Timur, pengurus Asosiasi Petani Perkebunan Jawa Timur, pimpinan organisasi masyarakat dan organisasi keagamaan, para kepala desa maupun perangkat desa, serta pramuka penegak. 

Usai apel peresmian Warung NKRI Kepala BNPT Komjen Pol Dr. Boy Rafly Amar bersama Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim juga melepas relawan dan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. 

Bantuan itu berupa tandon air, genset listrik, peralatan instalasi listrik dan air, terpal, matras, popok bayi, dan selimut yang mana sumber dana berasal dari bumbung kemanusiaan Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Timur. (zamroni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *