Webinar Seri#123 “Waspada Intrusi Air Laut” Digelar Sabtu (18/3/2023)

Intrusi air laut adalah masuk atau menyusupnya air laut ke dalam pori-pori tanah dan atau batuan akan menyebabkan air tanah yang awalnya tawar berubah menjadi payau atau asin. Secara alamiah air laut tidak dapat masuk jauh ke daratan sebab air tanah memiliki piezometrik yang menekan lebih kuat dari pada air laut, sehingga terbentuklah interface sebagai batas antara air tanah dengan air laut, batas kesetimbangan antara air laut dan air tanah.

“Waspada Instrusi Air Laut” menjadi tema Webinar Seri#123 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau pada Sabtu, 18 Maret 2023 mulai pukul 12.00 – 15.00 WIB.

Narasumber webinar ini adalah:

1. Dr. Taat Setiawan, M.T – Kepala Balai Konservasi Air Tanah, Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan, Badan Geologi Kementerian ESDM. Topik “Intrusi air laut di pesisir Jakarta dan sekitarnya, adakah?”

2. Iwan Nirawandi, SSi, ME – Fungsional Penyuluh Lingkungan Hidup Ahli Madya Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut, Ditjen PPKL KLHK. Topik “Intrusi Air Laut serta Ancaman pada Ekosistem Pesisir dan Laut”

3. Dr. Ir. Sugeng Widada, M.Si. (Associate Professor) – Anggota Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia dan Dosen Universitas Diponegoro Semarang. Topik “Intrusi Air Laut Kota Semarang”

Webinar ini akan dipandu moderator yang merupakan anak-anak hebat yang memiliki proyek lingkungan hidup berkelanjutan, yaitu: 

1. Soraya Azzahra Wisanggeni – Runner Up 5 Putri Lingkungan Hidup 2022 dan siswi SDN Margorejo I Surabaya

2. Verlita Anggraini Putri – Runner Up 2 Putri Lingkungan Hidup 2022 dan siswi SDN Rungkut Menanggal I Surabaya

3. Bhre Bhawana Praja Kawula – Runner Up 1 Pangeran Lingkungan Hidup 2022 dan siswa SDN Pacarkeling V Surabaya 

Pendaftaran gratis melalui https://bit.ly/webinar-waspada-intrusi-air-laut

Setiap peserta terdaftar akan mendapatkan e-sertifikat. 4 e-sertifikat webinar regular Tunas Hijau bisa ditukar dengan 1 e-sertifikat 32JP.
Pada webinar seri#123 ini juga disediakan sertifikat khusus 32JP bagi guru peserta webinar ini yang merealisasikan semua tugas pasca webinar.

Penulis: Zamroni

2 tanggapan untuk “Webinar Seri#123 “Waspada Intrusi Air Laut” Digelar Sabtu (18/3/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *