1360 RW Siap Ikuti Lomba Kampung Surabaya Hebat 2023

Lomba Kampung Surabaya Hebat (KSH) Tahun 2023 dengan mengusung tema “Tuntas Kelola Sampah Dengan Penerapan Ekonomi Sirkular”, resmi dibuka. Kompetisi ini dibuka langsung Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam acara launching yang berlangsung di alun-alun Balai Pemuda Surabaya, Senin (10/7/2023).

Kegiatan launching juga diikuti Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Rini Indriyani. Hadir pula sejumlah pejabat pemerintah kota dan pimpinan beserta anggota DPRD Surabaya. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti fasilitator lingkungan dari 31 kecamatan serta para stakeholder dan sponsor terkait yang terlibat dalam kompetisi ini.

Wali Kota Eri Cahyadi menyampaikan, bahwa lomba Kampung Surabaya Hebat merupakan transformasi dari Green and Clean dan Surabaya Smart City. Selain itu, lomba Kampung Surabaya Hebat ini juga merupakan pengejawantahan dari Kader Surabaya Hebat (KSH).

“Jadi nanti Kampung Surabaya Hebat digabungkan dengan Kampung Madani. Karena itu nanti di setiap kelurahan ada koordinator terkait lingkungan, koordinator terkait tanah dan koordinator kesehatan. Yang masing-masing itu diangkat dari Kader Surabaya Hebat di setiap RW,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Dengan demikian, Wali Kota Eri meyakini, hal itu akan menjadi sebuah kekuatan besar di Kota Surabaya. Harapannya, ke depan setiap RW di Surabaya dapat terbentuk sebuah Kampung Pancasila. “Tapi kita mulai dari lingkungan dan kesehatan. Jadi nanti hasil akhir ini adalah bagaimana dalam lingkungan ada IPAL (Instalasi pengolahan air limbah). Jadi kalau siram-siram tanaman tidak perlu dari air PDAM,” ujarnya.

Tak hanya itu, Wali Kota Eri menyebut, hasil akhir yang diharapkan dari lomba Kampung Surabaya Hebat ini adalah mampu terwujudnya pemilahan sampah dari setiap rumah tangga. Pun demikian, terbentuk Bank Sampah di setiap lingkungan RW, kelurahan, hingga tingkat Kota Surabaya. “Kemudian keempat digabungkan dengan Kampung Madani. Di sana adalah gerakan ekonominya meningkat dengan memanfaatkan sampah. Yang ini sudah kita lakukan, sekarang kita perbesar lagi,” paparnya.

Ia pun menjabarkan mekanisme lomba Kampung Surabaya Hebat tersebut. Dimana mekanisme penilaian lomba ini akan dilakukan secara bertahap. Dari sekitar 1.360 RW atau peserta, nanti akan dilakukan seleksi menjadi 750. Dari jumlah itu kemudian diseleksi kembali menjadi 500 peserta hingga 75 RW dan tiga besar.

“Pendaftaran mulai dilakukan, setelah itu nanti diberikan apresiasi berapa ratus ribu  untuk bergerak. Sehingga saya sampaikan kampung yang ikut lomba Surabaya Hebat ini sekaligus akan dijadikan Kampung Madani,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro menyampaikan, bahwa kompetisi Kampung Surabaya Hebat pada tahun 2023 diikuti sekitar 1.360 RW atau peserta. “Tahun 2023 ini Surabaya menggelar kompetisi lingkungan kembali. Dimana kompetisinya sekarang menjadi Kampung Surabaya Hebat, yang di tahun 2022 masih Surabaya Smart City,” kata Hebi.

Namun demikian, Hebi menerangkan, bahwa ada perbedaan Kampung Surabaya Hebat dengan Green and Clean dan Surabaya Smart City. Dimana kompetisi pada 2023 ini akan disinergikan dengan Kampung Madani. Bagaimana indikator-indikator penilaiannya juga berkaitan dengan Kampung Madani.

“Pertama adalah Hebat di lingkungan, bagaimana setiap RW itu bisa mengelola sampah. Kemudian hebat dalam hal ekonomi, dimana dalam menciptakan inovasi ekonomi menuju kemampuan finansial serta menurunkan angka keluarga miskin,” bebernya.

Selain itu, Hebi menyebut, indikator lain dalam penilaian lomba Kampung Surabaya Hebat adalah kesehatan. Dimana setiap kampung itu akan dinilai bagaimana upaya mereka dalam meningkatkan kualitas kesehatan. Seperti di antaranya, upaya dalam menurunkan angka stunting maupun TBC (Tuberkulosis).

Tak hanya itu, Hebi menyatakan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) juga tidak luput masuk dalam indikator penilaian Kampung Surabaya Hebat. Bagaimana setiap kampung itu mampu menciptakan keguyuban antar warga. Demikian pula dalam menjalankan program-program Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. “Seperti program padat karya, Kampung Madani dan Siap Siaga Bencana Madagaskar,” ujarnya.

Kemudian, indikator penilaian lain adalah hebat dalam teknologi. Artinya, bagaimana kampung atau RW mampu menggunakan teknologi yang ada untuk mempermudah fasilitasi antara pemkot dengan warga. Demikian juga dalam menciptakan kemudahan-kemudahan berusaha dan interaksi.

Dari beberapa indikator tersebut, Hebi menambahkan, bahwa penilaian kompetisi Kampung Surabaya Hebat tahun 2023 ini bukan hanya dilakukan secara kualitatif tapi juga kuantitatif. Setiap kampung akan diukur sejauh mana peningkatan kondisi sebelum dan sesudah mengikuti kompetisi ini.

“Karena diharapkan kondisi kampung atau RW setelah mengikuti kompetisi ini, tetap menunjukkan kondisi terbaik dari semua segi sebagaimana tema Kampung Surabaya Hebat,” pungkasnya. (*)

37 thoughts on “1360 RW Siap Ikuti Lomba Kampung Surabaya Hebat 2023

  • Juli 17, 2023 pada 16:21
    Permalink

    Program bagus dan bermanfaat agar setiap wilayah bisa menjaga lingkungannya. Lingkungan yang bersih, kesehatan juga terjaga.

    Raisa Azzahra Praminda
    No. 310
    SDN Pacarkeling V Surabaya
    Budidaya Sirih Cina

    Balas
    • Juli 25, 2023 pada 14:10
      Permalink

      Semangat…dan terus semangat..tunjuk kan hasil nyata proyek kita..
      Program yang sangat bagus dan terinspirasi.

      Muhammad Raihan Rizqullah
      SDN nginden jangkungan 1 surabaya
      Nomer peserta 143
      Budidaya tanaman tapak dara

      Balas
  • Juli 17, 2023 pada 23:09
    Permalink

    Lomba Kampung Surabaya Hebat 2023 Tuntas kelola sampah dengan penerapan ekonomi sirkular.. benar-benar hebat

    Iqbal Fajar Khrisna Reyhan Halim
    No Peserta : 447
    SMP Negeri 28 Surabaya
    Judul Proyek : Pemanfaatan Lahan Sempit untuk Pembudidayaan Pohon Kelor

    Balas
  • Juli 18, 2023 pada 15:26
    Permalink

    Lomba kampung Surabaya hebat bisa menjadi sebuah apresiasi dari Pemkot untuk warganya yang sudah peduli terhadapat lingkungan tempat tinggalnya dan sekitarnya. Semoga dengan adanya lomba ini mampu menjadikan warga sebagai manusia yang cinta dan peduli lingkungan

    Balas
    • Juli 19, 2023 pada 19:53
      Permalink

      Lomba kampung Surabaya hebat ini benar-benar dapat dilanjutkan ke depannya. Karena dapat Tuntas dalam mengelola sampah dengan penerapan ekonomi sircular sangat patut ditiru karena hasil akhirnya adalah bagaimana dalam lingkungan ada Ipal atau instalasi pengolahan air limbah ,jadi kalau siram tanaman tidak perlu dari air PDAM dan dalam lomba ini akan terbentuk juga bak sampah
      Selamat mengikuti lomba kampung Surabaya hebat KSH 2023

      Muhammad Abril Rizky Illahi
      No Peserta: 345
      SMP NEGERI 12 SURABAYA
      Proyek lingkungan Hidupku: Pemanfaatan Limbah Kulit Kacang Hijau (Tumpi) Menjadi Pupuk Organik

      Balas
      • Juli 25, 2023 pada 09:43
        Permalink

        Kampung Surabaya hebat wah…..
        kampungku bisa ikutan nih,bisa juga untuk mengembangkan proyek saya???

        Muhammad Manaf
        SDN PENELEH 1
        Nomor peserta 209

        Balas
  • Juli 19, 2023 pada 07:15
    Permalink

    Lomba Kampung Surabaya Hebat 2023 Tuntas kelola sampah dengan penerapan ekonomi sirkular…
    Benar-benar hebat

    Iqbal Fajar Khrisna Reyhan Halim
    No Peserta : 447
    SMP Negeri 28 Surabaya
    Judul Proyek : Pemanfaatan Lahan Sempit untuk Pembudidayaan Pohon Kelor

    Balas
    • Juli 20, 2023 pada 10:07
      Permalink

      Program yang bagus,mampu untuk memotivasi setiap warga untuk selalu menjaga lingkungannya agar selalu bersih dan sehat. Salam bumi pasti lestari.

      Bilqis April Wahyudiyah azzahra
      SDN Pacarkeling I/182 Surabaya
      No.peserta : 232
      Proyek : Budidaya tanaman sambung nyawa

      Balas
      • Juli 22, 2023 pada 21:01
        Permalink

        Program yang bagus dapat menciptakan keguyuban antar warga jg memotivasi agar warga cinta dan peduli lingkungan.

        Judul Proyek : Budidaya Tanaman Serai.

        Balas
  • Juli 19, 2023 pada 10:18
    Permalink

    Kebetulan ibu saya juga ikut KSH, Insyaallah saya juga akan ikut berpartisipasi untuk mensukseskan lomba tersebut di kampung saya.
    Nama: Ayu Sintia Nengseh
    Sekolah: SMP AL-ISLAH
    No. Peserta: 486
    Proyek: Budidaya Bunga Telang.

    Balas
  • Juli 20, 2023 pada 07:14
    Permalink

    MasyaAllah keren
    Program bagus, semoga kampung ku bisa ikut. Semangaaaat buat semuanya

    GAIZKA FADHILIO HIRARKI
    031
    SDN BANYU URIP III / 364 SURABAYA
    KREASI POT CANGKANG TELUR

    Balas
  • Juli 20, 2023 pada 10:24
    Permalink

    Lomba Kampung Surabaya Hebat dapat memberikan banyak hikmah dan manfaat baik bagi masyarakat setempat maupun lingkungan sekitar. Berikut beberapa hikmah dari penyelenggaraan lomba seperti ini:

    Meningkatkan Kesadaran Lingkungan: Lomba Kampung Surabaya Hebat dapat mengajak masyarakat untuk lebih peduli dan sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Dengan berpartisipasi dalam lomba ini, masyarakat menjadi lebih aware terhadap dampak positif dari menjaga kebersihan lingkungan.

    Meningkatkan Rasa Kepedulian Sosial: Lomba semacam ini mendorong solidaritas dan kerjasama antarwarga dalam membersihkan, menghijaukan, dan merapikan lingkungan mereka bersama-sama. Hal ini membantu membangun rasa kepedulian sosial dan semangat gotong-royong di antara masyarakat.

    Peningkatan Kesehatan dan Kualitas Hidup: Dengan menjaga kebersihan dan mengurangi sampah serta polusi di lingkungan, akan meningkatkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Lingkungan yang bersih dan sehat juga dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan warga.

    Peningkatan Potensi Wisata dan Ekonomi: Jika kampung-kampung di Surabaya menjadi lebih bersih dan indah, maka potensi wisata lokal akan meningkat. Tempat-tempat yang menarik secara visual dan memiliki lingkungan yang baik dapat menarik lebih banyak wisatawan, yang pada gilirannya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi lokal.

    Pendidikan dan Kesadaran Berkelanjutan: Lomba ini bisa menjadi bagian dari upaya edukasi dan kesadaran berkelanjutan mengenai pentingnya kebersihan lingkungan dan praktik berkelanjutan. Melalui kegiatan ini, masyarakat dapat belajar tentang pentingnya daur ulang, penggunaan energi terbarukan, dan cara-cara berkelanjutan lainnya.

    Peningkatan Identitas dan Kebanggaan Masyarakat: Dengan berhasilnya sebuah kampung dalam lomba ini, masyarakat akan merasa lebih bangga dengan lingkungan tempat tinggal mereka. Identitas dan rasa kebanggaan terhadap kampung atau komunitas akan meningkat, dan hal ini dapat memperkuat rasa kebersamaan.

    Penghargaan untuk Upaya dan Prestasi: Lomba ini memberikan pengakuan dan penghargaan untuk upaya dan prestasi dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Penghargaan semacam ini bisa menjadi motivasi bagi masyarakat untuk terus berusaha mempertahankan dan meningkatkan keadaan lingkungan mereka.

    Selain hikmah-hikmah di atas, Lomba Kampung Surabaya Hebat juga menjadi ajang yang menyenangkan dan menarik bagi seluruh masyarakat yang terlibat. Hal ini dapat memperkuat ikatan sosial dan semangat kebersamaan dalam mencapai tujuan bersama untuk lingkungan yang lebih baik dan lebih indah.

    Balas
  • Juli 22, 2023 pada 15:08
    Permalink

    Lomba kampung sangat bermanfaat dan mengedukasi masyarakat untuk cinta lingkungan sekitar

    Dhaniswara Cakra Permana
    SMPN 35 Surabaya/501
    Judul proyek Eco Enzyme

    Balas
  • Juli 22, 2023 pada 20:08
    Permalink

    Waw programnya bagus.Dapat menambah kebersihan lingkungan.
    Semakin bersih semakin baik.

    Nama:Muhammad Bayu Panji Saputra
    No:141
    Sekolah: SDN NGINDEN JANGKUNGAN I
    Proyek:Diapers Waste (Mengolah limbah popok

    Balas
  • Juli 22, 2023 pada 20:52
    Permalink

    Hebaat… program yang sangat luar biasa. Memotivasi warga untuk cinta lingkugan sekitar. Terus semangat yaa dalam menjaga lingkugan kita ….
    Salam bumi lestari

    Nama : Fatimah Maulidya
    No. Peserta : 470
    Asal Sekolah :
    SDN WONOKUSUMO 6/45
    Judul proyek : Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Santik

    Balas
  • Juli 23, 2023 pada 09:21
    Permalink

    progam yang sangat keren, dapat untuk memotivasi warga agar dapat lebih peduli terhadap lingkungan disekitar.

    Nama: Adrina Putri Nabilah Lutfi
    Asal Sekolah: SMPN 23 Surabaya
    No. Peserta: 760
    Judul Proyek: Budidaya Telang

    Balas
  • Juli 24, 2023 pada 11:08
    Permalink

    Semangat untuk peserta lomba Kampung Surabaya Hebat, semoga kampung² di Surabaya dapat menjadi Hijau, indah dan asri

    Nama : Samuel Wisely P.
    No : 523
    Sekolah : SMPN 35 Surabaya
    Judul proyek : ecosoap

    Balas
  • Juli 24, 2023 pada 11:24
    Permalink

    Lombanya sangat bagus semoga bisa terlaksana,agar lingkungan disekitar kita bersih nyaman dan hijau
    Zidan Rizky Ardiansyah
    SDN Perak Utara lll/60
    No.peaerta : 215
    Judul proyek ; Budidaya tanaman jahe

    Balas
    • Juli 24, 2023 pada 18:05
      Permalink

      Program nya sangat bermanfaat, karena pasti warga akan berlomba – lomba untuk menghijaukan kampung nya, dan juga pasti banyak sekali olahan botol plastik atau lain sebagainya yang di gunakan untuk hiasan

      Nama : Chusnul Ajeng Pratiwi
      Sekolah : SDN Nginden Jangkungan 1
      No.peserta : 228
      Judul proyek : BUDIDAYA SOM JAWA

      Balas
  • Juli 25, 2023 pada 18:40
    Permalink

    Kampung bersih nyaman d tempati juga. Program pemerintah yang sangat bagus. Selain bs membuat warga bisa menjalin kekeluargaan sesama warga kampung. Juga dapat menyadarkan warga bahwa berapa indahnya kebersamaan dan kebersihan
    Eno wahyu (234)
    SDN pacarkeling 1/182 surabaya

    Balas
  • Juli 27, 2023 pada 11:07
    Permalink

    Wow keren, selain menjaga lingkungan juga bisa mempererat silaturahmi antar warga.
    Semangaaat.
    Salam,
    Muhammad Aldo Suprapto/309
    SMP Negeri 1 Surabaya
    Judul proyek: LURCANGLUR

    Balas
  • Juli 27, 2023 pada 15:10
    Permalink

    Keren sekali..
    Lomba kampung Surabaya hebat..
    Pasti sangat memberikan banyak manfaat dan dampak positif dilangsungkan sekitar kita…

    Nama:Callista Putri Arini
    Sekolah:SDN Dukuh Menanggal 1
    Nomor peserta:076
    Judulnya proyek:budidaya tanaman kunyit

    Balas
  • Juli 27, 2023 pada 19:45
    Permalink

    Masyaallah keren banget, semoga programnya bisa disalurkan ke kampung kampung lainnya.

    Nama : Rafa Syamil Irshadullah
    No : 375
    Sekolah : SMPN 19 Surabaya
    Proyek : BUKRE KESIGA (Budidaya Dan Kreasi Kepang Sirih Gading)

    Balas
  • Juli 27, 2023 pada 22:19
    Permalink

    Surabaya hebat, program yang sangat keren dan sangat bermanfaat bagi kita dan juga lingkungan

    Nama : Michayla Tasya Kustria
    Asal sekolah: SMPN 26 SURABAYA
    No peserta: 786
    Judul proyek: Budidaya Kemangi

    Balas
  • Juli 28, 2023 pada 13:03
    Permalink

    Semangat selalu dalam menjaga dan melestarikan bumi ini, terus berkrya di tahap ketiga pangput lh 2023

    Bayu Adji Prasetya
    Nomor peserta 285
    Judul proyek : *Pembuatan pupuk organik cair dari cangkang telur*
    Putra Lingkungan Hidup 2023

    Balas
    • Juli 28, 2023 pada 13:07
      Permalink

      Semangat selalu dalam menjaga dan melestarikan bumi ini, terus berkrya di tahap ketiga pangput lh 2023

      Bayu Adji Prasetya
      Nomor peserta 285
      Judul proyek : *Pembuatan pupuk organik cair dari cangkang telur*
      Putra Lingkungan Hidup 2023

      Balas
    • Juli 28, 2023 pada 18:43
      Permalink

      RAINA ARFALISHA SHANUM
      Calon Putri LH 2023 No.Peserta 176
      SDN Ketabang 1/288 Surabaya
      “BUDIDAYA TANAMAN CABE RAWIT”

      Lomba Kampung Surabaya Hebat dapat menjadi motivasi dan stimulus bagi warga surabaya untuk lebih peduli lingkungan. Bukan kalah atau menang tujuannya tetapi proses dan perubahan besar akan kesadaran masyarakat tentang lingkungan yang menjadi harapan perubahan kota surabaya. Selalu semangat ke arah yang positif.

      Balas
  • Juli 28, 2023 pada 17:29
    Permalink

    Program di ciptakan membuat masyarakat terutama di surabaya menjadi lebih damai tentram dan menciptakan kekompakan. Selalu berjaya!

    Balas
  • Juli 28, 2023 pada 17:30
    Permalink

    Program di ciptakan membuat masyarakat terutama di surabaya menjadi lebih damai tentram dan menciptakan kekompakan. Selalu berjaya!

    Nama : ida farida
    Asal sekolah : SMPN 58 SURABAYA
    Nomer peserta : 1126
    Judul proyek : Mengolah sampah anorganik menjadi kerajinan

    Balas
  • Juli 29, 2023 pada 13:21
    Permalink

    Kerenn, program yang sangat keren untuk bisa menjaga lingkungan kita semua. Semangat selalu untuk menjaga lingkungan kita.

    Syafira maulidya
    Smp Al islah Surabaya
    490
    Budidaya bunga rosella

    Balas
  • Juli 29, 2023 pada 16:14
    Permalink

    Wah Hebat sekali warga surabaya ??..
    Bisa bergotong royong membersihkan kampung dan menghias kampung..

    Nama : Rendy Yahya Wibowo
    Sekolah : SMPN 18 Surabaya
    Judul proyek : BKSS ( Budidaya Kunyit Sehat-Sehat Selalu)
    No urut peserta peserta : 371

    Balas
  • Juli 29, 2023 pada 19:44
    Permalink

    Surabaya memang hebat sekali dapat membuat program yang sangat keren dan sangat bermanfaat bagi kita dan juga lingkungan

    Nama : Diandra Anindya Putri
    Sekolah : SMPN 12 Surabaya
    Nomer Peserta: 568
    Judul Proyek : Cairan Ajaib Serbaguna

    Balas
  • Juli 29, 2023 pada 20:54
    Permalink

    Suatu program yang sangat keren semoga bisa semakin lebih maju lagi kedepannya dan Surabaya semakin di depan.

    Nama: Nadya Reyhana Rochma
    Asal Sekolah: SMPN 25 Surabaya
    Nomor peserta: 782
    Judul Proyek: JELITA (Jelantah Multi Guna)

    Balas
  • Juli 29, 2023 pada 21:55
    Permalink

    Lomba Kampung Surabaya Hebat adalah salah satu program Pemkot Surabaya untuk mengajak warganya peduli lingkungan..hal ini tentu program yang baik dan perlu kita support, dan sebagai peserta Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup kita bisa berpartisipasi dalam program tersebut..

    Dimas Abhiyasa Wibowo
    SDN RUNGKUT MENANGGAL I/582
    SD-233
    Project: Budidaya Aloevera

    Balas
  • Juli 29, 2023 pada 22:15
    Permalink

    Program yang sangat keren, ayo kita buat semua kampung menjadi hijau dan asri

    Nama : Allya Sefna Putri
    No. Peserta : 554
    Asal Sekolah : SMPN 12 Surabaya
    Judul Proyek : Pemanfaatan Daun Kelor menjadi Masker Organik

    Balas
  • Juli 30, 2023 pada 11:53
    Permalink

    Program yang sangat bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi Lingkungan, Semangat Terus!

    Nama : Naysella Aurila Yahya
    No Peserta : 508
    Sekolah : SMP Negeri 1 Kota Kediri

    Balas
  • Juli 30, 2023 pada 18:32
    Permalink

    Program yang bermanfaat…

    Nama: AZIZAH KHAIRINNISWAH
    Sekolah: SMPN 42 SURABAYA
    No. Urut: 972
    Judul proyek: BUDIDAYA LIDAH BUAYA

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *