Manfaat Daun Tapak Dara dan Cara Menamanmya

Daun tapak dara termasuk dalam jenis tanaman yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan produksi urine, dan menurunkan gula darah. Beberapa bahan kimia yang dapat diambil dari daun tapak dara, disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat untuk digunakan dalam kemoterapi. 

Bahan kimia dalam daun tapak dara digunakan untuk melawan berbagai kanker. Seperti penyakit hodgkin, leukemia, sarkoma kaposi, limfoma ganas, mikosis fungoides, neuroblastoma, dan tumor wilms.

  • Mengobati Diabetes

Daun tapak dara dapat berfungsi sebagai obat alami diabetes tipe-2. Daun dan bunganya digunakan untuk mengontrol gula darah yang tinggi. Caranya dengan membuat teh herbal dari daun dan bunga tapak dara, kemudian dikonsumsi pagi hari. Atau, kamu juga dapat langsung mengunyah 3-4 lembar daun tapak dara untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

  • Antikanker dan Antitumor

Daun dan batang tanaman ini mengandung alkaloid yang memiliki sifat antikanker dan antitumor. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut. 

  • Penyembuh Luka

Alkaloid yang terkandung dalam daun tapak dara dapat bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Caranya yaitu campurkan daun tapak dara dan kunyit dan tumbuk hingga menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada luka 2-3 kali sehari. Obat herbal ini dapat berfungsi sebagai penyembuh luka yang efektif.

  • Pengobatan untuk Pendarahan Hidung dan Mulut

Daun tapak dara yang diolah menjadi jus dapat bermanfaat sebagai obat untuk pendarahan hidung dan mulut. Kamu juga dapat memasukkan daun tapak darah ke hidung selama lubang hidung berdarah. Lalu, tahan daun tapak darah di gusi berdarah atau di atas sariawan untuk meredakan pendarahannya.

  • Mengatasi Hipertensi

Untuk mengatasi hipertensi, ambil sebanyak lima lembar daun tapak dara segar, kemudian olah menjadi jus, lalu diekstraksi. Minumlah sebanyak 2-3 mililiter jus daun tapak darah di pagi hari. Obat herbal ini sangat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

  • Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur

Rebusan daun tapak darah dapat digunakan untuk mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Caranya:

– Rebus 6-8 lembar daun tapak dara dengan 2 gelas air.

– Rebus hingga air tersisa hanya 1 gelas.

– Minum ramuan herbal ini selama tiga kali siklus menstruasi berturut-turut.

– Obat herbal ini cukup bermanfaat dalam melancarkan menstruasi atau meredakan aliran menstruasi yang berat. 

Selain beberapa manfaat di atas, berikut ini kegunaan lain dari daun tapak dara:

– Memiliki sifat detoksifikasi dan menangkal racun, sehingga dapat digunakan untuk meredakan sengatan serangga.

– Alkaloid yang terkandung dalam daun tapak dara dapat membantu meningkatkan suplai darah ke otak, dan meningkatkan kadar oksigen dalam otak.

– Bermanfaat mengobati maag, disentri, dan diare.

– Alkaloid juga dikenal sebagai vincamine yang memiliki sifat pengencer darah dan meningkatkan memori. Oleh karena itu daun ini berguna untuk mencegah demensia, terutama demensia vaskular.

– Alkaloid juga memiliki kandungan yang bermanfaat sebagai obat penenang.

CARA MENANAM DAUN TAPAK DARA

Berikut ini adalah tata cara menanam bunga tapak dara yang bisa Anda pelajari untuk dipraktekkan di rumah. Diantaranya adalah:

1.  Mempersiapkan Alat dan Bahan

  • Proses penanaman bunga tapak dara dimulai dengan mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Bahan yang dibutuhkan adalah bibit bunga tapak dara, tanah, pupuk kompos, pupuk kandang dan pot jika diperlukan.
  • Supaya lebih mudah, Anda bisa mendapatkan bibit bunga tapak dara di toko pertanian. Namun jika Anda hendak mendapatkannya dari tanaman langsung, cara terbaik mengambil bibit berkualitas adalah dengan cara stek daun atau batang.
  • Pastikan tanaman induk yang hendak Anda ambil bibitnya merupakan tanaman yang bagus, sehat, tidak berpenyakit dan batangnya lurus. Daun bunga ini juga harus nampak segar, tidak menguning dan tidak ada spot-spot putih tanda hama tanaman.
  • Setelah mendapatkan bibit yang baik, lakukan penyemaian di media tanam yang terbuat dari campuran tanah, pupuk kompos dan pupuk kandang. Tunggu bibit sampai setinggi 10 – 15 cm untuk kemudian dipindahkan ke media tanamnya.

2.  Proses Penanaman

  • Cara menanam bunga tapak dara tidak berbeda dengan cara menanam bunga lainnya. Setelah bibit nampak kuat dan kokoh, Anda bisa memindahkannya di dalam pot atau tanah halaman. Sirami dengan sedikit air setelah menanam dan biarkan sesaat.

3.  Proses Perawatan

  • Bunga tapak dara adalah jenis tanaman tropis yang membutuhkan air dalam jumlah secukupnya. Tidak terlalu banyak hingga becek atau terlalu sedikit hingga nampak kering. Penyiraman bunga tapak dara harus memperhatikan kondisi tanahnya dahulu.
  • Anda harus menghindarkannya dari curah hujan yang tinggi karena kelopak bunga ini terbilang lemah. Saat pagi dan siang hari, tanaman ini membutuhkan sinar matahari cukup banyak. Anda bisa meletakkannya di tempat yang terbuka.
  • Supaya tanaman ini tumbuh dengan rimbun, Anda bisa memotong pertumbuhan cabang yang terlalu banyak. Fokuskan pada satu titik saja agar pertumbuhannya lebih maksimal.
  • Anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi untuk tanaman ini. Berikan pupuk tanaman secara berkala supaya tanaman ini bisa tetap sehat dan segar. Anda bisa memberikan pupuk kandang atau kompos minimal sebulan sekali.
  • Cara menanam bunga tapak dara memang singkat dan mudah. Presentasi keberhasilannya pun cukup besar mengingat tanaman ini mudah sekali tumbuh dan beradaptasi. Bagi Anda yang ingin mencobanya, pastikan Anda mengikuti petunjuk penanaman di atas dengan tepat supaya berhasil membudidayakannya. Selamat mencoba.

32 thoughts on “Manfaat Daun Tapak Dara dan Cara Menamanmya

  • Juli 17, 2023 pada 16:26
    Permalink

    Setiap tanaman disekitar kita itu memiliki manfaat tersendiri. Seperti tanaman yang sedang saya budidayakan, yaitu sirih cina. Tau ga, sirih cina itu digunakan Rumah Sakit Jiwa lho karena dapat mengurangi depresi. Yuk kenali sirih cina!

    Raisa Azzahra Praminda
    No.310
    SDN Pacarkeling V Surabaya
    Budidaya Sirih Cina

    Balas
    • Juli 23, 2023 pada 14:19
      Permalink

      Sangat bermanfaat, Dan menginspirasi masyarakat untuk membudidayakan tanaman ini

      Nama : Kenes Pradipta Andrea Puspa
      No. : 884
      Sekolah: SMPN 35 SURABAYA
      Nama proyek : Roma Milan Candle

      Balas
      • Juli 25, 2023 pada 11:39
        Permalink

        Kenapa saya memilih budidaya tanaman tapak dara, karena memang manfaat nya sungguh luar biasa.
        Banyak orang yg tersembuhkan dari penyakit berbahaya. Dengan syarat harus anjuran dokter.

        Muhammad Raihan Rizqullah
        SDN nginden jangkungan 1 surabaya
        Nomer peserta 143
        Budidaya tanaman tapak dara

        Balas
  • Juli 19, 2023 pada 08:33
    Permalink

    Banyak manfaat tanaman Tapak Dara bagi kesehatan sehingga tanaman ini perlu untuk dibudidayakan

    Iqbal Fajar Khrisna Reyhan Halim
    No Peserta : 447
    SMP Negeri 28 Surabaya
    Judul Proyek : Pemanfaatan Lahan Sempit
    Untuk Pembudidayaan Pohon Kelor

    Balas
  • Juli 19, 2023 pada 10:32
    Permalink

    Setiap tanaman yang kita kira itu tanaman liar padahal banyak sekali memiliki manfaat. Seperti proyek saya bunga telang yang kita kenal sebagai bunga liar yang kebanyakan tumbuh disekitar kali, padahal memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.
    Nama: Ayu Sintia Nengseh
    Sekolah: SMP AL-ISLAH
    No. Peserta: 486
    Proyek: Budidaya Bunga Telang.

    Balas
  • Juli 19, 2023 pada 19:30
    Permalink

    Artikel yang benar-benar lengkap mulai manfaat, cara menanam dan proses penanaman serta perawatannya daun tapak dara sehingga mudah untuk dipahami dan dipraktekkan

    Muhammad Abril Rizky Illahi
    No Peserta: 345
    SMP NEGERI 12 SURABAYA
    Proyek lingkungan Hidupku: Pemanfaatan Limbah Kulit Kacang Hijau (Tumpi) Menjadi Pupuk Organik

    Balas
  • Juli 20, 2023 pada 10:06
    Permalink

    Namun, sangat penting untuk diingat bahwa penggunaan daun tapak dara sebagai pengobatan harus dilakukan dengan hati-hati dan di bawah pengawasan profesional kesehatan. Penggunaan tanaman herbal untuk tujuan pengobatan bisa memiliki efek samping dan berinteraksi dengan obat-obatan atau kondisi kesehatan lainnya.

    Sebelum menggunakan daun tapak dara atau tanaman herbal lainnya sebagai obat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli pengobatan herbal yang berpengalaman untuk mendapatkan panduan yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kesehatan Anda.

    Balas
    • April 30, 2024 pada 19:34
      Permalink

      Sudah cantik, bermanfaat jugaa, dialah daun tapak dara, terimakasihh tunas hijau atas informasi dan ilmunya yang yang bermanfaat.
      Hai sobat hijau ????

      Salam Bumi Tetap Lestari ????

      Nama : Aulia Rahmania Ali
      Sekolah : SD kyai Ibrahim Surabaya
      No peserta : 1236
      Judul proyek : Pemanfaatan Minyak Jelantah Menjadi Sabun

      ____________________________________

      @tunashijauid
      @dlh.surabaya
      @sdkyaiibrahimsurabaya

      #tunashijauid
      #pangeranputrilh2024sd
      #pangeranputrilh2024smp
      #pangputlh2024
      #pangputlh2024_1236 #sdkkyaiibrahimsurabaya_AuliaRahmaniaAli
      #seleksi1pangputlh2024

      Balas
  • Juli 22, 2023 pada 20:10
    Permalink

    Waw tapak dara ternyata mudah di tanam.Manfaat nya banyak lagi,bisa nih jadi inspirasi masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan

    Nama:Muhammad Bayu Panji Saputra
    No:141
    Sekolah: SDN NGINDEN JANGKUNGAN I
    Proyek:Diapers Waste (Mengolah limbah popok

    Balas
  • Juli 22, 2023 pada 21:10
    Permalink

    Sangat mengedukasi dan bermanfaat… Mulai sekarang yuk tanam tanaman tapak dara!

    Nama : Fatimah Maulidya
    No. Peserta : 470
    Asal Sekolah :
    SDN WONOKUSUMO 6/45
    Judul proyek : Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Santik

    Balas
  • Juli 23, 2023 pada 09:11
    Permalink

    Selain bunganya cantik ternyata bunga tapak dara memiliki banyak sekali manfaat, bunga tapak dara juga sangat mudah untuk ditanam.

    Nama: Adrina Putri Nabilah Lutfi
    Asal Sekolah: SMPN 23 Surabaya
    No. Peserta: 760
    Judul Proyek: Budidaya Telang

    Balas
  • Juli 24, 2023 pada 11:16
    Permalink

    Terima kasih Tunas Hijau telah membuat artikel terkait manfaat tanaman Tapak dara

    Nama : Samuel Wisely P.
    No : 523
    Sekolah : SMPN 35 Surabaya
    Judul proyek : ecosoap

    Balas
  • Juli 24, 2023 pada 11:28
    Permalink

    Tanaman tapak dara selain cantik ternyata banyak sekali manfaatnya
    Zidan Rizky Ardiansyah
    SDN Perak Utara lll/60
    No.peserta : 215
    Judul proyek : Budidaya tanaman jahe

    Balas
    • Juli 24, 2023 pada 20:51
      Permalink

      Wah manfaat tanaman tapak darah banyak juga dan mudah di tanam

      Nama : Chusnul Ajeng Pratiwi
      Sekolah : SDN Nginden Jangkungan 1
      No.peserta : 228
      Judul proyek : BUDIDAYA SOM JAWA

      Balas
    • Juli 25, 2023 pada 18:44
      Permalink

      Wah tau gitu kmrn tanaman di depan rumahku tdk sy cabuti. Ternyata bnyk manfaatnya tanaman tapak dara trm ksh ilmunya kak
      Eno wahyu kamagading (234) SDN pacarkeling 1/182 surabaya

      Balas
  • Juli 27, 2023 pada 11:12
    Permalink

    Wow saya baru tau ada jenis tanaman ini, terima kasih TUNAS HIJAU jadi menambah pengetahuan saya.

    Salam,
    Muhammad Aldo Suprapto/309
    SMP Negeri 1 Surabaya
    Judul proyek: LURCANGLUR

    Balas
    • Agustus 1, 2023 pada 13:47
      Permalink

      Sungguh luar biasa manfaat daun tapak dara ini, selama ini yang saya tahi tapak dara adalah tanaman liar. Terima kasih tunas hijau, karen tiada henti memberikan pengetahuan kepada kami. Sukses terus untuk Tunas Hijau

      Balas
  • Juli 27, 2023 pada 15:23
    Permalink

    Ternyata banyak sekali manfaat dari tanaman tapak dara..Selain bagus bunganya..Terima kasih Tunas hijau atas ilmunya…

    Nama:Callista Putri Arini
    Sekolah :SDN Dukuh Menanggal 1
    Nomor peserta:076
    JUDUL PROYEK:BUDIDAYA TANAMAN KUNYIT

    Balas
  • Juli 27, 2023 pada 19:42
    Permalink

    Wah ternyata tapak dara banyak sekali manfaatnya. Selain itu juga bagus banget bunganya.

    Nama : Rafa Syamil Irshadullah
    No : 375
    Sekolah : SMPN 19 Surabaya
    Proyek : BUKRE KESIGA (Budidaya Dan Kreasi Kepang Sirih Gading)

    Balas
  • Juli 28, 2023 pada 13:12
    Permalink

    Semangat selalu dalam menjaga dan melestarikan bumi ini, terus berkrya di tahap ketiga pangput lh 2023

    Bayu Adji Prasetya
    Nomor peserta 285
    Judul proyek : *Pembuatan pupuk organik cair dari cangkang telur*
    Putra Lingkungan Hidup 2023

    Balas
  • Juli 28, 2023 pada 17:37
    Permalink

    Daun tapak dara miliki banyak manfaat. Terimakasih atas ilmu, semakin banyak wawasan.

    Nama : ida farida
    Asal sekolah : SMPN 58 SURABAYA
    Nomer peserta : 1126
    Judul proyek : Mengolah sampah anorganik menjadi kerajinan

    Balas
    • Juli 29, 2023 pada 19:56
      Permalink

      ternyata tanaman tapak dara dapat bermanfaat,
      terimakasih tunashijau telah memberikan ilmu yang sangat bermanfaat

      Nama : Diandra Anindya Putri
      Sekolah : SMPN 12 Surabaya
      Nomer Peserta: 568
      Judul Proyek : Cairan Ajaib Serbaguna

      Balas
  • Juli 28, 2023 pada 18:32
    Permalink

    RAINA ARFALISHA SHANUM
    Calon Pangput LH 2023 No.Peserta 176
    SDN Ketabang 1/288 Surabaya
    “BUDIDAYA TANAMAN CABE RAWIT”

    Tanaman yang tumbuh liar tap memiliki banyak manfaat, yang tidak banyak orang tau akan manfaatnya ini. Artikel ini sangat informatif dan bermanfaat. Terima kasih writer. Semoga makin banyak artikel seperti ini diterbitkan. Salam Bumi Pasti Lestari

    Balas
  • Juli 29, 2023 pada 16:16
    Permalink

    Wah.. Keren banget…
    Saat aku lihat di goggle dan browser, ternyata manfaat daun tapak dara ternyata banyak sekali manfaatnya

    Nama : Rendy Yahya Wibowo
    Sekolah : SMPN 18 Surabaya
    Judul proyek : BKSS ( Budidaya Kunyit Sehat-Sehat Selalu)
    No urut peserta peserta : 371

    Balas
  • Juli 29, 2023 pada 20:26
    Permalink

    Wah ternyata banyak sekali manfaat tanaman tapak dara ya, bahkan cara menanamnya juga sangat mudah

    Terimakasih Tunas Hijau telah memberi informasi yang sangat berguna ?

    Nama : Allya Sefna Putri
    No. Peserta : 554
    Asal Sekolah : SMPN 12 Surabaya
    Judul Proyek : Pemanfaatan Daun Kelor menjadi Masker Organik

    Balas
  • Juli 29, 2023 pada 21:19
    Permalink

    Selain bunga yang cantik dan warna yang sangat cantik,banyak akan manfaatnya.
    Terima kasih tunas hijau telah memberikan artikel tersebut.

    Syafira maulidya
    Smp Al islah Surabaya
    490
    Budidaya bunga rosella

    Balas
  • Juli 29, 2023 pada 21:24
    Permalink

    Wah banyak sekali ya manfaatnya untuk kesehatan kita. Sebaliknya kita mengkonsumsi obat-obatan herbal seperti ini karena obat kimia banyak sekali efek sampingnya yang bahaya buat kesehatan jantung bila pemakaian jangka lama.

    Nama: Nadya Reyhana Rochma
    Asal Sekolah: SMPN 25 Surabaya
    Nomor peserta: 782
    Judul Proyek: JELITA (Jelantah Multi Guna)

    Balas
  • Juli 30, 2023 pada 12:05
    Permalink

    Dengan informasi dari Website Tunas Hijau seperti ini, sangat memberikan wawasan bagi kita Peserta Pangput LH dan Masyarakat Umum lainnya, Terimakasih Tunas Hijau

    Nama : Naysella Aurila Yahya
    No Peserta : 508
    Sekolah : SMP Negeri 1 Kota Kediri

    Balas
  • Juli 30, 2023 pada 19:11
    Permalink

    Sangat bermanfaat…??

    Nama: AZIZAH KHAIRINNISWAH
    Sekolah: SMPN 42 SURABAYA
    No. Urut: 972
    Judul proyek: BUDIDAYA LIDAH BUAYA

    Balas
  • Agustus 1, 2023 pada 13:46
    Permalink

    Sungguh luar biasa manfaat daun tapak dara ini, selama ini yang saya tahi tapak dara adalah tanaman liar. Terima kasih tunas hijau, karen tiada henti memberikan pengetahuan kepada kami. Sukses terus untuk Tunas Hijau

    Balas
  • Agustus 3, 2023 pada 08:47
    Permalink

    Keren..banyak manfaat dari daun bunga tapak dara selain bunga nya yang cantik.

    Nama : Muhammad Haykal Adha
    Asal : SDN Pacarkeling V/186
    No peserta: 183
    Proyek: Budidaya tanaman kunyit untuk obat herbal

    Balas
  • Agustus 19, 2023 pada 19:16
    Permalink

    Ternyata tapak dara banyak ya manfaat nya nanti kapan kapan nanam tapak dara

    Nama: camelia zabrina suwandi
    No peserta:226
    Judul proyek:cooking oil

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *