Peringati Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia, SDN Ketabang I Bagikan Tas Kain dan Tanaman Rosella

SDN Ketabang I Surabaya menggelar kampanye dalam rangka Plastic Bag Free Day atau Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia Guru di Jalan Tunjungan, Minggu (2/7/2023). Aksi yang diperingati setiap 3 Juli itu melibatkan kepala sekolah, guru dan siswa.

Sutiana Kepala SDN 1 Ketabang Surabaya mengatakan bahwa kampanye tersebut diadakan untuk memberikan kesadaran warga sekolah dan masyarakat sekitar mengenai semakin maraknya penggunaan plastik sekali pakai.

“Pada kampanye ini kami mengajak masyarakat sekitar untuk meminimalkan sampah kantong plastik. Hal ini berarti juga kami juga meneguhkan komitmen kami untuk berusaha juga merealisasikan upaya meminimalkan sampah plastik,” kata Sutiana, Kepala SDN Ketabang I Surabaya.

Sutiana menjelaskan bahwa meminimalkan penggunaan kantong kresek adalah cara paling mudah mudah dilakukan oleh setiap individu untuk meminimalkan sampah plastik. 

Tim SDN Ketabang I Surabaya mengganti kantong kresek warga di Jalan Tunjungan dengan tas kain saat kampanye Minggu (2/7/2023)

“Sebab, saat ini, hampir semua produk sudah yang dijual kepada masyarakat dikemas plastik sekali pakai. Menghindari penggunaan kantong kresek adalah cara yang paling mudah untuk meminimalkan produksi sampah plastik,” jelas Sutiana.

Sebanyak 20 warga sekolah memulai aksi kampanye itu sejak pukul 06.00 WIB. Saat mendapati warga yang masih menggunakan kresek, mereka langsung mendatangi dan mengingatkan warga tersebut untuk membiasakan diri menggunakan kantong kain dan menggunakannya berulang kali.

“Di saat itu juga, tim kami langsung menukar kresek warga dengan tas kantong kain yang sudah disediakan pihak sekolah sejak sebelum melakukan aksi,” tambah Evi Novitasari, guru pembina lingkungan hidup SDN Ketabang I Surabaya. Ada sekitar 150 kantong yang dibagikan ke warga dalam kampanye itu.

Sembari memberikan kantong, salah satu siswa, Malik Zabran Kendra Zahabi menyampaikan pentingnya membiasakan diri menggunakan kantong kain saat berbelanja.

Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia diperingati setiap 3 Juli

“Sampah plastik itu sulit terurai ketika dibuang ke alam bebas, jadi harus mulai menggunakan alternatif kantong kain karena bisa digunakan berulang-ulang yang pasti akan ramah lingkungan,” jelas Zabran.

Gatot warga genteng yang kedapatan membawa sampah plastik saat melintas di Jl Tunjungan mengucapkan terimakasih karena sudah ingatkan. “Terimakasih untuk siswa dan guru ini (SDN Ketabang I Surabaya) yang sudah mengingatkan kami bahaya sampah plastik dan diberi kantong kain gratis ini,” ujar Gatot.

Selain membagikan kantong kain, Zabran dalam kesempatan ini juga membagikan tanaman rosella kepada kepada sejumlah warga yang berkomitmen untuk merawatnya. Siswa yang juga Calon Pangeran Lingkungan Hidup tahun 2023 itu telah menanam 5200 tanaman rosella di rumahnya.

Usai dari Jl. Tunjungan, mereka melanjutkan kampanyenya ke Pasar Genteng Baru Surabaya. Poster kampanye yang mereka gunakan, juga menarik perhatian masyarakat di kawasan tersebut.

Penulis: Mochamad Zamroni

50 thoughts on “Peringati Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia, SDN Ketabang I Bagikan Tas Kain dan Tanaman Rosella

  • Juli 3, 2023 pada 10:33
    Permalink

    Masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengurangi tas plastik menjadikan ampanye ini sangat bermanfaat. Semoga sekolahku bisa mengadakan kampanye seperti ini.

    Raisa Azzahra Praminda
    No. 310
    SDN Pacarkeling V Surabaya
    Budidaya sirih cina

    Balas
    • Juli 24, 2023 pada 18:15
      Permalink

      Keren, tetapi masih kurangnya kesadaran masyarakat akan bahaya limbah plastik karena jika kita membuat plastik ke pinggir pantai, bisa saja plastik itu terbawa arus dan bisa termakan oleh ikan yang ada disana, lalu ikan-ikan di sana akan di pancing lalu kita makan karena ikan tersebut sudah makan plastik sama saja kita memakan mikro plastik loh, ayo kita jaga lingkungan bersama

      Nama : Chusnul Ajeng Pratiwi
      Sekolah : SDN Nginden Jangkungan 1
      No.peserta : 228
      Judul proyek : BUDIDAYA SOM JAWA

      Balas
    • Juli 25, 2023 pada 13:37
      Permalink

      Masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengurangi tas plastik menjadikan ampanye ini sangat bermanfaat. Semoga sekolahku bisa mengadakan kampanye seperti ini.

      Muhammad Raihan Rizqullah
      SDN nginden jangkungan 1 surabaya
      Nomer peserta 143
      Judul proyek : budidaya tanaman tapak dara

      Balas
  • Juli 3, 2023 pada 11:08
    Permalink

    Zero plastik,,,,karena limbah plastik yg sulit dan butuh waktu lama sekali untuk terurai dialam,salah satu faktornya yaitu kurangnya kesadaran dri masyrakat untuk mengurangi penggunaan plastik,semoga kegiatan seperti ini bisa terus d jalankan.

    Bilqis April Wahyudiyah Azzahra
    SDN PACARKELING I/182 SBY
    No.peserta : 232
    Proyek : Budidaya tanaman sambung nyawa

    Balas
  • Juli 3, 2023 pada 12:23
    Permalink

    karen dan sangat menginspirasi limbah plastik yang sulit dan butuh waktu lama sekali untuk terurai dialam, faktornya kurangnya kesadaran dari masyrakat untuk mengurangi penggunaan plastik,
    “Ayo kurangi sampah plastik dengan memakai tas ramah lingkungan”

    Nama: kartika maulidia ayu putri
    Sekolah: smpn 12 surabaya
    No peserta: 576
    Judul proyek: Rampas cangkang telur

    Balas
  • Juli 3, 2023 pada 12:24
    Permalink

    karen dan sangat menginspirasi limbah plastik yang sulit dan butuh waktu lama sekali untuk terurai, faktornya kurangnya kesadaran dari masyrakat untuk mengurangi penggunaan plastik,
    “Ayo kurangi sampah plastik dengan memakai tas ramah lingkungan”

    Nama: kartika maulidia ayu putri
    Sekolah: smpn 12 surabaya
    No peserta: 576
    Judul proyek: Rampas cangkang telur

    Balas
  • Juli 3, 2023 pada 22:08
    Permalink

    Gampang gampang susah untuk menyadarkan masyarakat mengenai penggunaan plastik. Harus penuh kesabaran agar meyakinkan masyarakat mau mengganti plastikny dengan tas. Tapi ada proses pasti ada hasil. InsyaAllah bisa
    Eno Wahyu kamagading (234)
    SDN pacarkeling 1/182 surabaya

    Balas
  • Juli 4, 2023 pada 10:39
    Permalink

    Zero plastik jg harapan saya tetapi msh byk yg blm aware dampak penggunaan plastik thd lingkungan

    Putu Deana Sathya Kayana
    SDN Menanggal 601 Surabaya
    No peserta 139

    Balas
  • Juli 4, 2023 pada 14:06
    Permalink

    Hebat…????????????terus ditingkatkan kampanye untuk mengajak masyarakat untuk meminimalkan sampah kantong plastik yaitu dengan menghindari penggunaan kantong kresek…

    NAMA : MUHAMMAD ABRIL RIZKY ILLAHI
    NO PESERTA : 345
    SMP NEGERI 12 SURABAYA
    JUDUL PROYEK: PEMANFAATAN LIMBAH KULIT KACANG HIJAU (TUMPI) MENJADI PUPUK ORGANIK

    Balas
  • Juli 4, 2023 pada 14:10
    Permalink

    Hebat terus ditingkatkan kampanye untuk mengajak masyarakat untuk meminimalkan sampah kantong plastik yaitu dengan menghindari penggunaan kantong kresek.

    NAMA : MUHAMMAD ABRIL RIZKY ILLAHI
    NO PESERTA : 345
    SMP NEGERI 12 SURABAYA
    JUDUL PROYEK: PEMANFAATAN LIMBAH KULIT KACANG HIJAU (TUMPI) MENJADI PUPUK ORGANIK

    Balas
  • Juli 4, 2023 pada 18:58
    Permalink

    Jangan pernah menyerah untuk terus berkampanye dalam mengurangi jumlah sampah plastik, jika di beberapa toko besar sudah berhasil mestinya bisa di terapkan juga di toko kelontong atau pasar dan pedagang – pedagang kecil agar lebih hemat dengan tidak menyediakan kantong plastik.

    Semangat tim hijau

    Salam dari Syifana carrisa (444)
    SDN. Tenggilis Mejoyo 1

    Balas
  • Juli 4, 2023 pada 21:40
    Permalink

    Peserta Pangeran & Putri Lingkungan Hidup 2023
    Nama: Muhammad Aldo Suprapto
    Kelas 8 / SMP Negeri 1 Surabaya
    No.Peserta 309
    Judul Proyek: LURCANGLUR
    ( Lulur Cangkang Telur )
    Sampah kantong plastik dapat mencemari tanah, air, laut, bahkan udara. Kantong plastik terbuat dari penyulingan gas dan minyak yang disebut ethylene. Minyak, gas dan batu bara mentah adalah sumber daya alam yang tak dapat diperbarui.

    Ayo sayangi bumi dengan menggunakan tas belanja ramah lingkungan.

    Balas
  • Juli 5, 2023 pada 06:54
    Permalink

    Onitsuka Tofameiro Putri Aswan
    SDN Margorejo 1 SBY
    No peserta:204
    Judul proyek: TABANAN (tas baju bekas Ramah lingkungan)

    Aksi nyata yang Luarr Biasa dari SD Ketabang,semua warga sekolah ikut andil untuk menjaga lingkungan.Patut dicontoh oleh sekolah lain,karena hal ini akan membuat orang semakin sadar dan ikut menjaga lingkungan dengan mengganti tas plastik dengan tas ramah lingkungan yang menjaga ekosistem alam.

    Balas
  • Juli 5, 2023 pada 09:34
    Permalink

    Keren dan sangat memotivasi para generasi muda! Semoga sekolah lainnya juga bisa seperti itu, karena dengan mengadakan kegiatan di hari Bebas Kantong Plastik Sedunia, sama dengan kita menjaga lingkungan dari permasalahan sampah dan mencegah terjadinya global warming akibat sampah plastik

    Nama : Naysella Aurila Yahya
    No Peserta : 508
    Sekolah : SMP Negeri 1 Kota Kediri

    Balas
  • Juli 5, 2023 pada 12:25
    Permalink

    Keren banget,memotivasi warga sekitar untuk tidak memakai kantong plastik, karena sampah plasti sulit untuk diolah kembali,atau sekali pakai

    Nama :Rendy yahya wibowo
    No Peserta: 371
    Sekolah: SMPN 18 Surabaya

    Balas
  • Juli 8, 2023 pada 09:47
    Permalink

    bagus untuk menginspirasi masyarakat untuk tidak menggunakan kantong plastik lagi karena sampah plastik yang susah untuk diurai.

    Nama: Adrina Putri Nabilah Lutfi
    No peserta: 760
    Asal sekolah: SMPN 23 Surabaya
    Judul proyek: budidaya telang

    Balas
    • Juli 8, 2023 pada 15:40
      Permalink

      Judul Proyek : Budidaya Tanaman Serai

      Kampanye kantong Plastik sangat bagus untuk memberikan kesadaran lingkungan kepada masyarakat .

      Balas
      • Juli 26, 2023 pada 01:45
        Permalink

        Kampanye kantong Plastik sangat bagus dan perlu digalakkan untuk memberikan kesadaran lingkungan kepada masyarakat.

        Judul Proyek : Budidaya Tanaman Serai.

        Balas
  • Juli 8, 2023 pada 18:38
    Permalink

    Artikelnya sangat bermanfaat sekali,karena penggunaan tas plastik yg terlalu banyak bisa mengakibatkan banyak sampah,karena plastik susah terurai

    Zidan Rizky Ardiansyah
    SDN Perak Utara lll/60
    No,peserta : 215

    Balas
  • Juli 8, 2023 pada 18:59
    Permalink

    Penggunaan kantok plastik yg banyak,bisa mengakibatkan banyak sampah,karena sampah plastik susah untuk terurai

    Zidan Rizky Ardiansyah
    SDN Perak Utara lll/60
    No.peserta : 215
    Judul proyek : Budidaya tanaman jahe

    Balas
  • Juli 8, 2023 pada 20:33
    Permalink

    Wihh keren banget aksinya, hebat!!!! Semangat terus untuk berkampanye, kita sama-sama menjaga bumi agar tetap lestari

    Nama: Azifatul Nabil Uliya
    Nomor peserta: 1176
    Asal Sekolah: SMP Negeri 9 Surabaya
    Judul projek: Mengolah sampah organik menjadi pupuk POC

    Balas
  • Juli 12, 2023 pada 09:39
    Permalink

    Sampah plastik itu sulit terurai ketika dibuang ke alam bebas, jadi harus mulai menggunakan alternatif kantong kain karena bisa digunakan berulang-ulang yang pasti akan ramah lingkungan. Tidak bisa dibayangkan bila setiap hari masyarakat ketika belanja tidak membawa kantong kain, dan akhirnya mendapat kantong kresek yang sekali pakai dari penjual. Maka dalam sehari bisa ribuan ton sampah plastik yang dihasilkan, bumi kita bisa terancam kelestariannya

    Balas
  • Juli 12, 2023 pada 16:35
    Permalink

    Kantong plastik bukanlah teman bagi lingkungan kita.Mereka bisa menyumbat saluran air,mencemari laut dan membahayakan hewan – hewan.

    Mari kita bersama -sama menjaga bumi kita dengan mengurangi penggunaan kantong plastik yang merusak lingkungan.

    Ayo kita ubah kebiasaan kita dan beralih kealternatif yang lebih ramah lingkungan.Belanja mengunakan tas kain,tas anyaman,atau tas daur ulang.Tolak kantong plastik yang ditawarkan di toko – toko.

    Selamat Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia
    Salam Zero waste
    Salam Bumi Pasti Lestari?

    Nizam Muhammad Ibra Efendi
    Nomor peserta : 061
    SDN GADING VII
    Proyek : Budidaya Tanaman Daun Mint

    Balas
  • Juli 12, 2023 pada 18:41
    Permalink

    Hebat sekali???
    Sangat menginspirasi kita semua. Bersama-sama melakukan aksi kampanye bebas plastik. Karena memang semakin banyak produk disekitar kita yang menggunakan plastik,padahal plastik sangat bahaya karena susah untuk terurai.
    Semoga dengan adanya kampanye seperti ini bisa membuat masyarakat sadar dan lebih banyak menggunakan tas kain/tas ramah lingkungan.

    Nama : Callista Putri Arini
    Nomor peserta : 076
    Judul Proyek:Budidaya Tanaman Kunyit
    Sekolah : SDN Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya

    Balas
  • Juli 13, 2023 pada 18:06
    Permalink

    Kesadaran masyarakat masih kurang untuk membawa kantong belanja sendiri
    Semoga masyakarat kedepannya paham dan menyadari bahaya sampah plastik

    Thareq Athaa LS
    SMP Negeri 2 Surabaya
    No peserta : 381
    Proyek : Budidani (Budidaya Daun Pandan Wangi)

    Balas
    • Juli 14, 2023 pada 18:48
      Permalink

      Semoga para masyarakat lebih mengenal bahaya kantong plastik lewat edukasi para calon pangput 2023.

      Muhammad Raihan Rizqullah
      SDN nginden jangkungan 1 surabaya
      No peserta 143
      Proyek BUDIDADAYA TANAMAN TAPAK DARA

      Balas
  • Juli 14, 2023 pada 11:16
    Permalink

    Keren, ayo teman-teman ikut serta dalam kegiatan ini… kegiatan positif seperti ini lah yg harus kita contoh!!
    semangat semuanya

    Elvira Maulidia Diva Prasojo
    SMP Negeri 21 Surabaya
    690
    Budidaya Bunga Sepatu Si Cantik yg Lezat dan Berkhasiat

    Balas
  • Juli 15, 2023 pada 06:40
    Permalink

    Nama Muhammad Manaf
    SDN PENELEH 1
    nomor peserta 209
    proyek buta lor budidaya tanaman kelor

    Semoga kedepannya masyarakat sadar diri dengan tidak menggunakan kantong plastik dan terus bersemangat berkampanye salam zeroid

    Balas
  • Juli 18, 2023 pada 22:06
    Permalink

    Keren aksi yang dilakukan membagikan tas kain untuk mengurangi sampah plastik yang sulit diurai ketika dibuang ke alam bebas sehingga harus mulai menggunakan alternatif kantong kain yang bisa digunakan berulang-ulang yang ramah lingkungan

    Iqbal Fajar Khrisna Reyhan Halim
    No Peserta : 447
    SMP Negeri 28 Surabaya
    Judul Proyek : Pemanfaatan Lahan Sempit untuk Pembudidayaan Pohon Kelor

    Balas
  • Juli 19, 2023 pada 08:26
    Permalink

    Keren aksi yang dilakukan membagikan tas kain untuk mengurangi sampah plastik yang sulit diuraikan ketika dibuang ke alam bebas sehingga harus mulai menggunakan alternatif kantong kain yang bisa digunakan berulang-ulang dan ramah lingkungan

    Iqbal Fajar Khrisna Reyhan Halim
    No Peserta : 447
    SMP Negeri 28 Surabaya
    Judul Proyek : Pemanfaatan Lahan Sempit untuk Pembudidayaan Pohon Kelor

    Balas
  • Juli 19, 2023 pada 10:22
    Permalink

    Aksi yang dapat ditiru. Susah untuk menyadarkan masyarakat agar tidak terlalu berlebihan dalam mengonsumsi sampah plastik. Harus penuh kesabaran agar bisa mewujudkan keinginan seperti itu.
    Nama: Ayu Sintia Nengseh
    Sekolah: SMP AL-ISLAH
    No. Peserta: 486
    Proyek: Budidaya Bunga Telang.

    Balas
    • Juli 22, 2023 pada 15:12
      Permalink

      Semoga masyarakat kita menyadari bahaya sampah plastik terhadap lingkungan. Dimulai dari hal kecil dengan selalu membawa tas ramah lingkungan untuk berbelanja

      Dhaniswara CP
      SMPN 35 Surabaya/501
      Judul proyek Eco Enzyme

      Balas
      • Juli 24, 2023 pada 10:58
        Permalink

        Semangat untuk SDN Ketabang 1 menyuarakan aksi zero waste bebas plastik, semoga kesadaran masyarakat semakin meningkat untuk mengurangi penggunaan plastik

        Samuel Wisely P.
        523
        SMPN 35 Surabaya

        Balas
  • Juli 19, 2023 pada 19:14
    Permalink

    MasyaAllah… Semoga kelak, saya bisa mencontohnya, sehingga bisa memberikan contoh kepada yang lain. Selama ini masih menggunakan tas belanja kain, tapi masih untuk diri sendiri, belum dibagikan ke orang lain. Semoga segera terwujud.. Terima kasih sudah memberikan inspirasi

    Gaizka Fadhilio Hirarki
    031
    SDN BANYU URIP III / 364 SURABAYA
    KREASI POT CANGKANG TELUR

    Balas
  • Juli 20, 2023 pada 10:11
    Permalink

    sangat menginspirasi, semoga semakin banyak masyarakat yg peduli dan bijak dalam menggunakan plastik

    Balas
  • Juli 22, 2023 pada 20:03
    Permalink

    Wah penting nih apa lagi sekarang banyak masyarakat di indonesia yang menggunakan plastik kerenn

    Nama:Muhammad Bayu Panji Saputra
    No:141
    Sekolah: SDN NGINDEN JANGKUNGAN I
    Proyek:Diapers Waste (Mengolah limbah popok

    Balas
  • Juli 22, 2023 pada 21:13
    Permalink

    Hebaaat… terus tingkatkan kampanyenya yaa…
    No more plastic bag!

    Nama : Fatimah Maulidya
    No. Peserta : 470
    Asal Sekolah :
    SDN WONOKUSUMO 6/45
    Judul proyek : Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Santik

    Balas
  • Juli 23, 2023 pada 14:14
    Permalink

    Sangat menginspirasi warga untuk selalu menggunakan kantong kain untuk belanja, Dan mengurangi menggunakan plastik sekali pakai

    Nama : Kenes Pradipta Andrea Puspa
    No. : 884
    Sekolah: SMPN 35 SURABAYA
    Nama proyek : Roma Milan Candle

    Balas
  • Juli 28, 2023 pada 13:16
    Permalink

    Semangat selalu dalam menjaga dan melestarikan bumi ini, terus berkrya di tahap ketiga pangput lh 2023

    Bayu Adji Prasetya
    Nomor peserta 285
    Judul proyek : *Pembuatan pupuk organik cair dari cangkang telur*
    Putra Lingkungan Hidup 2023

    Balas
  • Juli 28, 2023 pada 17:06
    Permalink

    RAINA ARFALISHA SHANUM
    Calon Pangput No. Peserta 176
    SDN Ketabang 1/288 Surabaya
    “BUDIDAYA TANAMAN CABE RAWIT”

    Alhamdulillah…untuk Memperingati Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia, SDN Ketabang 1/288 Surabaya tidak hanya melaksanakan aksi di Surabaya saja. Tetapi saya yang sedang berada di jakarta saat itu, juga melakukan Aksi Hari Tanpa Kantong Plastik, dengan menukar kantong plastik dengan tas kain, serta mengkampanyekan manfaat Tanpa Kantong Plastik. Kami SDN Ketabang 1 bersatu padu dalam satu tujuan.

    Balas
  • Juli 28, 2023 pada 17:32
    Permalink

    Mengurangi plastik adalah hal penting. Terutama bagi lingkungan sekitar. Contohnya seperti membawa tas untuk belanja, agar menghindari pemakaian plastik.

    Nama : ida farida
    Asal sekolah : SMPN 58 SURABAYA
    Nomer peserta : 1126
    Judul proyek : Mengolah sampah anorganik menjadi kerajinan

    Balas
  • Juli 28, 2023 pada 17:33
    Permalink

    Banyak nya orang² yang kurang kesadaran tentang banyaknya sampah di dunia .??
    Dan masih banyak lagi orang yang buang sampah sembarangan…
    Yuk kita stop sampah plastik ❌
    Dan kita kurangi sampah plastik dengan membawa tas/goddy bag dan botol tumbler…

    Saya mengucapkan selamat hari tanpa kantong plastik sedunia . .

    Nama : Rendy Yahya Wibowo
    Sekolah : SMPN 18 Surabaya
    Judul proyek : BKSS ( Budidaya Kunyit Sehat-Sehat Selalu)
    No urut peserta peserta : 371

    Balas
    • Agustus 3, 2023 pada 08:34
      Permalink

      Banyaknya warga yang masih menggunakan kantong plastik untuk membungkus makanan ataupun belanja dapat menimbulkan timbunan sampah plastik yang tidak bisa diurai.
      Mari kita semua mulai menggunakan kantong kain yang bisa dipakai berulang kali.
      Stop penggunaan plastik
      Saya Muhammad Haykal Adha, asal SDN Pacarkeling V/186, no peserta 183.

      Balas
  • Juli 28, 2023 pada 22:18
    Permalink

    Keren dan sangat menginspirasi, ayo kita semua semangat mengurangi sampah plastik

    Nama : Michayla Tasya Kustria
    Sekolah: SMPN 26 SURABAYA
    No peserta: 786
    Judul proyek: Budidaya Kemangi

    Balas
  • Juli 29, 2023 pada 19:13
    Permalink

    Keren sekali dan sangat menginspirasi kita untuk menjaga lingkungan kita dari banyaknya sampah plastik. Ayo kita semua untuk mengurangi sampah plastik.

    Syafira maulidya
    Smp Al islah Surabaya
    490
    Budidaya bunga rosella

    Balas
  • Juli 29, 2023 pada 19:40
    Permalink

    widihh keren banget aksinya, hebat!!!! Semangat terus untuk berkampanye, kita sama-sama menjaga bumi agar tetap lestari

    Nama : Diandra Anindya Putri
    Sekolah : SMPN 12 SURABAYA
    Nomer Peserta: 568
    Judul Proyek : Cairan Ajaib Serbaguna

    Balas
  • Juli 29, 2023 pada 19:41
    Permalink

    widihh keren banget aksinya!! Semangat terus untuk berkampanye, kita sama-sama menjaga bumi agar tetap sehat

    Nama : Diandra Anindya Putri
    Sekolah : SMPN 12 SURABAYA
    Nomer Peserta: 568
    Judul Proyek : Cairan Ajaib Serbaguna

    Balas
  • Juli 29, 2023 pada 21:15
    Permalink

    Ayo lanjutkan zero plastik. Tetap semangat hijaukan bumi tanpa sampah plastik.

    Nama: Nadya Reyhana Rochma
    Asal Sekolah: SMPN 25 Surabaya
    Nomor peserta: 782
    Judul Proyek: JELITA (Jelantah Multi Guna)

    Balas
  • Juli 29, 2023 pada 22:17
    Permalink

    Kampanye yang sangat penting untuk menjaga kesehatan bumi. Kita juga harus menerapkan aksi bebas kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari

    Nama : Allya Sefna Putri
    No. Peserta : 554
    Asal Sekolah : SMPN 12 Surabaya
    Judul Proyek : Pemanfaatan Daun Kelor menjadi Masker Organik

    Balas
  • Juli 30, 2023 pada 19:09
    Permalink

    Marii jaga bumi kita, dengan cara mengurangi sampah plastik
    Stopp!! Penggunaan plastik!!

    Nama: AZIZAH KHAIRINNISWAH
    Sekolah: SMPN 42 SURABAYA
    No. Urut: 972
    Judul proyek: BUDIDAYA LIDAH BUAYA

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *