Penyelempangan Finalis Pangeran Putri Lingkungan Hidup 2023 

Pemakaian Selempang Finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023 dilakukan di lantai 2 Balai Kota Surabaya, Jumat (25/8/2023) pagi. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi menyelempangkan satu per satu selempang tersebut kepada 63 orang finalis. Hadir juga Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Yusuf Masruh dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro.

Para finalis itu telah terseleksi melalui proses seleksi yang cukup panjang dan ketat sejak Februari 2023. Proses seleksinya adalah pengembangan proyek lingkungan hidup dan realisasi Keluarga Sadar Iklim dan Tanggap Bencana 2023. Program ini diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur dan Pemerintah Kota Surabaya.

Richi Razak, Aktivis Senior Tunas Hijau dan Direktur Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023, dalam laporannya menyampaikan bahwa program ini diikuti 1126 orang peserta.

“Pada penyelenggaraan tahun 2023 ini banyak diikuti oleh peserta yang tahun sebelumnya juga ikut serta program ini,” kata Richi Razak. Banyak juga peserta SMP tahun 2023 ini, yang saat SD juga ikut serta. 

Seluruh finalis pangeran dan putri lingkungan hidup 2023 bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya Rini Indriyani, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Yusuf Masruh

“Proyek lingkungan hidup peserta beragam. Banyak proyek yang sudah dimulai sejak Desember 2022. Sebagian besar proyek lingkungan hidup peserta dimulai bulan Februari 2023,” ujar Richi Razak saat pembacaan laporan.

Richi menyampaikan bahwa capaian proyek peserta yang sudah sangat luar biasa. “Hingga 25 Agustus 2023, ada peserta yang sudah mengolah 2 ton 725kg sampah saset. Namanya Afiqah Mutiara Tungga Dewi, yang merupakansiswa SDN Nginden Jangkungan I. Afiqah juga meraup penjualan produk ecobrick dari pengolahan sampahnya sekitar 45 juta rupiah,” tutur Richi Razak.

8850 tanaman lidah buaya atau aloevera juga berhasil dibudidayakan oleh Dimas Abhiyasa, peserta dari SDN Rungkut Menanggal I Surabaya. “Dimas juga menjadikan pemukiman tempat tinggalnya sebagai kampung mitra, yang setiap RT diajak berlomba-lomba merawat tanaman aloevara hasil pembibitannya,” kata Richi Razak. 

Aisyah Avicena Razhes Lavoisier finalis putri lingkungan hidup 2023 dari SDN Jemur Wonosari I dengan proyek budidaya tanaman buah mengkudu menjadi pembeda penyelenggaraan tahun 2023 ini. “Aisyah telah membudidaya 18.114 tanaman mengkudu. Dia juga membuat lotion dengan mengekstrak buah mengkudu,” terang Richi Razak.

Richi Razak, Aktivis Senior Tunas Hijau dan Direktur Penganugerahan Pangeran Putri Lingkungan Hidup 2023

Mayfrina Aisyahrani, finalis putri lingkungan hidup 2023 dari SDN Kebonsari I dengan proyek pengolahan sampah organik menjadi eco enzyme telah mengolah sampah organik sebanyak 3.826,6 kg sampah. “Mayfrina memproduksi eco enzym di rumah dan sekolah,” jelas Richi Razak.

Muhammad Bayu Panji Saputra, finalis pangeran lingkungan hidup 2023 dari SDN Nginden Jangkungan I, disampaikan oleh Richi Razak, termasuk siswa yang memiliki proyek lingkungan hidup yang menantang. 

“Bayu telah mengolah 419,5 kilogram popok bayi. Dia mengolahnya menjadi beragam ukuran pot tanaman,” pungkas Richi Razak dalam penyampaian laporan jelang Penyelempangan Finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023.

Penulis: Mochamad Zamroni

14 thoughts on “Penyelempangan Finalis Pangeran Putri Lingkungan Hidup 2023 

  • Agustus 31, 2023 pada 00:46
    Permalink

    Alhamdulillah penyelempangan finalis pangeran dan Puteri lingkungan hidup 2023 sudah terlaksana, saya senang sekali jika sosialisasi bisa memakai selempang finalis biar semua orang tau jika saya itu adalah pecinta lingkungan. Dan semua orang bisa turut mendoakan juga mendukung saya dalam ajang pemilihan pangputlh 2023.karena doa dan dukungan beliau2lah yang akan menjadi semangatku untuk terus menjalankan proyek ku.
    Eno Wahyu kamagading (234) SDN pacarkeling 1/182surabaya.budidaya tanaman kencur

    Balas
  • September 1, 2023 pada 04:04
    Permalink

    Alhamdulillah Penyelempangan Finalis Pangput LH 2023 sudah terlaksana
    Terimakasih bunda Rini, pak Yusuf, pak Hebi, kak Roni, Tunas Hijau, kakak 2 Tunas Hijau, ayah dan ibuku, kakak2ku, keluargaku, ibu Kepala Sekolah, ibu Pembina, ibu wali kelas, bapak dan ibu guru, teman-teman SMPN 28 SBY, Teman-teman ibuku dan semua yang sudah mensupport, memotivasi, mendukung dan me-like ku yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu sehingga saya bisa sampai ke tahap ini
    Semoga Alloh SWT selalu meridhoi setiap langkahku… Aamiin

    iqbal Fajar Khrisna Reyhan Halim
    No Peserta : 447
    SMP Negeri 28 Surabaya
    Judul Proyek : Pemanfaatan Lahan Sempit Untuk Pembudidayaan Pohon Kelor

    Balas
    • September 5, 2023 pada 07:11
      Permalink

      Alhamdulillah Anjasmara bersama teman-teman finalis Pangput telah menerima penyelempangan Finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023 dari Tunas Hijau yang disematkan oleh Bunda Rini Indriyani Eri Cahyadi. Terima kasih saya ucapkan kepada Bunda Rini, Bapak Yusuf, Bapak Hebi, Tunas Hijau, Kak Roni, Mama dan Papa, Keluargaku, Bapak Kepala Sekolah, Ibu Guru Pembina, dan Bapak Ibu Guru SDN Kaliasin 1 Surabaya yang telah mendukung, menyemangati, dan memotivasi sehingga Anjas bisa sampai ke tahap final ini. Senang sekali, akhirnya Anjas bisa bersosialisasi dan menanam menggunakan selempang finalis ini untuk menunjukkan bahwa Anjas adalah pecinta dan peduli terhadap lingkungan.

      Anjasmara Dewanata/SDN Kaliasin 1 Surabaya
      No. Peserta 083 – Budidaya & Olah Pandan Suji

      Balas
  • September 1, 2023 pada 19:56
    Permalink

    Terima kasih kepada tunas hijau, bapak ibu guru dan orang tuaku serta teman-teman yang selalu mendukung semua kegiatan saya sehingga sampai ditahap ini. Alhamdulillah pengalaman yang sangat berharga untuk saya. Semoga selalu memberi manfaat kepada lingkungan dan sesama. Aamiin

    Dhaniswara Cakra Permana
    SMPN 35 Surabaya /501
    Judul proyek Eco Enzyme Multipurpose Liquid

    Balas
  • September 6, 2023 pada 14:49
    Permalink

    Alhamdulillah puji syukur atas nikmat yang Allah anugerahkan…

    Sungguh sebelumnya tidak pernah menyangka bahwa sekarang bisa berkesempatan menjadi bagian dari anak-anak hebat di Surabaya untuk maju ke depan dan mendapatkan penghargaan dari Ibu Rini, Bapak Hebi, Bapak Yusuf dan Presiden Tunas hijau yaitu kak Roni…

    Hal yang sangat membanggakan buat saya dan keluarga saya…

    Dan semua hal yang membanggakan ini tentu saja tak lepas dari hasil kerja keras dari guru pembina saya Mam Tri wahyuningtiyas, Bapak kepala sekolah beserta para Bapak Ibu guru, dan semua teman-teman dan wali murid SDN Jemur Wonosari 1 Surabaya yang telah banyak mensupport saya selama ini…
    Dan tentu saja juga dengan bimbingan dan arahan dari kakak-kakak Tunas hijau ID..

    Terimakasih yang sebesar-besarnya njih atas semua ilmu dan bimbingannya…

    AISYAH AVICENA RL
    SDN JEMUR WONOSARI 1 SURABAYA

    Balas
  • September 6, 2023 pada 21:27
    Permalink

    Alhamdulillah saya sangat bersyukur karena saya bisa lolos hingga saat ini,terimakaaih untuk teman² saya dan guru² di sekolah mau mensupport saya agar bisa lolos hingga saat ini.
    Terimakaasih semua.

    Nama:Muhammad Bayu Panji Saputra
    No:141
    Sekolah: SDN NGINDEN JANGKUNGAN I
    Proyek:Diapers Waste (Mengolah limbah popok

    Balas
  • September 6, 2023 pada 21:31
    Permalink

    Terima kasih support dan bimbingannya kak Roni, Kak Bram, Kak Nizam dan kak Richi untuk tim pangput NGINJAS… berkat bimbingan dan motivasi dari kakak-kakak tunas hijau, kelima pangput NGINJAS lolos dan mencapai finalis. Salam sehat dan sukses buat kakak-kakak tunas hijau.

    Balas
  • September 10, 2023 pada 08:35
    Permalink

    Alhamdulillah.. Bisa sampai pada tahap ini.. Semoga bisa memberikan yang terbaik. Aamiin

    Gaizka Fadhilio Hirarki
    SDN BANYU URIP III /364 SURABAYA
    KREASI POT CANGKANG TELUR
    031

    Balas
    • September 12, 2023 pada 10:53
      Permalink

      Alhamdulillah bisa sampai ke tahap ini,semoga kedepannya lebih baik lagi,terima kasih kepada semuanya yang telah memberi dukungan, motivasi dan bimbingannya.

      Bilqis April Wahyudiyah Azzahra
      SDN Pacarkeling I/182
      No :232
      Budidaya tanaman sambung nyawa

      Balas
  • September 13, 2023 pada 08:52
    Permalink

    Alhamdulillah bisa sampai pada tahap final, ini adalah sebuah pengalaman yang sangat berarti bagi saya, terimakasih tunas hijau.
    Nama: Adrina Putri Nabilah Lutfi
    Asal Sekolah: SMPN 23 Surabaya
    No peserta: 760
    Judul Proyek: Budidaya Telang

    Balas
  • September 13, 2023 pada 13:24
    Permalink

    Bisa sampai di tahap final ini tentu sangat bersyukur. Tapi usaha dan semangat tetap terus berjalan karna perjuangan belum berakhir.

    Raisa Azzahra Praminda
    No. 310
    SDN Pacarkeling V/186 Surabaya
    Budidaya sirih cina

    Balas
  • September 25, 2023 pada 19:26
    Permalink

    Dengan mengucap syukur alhamdulillah saya terpilih sebagai finalis pangeran dan Putri akan hidup berbutabu 3 dan mendapat selempang . Pemakaian selempang diberikan oleh Bu Rini Indriani Eri Cahyati selaku ketua tim penggerak PKK kota Surabaya. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada orang tua dan para guru yang sudah mendukung saya dalam pembuatan proyek depan hidup sehingga membuat saya semakin semangat untuk mencapai target dari proyek saya.

    Muhammad Abril Rizky Illahi
    No Peserta: 345
    SMP NEGERI 12 SURABAYA
    Proyek lingkungan Hidupku: Pemanfaatan Limbah Kulit Kacang Hijau (Tumpi) Menjadi Pupuk Organik

    Balas
  • September 29, 2023 pada 14:35
    Permalink

    Alhamdulillah, sekarang saya dpt memakai selempang Finalis Putri Lingkungan Hidup Tahun 2023. Kedepannya, saya akan lebih semangat untuk berjuang lagi, dan akan ters meningkatkan kualitas proyek saya, terimakasih tunashijau telah memberi saya kesempatan utk terus maju ke tahap final ini. Semoga kedepannya saya bisa terus meningkatkan capaian proyek saya dan meraih hasil yang saya inginkan. Aaminn.

    Mutiara Triandyta/SMPN 18 SBY
    Finalis Putri Lingkungan Hidup 2023
    Nomor urut 648
    Judul proyek KSBB (KANGKUNG SAHABAT BOTOL BEKAS)

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *