Raisa Semula Pemalu, Berubah menjadi Pemberani

Saya Mustika Mufidaniati. Saya pembimbing dari Ananda Raisa Az Zahra Praminda, finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023 nomor 310. Kali ini akan saya ceritakan perubahan karakter yang di sangat baik dalam diri Finalis Pangeran dan Puteri LH yang saya bimbing. 

Tak terasa tahap demi tahap telah dilalui dengan penuh semangat dan kerja keras untuk sampai di tahap ini. Perubahan dalam diri finalis Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2023 ini juga sangat nyata terlihat. 

Saat pertama pendaftaran peserta Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2023 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur dan Pemerintah Kota Surabaya, Ananda Raisa ialah anak yang sangat pendiam. 

Awalnya saya sempat mengira karena Raisa baru kelas 2 hanya dapat dibina setidaknya hingga tahap 2 seleksi saja. Namun ternyata tekad Raisa sangat kuat, sehingga lolos menjadi finalis saat ini.

Mulai sejak awal pemilihan tema proyek, Ananda memang sudah memperlihatkan kesungguhannya dalam mengikuti kegiatan ini. Saat pembuatan poster, Ananda masih sering ragu untuk mengambil langkah dalam pembuatan poster ataupun melakukan kegiatan yang lain.

Berlanjut dengan kegiatan sosialisasi proyek di sekolah, Mbak Raisa cenderung lebih pemalu saat di depan kelas dan takut salah saat menceritakan tentang proyeknya. Namun seiring berjalannya waktu, Ananda Raisa semakin tumbuh rasa percaya dirinya. 

Beberapa kali sosialisasi proyek di kelas dan sosialisasi dalam masyarakat secara umum meningkatkan kemampuannya dalam public speaking, dalam hal ini untuk mensosialisasikan proyeknya yaitu budidaya sirih cina. Bahkan Raisa yang dahulunya sangat pendiam, saat ini menjadi lebih banyak teman dan mudah bergaul dengan orang lain.

Selain kepercayaan diri, kegiatan yang dirancang dalam rangkaian kegiatannya seperti webinar, aksi Bersih Pantai serta pameran proyek membuat diri Raisa menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab. Raisa sangat rajin mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau ID. 

Antusiasme, semangat, dan dukungan dari orang tua Raisa yang selalu menemani setiap langkah Raisa tentu menjadi dukungan paling hebat bagi perubahan karakter Raisa menjadi lebih humble dan percaya diri ini. 

Adanya kegiatan ini juga mempererat sinergi dan kerjasama antara murid binaan, guru pembimbing, tim adiwiyata serta kepala sekolah. Dalam hal ini tentu sangat baik demi meningkatkan mutu sekolah. Semoga kegiatan ini dapat berlanjut setiap tahunnya. Sukses selalu Raisa. Semoga kamu tetap menjadi generasi yang produktif, peduli, anti rebahan. 

Salam Bumi Pasti Lestari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *