Aryasatya Panca Nararya Menjelma jadi Ahli Tanaman Serai

Sudah 2 tahun ini, Aryasatya Panca Nararya bergelut dengan tanaman serai. Mulai dari budidaya, penanaman, perawatan dan pemanfaatan tanaman serai kerap dilakukan oleh Arya, panggilan siswa kelas 6 SDN Dukuh Menanggal I Surabaya, yang juga finalis pangeran lingkungan hidup 2022 dan 2023 ini.

Menurutnya, tanaman serai sangat bermanfaat bagi kesehatan bila dikonsumsi secera rutin. “Di antara manfaat tanaman serai adalah meredahkan batuk, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi kolestrol dalam darah dan juga untuk masakan,” kata Aryasatya Panca Nararya.

Sudah sekitar 2700 tanaman serai dia tanam selama tahun 2023 ini. Jumlah itu sudah lebih banyak dari capaian tahun 2022, yang sekitar 2500 tanaman serai. “Saya memulai menanam dan membudidayakan tanaman serai dengan memanfaatkan pekarangan rumah,” ujar Aryasatya.

Dari pekarangan rumahnya, dia juga aktif menghijaukan kampung tempat tinggalnya dengan tanaman serai hasil budidayanya. “Saya menggunakan media polybag atau pot untuk penghijauan kampung saya dengan tanaman serai,” tambah Aryasatya.

Aryasatya dengan tanaman serai hasil budidayanya yang dirawat di sekitar tempat tinggalnya

Ada dua jenis tanaman serai, yaitu tanaman serai hijau atau serai biasa yang sering ditemui di pasar, dan tanaman serai merah atau serai wangi. Selama Arya membudidayakan tanaman serai 2 tahun terakhir ini, dia mengaku jadi mengerti perbedaan dari tanaman serai hijau dan tanaman serai wangi. 

“Ciri-ciri tanaman serai wangi adalah memiliki batang kecil. Serai wangi memiliki aroma yang khas dan beda dengan aroma serai hijau. Serai wangi tidak dapat diolah menjadi makanan maupun minuman karena mengandung minyak citronela yang lebih efektif digunakan sebagai minyak tradisional,” ujarnya. Serai wangi juga memiliki akar yang kuat sehingga waktu panen harus membutuhkan tenaga yang ekstra.

Sedangkan ciri-ciri tanaman serai hijau, menurut Aryasatya, adalah batangnya besar dan lebar. “Tanaman serai hijau batangnya besar dan lebar. Biasanya diolah menjadi minuman herbal, makanan, dan obat-obatan tradisional,” Aryasatya menambahkan.

Tanaman serai wangi jarang ditemui atau langka. “Kebetulan saudara saya yang ada di Kabupaten Gresik memiliki tanaman serai wangi lalu saya berfikir untuk meminta beberapa batang tanaman serai wangi kepada saudara saya untuk saya budidayakan kembali,” terang yang hobi menggambar dan mewarnai ini. 

Pekarangan rumah Aryasatya yang dimanfaatkan untuk persemaian tanaman serai

Selama dua tahun bergelut aktif membudidaya tanaman serai, Arya kini nampak sebagai sosok yang banyak mengenal tanaman serai. Untuk sukses membudidayakan tanaman serai, Arya membagikan tipsnya sebagai berikut: 

1. Tanaman serai harus terkena cukup cahaya matahari. Jika terlalu banyak kena sinar matahari daunnya akan mengecil dan kering

2. Penyiraman teratur tanaman serai sehari 2 kali sehari pada pagi hari dan sore hari perlu terus dilakukan. Jika cuaca panas lebih baik disiram sehari 3 kali. Tergantung kondisi cuaca.

3. Sebelum tanaman serai ditanam, sebaiknya rendam dulu batang dari tanaman serai di wadah lalu beri air dan pupuk organik cair (bila ada). Tujuannya untuk mempercepat pertumbuhan akar. Lalu taruh di tempat yang teduh atau sejuk dan tunggu selama kurang lebih satu minggu.

4. Bila ada tanaman yang kering sebaiknya jangan langsung dibuang. Jika dirawat lebih ekstra dengan cara disiram lebih banyak air, maka daun keringnya akan mengelupas sendiri dan tumbuh lagi daun yang baru. Hal ini disebabkan tanaman serai yang kering tersebut terlalu banyak terkena cahaya matahari dan kurang rutin dalam penyiramannya.

Sudah dua tahun Aryasatya menggeluti budidaya tanaman serai melalui program Penganugerahan Pangeran & Putri Lingkungan Hidup 2022 dan 2023 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur dan Pemerintah Kota Surabaya

Menurut pengalamannya membudidayakan tanaman serai selama 2 tahun terakhir, tanaman serai sangat efektif sebagai pengusir nyamuk terutama tanaman serai wangi. 

“Sebenarnya tanaman serai hijau juga bisa mengusir nyamuk akan tetapi tanaman serai wangi lebih memiliki aroma yang sangat kuat sehingga lebih efektif menggunakan tanaman serai wangi sebagai pengusir nyamuk,” Arya menjelaskan.

Pencahayaan yang sangat berlebihan dapat menjadikan tanaman serai kering seperti perubahan pada daunnya yang mengecil dan kaku. “Penanaman lebih cepat jika dilakukan di media air terlebih dahulu karena dapat mempercepat pertumbuhan akar,” Arya menambahkan.

Hasil penanaman serai lebih bagus jika ditanam langsung di tanah yang luas bukan di polybag ataupun pot, karena akarnya bisa tumbuh dengan luas sehingga tanaman serainya lebih bagus. 

“Akar dari tanaman serai wangi lebih kuat daripada akar tanaman serai hijau sehingga pada proses panen harus membutuhkan tenaga ekstra. Jika proses penyiraman pada tanaman serai terlalu banyak, akar yang di dalam tanah akan membusuk jadi usahakan menyiram secukupnya

Aryasatya aktif mengajak warga SDN Dukuh Menanggal I Surabaya menanam serai di sekolah

“Ketika cuaca panas, usahakan lebih rutin untuk menyiram tanaman serai. Upaya ini untuk mengurangi kekeringan pada tanaman serai yang dapat mengakibatkan tanaman serai mati,” jelasnya.

Untuk produk olahan tanaman serai Arya, ada minuman Herbal Serai (hot of serai ), Es Sejuk (es sereh jeruk), dan Cao SUREH (cao susu sereh). “Untuk produk olahan ini, saya menggunakan tanaman serai hijau atau tanaman serai biasa. Sekarang dengan budidaya serai ini saya bersama keluarga, Arya membuat produk olahan dan menjualnya secara online maupun offline. 

Selama Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2022 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur dan Pemerintah Kota Surabaya, Arya telah menjual HOT SERAI sebanyak 1.051 botol dengan harga satuan enam ribu rupiah. Juga pudding serai sebanyak 89 cup dengan harga satuan empat ribuan. 

Selama tahun 2023 ini, Arya berhasil menjual hot serai sebanyak 243 botol, es sejuk sebanyak 79 botol dan es cao sureh sebanyak 261 botol. Total penjualan selama tahun 2023 sebesar 3.498.000 rupiah.

Penulis: Mochamad Zamroni

8 thoughts on “Aryasatya Panca Nararya Menjelma jadi Ahli Tanaman Serai

  • Oktober 4, 2023 pada 12:53
    Permalink

    Serai enak di buat minuman dicampur dengan jahe, saya sering membuatnya ayah bundaku juga suka, tetapi penanamannya serai perlu lahan yg luas krn tumbuhny tinggi dan rimpun. Hebat kakaknya bisa membudidayakan tanaman serai . Secara tdk langsung mencari pahala untuk mengobati org2 dengan obat herbal.
    Eno wahyu kamagading (234) SDN pacarkeling 1/182 surabaya
    Budidaya tanaman kencur

    Balas
  • Oktober 4, 2023 pada 13:06
    Permalink

    Wah keren banget kak Arya dengan tanaman budidaya serai…
    Btw aku baru tahu kalau serai ada dua jenis, serai wangi dan serai hijau… selama ini aku mengira semua serai sama dan semua bisa buat makanan dan minuman hehe…
    Maasyaa Allah Terimakasih sharing ilmunya kak…
    Semoga semakin sukses yah kak Arya beserta seluruh keluarga… Aamiin…

    AISYAH AVICENA RL
    SDN JEMUR WONOSARI 1 SURABAYA

    Balas
  • Oktober 4, 2023 pada 13:29
    Permalink

    Selain dijadikan bumbu masakan,serai juga dapat dijadikan minuman untuk penghangat tubuh terutama saat cuaca dingin dengan dicampur rempah yang lain, rasanya yang hangat ditenggorokan mampu meredakan batuk. Butuh perwatan dan penyiraman yang rutin agar tumbuh subur. Ada mitos yang mengatakan tanaman serai bisa mati kalau di ambil tanpa sepengetahuan yang menanam. Disamping untuk herbal ,perbanyak untuk penghijauan,salam bumi pasti lestari.

    BILQIS APRIL WAHYUDIYAH AZZAHRA
    SDN Pacarkeling I/182
    No.peserta : 232
    Budidaya tanaman sambung nyawa/herbal bernilai ekonomis

    Balas
  • Oktober 4, 2023 pada 13:47
    Permalink

    pernah dibuatin minuman sereh sama uti ku dan rasa nya wenakkk polll. kukira minuman dari sereh itu pahit, tapi ternyataaa manis dan segar looo.. saya baru ada 1 pot tanaman sereh dirumah sebagai TOGA.

    Dewangkara Bagus Abisatya
    SDN Rangkah VI/168 Surabaya
    Finalis Pangput LH 2023 SD-221
    BUMEL TAAT (Budidaya Bunga Melati Tanaman Bermanfaat)

    Balas
  • Oktober 4, 2023 pada 18:25
    Permalink

    Luar biasa Arya dengan proyeknya semoga bisa konsisten dan menginspirasi bagi banyak orang untuk memanfaatkan lingkungan sekitar menjadi sesuatu yang berguna dan bernilai jual serta turut menjadikan bumi kita semakin lestari. Semangat Arya ???

    Balas
  • Oktober 5, 2023 pada 09:12
    Permalink

    Selain untuk minuman
    Bisa juga ditambahkan saat memasak nasi, selain sereh tambahkan juga daun salam dan daun jeruk.
    Bermanfaat mengurangi kadar gula dalam nasi.
    Ini yang sering bunda saya lakukan

    Gaizka Fadhilio Hirarki
    031
    SDN BANYU URIP III Surabaya
    Kreasi Pot Cangkang Telur

    Balas
  • Oktober 5, 2023 pada 20:48
    Permalink

    Wah keren banget kakak arya sudah menanam serai kayak hutan. Semangat kak arya semoga sukses selalu.

    Raisa Azzahra Praminda
    No. 310
    SDN Pacarkeling V/186 Surabaya
    Budidaya sirih cina

    Balas
  • Oktober 8, 2023 pada 13:47
    Permalink

    Keren de Arya budi daya Tanaman serainya
    Sukses ya de Arya

    Iqbal Fajar Khrisna Reyhan Halim
    SMP Negeri 28 Surabaya
    No Peserta : 447
    Judul Proyek : Pemanfaatan Lahan Sempit Untuk Pembudidayaan Pohon Kelor

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *