Dimas Abhiyasa, Pangeran Lingkungan Hidup 2023 Pembudidaya Belasan Ribu Aloevera

Bocah ini luar biasa. Masih kelas 5 SD sudah konsisten dalam berkarya. Dimas Abhiyasa Wibowo namanya. Dia siswa SDN Rungkut Menanggal I Surabaya, Dalam 11 bulan terakhir, Dimas berhasil membudidayakan 16.920 tanaman lidah buaya. Tanaman yang dikenal juga dengan nama aloevera itu dia budidaya di sekolah dan di kawasan Rungkut, tempat tinggalnya. Predikat Pangeran Lingkungan Hidup 2023 SD pun disematkan kepadanya.

Dalam sebelas bulan di tahun 2023 ini, tidak ada satu hari pun yang dia lewatkan tanpa berinteraksi dengan tanaman aloevera budidayanya. Termasuk saat beberapa hari dia sakit pada bulan Agustus dan November 2023. Ketertarikan bocah kelahiran 7 Mei 2012 ini untuk membudidaya tanaman lidah buaya berawal ketika dirinya mengamati banyak aloevera yang tidak terawat di sekitar rumahnya.

Mengetahui banyaknya manfaat yang terkandung di dalam aloe vera, membuat Dimas tertarik untuk mengembangkan proyek lingkungan hidup ini pada Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya dan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur, serta didukung oleh PDAM Surya Sembada dan PT Dharma Lautan Utama.

Tiap hari Dimas selalu aktif merawat dan menambah tanaman aloevera baru

“Saya akan terus mengembangkan budidaya tanaman aloevera ini,” kata anak tunggal dari pasangan Dwi Wibowo Rahardjo dan R. Venna Amelia ini. Kegigihan dan keuletan Dimas dalam melakukan budidaya aloevera mendapat dukungan penuh dari kedua orang tuanya. 

Kebetulan, kedua orang tua Dimas juga suka dengan tanaman. “Kami bangga dan sangat mendukung proyek lingkungan Dimas. Sebagai orang tua, kami selalu memberikan support dan turut terjun ke dalam proyek tersebut memberikan teladan sebagai wujud aksi nyata peduli lingkungan menghijaukan lingkungan dengan menanam aloevera,” ungkap Vena Amelia.

Selain orang tuanya, ia juga mendapat dukungan dari warga sekitar lingkungan rumah dan juga sekolah di mana ia belajar. Di Rungkut Permai RW VI tempat tinggalnya, 4 RT menjadi kampung binaan. Dimas bahkan mendapat predikat baru D’alova = Dealova yang artinya Dimas Aloevera. Predikat itu disematkan warga sekitarnya.

Predikat baru D’alova atau Dimas Aloevera disematkan oleh warga sekitarnya kepada bocah ini

Total 8 kampung yang menjadi mitra binaan Dimas untuk membudidayakan tanaman aloevera, proyek lingkungannya. Kamung lainnya adalah Rungkut Mapan Barat sebanyak 2 RT, Rungkut Barata sebanyak 2 RT. 

Anak yang dikenal sangat aktif di sekolah ini telah mempunyai 5 produk olahan aloe vera di antaranya adalah minuman, puding, herbal tea, sabun dan sampo aloe vera. Dimas bahkan telah bekerja sama dengan 2 UMKM di lingkungannya untuk turut mengolah dan memasarkan produk olahan aloe vera. 

Harapan terbesarnya adalah bisa membuat beberapa Kampung Aloevera lagi serta mengajak kerja sama warga dan UMKM untuk mengolah aloe vera menjadi produk olahan yang kaya manfaat.

Dimas di salah satu kampung mitra binaannya

Baginya, aktivitas budidaya aloevera sangat bernilai positif bagi banyak orang sekitar. “Waktu yang dihabiskan untuk bertanam dan merawat tumbuhan tidak pernah bisa disebut membuang waktu,” ungkap Dimas yang dikenal dengan beragam kegiatan harian selain belajar di sekolah ini.

Capaian proyek budidaya aloevera Dimas periode Mei sampai November 2023 sangat luar biasa. Di antaranya produksi aloevera drink sebanyak 550 botol. Aloevera puding sebanyak 225 cup. Teh herbal aloevera sebanyak 80 pack. Aloevera sampo sebanyak 50 botol @100 ml. Aloevera soap sebanyak 160 batang.

Bocah penghobi membaca, menulis, bersepeda, dan bermain piano ini juga termasuk memiliki literasi yang cukup tinggi. Keingintahuannya pada hal baru sangat tinggi. Dia sangat aktif mengikuti dan bertanya pada forum webinar yang digelar oleh Tunas Hijau tiap Sabtu siang.

Pekarangan rumah dan lahan kosong sekitar rumah Dimas penuh dengan tanaman aloevera

Bahkan, karena keaktifannya pada webinar yang membahas beragam tema lokal dan global itu, Dimas terpilih mengikuti forum diskusi online nasional yang digelar oleh UNICEF. “Pada diskusi online UNICEF itu, saya mewakili Jawa Timur. Saat itu membahas kesehatan,” terang Dimas Abhiyasa Wibowo.

Pada Mei 2023, pada salah satu tahapan seleksi Pangeran Putri Lingkungan Hidup 2023, esai “Terima Kasih Surabayaku” yang ditulis tangan Dimas, juga terpilih untuk dibacakan langsung di depan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di ruang kerjanya. “Alhamdulillah, sepulangnya, saya mendapatkan hadiah sepeda dari Wali Kota Surabaya yang dikirim langsung ke rumah,” tutur Dimas Abhiyasa dengan gembira.

Di sisi lain, Dimas diketahui juga merupakan siswa cerdas di sekolahnya yang memiliki banyak prestasi. Di antara prestasinya adalah memenangkan juara 2 Lomba Menulis Cerpen se-Surabaya Timur tahun 2022 dan juara 2 Lomba Cerdas Cermat PAI se-Surabaya tahun 2023.

Untuk mengenal Dimas lebih jauh bisa kunjungi akun media sosial Instagramnya @dimasabhiyasa

Penulis: Mochamad Zamroni

22 thoughts on “Dimas Abhiyasa, Pangeran Lingkungan Hidup 2023 Pembudidaya Belasan Ribu Aloevera

  • Desember 9, 2023 pada 06:21
    Permalink

    Dimas sungguh membanggakan kami pihak sekolah, selain wajahnya yang tampan, dengan segudang kelebihan” yang dimiliki Dimas yang merupakan siswa yang santun dan berkarakter sungguh sangat layak Dimas mendapat predikat Pangeran Lingkungan Hidup 2023. Prestasi yang dimiliki Dimas semoga menjadi inspirasi bagi teman sebayanya agar lahir Dimas” yang lain yang sehebat Dimas. Terima kasih kak Zamroni, kak Bram, kak Richi, kak Nizam dari Tunas Hijau Indonesia, tanpa bimbingan dari kakak~kakak hal ini mustahil akan terwujud. Terima kasih juga sudah mewadahi anak~anak yang memiliki passion sehingga mereka bisa berkarya seperti Dimas, siswa kami di SDN Rungkut Menanggal I

    Balas
  • Desember 9, 2023 pada 06:28
    Permalink

    Dimas Abhiyasa adalah siswa kelas VC dari SDN RUNGKUT MENANGGAL I/582 Kota Surabaya yang sangat hebat sekalia,,tidak hanya tentang pelajaran tapi Dimas adalah Pemenang lomba bergengsi PANGPUT LH 2023,,yang sya salut dari Dimas dan keluarga,,walaupun lomba PANGPUT LH 2023 sudah selesai dan SDH dinyatakan dia menjadi pemenangnya tapi dia tidak berhenti menjadi Pahlawan Lingkungan dimanapum dia berada,,,SUKSES SELALU UNTUK DIMAS DAN KELUARGA.

    Balas
    • Desember 10, 2023 pada 21:09
      Permalink

      Dimas hebat dan keren sudah berkontribusi untuk dirinya dan lingkungan, semoga menjadi teladan untuk teman-teman yang lainnya. Sukses selalu Dimas

      Balas
    • Desember 11, 2023 pada 06:16
      Permalink

      Dimas Abhiyasa adalah siswa kelas VC dari SDN RUNGKUT MENANGGAL I/582 Kota Surabaya yang sangat hebat sekalia,,tidak hanya tentang pelajaran tapi Dimas adalah Pemenang lomba bergengsi PANGPUT LH 2023,,yang sya salut dari Dimas dan keluarga,,walaupun lomba PANGPUT LH 2023 sudah selesai dan SDH dinyatakan dia menjadi pemenangnya tapi dia tidak berhenti menjadi Pahlawan Lingkungan dimanapum dia berada,,,SUKSES SELALU UNTUK DIMAS DAN KELUARGA.

      Balas
  • Desember 9, 2023 pada 08:16
    Permalink

    Tetap semangat DIMAS …dan sukses selalu SDN RUNGKUT MENANGGAL 1 Surabaya

    Balas
    • Desember 9, 2023 pada 09:10
      Permalink

      Keren banget Dimas…
      Tetap semangat ya dalam mengupayakan kelestarian lingkungan hidup…
      Semoga semakin sukses Dimas beserta seluruh keluarga…

      AISYAH AVICENA RL
      Putri lingkungan hidup 2023

      Balas
      • Desember 10, 2023 pada 21:10
        Permalink

        Teruslah berkarya hai Dimas dalam mengembangkan aloevera. Pasti ada pelajaran yang besar dari karyamu ini. Paling tidak kamu belajar mandiri,menjadi calon entrepenuer yang handal. Anak yang cerdas,agamis,berakhlaq. Semoga kamu jadi figur/contoh teman2mu untuk raih cita2 dan masa depan. Sukses selalu dan barokalloh. Dukungan sangat berperan dalam prestasi Dimas.

        Balas
  • Desember 9, 2023 pada 09:37
    Permalink

    Sungguh luar biasa dan semoga proyeknya bermanfaat bagi masyarakat luas, semangat terus Dimas,,,,,,
    Kita generasi muda anti rebahan yang terus berkarya untuk negeri dan bumi tercinta

    Eveline Anuriyadin
    MTsN 3 Surabaya
    Putri Lingkungan Hidup 2023smp
    Judul proyek : Zero organic waste

    Balas
    • Desember 9, 2023 pada 10:17
      Permalink

      Selalu semangat Mas Dimas,,,,ayo kita bersama hijaukan dunia dengan proyek kita,,,dan semoga membawa manfaat untuk banyak orang. Pangput LH 2023 produktif peduli dan anti rebahan

      BILQIS APRIL WAHYUDIYAH AZZAHRA
      SDN Pacarkeling I/182
      Putri IV LH 2023
      Budidaya sambung nyawa

      Balas
  • Desember 10, 2023 pada 11:32
    Permalink

    ke ren kak dimas testimoni kak produk ny heheh
    Eni Wahyu kamagading
    SDN pacarkeling 1/182 surabaya
    Budidaya tanaman kencur

    Balas
  • Desember 10, 2023 pada 19:23
    Permalink

    Alhamdulillah Dimas selalu konsisten melestarikan lingkungan, salah satunya dengan terus membudidayakan Aloeve. Semoga selalu menjadi inspirasi dan contoh bagi siswa-siswa generasi penerus bangsa yang lain.

    Balas
  • Desember 10, 2023 pada 19:30
    Permalink

    Semangat Dimas untuk melestarikan lingkungan dan membudidayakan Aloevera ????

    Balas
  • Desember 10, 2023 pada 19:35
    Permalink

    Luar biasa Dimas. Semoga kerja keras Dimas ini bisa menjadi pemacu semangat untuk adik adik yang lain agar bisa ikut berkontribusi dalam hal pelestarian lingkungan. Selamat untuk Dimas dan kedua orang tuanya.

    Balas
  • Desember 10, 2023 pada 20:05
    Permalink

    Luar biasa pejuang lingkungan kecil… Semoga menjadi inspirasi dan panutan bagi yang lain…

    Balas
  • Desember 10, 2023 pada 21:20
    Permalink

    Semoga kesuksesan selalu bersamamu cah ganteng….

    Balas
  • Desember 11, 2023 pada 01:00
    Permalink

    Alhamdulillah… Dimas Abiyasa selalu aktif dalam banyak kegiatan khususnya di bidang Peduli lingkungan. Semangat selalu Dimas.. tetap berkarya dan giat dalam peduli lingkungan.

    Balas
  • Desember 11, 2023 pada 04:38
    Permalink

    Luar biasa Dimas, Semoga menjadi inspirasi dan panutan bagi yang lain…dan sukses selalu SDN RUNGKUT MENANGGAL 1 Surabaya

    Balas
  • Desember 11, 2023 pada 04:48
    Permalink

    Luar biasa anak usia SD sudah mencintai lingkungan dengan total lintas tetap semangat menjadi contoh contoh di sekitar dan selalu menjadi inspirasi semua orang sukses sll SDN Rungkut menanggal 1 selalu mencetak generasi muda yg berkwalitas

    Balas
    • Desember 11, 2023 pada 08:12
      Permalink

      Dimas keren! aktif, kreatif dan semangatnya luar biasa dalam melestarikan lingkungan. Sukses selalu dengan budidaya aloeveranya yaa..

      Balas
  • Desember 11, 2023 pada 08:35
    Permalink

    Dimas hebat,semoga semakin sukses dan menjadi inspirasi semua orang

    Balas
  • Desember 11, 2023 pada 12:33
    Permalink

    Tetap semangat dan selalu konsisten ya Dimas.

    Balas
  • Desember 11, 2023 pada 17:34
    Permalink

    Semangat selalu Dimas… Semoga aksi²nya bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi orang² di sekitarmu untuk lebih peduli terhadap lingkungan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *