Cara Menanam Daun Sirih Cina dari Biji 

Bingung jenis tanaman berkhasiat kesehatan yang bisa dirawat di pekarangan rumah yang sangat terbatas, lembab dan minim sinar matahari? Cobalah menanam daun sirih cina. Tanaman sirih cina atau ketumpang air (Peperomia pellucida) adalah tanaman terna kecil yang tumbuh satu musim. Tanaman ini mempunyai sistem perakaran yang dangkal. Biasanya sirih cina tumbuh liar di tepi sungai atau danau dengan kondisi tanah yang cukup lembab.

Menanam tumbuhan sirih cina ini tak terlalu sulit. Bahkan bisa ditanam dengan biji. Cukup ambil saja buah sirih cina yang sudah tua. Biasanya buah tersebut berwarna hitam pekat. Kalau ditekan, maka akan keluar air sari berwarna ungu dari dalam buahnya. Selanjutnya tanamkan biji yang ada di dalam buah sirih cina ini di tanah yang subur. Cepat atau lambat biji tersebut pasti akan tumbuh.

Berikut ini cara menanam sirih cina dengan biji:

Pertama: Siapkan Benih Tanaman Sirih Cina

Benih berupa biji ini bisa dibeli di toko pertanian atau secara online. Tetapi kalau sudah ada tanaman sirih cina atau mungkin ada kerabat yang memilikinya, tinggal memetik buah sirih cina yang kondisinya sudah tua. Kemudian buah tersebut dikupas untuk diambil hanya bijinya saja. Silakan rendam biji sirih cina ini di dalam air hangat selama 10-12 jam.

Kedua: Siapkan Media Tanam yang Subur

Tanaman sirih cina menghendaki media tanam yang gembur dan mengandung banyak unsur hara. Tanaman ini akan tumbuh subur manakala ditanam padamedia tanam tersebut. Siapkan media tanam yang tepat untuk menanam sirih cina ini. Dimulai dari tanah, bersihkan tanah tersebut dari kerikil dan kotoran. Setelah itu, campurkan tanah ini dengan sekam padi dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:2:1. Aduklah biar tercampur merata.

Ketiga: Tanamkan Benih di Media Tanam

Media tanam yang sudah selesai dibuat lantas dimasukkan ke dalam pot atau polybag. Buatlah lubang tanam tepat di tengah-tengah pot/polybag tersebut menggunakan jari telunjuk. Jangan terlalu dalam. Lubang tanam ini cukup dibuat dengan kedalaman yang berkisar 10-15 mm. Lalu masukkan 1-2 biji sirih cina sekaligus ke dalamnya. Tutup kembali lubang tanam ini menggunakan tanah di sekitarnya.

Keempat: Pelihara dengan Baik agar Tumbuh Subur

Biji sirih cina yang sudah ditanam di pot/polybag harus dirawat dengan baik agar tumbuh subur. Bibit ini sebaiknya diletakkan di tempat yang teduh terlebih dahulu. Pancaran sinar matahari secara langsung belum terlalu diperlukan pada fase ini. Sirami polybag setiap 2 hari sekali untuk mencukupi kebutuhan air pada tanaman. Lama-kelamaan benih tadi akan berkembang menjadi bibit sirih cina, lalu tumbuh semakin besar.

Mengingat tanaman sirih cina tumbuh secara merambat, maka perlu memberikannya ajir memakai bambu atau tali sebagai sarana bagi tanaman ini untuk memanjat atau merambat ke atas. Bisa juga memasang ajir di dekat tanaman. Kemudian bantulah tanaman sirih cina dalam menggapai ajir tersebut. Tanaman sirih cina juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias di rumah. Misalnya dibuat sebagai kanopi yang hidup.

Penulis: Mochamad Zamroni

1 thoughts on “Cara Menanam Daun Sirih Cina dari Biji 

  • April 5, 2024 pada 10:23
    Permalink

    Haloo sobat hijauu
    Perkenal kan saya arifah febriani asal sekolah smpn 23 surabaya dengan no.urut 754 dan asala sekolah smpn 23 surabaya
    Saya merupakan peserta pangput dengan judul proyek budidaya daun kelor.

    Mari kita bersama’ dengan mengikuti proyek ini untuk menjadikan bumi kita lebih baik lagi

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *