Dahsyatnya Manfaat Sirih Cina untuk Kesehatan

Tidak banyak yang mengetahui bahwa tanaman sirih cina, atau tanaman dengan daun berukuran kecil, berwarna hijau mengkilap, dan banyak dianggap sebagai tanaman liar ini ternyata memiliki sangat banyak manfaat untuk kesehatan. 

Berikut ini manfaat tanaman sirih cina dan cara mengolahnya: 

1. Menghaluskan Kulit

Daun sirih cina juga dapat membantu menghaluskan kulit. Kandungan di dalamnya dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati di wajah sehingga kulit menjadi lebih halus dan lembut.

Caranya:

  1. Haluskan lima lembar daun sirih cina kemudian oleskan ke wajah secara merata.
  2. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air dingin. Perawatan ini bisa dilakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu.

2. Mencerahkan Wajah Kusam

Kulit kusam tak jarang menurunkan kepercayaan diri seseorang karena wajah terlihat gelap, kering, dan kasar. Daun sirih cina bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan wajah kusam. Cukup rebus daun sirih, lalu diamkan hingga dingin.

Caranya:

  1. Rebus daun sirih tersebut kemudian didiamkan hingga dingin.
  2. Basuh wajah dengan air rebusan itu selama dua kali dalam seminggu agar hasil yang didapatkan maksimal.

3. Mencegah Munculnya Komedo

Munculnya komedo di wajah sangat mengganggu penampilan. Komedo biasanya muncul di beberapa area wajah mulai dari hidung, pipi, dahi, dan juga dagu. Komedo biasanya berwarna putih, tapi ada juga yang berwarna hitam karena sudah teroksidasi oleh debu dan polusi. Selain melakukan perawatan di klinik, kamu juga bisa mencegah munculnya komedo di wajah.

Caranya:

  1. Rebus daun sirih cina.
  2. Kemudian basuhkan ke wajah setelah air dingin tersebut.
  3. Dengan begitu, komedo akan melunak dan mudah dibersihkan.

4. Menurunkan Kolesterol

Daun sirih cina memiliki senyawa aktif yang dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan, dan meningkatkan pemecahan kolesterol di dalam tubuh. Dengan mengontrol kadar kolesterol, sirih cina dapat membantu menjaga kesehatan jantung, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Mengobati Jerawat

Manfaat daun sirih cina untuk wajah yang selanjutnya adalah dapat mengatasi jerawat. Sebab, daun tersebut memiliki efek farmakologi sebagai antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan perkembangan bakteri penyebab jerawat.

Caranya:

  1. Ambil tiga sampai lima lembar daun sirih cina.
  2. Kemudian, ditumbuk hingga halus.
  3. Oleskan ke wajah yang terdapat jerawat.
  4. Diamkan selama 30 menit.
  5. Bilas sampai bersih.
  6. Gunakan secara rutin agar hasilnya maksimal.

6. Mengobati Asam Urat

Manfaat daun sirih cina yang lain bisa mengobati asam urat. Dalam penelitian, daun sirih cina mengandung zat yang dapat digunakan sebagai obat herbal alternatif untuk menurunkan kadar asam urat. Cara untuk mendapatkan manfaatnya adalah dengan merebusnya. Caranya siapkan kira-kira segenggam tangan orang dewasa dengan direbus air sebanyak dua gelas air. Rebus selama 15-20 menit, setelah dingin bisa meminumnya langsung.

7. Memudarkan Flek Hitam

Munculnya flek hitam di wajah disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari paparan sinar matahari, gen, salah menggunakan produk skincare, dan lainnya. Flek hitam memang tidak menimbulkan rasa sakit, namun sangat mengganggu penampilan. Flek hitam ini bisa diatasi dengan menggunakan daun sirih cina.

Caranya:

  1. Halus lima lembar daun sirih cina kemudian tambahkan dengan jeruk nipis.
  2. Oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air biasa.

8. Meredakan Batuk dan Pilek

Manfaat daun sirih cina yang berikutnya yakni dapat meredakan batuk dan pilek. Untuk mendapatkan manfaatnya, bisa dengan merendam sirih cina dalam minyak. Lalu hangatkan dengan api kecil dan oleskan pada dada. Selain itu, juga bisa mengonsumsi air rebusan sirih dengan madu untuk mengatasi batuk berdahak.

9. Antiinflamasi

Berkumur dengan daun sirih  cina membantu menghilangkan plak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sirih cina memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Hal tersebut dapat mengurangi risiko perkembangan penyakit inflamasi seperti arthritis, radang usus, dan kondisi peradangan lainnya. Dengan mengonsumsi sirih cina secara teratur, maka dapat membantu menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko peradangan.

10. Antioksidan

Daun sirih Cina mengandung senyawa antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini, dan berbagai penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Dengan mengonsumsi sirih Cina, Anda dapat meningkatkan pertahanan tubuh terhadap stres oksidatif, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Tanaman yang tidak butuh banyak sinar matahari terik ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Bisa dibudidaya di lokasi yang tidak banyak mendapatkan sinar matahari

11. Mengatasi Sistem Pencernaan

Beberapa orang menggunakan daun sirih Cina untuk membantu meredakan masalah pencernaan seperti kembung dan gangguan pencernaan ringan. Selain itu, ekstrak daun sirih Cina telah terbukti dapat mencegah kerusakan pada mukosa lambung, lapisan selaput lendir yang menampung kelenjar dan lubang gastrointestinal. 

12. Menjaga Kesehatan Mulut

Berkumur dengan air rebusan daun sirih Cina dapat membantu mengatasi masalah seperti bau mulut, gusi berdarah, dan infeksi mulut. Hal ini karena daun sirih cina memiliki kandungan antibakteri dan antijamur. Kandungan senyawa aktif dalam sirih Cina juga dapat membantu mengurangi pembentukan plak gigi dan mengurangi risiko penyakit gusi seperti periodontitis. 

13. Antibakteri dan Antijamur

Daun sirih cina mengandung senyawa seperti eugenol dan chavicol sehingga dapat digunakan sebagai  obat kumur, dapat membantu melawan infeksi mulut, sariawan, dan masalah kesehatan gigi lainnya. Selain itu, sirih cina juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi kulit, seperti kurap dan ruam.

14. Menurunkan Demam

Manfaat daun sirih cina yang lainnya adalah dapat menurunkan demam. Salah satu penelitian menyatakan adanya efek antipiretik dari kombinasi ekstrak daun sirih cina dengan green chiretta yang mirip dengan parasetamol. 

15. Mengatasi Sakit Kepala

Manfaat daun sirih cina berikutnya adalah dapat mengatasi sakit kepala. Tanaman ini diketahui memiliki efek analgesik yang bisa meredakan nyeri-nyeri pada tubuh, termasuk sakit kepala. Anda dapat menggunakan sebagai rebusan dan dikonsumsi saat masih hangat.

16. Mengecilkan Pori-pori

Manfaat daun sirih cina untuk wajah selanjutnya adalah dapat mengecilkan pori-pori. Setiap orang memiliki pori-pori yang bermanfaat untuk kulit. Pori-pori dapat mengeluarkan kelenjar minyak yang membuat kulit tetap terjaga kelembaban kulitnya.

Namun, ada efek buruk bila kamu memiliki pori-pori besar, yakni bisa menjadi tempat sel kulit mati dan kotoran menumpuk. Hal itu membuat kelenjar minyak tersumbat dan menyebabkan jerawat. Kandungan senyawa antiseptik di dalamnya mampu membantu mengecilkan pori-pori.

Caranya:

  1. Rebus lima lembar daun sirih cina.
  2. Kemudian anda cuci wajah menggunakan air tersebut.
  3. Anda bisa melakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu agar hasilnya maksimal.

17. Mengatasi Gejala Menopause

Manfaat daun sirih cina yang berikutnya yakni dapat mengatasi gejala menopause. Hal ini karena daun sirih cina mengandung senyawa aktif yang bisa membantu mengatur hormon, dan meredakan gejala seperti hot flash, berkeringat berlebihan, dan gangguan tidur yang sering terjadi selama masa transisi menopause.

Dari beberapa sumber.

1 thoughts on “Dahsyatnya Manfaat Sirih Cina untuk Kesehatan

  • April 5, 2024 pada 13:17
    Permalink

    Daunnya kecil yang mempunyai banyak manfaatnya

    Rasyid Maulana Riffat
    SDN Pacarkeling V Surabaya
    Nomor Peserta: 241

    Proyek : Budiros Nyakman
    (Budidaya Rosella Banyak Manfaatnya)

    Mengikuti seleksi pangeran dan putri lingkungan hidup 2024 adalah pengalaman yang berharga bagi saya, karena semakin banyak ilmu yang saya dapat dan tentunya bermanfaat serta menginspirasi banyak orang

    Salam Bumi Pasti Lestari

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *