Penghargaan Eco Hotel 2023 untuk Grand Mercure Malang Mirama

Hotel Grand Mercure Malang Mirama menerima penghargaan Eco Hotel 2023, Kamis (11/1/2024). Penghargaan yang disampaikan oleh Junior Board Tunas Hijau itu diterima langsung oleh Sugito Adhi, General Manager hotel bintang lima grup Accor yang berlokasi di Kota Malang itu.

Junior Board Tunas Hijau yang hadir menyerahkan penghargaan itu adalah Dimas Abhiyasa Wibowo (Pangeran LH 2023 SD), Aisyah Avicena (Putri LH 2023 SD), Eveline Anuriyadin (Putri LH 2023 SMP), Iqbal Fajar Khrisna (Pangeran LH 2023 SMP), Andrew Ionesta (Pangeran LH 2022 SD), Verlita Anggraini (Juara I Keluarga Sadar Iklim 2022), Fildza Ghassani (Putri LH 2022 SMP), Gilbert (Pangeran LH 2022 SMP), dan Revalina Fernanda (Juara I Literasi SDG’s Nasional 2023).

“Kami mewakili anak-anak dan generasi muda peduli lingkungan hidup Tunas Hijau dengan aksi-aksi nyata lingkungan berkelanjutan,” kata Andrea Ionesta mengawali sambutan Junior Board Tunas Hijau, yang juga siswa SDN Ketabang I Surabaya.

Perubahan iklim atau krisis iklim terus meningkat dampak buruknya. “Di antaranya dengan seringnya hujan sporadis, musim yang tidak menentu, banjir bandang saat musim penghujan dan kekeringan saat musim kemarau,” ucap Eveline Anuriyadin, dalam pengantarnya.

Diperlukan partisipasi aktif seluruh pihak dan individu untuk bersama melakukan upaya mitigasi perubahan iklim tersebut. “Terutama yang berkaitan dengan penggunaan energi baru terbarukan secara efisien efektif, tranportasi lebih ramah lingkungan dengan efisiensi bahan bakar yang masih banyak bersumber dari fosil, pengolahan sampah secara mandiri sejak dari sumbernya dan penghijauan serta gerakan menghutankan sekitar,” lanjut Verlita Anggraini. 

“Hotel Grand Mercure Malang Mirama terus menunjukkan kepedulian dengan mendukung aksi-aksi nyata lokal pelestarian lingkungan hidup. Tidak semua hotel menerapkannya,” ujar Gilbert Matthew, yang juga siswa SMPN 3 Surabaya.

“Khususnya program ketahanan pangan di area hotel, dengan memanfaatkan sebagian lahan hotel untuk bercocok tanam tanaman pangan. Sebab, upaya pelestarian lingkungan harus selalu menerapkan prinsip Think Globally, Act Locally atau Berpikir Global, Bertindak Lokal,” tambah Fildza Ghassani, yang juga siswa SMAN 6 Surabaya.

Lebih lanjut, Revalina menyampaikan bahwa selama ini, menurut pengamatanJunioo Hotel Grand Mercure Malang Mirama terus menunjukkan kepeduliannya pada upaya mitigasi perubahan iklim khususnya dengan mendukung upaya pengolahan sampah organik yang dilakukan masyarakat sekitar. 

“Sebab, sampah organik yang hanya ditumpuk dengan sampah non organik hanya akan menghasilkan gas metana, yaitu salah satu gas rumah kaca penyumbang perubahan iklim,” Revalina Fernanda, siswa SDN Tandes Kidul I, melanjutkan. 

“Kami menyaksikan juga bahwa efisiensi penggunaan energi terus diterapkan di Hotel Grand Mercure Malang Mirama dalam kesehariannya dengan cara-cara sederhana namun berkelanjutan. Semoga ke depannya akan dibarengi dengan upaya penerapan energi bari terbarukan,” tutur Dimas Abhiyasa, siswa SDN Rungkut Menanggal I.

“Pada kesempatan ini, ijinkanlah kami menyampaikan penghargaan kami kepada Hotel Grand Mercure Malang Mirama, yaitu PENGHARGAAN ECO HOTEL 2023 penghargaan dari generasi muda peduli lingkungan dan pembangunan global berkelanjutan dengan aksi-aksi nyata. Penghargaan Eco Hotel 2023 ini hanya kami sampaikan amat sangat terbatas,” tambah Aisyah Avicena. 

“Semoga dengan penghargaan Eco Hotel 2023 ini akan semakin memacu Hotel Grand Mercure Malang Mirama untuk lebih giat lagi aktif dalam melakukan upaya pelestarian lingkungan secara langsung maupun tidak langsung. Kami juga berharap Grand Mercure Malang Mirama aktif melakukan pengomposan sampah organik yang dihasilkan dengan menggunakan sarana/prasarana pengomposan dengan tetap menjaga estetika hotel,” pungkas Iqbal Fajar. 

General Manager Hotel Grand Mercure Malang Mirama Sugito Adhi menyampaikan kegembiraannya bahwa hotel yang dipimpinnya mendapatkan penghargaan Eco Hotel 2023. “Kami akan terus menyeimbangkan tujuan korporasi dengan upaya pelestarian lingkungan hidup dalam penerapan pengelolaan hotel ini,” pungkas Sugito Adhi.

Setelah Penganugerahan Eco Hotel 2023 itu, para Junior Board Tunas Hijau beserta paguyuban pangeran putri lingkungan hidup 2023 diajak meninjau pengolahan limbah domestik hotel. Dari kunjungan lapangan ini, bisa diketahui komitmen peduli lingkungan hotel ini selain implementasi urban farming yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat.

Paguyuban Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023 yang hadir adalah Gayatri Kayla (Putri 5 LH 2023), Eno Wahyu Kamagading (Putri 7 LH 2023), Bilqis April Wahyudiyah Az-Zahra (Putri 4 LH 2023), Muhammad Bayu Panji (Pangeran 4 LH 2023), dan Mayfrina Aisyahrani (Putri 2 LH 2023).

Penulis: Mochamad Zamroni

26 thoughts on “Penghargaan Eco Hotel 2023 untuk Grand Mercure Malang Mirama

  • Januari 12, 2024 pada 21:28
    Permalink

    Terima kasih Grand Mercure Malang Mirama atas fasilitas urban farming yang disediakan sehingga anak-anak seusia saya yang menginap di sana jadi punya alternatif tempat edukasi lingkungan sambil berlibur di hotel bintang lima ini.
    Terimakasih kakak² tunas hijau telah memberi bayu kesempatan untuk berkunjung ke hotel Grand Mercure Malang Mirama.
    Memberi pengalaman baru untuk bayu,mendapat ilmu baru dan bertemu dengan teman² ku. Sangat senang sekali karena selesai kegiatan kita bisa berenang bersama
    Terimakasih kak Roni
    Terimakasih Tunas Hijau

    Balas
    • Januari 12, 2024 pada 22:05
      Permalink

      Selamat untuk Hotel Grand Mercure Malang Mirama yang telah menerima penghargaan sebagai ECO HOTEL 2023 atas dasar penerapan prinsip -prinsip berkelanjutan yang tentunya termasuk aksi peduli terhadap perubahan iklim dan keadaan lingkungan .

      Sungguh menjadi kegiatan dan pengalaman yang sangat berkesan bagi saya, karena mendapat kesempatan untuk menjadi salah satu junior board yang memberikan penghargaan kepada hotel bintang lima ini, selain itu berbagai ilmu baru yang saya dapatkan, diantaranya tentang manajemen IPAL ( instalasi pengelolaan air limbah ) pada hotel Grand Mercure Mirama Malang ini. Di sini kami ditunjukkan langsung pengolahan dari sumbernya ..ada tempat chlorine tank yang merupakan tempat untuk penjernihan. Air hasil pengelolaan dibuat menyiram tanaman yang ada di lahan hotel..ada garden yang juga ditanami beberapa sayur dan buah sebagai pelaksanaan salah satu program ketahanan pangan, tentunya sangat bermanfaat sekali. Tidak semua hotel sudah menerapkan prinsip prinsip berkelanjutan untuk itu besar harapan saya agar hotel -hotel yang lain segera menyusul melakukan prinsip -prinsip berkelanjutan ini.

      Kesempatan emas dan berharga yang saya dapatkan ini tidak lepas dari peran Tunas Hijau yang sudah mengajak saya bersama tim pangput lintas generasi dan paguyuban pangput 2023..semoga di lain waktu saya dan teman -teman bisa diberi kesempatan lagi untuk lebih banyak mengenal dan belajar secara langsung tentang Prinsip-prinsip Pembangunan Berkelanjutan.

      Terimakasih Tunas Hijau.

      Senang dan bangga bisa menjadi bagian tim junior board bersama Tunas Hijau.

      Dimas Abhiyasa W
      Pangeran Lingkungan Hidup 2023 SD

      Balas
  • Januari 12, 2024 pada 21:33
    Permalink

    Selamat atas komitmen peduli lingkungan hidup Grand Mercure Malang Mirama,,,,,
    Banyak sekali ilmu pengetahuan yang bisa didapat dengan staycation di hotel bintang lima di Kota Malang ini.

    Name: Eveline Anuriyadin
    School: MTsN 3 Surabaya
    Princess of the Environment 2023
    Project title: zero organic waste

    Balas
  • Januari 12, 2024 pada 21:36
    Permalink

    Menarik sekali. Tentunya tak semua hotel mendapatkan penghargaan Eco Hotel oleh Tunashijau. Selain itu, tentunya kita tau bahwa banyak hotel-hotel di Surabaya ataupun diluar Surabaya masih banyak yang ‘belum’ ramah lingkungan. Tapi, hotel Grand Mercure Mirama Malang berhasil merubah mindset kita tentang hotel yang ‘belum’ ramah lingkungan. Ternyta, ada hotel yang meraih Eco Hotel yang sungguh pastinya tak mudah untuk meraihnya. Hebat, lanjutkan.

    Mutiara Triandyta/SMPN 18 SBY
    Finalis Putri Lingkungan Hidup 2023

    Balas
  • Januari 12, 2024 pada 21:39
    Permalink

    Oh ya, tak lupa saya ucapkan Selamat untuk Hotel Grand Mercure Mirama Malang atas penghargaan Eco Hotel 2023 yang diraih. Semoga dapat menginspirasi kita semua.

    Mutiara Triandyta/SMP NEGERI 18 SBY
    Finalis Putri Lingkungan Hidup 2023

    Balas
  • Januari 12, 2024 pada 21:47
    Permalink

    HEBAT! Sebuah penghargaan yang tidak diberikan kepada sembarangan hotel melainkan hotel yg telah menetapkan ‘ramah lingkungan’. Selamat untuk Grand Mercure Malang Mirama yang telah berhasil mendapat Penghargaan Eco Hotel 2023!!.
    Sukses selalu untuk Grand Mercure Malang.

    Elvira Maulidia Diva/SMPN 21

    Balas
  • Januari 12, 2024 pada 21:53
    Permalink

    MasyaAlloh HOTEL GRAND MERCURE MALANG MIRAMA sangat luar biasa semoga bisa menjadi inspirasi bagi hotel lainnya. Selamat selamat selamat untuk HOTEL GRAND MERCURE MALANG MIRAMA….
    Hotel yang bersih, sejuk, nyaman, indah, semua karena didalamnya terdapat kepemimpinan yang bijaksana dan cinta akan lingkungan.
    Semoga hotel grand MERCURE malang MIRAMA bisa menginspirasi hotel lainnya. Tetap semangat untuk menjadi yang terbaik.
    Eno wahyu kamagading
    SDN pacarkeling 1/182surabaya
    Putri7 lingkungan hidup 2023

    Balas
  • Januari 12, 2024 pada 22:02
    Permalink

    Selamat untuk Grand Mercure Malang Mirama yang telah berhasil mendapatkan Penghargaan Eco Hotel 2023 dari Tunas hijau. Tidak semua hotel bisa mendapatkan penghargaan seperti ini, hotel Grand Mercure malang bisa menjadi inspirasi dan contoh bagi hotel hotel yang belum menerapkan sistem ramah lingkungan, tidak mudah bagi kita untuk merubah pola pikir orang orang akan hal ramah lingkungan, namun dengan adanya hotel ini bisa membantu mengedukasi orang lain dan memberikan contoh akan sistem ramah lingkungan. Sukses selalu untuk Hotel Grand Mercure Malang Mirama agar dapat menginspirasi kita semua.

    Adrina Putri Nabilah L / SMPN 23

    Balas
  • Januari 12, 2024 pada 22:17
    Permalink

    Hotel Terbaik Yaa Grand Mercure Malang Mirama. Saya ucapkan Selamat Kepada Hotel Grand Mercure Malang Mirama yang telah meraih Eco Hotel 2023 Sebagai Penghargaan Akhir Tahun yang luar biasa, semoga di Tahun 2024 Grand Mercure Malang Mirama Kembali Mendapatkan Penghargaan Eco Hotel 2024. Terus semangat dalam berkontribusi untuk mitigasi perubahan iklim, karena menurut saya Sampah yang dihasilkan Oleh Hotel Grand Mercure Malang Mirama Diolah dengan sangat baik sehingga sampah yang dihasilkan pun sedikit, Instalasi Pengolahan Air Limbah Sangat Baik, Air limbah bisa bermanfaat untuk Menyuburkan Tanaman, Sampah-sampah Organik Diolah Tuntas menjadi pupuk tanaman, dan Non Organik Disetorkan Ke vendor yang akan menambah Devisa Hotel. Lahan-lahan yang ada di parkir mobil dan motor juga sangat sejuk serasa di Taman Hutan Raya, karena begitu banyak tanaman TOGA maupun hiasan. Makanan dan minuman juga sangat enak, suasana yang nyaman membuat ingin liburan lama di Grand Mercure Malang Mirama, Menurut saya Hotel Grand Mercure Malang Mirama Hotel Ramah Anak, Hotel Ramah Lingkungan.

    Salam Bumi ???? Salam Lestari ????

    Revalina Fernanda
    Juara 1 Literasi SDG’S Nasional 2023
    SDN Tandes Kidul I/110 Surabaya.

    Balas
  • Januari 12, 2024 pada 22:18
    Permalink

    Hotel Terbaik Yaa Grand Mercure Malang Mirama. Saya ucapkan Selamat Kepada Hotel Grand Mercure Malang Mirama yang telah meraih Eco Hotel 2023 Sebagai Penghargaan Akhir Tahun yang luar biasa, semoga di Tahun 2024 Grand Mercure Malang Mirama Kembali Mendapatkan Penghargaan Eco Hotel 2024. Terus semangat dalam berkontribusi untuk mitigasi perubahan iklim, karena menurut saya Sampah yang dihasilkan Oleh Hotel Grand Mercure Malang Mirama Diolah dengan sangat baik sehingga sampah yang dihasilkan pun sedikit, Instalasi Pengolahan Air Limbah Sangat Baik, Air limbah bisa bermanfaat untuk Menyuburkan Tanaman, Sampah-sampah Organik Diolah Tuntas menjadi pupuk tanaman, dan Non Organik Disetorkan Ke vendor yang akan menambah Devisa Hotel. Lahan-lahan yang ada di parkir mobil dan motor juga sangat sejuk serasa di Taman Hutan Raya, karena begitu banyak tanaman TOGA maupun hiasan. Makanan dan minuman juga sangat enak, suasana yang nyaman membuat ingin liburan lama di Grand Mercure Malang Mirama, Menurut saya Hotel Grand Mercure Malang Mirama Hotel Ramah Anak, Hotel Ramah Lingkungan.

    Salam Bumi ???? Salam Lestari ????

    Revalina Fernanda
    Juara 1 Literasi SDG’S Nasional 2023
    SDN Tandes Kidul I/110 Surabaya.

    Balas
    • Januari 13, 2024 pada 05:57
      Permalink

      Selamat untuk Hotel Grand Mercure Mirama Malang atas penghargaan ECO HOTEL 2023 dari TUNAS HIJAU,semoga Hotel Grand Mercure Mirama Malang menjadi pioner untuk hotel- hotel yang lain yang sudah menerapkan perduli pada lingkungan. Disini telah dilakukan pengolahan limbah baik organik maupun non organik tuntas dari sumbernya,dan juga menciptakan suasana hijau di sekitar hotel dengan dilakukan penanaman sayur mayur pada lahan kosong yang ada disekitar hotel yang tentunya menjadi nilai plus, karena tidak hanya menginap tetapi pengujung juga bisa menikmati jalan2 di sekitar hotel untuk melihat tanaman sayur dan pengolahan limbah yang dilakukan oleh hotel. Dan semoga kedepannya Hotel Grand Mercure Mirama Malang semakin konsisten dalam keperdulianya untuk lingkungan, dan untuk Tunashijau semoga semakin jaya dengan program lingkunganya.

      BILQIS APRIL WAHYUDIYAH Az-zahra
      Putri 4 LH 2023

      Balas
  • Januari 12, 2024 pada 22:42
    Permalink

    Ide brilian dan selalu menginspirasi dari presiden Tunas Hijau, Kak Zamroni dan Tim Tunas Hijau berkolaborasi dengan hotel bintang 5 yang bisa menginspirasi hotel yang lain untuk ikut serta berkontribusi peduli lingkungan. Selamat buat Hotel Grand Mercure Mirama Malang yang telah mendapat penghargaan Eco Hotel 2024 karena pengelolaan lingkungan telah diterapkan di hotel tersebut. Memang layak lah Hotel Grand Mercure Mirama Malang menerima penghargaan tersebut. Saya yakin tidaklah mudah sesuatu itu bisa terwujud tanpa adanya kerja tim yg solid dari berbagai lini. Sukses terus buat Tunas Hijau yang selalu inovatif dalam dalam mengajak anak” tunas muda yang kelak bertanggung jawab menyelamatkan bumi ini. Anak” ku tetaplah Istiqomah dalam peduli lingkungan demi bumi yang kita pijak….

    Balas
    • Januari 13, 2024 pada 08:09
      Permalink

      Keren sekali hotel Grand Mercure Malang telah mendapatkan penghargaan sebagai eco hotel 2023, tidak semua hotel menerapkan lingkungan hidup di hotelnya, namun hotel Grand Mercure Malang ini sangat keren karena sudah menerapkan lingkungan hidup di hotelnya dan juga mengajak pengunjung hotel agar dapat menjaga lingkungan sekitar, semangat untuk Grand Mercure Malang tetap lanjutkan lingkungan di sana.

      Tak lupa juga saya ucapkan selamat kepada hotel Grand Mercure Malang telah mendapatkan penghargaan dari tunas Hijau id sebagai eco hotel 2023, karena tidak semua hotel mendapatkan penghargaan sebagai eco hotel 2023, semoga mendapat kesempatan untuk berkunjung ke sana, karena pasti di sana udaranya sangat segar dan banyak tanaman yang sudah di tanam.
      Semangat Dan Lanjutkan !!

      Salam,
      Chusnul Ajeng Pratiwi
      SDN Nginden Jangkungan 1

      Balas
  • Januari 12, 2024 pada 22:43
    Permalink

    Ide brilian dan selalu menginspirasi dari presiden Tunas Hijau, Kak Zamroni dan Tim Tunas Hijau berkolaborasi dengan hotel bintang 5 yang bisa menginspirasi hotel yang lain untuk ikut serta berkontribusi peduli lingkungan. Selamat buat Hotel Grand Mercure Mirama Malang yang telah mendapat penghargaan Eco Hotel 2024 karena pengelolaan lingkungan telah diterapkan di hotel tersebut. Memang layak lah Hotel Grand Mercure Mirama Malang menerima penghargaan tersebut. Saya yakin tidaklah mudah sesuatu itu bisa terwujud tanpa adanya kerja tim yg solid dari berbagai lini. Sukses terus buat Tunas Hijau yang selalu inovatif dalam dalam mengajak anak” tunas muda yang kelak bertanggung jawab menyelamatkan bumi ini. Anak” ku tetaplah Istiqomah dalam peduli lingkungan demi bumi yang kita pijak….

    Balas
  • Januari 13, 2024 pada 02:41
    Permalink

    Congratulation!
    Hotel Grand Mercure Malang Mirama telah mendapatkan penghargaan “ECO HOTEL” dari Tunas Hijau ID. Dimana penghargaan bergengsi ini tidak mudah didapatkan oleh hotel ataupun korporasi lain, perlu ada upaya besar pelestarian lingkungan hidup dalam penerapan pengelolaan hotel dan beberapa tahapan verifikasi mendalam yang harus di lalui oleh hotel Grand Mercure Malang Mirama.

    Disaat korporasi lain berlomba-lomba melakukan “Green wash” , hotel Grand Mercure Malang Mirama mampu membuktikan korporasi yang di kelola benar-benar melakukan upaya kelestarian lingkungan dengan banyaknya penghijauan di beberapa lahan kosong di sekitar hotel, seperti penanaman tanaman budidaya tomat, sawi, cabe, serai dan banyak lagi yang lainnya.

    Disamping itu hotel Grand Mercure Malang Mirama juga memiliki sistem pengelolaan limbah air yang sangat bagus dan juga penerapan pengelolaan sampah organik dan anorganik secara tuntas, bahkan diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan seperti pupuk dan lain sebagainya.

    **
    Sekali lagi Selamat buat Hotel Grand Mercure Malang Mirama atas prestasinya sehingga layak mendapatkan predikat sebagai “ECO HOTEL 2023” dari Tunas Hijau ID, semoga kedepannya semakin sukses dan dapat menginspirasi lebih banyak korporasi lainnya.

    Salam,
    Aisyah avicena rl
    Putri lingkungan hidup 2023 SD

    Balas
  • Januari 13, 2024 pada 05:37
    Permalink

    Selamat untuk Hotel Grand Mercure Malang atas predikatnya sebagai Eco Hotel 2023. Keren sekali bisa menerapkan lingkungan hidup sekaligus menjadi wisata edukasi bagi pengunjungnya. Jarang ada hotel yang seperti ini. Dan pasti butuh proses yang panjang dan komitmen yang kuat untuk bisa dapat penghargaan ini. Jadi pengen berkunjung kesana deh.

    Raisa Azzahra Praminda
    SDN Pacarkeling V/186 Surabaya

    Balas
    • Januari 14, 2024 pada 17:57
      Permalink

      Selamat kepada Hotel Grand Mercure Malang Mirama yang telah mendapatkan penghargaan sebagai Eco Hotel 2023 dari Tunas Hijau atas kepeduliannya dalam mendukung aksi-aksi nyata lokal pelestarian lingkungan hidup dan upaya mitigasi perubahan iklim. Apalagi di Hotel Grand Mercure ini ada program ketahanan pangan di area hotel yang memanfaatkan sebagian lahan hotel untuk bercocok tanam tanaman pangan. Wahhh keren sekalii, tidak semua hotel bisa menerapkannya!! Semoga Hotel Grand Mercure Malang Mirama bisa menjadi inspirasi bagi hotel – hotel lain yang belum menerapkan sistem ramah lingkungan.

      Sekali lagi Anjas ucapkan selamat kepada Hotel Grand Mercure Malang Mirama atas penghargaan ECO HOTEL 2023, semakin sukses untuk kedepannya dan konsisten terhadap kepedulian lingkungan hidup. Semoga Anjas mendapat kesempatan untuk berkunjung ke sana.

      Sukses selalu untuk Tunas Hijau yang telah mengajak para generasi muda melakukan aksi – aksi peduli lingkungan! !

      Salam Bumi Pasti Lestari♻️????

      Anjasmara Dewanata
      Pangeran 5 Lingkungan Hidup 2023
      Harapan 1 Keluarga Sadar Iklim dan Tanggap Bencana Nasional 2023
      SDN KALIASIN 1 SURABAYA

      Balas
  • Januari 13, 2024 pada 15:52
    Permalink

    Selamat atas penghargaan Eco Hotel 2023 yang telah diraih oleh Hotel Grand Mercure Malang Mirama .

    Semoga kedepan Hotel Grand Mercure Malang Mirama menjadi Hotel terbaik di Nusantara hingga mancanegara karena telah membuktikan kepedulian dan edukasi terhadap lingkungan

    Rasa bangga bagi kami keluarga besar para pecinta lingkungan dalam wadah Tunas Hijau bisa menyaksikan langsung di lokasi , dimana Hotel Grand Mercure Malang Mirama secara proaktif memanfaatkan lahan untuk ketahanan pangan. Dan semoga terus melakukan inovasi lingkungan untuk ikut dalam mengurangi dampak pemanasan global.

    Akhir kata dari kami , semoga Hotel Grand Mercure Malang Mirama makin Sukses

    Jalan² ke kota malang jangan lupa menginap di
    Hotel Grand Mercure Malang Mirama
    Hotelnya bersih pelayanannya ramah lingkunganya asri

    Mayfrina Aisyahrani
    Putri 2 Lingkungan Hidup 2023
    SDN KEBONSARI 1 Surabaya

    Balas
  • Januari 13, 2024 pada 21:07
    Permalink

    Hotel paling bagus dan terbaik ya hotel Grand Mercure Malang Mirama. Sebelum itu saya mengucapkan selamat yang sebesar besarnya untuk hotel Grand Mercure Malang Mirama yang telah meraih Eco Hotel 2023 pencapaian yang sangat luar biasa untuk hotel Grand Mercure Malang Mirama , semoga untuk tahun 2024 hotel Grand Mercure Malang Mirama bisa mendapatkan penghargaan lagi untuk Eco hotel 2024 . Menurut saya hotel Grand Mercure Malang Mirama ini termasuk kategori hotel yang sangat luar biasa!!! karena di hotel Grand Mercure Malang Mirama ini sisa limbah diolah menjadi air yang sangat jernih dan air itu sangattt bermanfaat sekalii seperti halnya untuk menyiram tanaman yang ada di kawasan hotel Grand Mercure Malang Mirama ini , hotel Grand Mercure Malang Mirama ini definisi hotel yang sangat luar biasaa, dari awal masuk udara nya terasa sejukkk sekali . Hotel Grand Mercure Malang Mirama ini selain ramah pelayanannya , ramah lingkungan juga.

    Salam bumi , Pasti lestari
    Verlita Anggraini Putri
    Juara 2 Eco student of the year 2023

    Balas
  • Januari 13, 2024 pada 21:25
    Permalink

    Selamat kepada Hotel Grand Mercure Malang Mirama atas penghargaan ECO Hotel 2023. Semoga dengan adanya penghargaan ECO Hotel kepada Hotel Grand Mercure Malang Mirama akan menginspirasi hotel-hotel lain di Indonesia untuk mengikuti aksi nyata dalam melestarikan lingkungan. Sehingga dampak perubahan iklim yang saat ini kita rasakan dengan adanya kemarau panjang, musim yang tidak menentu dan disisi lain adanya banjir menjadi teratasi. Bersama-sama kita semua saling mendukung dalam upaya pelestarian lingkungan untuk bumi tetap lestari.

    Balas
  • Januari 14, 2024 pada 16:52
    Permalink

    Selamat kepada hotel Grand Mercure Malang Mirama atas pencapaian yang sangat luar biasa dan menerima penghargaan ECO Hotel 2023
    semoga kedepannya hotel Grand Mercure Malang Mirama dapat menginspirasi hotel-hotel di Indonesia untuk aksi-aksi nyata yang melestarikan lingkungan sekitar.Menurut saya hotel Grand Mercure Malang Mirama ini termasuk kategori hotel yang sangat luar biasa sekali karena di hotel Grand Mercure Malang Mirama ini sisa limbah diolah menjadi air yang jernih. Bersama-sama kita semua saling membantu dalam upaya pelestarian lingkungan untuk bumi kita tercinta

    Salam bumi , Pasti Lestari
    Gilbert Matthew Carnelis
    Pangeran Lingkungan Hidup Tahun 2022 Tingkat SMP

    Balas
  • Januari 15, 2024 pada 05:25
    Permalink

    Terbaikk, semoga ke depannya semakin sukses dan bisa membawa manfaat untuk semua orang

    Balas
  • Januari 15, 2024 pada 05:26
    Permalink

    Selamat untuk hotel Grand Mercure malang Terbaikk, semoga ke depannya semakin sukses dan bisa membawa manfaat untuk semua orang, jangan berhenti untuk melakukan hal hal yang baik untuk lingkungan kita tercinta. Salam bumi pasti lestari

    Balas
  • Januari 15, 2024 pada 05:35
    Permalink

    Hotel dengan pelestarian lingkungan yang bagus serta keren dan berbintang 5, jelas hotel grand mercure malang mirama hotel berbintang 5 yang melakukan pelestarian lingkungan seperti urban farming memanfaatkan lahan parkir ataupun tempat yang dulunya banyak sampah berubah 360° menjadi tempat penanaman yang sangat keren melakukan penghematan listrik, pengomposan sampah organik dan masih banyak lagi pelestarian lingkungan oleh Hotel Grand mercure Malang mirama sehingga hotel Grand mercure Malang mirama sangat pantas meraih penghargaan ECO HOTEL 2023 semoga dengan penghargaan ini hotel Grand mercure Malang mirama dapat melestarikan lingkungan terus menjadi tempat liburan serta edukasi oleh pengunjungnya

    Salam bumi, pasti lestari
    Nevan Azka Fiardy
    Pangeran Lingkungan Hidup tahun 2021 Tingkat SD

    Balas
  • Januari 15, 2024 pada 08:14
    Permalink

    Selamat Kepada Hotel Grand Mercure Malang.Atas Penghargaan Eco Hotel.
    Sebagai Hotel Percontohan. Tidak hanya menawarkan kemewahan dan kenyamanan melainkan juga atas kepeduliannya terhadap alam sekitar.salah satunya dengan berkebun dan panen di hotel. Salut.. Semoga Hotel Grand Mercure Mirama Malang terus maju dan menjadi terdepan melalui program programnya dalam mengimplementasikan bercocok tanam dan terus berkomitmen dalam mewujudkan pangan sehat dan berkelanjutan dalam menyajikan makanan yang sehat dan berkualitas. Bravo

    Queen Anneysa Kabeer. L
    Juara 1 Eco Student junior of the Year 2023
    SMPN 1 Surabaya

    Balas
  • Januari 17, 2024 pada 12:38
    Permalink

    Terima kasih kepada kakak-kakak Tim Tunas Hijau yang sudah mengajak saya untuk hadir di hotel Grand Mercure Malang yang mendapat penghargaan sebagai eco hotel 2023, sekali lagi Saya ucapkan selamat untuk hotel grand Mercure semoga terus sukses kedepannya.
    Kegiatan yang luar biasa bermanfaat dan menginspirasi bagi saya, sehingga saya lebih bersemangat untuk terus berkarya.

    Semangat tuk generasi no gadget no worry !

    Andrew Ionesta
    SDN Ketabang I/288
    Pangeran Lingkungan Hidup 2023

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *