Sampah Sebanyak 1 Truk Dikumpulkan dari Area Mangrove Tambak Wedi

Aksi Bersih Pantai seri#133 kembali diselenggarakan oleh Tunas Hijau di area mangrove Tambak Wedi, Minggu (14/1/2024). Sekitar 260 orang relawan ikut serta pada aksi bersih pantai ini. Sampah sebanyak 1 dump truck berhasil dikumpulkan pada aksi bersih pantai ini. 

Sebagian besar sampah itu adalah batang dan ranting pohon, serta beragam sampah plastik. “Sampah-sampah tersebut kalau dilihat dari pola berkumpulnya di pesisir ini sebelumnya terbawa melalui pasang air laut,” kata Aktivis Senior dan Presiden Tunas Hijau Mochamad Zamroni.

Ditambahkan oleh Arif Dwi Susanto, guru pembina lingkungan hidup SDN Rungkut Menanggal I Surabaya, sampah yang dibuang langsung orang yang lalu lalang di pantai ini juga nampak. Di antara sampah yang langsung dibuang ke lokasi ini adalah popok bayi. 

Muhammad Afiq Isyraq bersama keluarganya berpose dengan papan bertuliskan “Dilarang buang sampah di sini”

“Saya hampir selalu ikut bersih pantai setiap akhir pekan. Kecenderungan pantai memang selalu kotor setelah akhir pekan sebelumnya dibersihkan. Tidak hanya sampah yang dibawa oleh laut yang mengotori pantai-pantai ini, namun juga sampah yang dibuang langsung oleh masyarakat,” tambah Arif Dwi Susanto.

Nampak di antaranya Muhammad Afiq Isyraq, siswa SDIT Permata Surabaya, bersama kedua orang tua dan adiknya. Afiq Isyraq merupakan Juara I Keluarga Sadar Iklim dan Tanggap Bencana Nasional 2023. Nampak juga Gayatri Kayla, juara I Keluarga Sadar Iklim Surabaya Eco School 2023; Reynando Yudhistira Putra, juara II Keluarga Sadar Iklim Surabaya Eco School 2023. 

Pangeran Lingkungan Hidup 2023 SMP Iqbal Fajar, Pangeran LH 2023 SD Dimas Abhiyasa Wibowo, Putri LH 2023 Aisyah Avicena dan paguyuban pangeran putri lingkungan hidup 2023. Tim sekolah juga banyak yang ikut serta pada aksi bersih pantai ini.

Tim relawan dari SMPN 11 Surabaya dengan 59 orang. SMPN 11 Surabaya adalah juara I Surabaya Eco School 2023

Tim sekolah yang ikut serta adalah SDN Rungkut Menanggal I (5 orang), SDN Nginden Jangkungan I (5 orang), SDN Lidah Kulon 1 (3 orang), SDN Pacarkeling I (5 orang), SDN Ketabang I (5 orang), SDN Wiyung I (3 orang), SDN Kendangsari I (10 orang), dan ⁠SDN Kendangsari II (10 orang). Tim sekolah lain yang ikut serta adalah SMPN 33 (14 orang), SMPN 9 (32 orang), SMPN 3 (37 orang) SMPN 7 (47 orang), SMPN 29 (38 orang), SMPN 11 (59 orang). 

Penulis: Zamroni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *