Lima Bulan di Negara Hongaria, Putri LH 2012 Talitha Menikmati Trasportasi Publik dan Jalan Kaki

Talitha Aurora Diesta Putri Maqsudi, Putri Lingkungan Hidup 2012, belum lama ini mengunjungi negara Hongaria. Hongaria termasuk salah satu negara Eropa dengan bentuk pemerintahan Republik Parlementer dan ibu kota bernama Budapest.

Kunjungan Talitha, yang alumni SDN Kaliasin I Surabaya, SMPN 1 Surabaya dan SMAN 2 Surabaya, ke negara Hongaria tergolong cukup lama, yaitu 5 bulan. Tepatnya mulai 1 September 2023 hingga 25 Januari 2024. Kunjungannya ke negara Hongaria tidak untuk liburan, melainkan untuk belajar.

“Saya ke Hongaria ini dalam rangka study. Ini merupakan rangkaian program study internasional saya sebagai mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum Universitas Diponegoro, Kota Semarang,” kata Talitha Aurora, yang pernah mengembangkan proyek budidaya ribuan tanaman sirih ini saat Pangeran Putri Lingkungan Hidup 2012.

Talitha Aurora Diesta Putri Maqsudi, Putri Lingkungan Hidup 2012, di University of Pécs

Ada tiga mata kuliah yang diambil oleh Talitha selama di Hongaria. Yaitu, Internasional BusinessInternational Business Law dan Administrative Law. “Selama perkuliahan di University of Pécs di Kota Pécs, bahasa Inggris menjadi bahasa komunikasinya. Sedangkan sehari-harinya menggunakan Bahasa Hongaria,” terang Talitha Aurora, yang juga peraih penghargaan Eco Student (Junior). of the Year 2014 ini.

Selama di negara Hongaria itu, Talitha sangat menikmati transportasi publik. “Masyarakat Hongaria sangat terbiasa menggunakan transportasi publik. Saya dan juga teman-teman dari Indonesia dan luar negara Hongaria sangat menikmati tranportasi publik yang tersedia,” tambah Talitha, anak pertama pasangan Eko Maqsudi dan Dina Ariyani ini.

Talitha menjelaskan bahwa penggunaan bus sangat marak di Kota Pécs. “Tapi aku sering main-main ke Kota Budapest, ibu kota Hongaria, naik kereta api. Butuh waktu 3 jam perjalanan dari Kota Pécs menuju Kota Budapest menggunakan kereta api,” jelas gadis kelahiran 6 November 2002 ini.

Foto: Tunart / Getty Image. Trem, salah satu transportasi publik di negara Hongaria

Lebih lanjut, Talitha menjelaskan bahwa tranportasi publik di Kota Budapest lebih beragam. Selain bus dan kereta api, ada juga trem atau kereta api yang berjalan beriringan di jalan raya tanpa pembatas khusus. “Ada uga MRT atau subway atau kereta bawah tanah, dan juga kapal,” Talitha menjelaskan.

Nyamannya berjalan kaki selama di negara Hongaria, khususnya di Kota Pécs dan Kota Budapest juga sangat dirasakan oleh Talitha. “Jalur khusus pejalan kaki tersedia di seluruh penjuru kota. Masyarakat jadi merasa aman dan nyaman untuk berjalan kaki,” pungkas Talitha Aurora Diesta Putri Maqsudi.

Penulis: Mochamad Zamroni

6 thoughts on “Lima Bulan di Negara Hongaria, Putri LH 2012 Talitha Menikmati Trasportasi Publik dan Jalan Kaki

  • Februari 28, 2024 pada 08:52
    Permalink

    Wah tentu menyenangkan sekali bisa kuliah di luar negeri seperti kak Talitha Aurora (Maasyaa Allah namanya cantik banget… Apalagi kakaknya…), apalagi disana banyak fasilitas umum dengan beragam jenis seperti angkutan umum-nya, jadinya tidak bosen naik kendaraan umum karena bisa ganti-ganti bisa naik bus, kereta api, trem, kereta bawah tanah, kapal dll ♥️

    Jalan kaki pun tentu sangat menyenangkan karena ada jalur khusus dan tentu saja pemandangan yang tak biasa kita lihat dan menarik…
    Wah… Ajak aku kesana dong Kak Talitha Aurora ♥️

    Salam hangat,
    Aisyah avicena rl
    Putri Lingkungan Hidup 2023SD
    Eco Student of The Year 2023SD

    Balas
    • Februari 28, 2024 pada 09:18
      Permalink

      Masya Allah, WoW… Sangat menyenangkan, membanggakan bisa meraih prestasi sejak SD, SMP, SMA, hingga berlanjut di bangku kuliah. Usaha itu tak kan pernah mengkhianati hasil. Sukses selalu untuk Kak Talitha

      Balas
  • Februari 28, 2024 pada 09:13
    Permalink

    Masyaallah!!!semoga nanti saya bisa mengikuti jejak Kak Talitha bisa belajar keluar negeri,,,,disamping dapat mengurangi polusi udara dan penggunaan bahan bakar fosil,penggunaan trasportasi umum juga mampu mengurangi kemacetan dan pastinya trasportasi umum untuk saat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas kenyamanan untuk penggunanya.

    Balas
    • Februari 28, 2024 pada 09:16
      Permalink

      Masyaallah!!!semoga nanti saya bisa mengikuti jejak Kak Talitha bisa belajar keluar negeri,,,,disamping dapat mengurangi polusi udara dan penggunaan bahan bakar fosil,penggunaan trasportasi umum juga mampu mengurangi kemacetan dan pastinya trasportasi umum untuk saat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas kenyamanan untuk penggunanya.

      Bilqis April Wahyudiyah Azzahra
      Putri IV LH 2023SD

      Balas
  • Februari 28, 2024 pada 15:54
    Permalink

    Kak talitha keren sekali bisa kuliah diluar negri sangat menginspirasi aku.
    Dan keren juga disana menggunakan alat transportasi umum untuk bepergian jadi lebih menghemat energi dan mengurangi polusi udara
    Good job kak
    Semoga kelak bisa kuliah diluar negri juga kayak kakak
    Salam dari Cecilia Farah Calysta siswi dari Smpn43 Surabaya

    Balas
  • Februari 28, 2024 pada 22:54
    Permalink

    Sukses selalu untuk Talitha, Putri Lingkungan Hidup tahun 2012. Turut bahagia dan bangga pernah menjadi Guru Pembina Putri Lingkungan Hidup yang membina Talitha dkk kala itu, dan ternyata keyakinan Mam Tri saat itu terbukti sekarang. Ketangguhan, semangat, dan jiwa pantang menyerah Talitha memang teruji dari masa mengikuti Pangeran Putri Lingkungan Hidup 2012 sampai saat ini. Terus maju dan berkaryalah Talitha, si cantik nan pintar dan ceria. Doa Mam Tri selalu untukmu.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *