Batas Akhir Pendaftaran Pangeran Putri Lingkungan Hidup 2024 Diundur

Masa pendaftaran Lomba Duta Lingkungan Hidup Belia 2024 atau Pangeran & Putri Lingkungan Hidup 2024 diperpanjang hingga Senin, 18 Maret 2024 pukul 23.59 WIB.

Penambahan masa pendaftaran lomba yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya ini dilakukan untuk memberi kesempatan seluruh sekolah, khususnya SD dan SMP negeri Surabaya, untuk mengikutsertakan siswanya.

Penambahan batas akhir pendaftaran ini juga untuk lebih mengoptimalkan peserta saat memasuki bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah. 

Lomba Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2024 adalah program tahunan yang digelar sejak tahun 2002. Lomba ini bertujuan untuk mengajak masyarakat melalui individu siswa dan anggota keluarga peduli lingkungan hidup dengan aksi berkelanjutan.

“Pada penyelenggaraan tahun 2024 ini, pesertanya adalah individu siswa SD/MI dan SMP/MTs negeri dan swasta dengan 2 kategori, yaitu SD/Madrasah Ibtidaiyah dan SMP/Madrasah Tsanawiyah,” kata Richi Razak, Aktivis Senior Tunas Hijau dan Direktur Pangeran & Putri Lingkungan Hidup 2024. 

Muhammad Haykal Adha, peserta dari SDN Pacarkeling V Surabaya dengan proyek pengolahan sampah organik untuk budidaya maggot BSF

Aktivis Senior Tunas Hijau Bram Azzaino menambahkan bahwa 29 Februari 2024 sudah terdaftar 694 orang peserta. “Jumlah itu berasal dari 60 sekolah dasar dan 36 sekolah menengah pertama,” Bram Azzaino menjelaskan. 

Terkait persyaratan program ini, Aktivis Senior Tunas Hijau Nizamudin Imam Santoso menjelaskan bahwa anak-anak harus memiliki proyek lingkungan hidup. “Proyek lingkungan hidup ini harus sudah dimulai aksinya dan akan terus dikembangkan,” tambah Nizamudin Imam Santoso. Peserta juga diminta membiasakan membiasakan membawa bekal makanan serta minuman dari rumah dalam wadah yang bisa digunakan berulang kali.

Pendaftaran peserta dengan menyertakan formulir isian proyek lingkungan hidup yang sudah dimulai melalui  dengan menyertakan formulir isian proyek lingkungan yang bisa diunduh melalui 

Sementara itu, proyek lingkungan hidup lainnya yang bisa dilakukan oleh calon peserta di antaranya adopsi lahan kosong menjadi taman atau kebun, pengolahan limbah cangkang telur, pengolahan sampah organik untuk eco enzym, dan budidaya tanaman/pohon. 

Pengolahan sisa makanan menjadi kompos juga bisa menjadi proyek lingkungan yang dikembangkan. Pengolahan sampah organik untuk budidaya maggot BSF, bank sampah kampung/sekolah, atau proyek lingkungan hidup yang lainnya juga bisa dilakukan oleh peserta. 

Penulis: Mochamad Zamroni

34 thoughts on “Batas Akhir Pendaftaran Pangeran Putri Lingkungan Hidup 2024 Diundur

  • Maret 1, 2024 pada 23:42
    Permalink

    Semangat buat semua jalani dengan ikhlas untuk merubah diri pribadi kita menjadi lebih baik lagi.
    Eno wahyu kamagading
    Putri 7 lingkungan hidup 2023
    Sdn pacarkeling 1/182 surabaya

    Balas
    • April 5, 2024 pada 20:26
      Permalink

      waduhh waduhh udah batas akhir aja nihh, gasabarr liat pesertanya pastiii keren keren semua nihh eh btw salam kenal yah aku FANI ANGGRAENI NABILA PUTRI siswi dari SMP NEGERI 56 SURABAYA no urut 1086 judul proyek DIBA (budidaya aloe barbadensis miller)

      tau ga kenapa aku milih ini???
      tanaman ini tuh banyak banget khasiatnyaa sobatt tanamannya juga mudah buatt di tanemm jadi kapan lagi kalo ga sekarang nanemnya? tertarik??!!
      YUK TANAM LIDAH BUAYA
      tanam 1 pohon hari ini selamatkan hari esokk

      Balas
  • Maret 2, 2024 pada 04:49
    Permalink

    Ayo teman-teman semua segera daftarkan diri kalian mengikuti kompetisi yang bergengsi Penganugerahan Pangeran Putri lingkungan hidup tahun 2024.

    Jangan ragu-ragu dalam melangkah…
    Kobarkan semangatmu dan mulailah dengan ketulusan… Insyaa Allah jalan akan terbuka dengan sendirinya ♥️

    **
    Banyak hal keren yang akan kalian dapatkan dari mengikuti kegiatan ini, yang pertama pembangunan karakter hal luar biasa yang tidak mudah kita dapatkan dari lembaga pendidikan lainnya… Ini sangat keren dan aku adalah bukti nyata… Sekarang aku jauh lebih baik… Lebih mudah berempati, lebih percaya diri dan masih banyak lagi…

    Untuk presentasi tak perlu diragukan, dengan mengikuti kompetisi ini teman-teman akan mendapatkan banyak bimbingan beberapa disiplin ilmu yang tidak kita dapatkan disekolah, kita juga mendapatkan kesempatan praktek langsung dan mengikuti beberapa kunjungan studi ke lembaga-lembaga keren yang mungkin sebelumnya tidak terpikir oleh kita… Ini keren sekali ♥️

    Selain itu kita memiliki bertemu banyak teman baru dari sekolah lainnya, kita bisa membangun hubungan baik dengan mereka… Membangun persaudaraan..
    Yang tentunya itu berarti membangun kenangan indah bersama lebih banyak lagi teman-teman di kota Surabaya bahkan mungkin dari kota lain..
    Bayangkan serunya memiliki banyak sekali sahabat baru yang akan saling support saat suka dan duka ♥️

    Jadi tunggu apalagi yuk segera daftarkan dirimu dan ajak teman-temanmu sebanyak-banyaknya untuk mendaftarkan diri juga mengikuti kompetisi bergengsi Penganugerahan Pangeran Putri lingkungan hidup tahun 2024.

    Untuk memudahkan pengembangan proyek, teman-teman bisa follow akun peserta Pangput dengan proyek yang sama di tahun sebelumnya, lalu lakukan semboyan yang telah populer di masyarakat Amati, Tiru dan kembangkan menjadi menjadi lebih baik… Dan tentunya buatlah inovasi baru yang spektakuler ♥️

    Semangat yah teman-teman semuanya..
    Kami tak sabar menunggu partisipasimu dan karya memukaumu ♥️

    Salam penuh semangat dariku,
    Aisyah avicena rl
    Putri lingkungan hidup tahun 2023SD
    Eco Student of The Year tahun 2023SD

    Balas
    • Maret 2, 2024 pada 07:54
      Permalink

      Mari kita mengikuti pendaftaran pangeran putri lingkungan hidup teman-teman ,
      Mengikuti kompetisi ini pada tahun 2024.

      Kembangkan kreatif kita , dan jangan pantang menyerah .

      Alasan saya ingin mengikuti kompetensi pangeran putri ini karena saya ingin berkembang lebih baju dan peduli akan alam ????????.

      Demangat ya teman-teman , dan jangan pernah pantang menyerah untuk kompetensi ini .

      Jadi jangan takut untuk mengikuti kompetisi ini karena kalau tidak di coba tidak akan tau susah dan senang nya

      Semangat buat teman-teman yang mengikuti kompetisi ini ya.????????

      Sayangi lingkungan , bergabung dengan pangeran putri lingkungan ????????

      Jangan lupa saling dukung ya teman- teman,

      Karena di kompetisi ini kalian akan mendapat banyak nya ilmu yang berguna buat masadepan di bumi kita ????????????????????

      Balas
  • Maret 2, 2024 pada 05:51
    Permalink

    Terimakasih ya atas partisipasinya, oh ya saya sudah mengikuti pangput, saya menjadi putri lingkungan hidup, terimakasih juga ya untuk semangatnya, Oh ya semangattt jugaa buat kitaa semuaaa…????????

    Balas
  • Maret 2, 2024 pada 07:54
    Permalink

    Hai teman! mari kita ikuti pendaftaran pangeran putri penganugerahan 2024.

    agar bisa menambahkan kreatifitas kita dan bisa membanggakan sekolah kita saat kita mengikuti lomba tersebut.

    agar kita menjadi anak kreatif dan maju untuk Indonesia

    Balas
  • Maret 2, 2024 pada 08:08
    Permalink

    mari kita mengikuti program pangput untuk mendapatkan prestasi yang sangat hebat.

    jangan ragu-ragu untuk mendaftarkan diri untuk program pangput ????????❤️, pangput bisa menjadikan kita untuk murid cerdas dan kreatif.

    jangan bosen bosen untuk saling mendukung satu sama lain untuk menambah semangat teman kita yang lagi menjalankan program pangput ini.

    sayangi bumi kita salam lestari bumi!!❤️❤️❤️

    jangan lupa dukung selalu saya
    dan jangan pantang menyerah ya teman-teman . ????????❤️❤️❤️❤️❤️❤️????

    Balas
  • Maret 2, 2024 pada 20:23
    Permalink

    Salut banget deh sama program2 tunas hijau apalagi pemilihan putra dan putri lingkungan hidup,untuk temen temen yang ikut tetap semangat yaa dan buat temen temen yang belum ikut yukk buruan ikut !!!
    Karena program ini keren dan menginspirasi banget yaitu mengajarkan kita untuk lebih mencintai alam..
    Jika bukan dari kita siapa lagi jika bukan dari sekarang kapan lagi
    Salam kenal
    Aku Cecilia Farah Calysta siswi dari Smpn43 Surabaya

    Balas
  • April 1, 2024 pada 21:45
    Permalink

    Nama : Stephani Dwi Puspa Anggun Pratiwi
    Sekolah : SMPN 3 SURABAYA
    No Peserta : 850
    Judul Proyek : ASI ULIB IGP ( Fermentasi Sisa Kulit Buah Isok Gawe Opo Ae )

    Saya memilih proyek Eco Enzyme, karena 70% sampah yang terbuang di TPA adalah sampah organik dan sisanya (30%) adalah sampah non organik.

    Balas
  • April 3, 2024 pada 09:13
    Permalink

    Nama : Zifara Aira Rinjani
    Sekolah : SMPN 3 Surabaya
    Nomor Peserta : 852
    Judul Proyek : BPFC (Butterfly Pea Flower Cultivaction)

    Alasan saya memilih proyek ini karena ingin membudidayakan bunga telang yang merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak khasiat.

    Balas
  • April 3, 2024 pada 12:45
    Permalink

    Nama : Faqih Ikbar Alfiansyah
    No. Peserta : 487
    Asal Sekolah : SMPN 40 Surabaya
    Judul Proyek : mengolah sampah organik rumah tangga menjadi kompos.

    Tujuan aya mengambil proyek ini agar mengurangi sampah organik maka dari itu saya akan menglah sampah organi menjadi kompos

    Balas
  • April 3, 2024 pada 15:07
    Permalink

    Nama: Khanza Qonitah Ilmi
    Sekolah: SMPN 9 Surabaya
    Nomor peserta: 1198
    Judul proyek: Menggambar tentang lingkungan sehat

    Haloo????, saya memilih proyek ini karena saya ingin menyadarkan masyarakat untuk menjaga lingkungannya, serta saya juga bisa mengembangkan bakat saya menggambar. Saya menggambar tidak hanya dengan satu tema tetapi beberapa tema
    Contoh:
    -mengolah sampah dirumah
    -membuat pupuk kompos di rumah
    -menanam tanaman herbal untuk dijadikan obat
    Dengan gambar yang telah saya bikin, saya harap orang-orang yang melihat gambar saya bisa terinspirasi untuk menjaga lingkungannya.

    Balas
  • April 3, 2024 pada 15:18
    Permalink

    Nama: Khanza Qonitah Ilmi
    Sekolah: SMPN 9 Surabaya
    Nomor peserta: 1198
    Judul proyek: Menggambar tentang lingkungan sehat

    Haloo????, saya memilih proyek ini karena saya ingin menyadarkan masyarakat untuk menjaga lingkungannya, serta saya juga bisa mengembangkan bakat saya menggambar. Saya menggambar tidak hanya dengan satu tema tetapi beberapa tema
    Contoh:
    -mengolah sampah dirumah
    -membuat pupuk kompos di rumah
    -menanam tanaman herbal untuk dijadikan obat
    Dengan gambar yang telah saya bikin, saya harap orang-orang yang melihat gambar saya bisa terinspirasi untuk menjaga lingkungannya.

    Balas
  • April 4, 2024 pada 07:29
    Permalink

    Berkesempatan untuk menjadi perwakilan sekolah dalam mengikuti program ini
    Semoga say mendapat banyak pengalaman dan selalu bermanfaat untuk lingkungan sekitar

    Nama : Wilda Al Aluf
    Sekolah : SDN WONOKUSUMO VI/45
    Nomor Peserta : 566
    Proyek : Ranca Manik (Kerajinan Kain Perca Menarik dan Unik). Proyek ini mengolah limbah kain perca menjadi barang yang menarik dan unik

    Balas
  • April 4, 2024 pada 08:48
    Permalink

    Nama : Alvaro Tristan Cetta Purnama
    Sekolah : SDN KALIASIN 1/280 SBY
    No. Peserta Pangput LH 2024 : 077
    Proyek : “Biopori (Lubang Resapan Biopori)
    Lubang resapan biopori adalah lubang resapan yang di buat ke dalam tanah berdiameter 10-30 cm dengan kedalaman 60-100 cm bertujuan untuk mengurangi genangan air, mencegah banjir dan menyuburkan tanah di saat kemarau.
    Proyek saya ini menggunakan sampah plastik bekas seperti galon plastik untuk membuat alat resapannya.

    Balas
  • April 4, 2024 pada 09:19
    Permalink

    Saya bersyukur dapat kesempatan untuk mengikuti program ini. Semoga ilmu yang saya dapat bermanfaat.

    Nama : Achmad Al Farizy
    Sekolah : SDN Wonokusumo VI/45 Surabaya
    Nomor Peserta : 341
    Proyek lingkungan yang dikembangkan: *Kripik Pak Eko* (Kreasi Apik Pakai Ecobrick)
    Sebuah inovasi untuk mengurangi sampah plastik dengan mengolahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat.

    Balas
  • April 4, 2024 pada 10:48
    Permalink

    Ketika awal mula dimulai dengan pendaftaran calon Pangeran ,& Putri Lingkungan Hidup 2024 saya sangat antusias & senang sekali. Kegiatan ini menginspirasi saya untuk selalu beraksi positif terhadap lingkungan hidup.

    Nama ???? : Asyiffa Wijaya Architasari
    Nama Sekolah ???? : SDN Pacar Keling V/186 Surabaya
    No.Peserta : 370
    Judul Proyek : Budidaya Cabe Rawit (CBR)
    Menanggulangi harga cabe yang melonjak & menekan angka peningkatan permintaan pasar terhadap kuantitas cabe rawit agar selalu stabil di era zaman now.

    Balas
  • April 4, 2024 pada 13:16
    Permalink

    Sungguh bagus sekali untuk mengikuti program Tunas hijau ini…
    Karena kita mendapatkan pembelajaran sejak usia belia,tetap produktif dan anti rebahan, Tunas hijau mengajarkan kita untuk selalu cinta akan lingkungan…

    Nama : Keyzha Syafa Difynia
    Sekolah : sdn Pacarkeling V/186
    No peserta : 384
    Nama proyek : budidaya tanaman kunyit menjadi minuman herbal

    Balas
  • April 4, 2024 pada 22:13
    Permalink

    Ayo teman-teman semua segera daftarkan diri kalian mengikuti kompetisi yang bergengsi Penganugerahan Pangeran Putri lingkungan hidup tahun 2024.

    Haii sobat hijau
    Nama: Nysrina Aqella
    Asal Sekolah: SMPN 23 Surabaya
    No Peserta: 764
    Judul Proyek: Handycrafts Kain Perca

    Handycrafts Kain perca adalah suatu kerajinan tangan yang dibuat dari bahan dasar limbah kain perca. Kain Perca adalah kain sisa potongan dari pabrik atau garmen yang memproduksi pakaian, sprei dan lain sebagainya yang menggunakan bahan dasar kain. Pada proyek saya kali ini saya akan mengurangi limbah kain perca tersebut agar tidak menumpuk terlalu banyak dengan cara membuat kerajinan tangan yang terbuat dari kain perca.

    Balas
  • April 5, 2024 pada 09:01
    Permalink

    Mari ikuti kompetisi pangeran dan putri lingkungan hidup.
    Nama: Esterina Christyn Febyanti Suharto
    No: 758
    Asal sekolah: SMPN 23 Surabaya
    Judul proyek: mengolah kohe kambing menjadi pupuk kompos

    Balas
  • April 5, 2024 pada 09:38
    Permalink

    Mari teman’ kita bersama’ terus berusaha dan bersemangat agar kita mendapat hasil yang memuaskann
    Nama: arifah febriani
    No.urut:754
    Asal sekolah:SMPN 23 surabaya
    Judul proyek saya yaitu budidaya tanaman kelor

    Balas
  • April 5, 2024 pada 09:45
    Permalink

    Ayoo bersama’ menyelamat kan bumi mulai dari sekarang.
    Dengan salah satu contoh mengikuti kompetisi pangeran dan putri lingkungan hidup
    Nama:arifah febriani
    Asal sekolah:SMPN 23 surabaya
    No.urut:754

    Balas
  • April 5, 2024 pada 12:12
    Permalink

    Nama peserta: Angel Fredella Arfiansyah
    Asal sekolah : SMP NEGERI 23 SURABAYA
    Nomer peserta: 750
    Judul Proyek : “Mendaur Ulang Sampah Plastik”

    Halo sobat hijau perkenalkan nama Saya Angel, disini saya akan menjelaskan pengertian mendaur ulang yang menjadi proyek saya, Mendaur ulang atau yang biasa disebut dengan Recycle yaitu kegiatan mengolah kembali Sampah atau produk Sekali pakai atau Produk habis pakai menjadi produk baru kembali yang bermanfaat.

    Balas
  • April 5, 2024 pada 12:50
    Permalink

    Sungguh bagus sekali untuk mengikuti program Tunas hijau ini…
    Karena kita mendapatkan pembelajaran sejak usia belia,tetap produktif dan anti rebahan, Tunas hijau mengajarkan kita untuk selalu cinta akan lingkungan…

    Nama : Chiara Aqilah Afis
    Sekolah : SDN BANJAR SUGIHAN V/617 SURABAYA
    No peserta : 022
    Nama proyek : MEMBUAT PUPUK TANAMAN DARI CANGKANG TELUR

    SALAM BUMI PASTI LESTARI
    SADAR IKLAN
    SALAM ZERO WASTE

    Balas
  • April 5, 2024 pada 15:08
    Permalink

    Nama : Mocha Brilliant Adelia
    No Peserta : 122
    Asal Sekolah : SDN Kandangan 1/121 Surabaya
    Judul Proyek : SO menjadi EE

    Haai…. Sobaaat hijau❤

    Penjelasan Proyek
    Saya mempunyai ketertarikan untuk mengolah sampah organik menjadi eco enzmy yang akan saya kelola menjadi suatu produk yang bermanfaat

    Eco enzmy ini adalah cairan hasil fermentasi penguraian sampah organik seperti kulit buah, sayuran, yang memiliki seribu manfaat
    Untuk pembuatannya pun sangat mudah alat dan bahan yang dibutuhkan sangat sederhana dan dalam pembuatannya tidak memakan lahan

    Manfaat dari eco enzmy ini diantara lain dapat mengurangi sampah organik yang setiap harinya selalu meningkat dan juga dapat dijadikan produk yang membantu memenuhi persediaan kebutuhan rumah tangga yang bersifat ramah lingkungan
    Seperti, sabun mandi cair/ batang, detergen, pembersih lantai/kaca, hand sanitizer, pengusir hama dll

    Nahh,,,tunggu apalagi teman-teman, Ayo kita manfaatkan sampah organik menjadi sediaan yang lebih bermanfaat

    SALAM BUMI PASTI LESTARI!!!

    Balas
  • April 5, 2024 pada 17:40
    Permalink

    Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Hai sobat hijau..

    Saya AZRA AQILAH SYAZANI
    Asal sekolah SDN BANJARSUGIHAN V/615 SURABAYA
    No. Peserta 020
    Proyek : MENGOLAH MINYAK JELANTAH MENJADI LILIN AROMA TERAPI

    Dari ajang ini kita akan banyak tau tentang pemeliharaan lingkungan yang akan mengedukasi kita bagaimana pengolahan nya dan pemanfaatannya.

    Salam bumi pasti lestari
    Salam sadar iklim
    Salam zero waste

    Balas
  • April 5, 2024 pada 18:20
    Permalink

    Semoga dengan diundur nya proses pendaftaran, peserta yang mengikuti semakin banyak, dan terciptalah inovasi inovasi baru..

    Luar biasa

    Perkenalkan nama saya Rakai Hino Arimaradana dari SMP N 23 Surabaya Dengan nomor peaerta 431.

    Proyek saya tentang budidaya lidah buaya… Selain budidayanya tidak susah, lidah buaya ternyata banyak manfaatnya juga lho teman2..

    Saat ini saya sudah melakukan budidaya sebanyak 70 bibit lidah buaya, dengan target sebanyak 200 bibit..

    Menuju indonesia leatari

    Balas
  • April 5, 2024 pada 21:42
    Permalink

    kegiatan yang sangat bermanfaat dan pastinya sangat berguna untuk menjaga lingkungan agar tetap lestari

    Perkenalkan
    nama : Rahayu wandira
    no peserta : 768
    sekolah : SMP NEGERI 23 SURABAYA
    proyek : membudidayakan tanaman Aloe Vera
    saya sebagai peserta pangeran dan putri lingkungan hidup 2024

    saya ikut berpartisipasi mendukung adanya pangeran putri lingkungan hidup dengan cara membudidayakan tanaman aloe vera yang sulit ditemukan. dengan adanya program ini saya akan membudidayakan dan memanfaatkan tanaman aloe vera sebagai makanan, minuman, hand sanitizer

    mari kita ikut serta dalam penghijauan dan pelestarian lingkungan di kota pahlawan

    salam bumi pasti lestari

    Balas
  • April 5, 2024 pada 23:39
    Permalink

    Hallo sobat hijauu????????

    Perkenalkan nama saya Merry Gessyah Agatha Wibowo, dari SMP Negeri 36 Surabaya, nomor peserta 890.

    Saat ini saya sedang mengembangkan proyek saya yang bernama BULIBERO

    Apa sih bulibero itu?
    ???? Bulibero adalah singkatan dari Budidaya Lidah Buaya Menjadi Berbagai Olahan. Lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat contohnya nih kesehatan, kecantikan, perawatan rambut dan masih banyak lagi lainnya.

    Sekian dari saya Terimakasih ????????

    Balas
  • April 6, 2024 pada 11:34
    Permalink

    Saya ingin menjelaskan singkat tentang proyek saya yang berjudul KODARING sebuah kompos yang terbuat dari sampah daun kering yang dapat menyuburkan tanaman,tanah dan dapat
    mengurangi sampah daun kering
    #YUKMANFAATKAN SAMPAH

    Nama: Mella Kurnia Wati
    Sekolah: SMPN 56 SURABAYA
    No peserta: 1090

    Balas
  • April 6, 2024 pada 11:36
    Permalink

    BIKIN ATAP DARI LOMTAR… YUK RAWAT LINGKUNGAN SEKITAR..
    SAYA ingin menjelaskan singkat tentang proyek saya yang berjudul KODARING sebuah kompos yang terbuat dari sampah daun kering yang dapat menyuburkan tanaman,tanah dan dapat
    mengurangi sampah daun kering
    #YUKMANFAATKAN SAMPAH

    Nama: Mella Kurnia Wati
    Sekolah: SMPN 56 SURABAYA
    No peserta: 1090

    Balas
  • April 6, 2024 pada 11:36
    Permalink

    BIKIN ATAP DARI LONTAR… YUK RAWAT LINGKUNGAN SEKITAR..
    SAYA ingin menjelaskan singkat tentang proyek saya yang berjudul KODARING sebuah kompos yang terbuat dari sampah daun kering yang dapat menyuburkan tanaman,tanah dan dapat
    mengurangi sampah daun kering
    #YUKMANFAATKAN SAMPAH

    Nama: Mella Kurnia Wati
    Sekolah: SMPN 56 SURABAYA
    No peserta: 1090

    Balas
  • April 7, 2024 pada 20:04
    Permalink

    yuk segeraaa ikut daftar lomba pangput 2024, menurutkuu lomba pangput ini sangat memotivasi kita semua agar kita tetap terus peduli dengan lingkungan dan ikut turut serta aktif untuk menjaga lingkungan, di lomba pangput saya lebih pandai/bisa membagi waktu antara sekolah dan menjalankan proyek saya, di lomba ini saya juga banyak sekali bertemu orang orang hebat dan terkenal seperti ibu gubernur jawa timur yaitu ibu khofifah , pak eri cahyadi, dan cakji, itu menurut saya , saya jadikan pengalaman yang berharga karena saya bisa bertemu dengan tokoh tokoh terkenal . by. Nama Verlita Anggraini Putri
    Sekolah Smpn 19 surabaya
    No peserta 720
    Judul Proyek Pemanfaatan Limbah
    Cangkang Telur
    Saya sudah mengolah limbah cangkang telur sebanyak 3,400 kg dengan jumlah keseluruhan proyek 14,4 ton

    Balas
  • April 9, 2024 pada 19:50
    Permalink

    Nama:raissa dzaky alaydrus
    Sekolah:smpn 47 surabaya
    No peserta:553
    Saya ingin menjelaskan tentang proyek saya yaitu pemanfaatan lacuras(limbah air cucian beras) sebagai poc(pupuk organik cair)

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *