TNI Angkatan Laut Gelar Bakti Sosial Kesehatan di Bawean Pasca Gempa

Pasca gempa bumi yang menimpa masyarakat Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, TNI Angkatan Laut menggelar Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan, yang dipusatkan di kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Sabtu (30/3/2024).

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin langsung bakti ini. Turut hadir dalam acara tersebut,  PJ Gubernur Jatim Adhy Karyono, Pangko Armada RI Laksdya TNI Deni Hendrato,  Asops Kasal Laksda TNI Yayan Sofyan,  Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar)  Hermanto,  Pangko Armada II Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo. 

Selain itu juga hadir Danpuspenerbal Laksda TNI Sisyani Jaffar, Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada. Danlantamal V Brigjen TNI (Mar) Joni Sulistiono, Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani serta jajaran aparat TNI AL, TNI AD, Polri dan pemerintah daerah.

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono dalam sambutannya  mengakui bahwa masyarakat Bawean cukup bagus dalam pemahaman tanggap bencana,  sehingga tidak ada korban jiwa. “Kalau hanya luka luka cukup dimaklumi,  tetapi tetap harus ditangani secara serius,” kata Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono. 

Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Muhammad Ali beserta jajaran pejabat TNI AL pada Bakti Sosial dan Kesehatan di Pulau Bawean pasca gempa

Adhy Karyono juga berterima kasih pada Kasal Muhammad Ali,  yang memiliki respon cukup tinggi terhadap bencana yang menimpa warga Jawa Timur khususnya di Bawean.  “Sehingga bisa membantu menyelesaikan masyarakat yang masih mebutuhkan kesehatan,” tambahnya. 

Bencana gempa bumi yang menimpa warga masyarakat Bawean Gresik, harus dijadikan momentum untuk bersatu dan membantu  masyarakat.  Itulah harapan Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut Kepala Staf Angkatan laut itu menyampaikan,  kehadiran TNI AL di pulau Bawean membantu meringankan beban masyarakat yang tertimpa bencana.  “Semoga yang kami berikan ini bisa meringankan  beban hidup pasca bencana dan mampu menghibur,” ujarnya. 

Dalam bakti ini ada beberapa yang langsung diterima  masyarakat diantaranya, paket sembako,  obat obatan, kasur,  dan pakaian. Selain itu juga diadakan pelayanan kesehatan langsung serta trauma healing. 

Keterangan foto utama: Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Muhammad Ali dan PJ Gubernur Jatim Adhy Karyono saat wawancara dengan masyarakat Bawean

Penulis: Soetejo

30 thoughts on “TNI Angkatan Laut Gelar Bakti Sosial Kesehatan di Bawean Pasca Gempa

  • Maret 31, 2024 pada 12:00
    Permalink

    Maasyaa Allah senang sekali melihat para pejabat memberikan respon tinggi terhadap bencana yang menimpa warga Bawean, tentu masyarakat akan merasa diperhatikan kehidupannya yang tentu saja dapat membangkitkan semangat baru untuk melanjutkan karya dan membangun kembali daerah tersebut.

    Mohon maaf, izin bertanya untuk kegiatan Mitigasi penduduk pulau Bawean seandainya ada gempa yang berpotensi tsunami bagaimana cara evakuasinya? Apakah warga disarankan untuk menetap di pulau Bawean? ataukah disarankan menyeberang ke Gersik? Apakah banyak perahu yang standby? dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk menyeberang ke Gersik? Mohon maaf jadi banyak bertanya karena saya tidak pernah ke Pulau Bawean, hanya tahu keindahannya dari internet, saya berharap semoga semua warga Bawean yang urgent melakukan aktivitas keluar masuk Pulau bisa dengan mudah mendapatkan kendaraan (perahu) yang mengantarnya..

    .

    Terimakasih Bapak PJ Gubernur Jawa Timur beserta Kepala staf TNI AL dan seluruh tim yang telah memberikan bantuan untuk menghibur warga Pulau Bawean selepas bencana gempa, semoga semua warga dan kita semua senantiasa dalam lindungan Allah subhanahu wa ta’ala…
    Aamiin Allahumma Aamiin..

    Salam,
    Aisyah avicena rl
    Putri lingkungan hidup tahun 2023SD
    Eco Student of The Year tahun 2023SD

    Balas
    • April 5, 2024 pada 20:14
      Permalink

      Masyaa Allah ikutt senang sobatt dengan aksi bapak TNI tersebut…. terharu dehh… ternyata masih banyak yah orang baik diluaran sana..
      eh tapi gaboleh sedih sedih bangat masa puasa sedih siehh??
      tau gaa sobatt ?!! aku ada gosip baru nihh
      jadii teman temannn aku bikin proyek DIBA
      diba itu apa sihh?? tauu gaaa tau gaa??
      dibaa itu budidaya aloe barbadensis miller
      IYAA ALOE VERA, heheehee banyak manfaat nya tanaman itu sobatt

      eh lupa lagi belum perkenalan
      jadi nama aku itu FANI ANGGRAENI NABILA PUTRI siswi dari SMP NEGERI 56 SURABAYA no urut 1086 judul proyek DIBA (budidaya aloe barbadensis miller)

      Balas
  • April 1, 2024 pada 15:21
    Permalink

    Gerakan yang dilakukan TNI AL sangat bagus sekali mengadakan bakti sosial kesehatan di Bawean pasca gempa, semoga dapat membuat warga sekitar lebih bersemangat lagi dan tidak mengalami trauma dan dapat membantu dari segi penyediaan sembako.

    Balas
  • April 3, 2024 pada 10:13
    Permalink

    Semoga warga Bawean tidak trauma dan bisa beraktivitas kembali.
    Nama : Areta Alfu Qomaroo Ulumuddin
    Sekolah : SDN Jemurwonosari I/417 Surabaya
    Nomer peserta : 100
    Nama Proyek : Budidaya Bunga Telang
    Dengan menanam bunga Telang dobel manfaatnya, satu lingkungan menjadi hijau asri . Dua manfaat kesehatan karena kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan. Telah menanam 250 benih bunga Telang

    Balas
    • April 4, 2024 pada 08:50
      Permalink

      Nama : Alvaro Tristan Cetta Purnama
      Sekolah : SDN KALIASIN 1/280 SBY
      No. Peserta Pangput LH 2024 : 077
      Proyek : “Biopori (Lubang Resapan Biopori)
      Lubang resapan biopori adalah lubang resapan yang di buat ke dalam tanah berdiameter 10-30 cm dengan kedalaman 60-100 cm bertujuan untuk mengurangi genangan air, mencegah banjir dan menyuburkan tanah di saat kemarau.
      Proyek saya ini menggunakan sampah plastik bekas seperti galon plastik untuk membuat alat resapannya.

      Balas
    • April 17, 2024 pada 19:01
      Permalink

      Kita patut acungi jempol dengan para pejabat yang sangat peduli dengan kondisi warga Bawean yang terkena bencana, dan semoga kita selalu dilindungi oleh Allah SWT

      Nama: Nevan Azka Fiardy
      Sekolah: SMPN 1 SBY
      No. Peserta: 361
      Proyek Nevan adalah organic waste bank, mengubah sampah menjadi cuan

      Balas
  • April 3, 2024 pada 12:47
    Permalink

    Nama : Faqih Ikbar Alfiansyah
    No. Peserta : 487
    Asal Sekolah : SMPN 40 Surabaya
    Judul Proyek : mengolah sampah organik rumah tangga menjadi kompos.

    Tujuan aya mengambil proyek ini agar mengurangi sampah organik maka dari itu saya akan mengolah sampah organik menjadi kompos

    Balas
  • April 4, 2024 pada 07:32
    Permalink

    Semoga kita selalu dalam lindungan Allah

    Nama : Wilda Al Aluf
    Sekolah : SDN WONOKUSUMO VI/45
    Nomor Peserta : 566
    Proyek : Ranca Manik (Kerajinan Kain Perca Menarik dan Unik). Proyek ini mengolah limbah kain perca menjadi barang yang menarik dan unik

    Balas
  • April 4, 2024 pada 09:25
    Permalink

    Semoga masyarakat bawean aman dan sehat semua serta mendapat lindungan Allah

    Nama : Achmad Al Farizy
    Sekolah : SDN Wonokusumo VI/45 Surabaya
    Nomor Peserta : 341
    Proyek lingkungan yang dikembangkan: *Kripik Pak Eko* (Kreasi Apik Pakai Ecobrick)
    Sebuah inovasi untuk mengurangi sampah plastik dengan mengolahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat.

    Balas
  • April 4, 2024 pada 12:07
    Permalink

    Yang dilakukan TNI AL sangat bagus sekali mengadakan bakti sosial kesehatan di Bawean pasca gempa, semoga warga di sekitar sana selalu dilindungi oleh Tuhan yang maha esa.

    Nama : Devina Agustin Ramadhani
    Sekolah : SMPN 19 Surabaya
    Nomor Peserta : 718
    Penjelasan singkat proyek lingkungan yang sedang ke kembangkan : Air limbah leri adalah air sisa dari proses pencucian beras atau nasi. Proyek-proyek ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif dari pembuangan air limbah leri yang tidak dikelola dengan baik, serta memanfaatkan potensi nutrisi dan bahan organik yang terkandung di dalamnya. Dengan demikian, air limbah leri dapat dikelola secara lebih berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

    Balas
  • April 4, 2024 pada 12:23
    Permalink

    Gercep banget yach bapak TNI .. memang harus sesegera mungkin untuk menangani & menanggulangi bencana ataupun pasca bencana.
    Karna pasca bencana pasti banyak kerusakan & kesehatan penduduk sekitar yang seger ditangani & ditindak lanjuti. Sehat² warga bawean & smoga Sllu dalam Lindungan Allah SWT aamiin

    Nama ???? : Asyiffa Wijaya Architasari
    Nama Sekolah ???? : SDN Pacar Keling V/186 Surabaya
    No.Peserta : 370
    Judul Proyek : Budidaya Cabe Rawit (CBR)
    Menanggulangi harga cabe yang melonjak & menekan angka peningkatan permintaan pasar terhadap kuantitas cabe rawit agar selalu stabil di era zaman now.

    Balas
  • April 4, 2024 pada 18:46
    Permalink

    Trimakasih pada bapak TNI yang turut hadir dan membantu kota bawean Gresik yang kemaren terkena bencana gempa.semoga yang terkena musibah diberikan kesabaran
    Aku Cecilia Farah Calysta siswi dari Smpn43 Surabaya no peserta 980 dengan proyek PJKA Peduli Jelantah Kita bisa
    Memilih minyak jelantah Krn minyak Jelantah banyak ditemui dimasyarakat.tujuannya Cecil ingin sosialisasi tentang bahayanya minyak jelantah selain itu minyak jelantah bisa dimanfaatkan untuk banyak hal.
    #tunashijauid
    #seleksi1pangputlh2024
    #pangputLh2024
    #panputLh2024_980
    #SMPN43surabaya_Cecilia Farah calysta
    #Pangeranputrilh2024smp

    Balas
  • April 5, 2024 pada 09:15
    Permalink

    Terima kasih atas bantuan kepada korban bencana alam gempa yang terjadi.

    Nama: Esterina Christyn Febyanti Suharto
    No: 758
    Asal sekolah: SMPN 23 Surabaya
    Judul proyek: Mengolah kohe kambing menjadi pupuk kompos

    Balas
  • April 5, 2024 pada 12:09
    Permalink

    Halo sobat hijau perkenalkan nama Saya Angel Fredella Arfiansyah dari SMP negeri 23 Surabaya nomer urut 750, disini saya akan menjelaskan pengertian mendaur ulang yang menjadi proyek saya, Mendaur ulang atau yang biasa disebut dengan Recycle yaitu kegiatan mengolah kembali Sampah atau produk Sekali pakai atau Produk habis pakai menjadi produk baru kembali yang bermanfaat.

    Balas
  • April 5, 2024 pada 12:19
    Permalink

    Nama peserta: Angel Fredella Arfiansyah
    Asal sekolah : SMP NEGERI 23 SURABAYA
    Nomer peserta: 750
    Judul Proyek : “Mendaur Ulang Sampah Plastik”

    Halo-Halo sobat hijau perkenalkan nama Saya Angel, disini saya akan menjelaskan pengertian mendaur ulang yang menjadi proyek saya, Mendaur ulang atau yang biasa disebut dengan Recycle yaitu kegiatan mengolah kembali Sampah atau produk Sekali pakai atau Produk habis pakai menjadi produk baru kembali yang bermanfaat.

    Balas
  • April 5, 2024 pada 12:52
    Permalink

    Kehadiran TNI AL dalam rangka gelar bakti sosial dan bakti kesehatan sangat membantu masyarakat. Terima kasih
    Jalesveva Jayamahe

    Rasyid Maulana Riffat
    SDN Pacarkeling V Surabaya
    Nomor Peserta: 241

    Proyek : Budiros Nyakman
    (Budidaya Rosella Banyak Manfaatnya)

    Mengikuti seleksi pangeran dan putri lingkungan hidup 2024 adalah pengalaman yang berharga bagi saya, karena semakin banyak ilmu yang saya dapat dan tentunya bermanfaat serta menginspirasi banyak orang

    Salam Bumi Pasti Lestari

    Balas
  • April 5, 2024 pada 13:17
    Permalink

    Jooos sangat keereen…!! Sangat gercep dan tanggap sekali…Terimakasih bapak TNI sudah membantu para korban bencana korban,,, Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah… Aamiin

    Haaai….. Sobat hijau

    Nama : Mocha Brilliant Adelia
    No Peserta : 122
    Asal Sekolah : SDN Kandangan 1
    Judul Proyek : SO menjadi EE

    Dengan membuat proyek “SO menjadi EE”ini saya bertujuan untuk mengurangi limbah sampah organik dan merubah menjadi sediaan yang bermanfaat dan ramah lingkungan,,,

    Sampah organik ini akan saya kelola menjadi cairan yang sangat bermanfaat yaitu cairan Eco Enzym.
    Eco Enzym ini adalah cairan hasil fermentasi penguraian sampah organik yang memiliki seribu manfaat
    Seperti, sabun cair/barang, detergen, pembersih lantai, pengusir hama, dll.

    Semoga dengan proyek saya ini bisa menanggulangi sampah organik

    SALAM BUMI PASTI LESTARI…..!!

    Balas
  • April 5, 2024 pada 13:20
    Permalink

    Jooos sangat keereen…!! Sangat gercep dan tanggap sekali…Terimakasih bapak TNI sudah membantu para korban bencana gempa,,, Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah… Aamiin

    Haaai….. Sobat hijau

    Nama : Mocha Brilliant Adelia
    No Peserta : 122
    Asal Sekolah : SDN Kandangan 1
    Judul Proyek : SO menjadi EE

    Dengan membuat proyek “SO menjadi EE”ini saya bertujuan untuk mengurangi limbah sampah organik dan merubah menjadi sediaan yang bermanfaat dan ramah lingkungan,,,

    Sampah organik ini akan saya kelola menjadi cairan yang sangat bermanfaat yaitu cairan Eco Enzym.
    Eco Enzym ini adalah cairan hasil fermentasi penguraian sampah organik yang memiliki seribu manfaat
    Seperti, sabun cair/barang, detergen, pembersih lantai, pengusir hama, dll.

    Semoga dengan proyek saya ini bisa menanggulangi sampah organik

    SALAM BUMI PASTI LESTARI…..!!

    Balas
  • April 5, 2024 pada 13:20
    Permalink

    Terimakasih atas bantuan atas korban bencana alam yang terjadi.

    Nama peserta: Najwa Elmira Mutiara Ramadhani
    Asal sekolah: SMPN 23 Surabaya
    No urut peserta: 760
    Judul proyek: Bucin (Budidaya cincau)

    Balas
  • April 5, 2024 pada 17:12
    Permalink

    Terimakasih bapak TNI sudah membantu para korban
    Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah dan masyarakat bawean tidak trauma dengan kejadian ini
    Nama : SANIA NURRAHMA
    Asal sekolah : SD HANG TUAH 12
    No peserta : 002
    Judul Proyek : Memanfaatkan daun kering penganti bahan bakar migas
    saat ini saya sedang mengembangkan sebuah proyek daur ulang dari daun kering menjadi sebuah penganti bahan bakar migas, karena dilingkungan sekolah setiap hari banyak sampah dedaunan yang berjatuhan, oleh karena itu saya memanfaatkan daun kering sebagai penganti bahan bakar migas supaya lebih bermanfaat.

    Balas
  • April 5, 2024 pada 19:10
    Permalink

    wowww keren sekalii, terimakasih para TNI AU yang sudah membantu korban pasca gempa

    Balas
  • April 5, 2024 pada 19:11
    Permalink

    wowww keren sekalii, terimakasih para TNI AU yang sudah membantu korban pasca gempa

    Nama: Cantika Putri Agita
    Sekolah: SMP Negeri 62 Surabaya
    Proyek: Budi Daya Aloe Vera
    No. Peserta: 1172

    Balas
  • April 5, 2024 pada 19:26
    Permalink

    TNI selalu siap menjaga NKRI
    Nama : Areta Alfu Qomaroo Ulumuddin
    Sekolah : SDN Jemurwonosari I/417 Surabaya
    Nomer peserta : 100
    Judul proyek : Budidaya Bunga Telang. Dengan menanam bunga Telang dobel manfaatnya, satu lingkungan menjadi hijau asri . Dua manfaat kesehatan karena kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan.

    Balas
  • April 5, 2024 pada 20:54
    Permalink

    Escravadio Triasa Ariffulloh dari SDN KANDANGAN 2 dengan no peserta 089
    Proyek budidaya bunga sepatu untuk dijadikan semir sepatu dan produk bermanfaat lainnya

    Balas
  • April 5, 2024 pada 23:43
    Permalink

    Hallo sobat hijauu????????

    Perkenalkan nama saya Merry Gessyah Agatha Wibowo, dari SMP Negeri 36 Surabaya, nomor peserta 890.

    Saat ini saya sedang mengembangkan proyek saya yang bernama BULIBERO

    Apa sih bulibero itu?
    ???? Bulibero adalah singkatan dari Budidaya Lidah Buaya Menjadi Berbagai Olahan. Lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat contohnya nih kesehatan, kecantikan, perawatan rambut dan masih banyak lagi lainnya.

    Sekian dari saya Terimakasih ????????

    Balas
  • April 5, 2024 pada 23:58
    Permalink

    Nama: Fabian Joe Nirwanda
    Sekolah: SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya
    Nomor Peserta: 006

    Proyek: Catat Ulang
    Proyek pembuatan buku daur ulang dari sampah kertas dan daun kering

    Balas
  • April 5, 2024 pada 23:59
    Permalink

    Nama: Prince Khalifa Ratridaffa
    Sekolah: SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya
    Nomor Peserta: 005

    Proyek: My Sella (Gummy Rosella)
    Proyek pembuatan makanan sehat berupa permen jeli yang berbahan baku utama bunga rosella

    Balas
  • April 6, 2024 pada 23:07
    Permalink

    Alhamdulillah ya Allah, Allah sudah menurunkan malaikat penolong buat warga pulau Bawean terima kasih atas segala partisipasi dan bantuan bapak Pj Gubernur jawa timur beserta kepala staf TNI AL dan seluruh Tim yang telah memberikan bantuan kepada saudara kita warga pulau Bawean semoga jerih payah n tetes keringat yang dikeluarkan para relawan dibalas oleh allah berkali kali lipat pahalanya semoga warga Bawean dan kita semua senantiasa dalam lindungan allah swt…..amin

    Balas
  • April 14, 2024 pada 18:17
    Permalink

    Alhamdulillah jiwa kekompakan di negeri ini selalu di utamakan ketika ad musibah atau bencana dan terimakasih dukungan dari bapak-bapak TNI yang selalu terdepan dalam penyelamatan bencana d manapun. Semoga korban bencana tidak mengalami trauma

    Salam Bumi Tetap Lestari ????
    Nama : Aulia Rahmania Ali
    Sekolah : SD Kyai Ibrahim SBY
    No. Peserta Pangput LH 2024 : 1236
    Proyek : “Pemanfaatan Minyak Jelantah Menjadi Sabun”
    Hal ini bertujuan untuk memanfaatkan Limbah Rumah tangga yang di gunakan sehari-hari dan banyak di jumpai di masyarakat yang kalau di buang sembarangan akan merusak penyumbatan saluran air, merusak kualitas air dan tanah juga mencemari sungai dan lautan.
    Dan Proyek saya ini adalah menjadi solusi dari limbah minyak jelantah di proses menjadi sabun dan bisa menjadi peluang usaha bagi masyarakat

    Balas
  • April 14, 2024 pada 18:19
    Permalink

    Alhamdulillah jiwa kekompakan di negeri ini selalu di utamakan ketika ad musibah atau bencana dan terimakasih dukungan dari bapak-bapak TNI yang selalu terdepan dalam penyelamatan bencana d manapun. Semoga korban bencana tidak mengalami trauma

    Salam Bumi Tetap Lestari ????
    Nama : Aulia Rahmania Ali
    Sekolah : SD Kyai Ibrahim SBY
    No. Peserta Pangput LH 2024 : 1236
    Proyek : “Pemanfaatan Minyak Jelantah Menjadi Sabun”
    Hal ini bertujuan untuk memanfaatkan Limbah Rumah tangga yang di gunakan sehari-hari dan banyak di jumpai di masyarakat yang kalau di buang sembarangan akan merusak penyumbatan saluran air, merusak kualitas air dan tanah juga mencemari sungai dan lautan.
    Dan Proyek saya ini adalah menjadi solusi dari limbah minyak jelantah di proses menjadi sabun dan bisa menjadi peluang usaha bagi masyarakat

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *