Iqbal Fajar, Bocah Jutawan Pembudidaya Ribuan Tanaman Kelor

Pelajar ini termasuk ahli tanaman kelor. Dia sudah tiga tahun menggeluti tanaman yang dikenal sakti dengan banyak manfaat ini. Tepatnya sejak 2021 melalui Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2021 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya dan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur.

Iqbal Fajar Khrisna Reyhan Halim, namanya. Pada program yang digelar saat pandemi itu, Iqbal, panggilan akrabnya, berhasil meraih prestasi sebagai finalis pangeran lingkungan hidup 2021 SD. Dia siswa SDN Dr Soetomo V Surabaya saat itu. Lebih dari 2000 tanaman kelor dia budidaya pada tahun 2021 itu.

Dua tahun berselang, sebagai siswa SMP Negeri 28 Surabaya, Iqbal kembali mengikuti Penganugerahan Pangeran & Putri Lingkungan Hidup 2023. Program tahun 2023 ini selenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya dan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur, serta didukung oleh PDAM Surya Sembada dan PT Dharma Lautan Utama.

Sebagian tanaman kelor yang dibudidaya oleh Iqbal di pekarangan depan rumahnya

Pada tahun 2023 ini, Iqbal berhasil membudidaya lebih dari 7000 tanaman kelor. “Saya membudidayakan tanaman ini dengan cara stek dan biji. Stek dengan memanfaatkan ranting-ranting pohon kelor yang sudah dewasa di sekitar rumah,” kata putra ketiga pasangan Abdul Halim (almarhum) dan Yati Hayati Rofatidiah ini.

Pada penyelenggaraan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023 ini, Iqbal Fajar Khrisna Reyhan Halim berhasil membuat keluarga dan sekolah almamaternya bangga. Sebab, Iqbal terpilih sebagai Pangeran Lingkungan Hidup 2023 SMP setelah sekitar 9 bulan proses seleksi program.  

Iqbal memilih budidaya tanaman kelor sebagai proyek lingkungan hidup bukan tanpa alasan. “Tanaman kelor ini termasuk ramah untuk dirawat di lahan sempit. Termasuk juga bisa dibudidaya dalam pot atau polybag. Yang penting adalah mendapatkan air dan sinar matahari yang cukup,” terang Iqbal, yang juga penghobi main basket dan dan berjualan ini.

Iqbal bersama ibunya, Yati Hayati Rofatidiah, saat bersih pantai

Menurut Iqbal, bubuk daun kelor dapat diolah menjadi berbagai menu pangan. Daun kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman tropis yang disebut juga sebagai superfood. “Sebab, daun kelor dan seluruh bagian tanaman ini secara ilmiah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Daun kelor mengandung banyak nutrisi,” ujar Iqbal Fajar.

Banyak suka dan duka yang dirasakan oleh Iqbal saat melakukan budidaya tanaman kelor itu. “Yang pasti tidak semua tanaman kelor yang saya budidayakan berhasil tumbuh, meskipun lebih banyak tanaman yang berhasil tumbuh daripada yang gagal,” tutur bocah kelahiran 29 September 2009 ini. Iqbal juga mengaku gembira bisa diterima untuk melakukan pembinaan di dua kampung mitra di Surabaya. Kedua kampung mitra Iqbal itu berlokasi di Nginden, Surabaya.  

Dalam proyek budidaya tanaman kelor yang dia lakukan, dia juga mengolah daur kelor menjadi beragam produk makanan dan minuman kesehatan. “Ada minuman herbal kelor siap minum dalam kemasan botol. Ada minuman herbal dalam bentuk serbuk daun yang siap seduh. Ada juga ote-ote atau bakwan kelor dan puding kelor,” terang Iqbal Fajar yang sudah menjadi jutawan dengan produk olahan makanan dan minuman kelor produksinya yang berhasil dia jual.

Iqbal dengan olahan makanan minuman dari daun kelor produksinya

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

Menurut Iqbal, daun kelor bisa membantu meningkatkan dan melancarkan produksi ASI (air susu ibu) pada ibu menyusui. Banyak juga manfaat daur kelor seperti berikut ini: 

1. Membantu menangkal radikal bebas

Manfaat daun kelor membantu menangkal radikal bebas, karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Kadar radikal bebas yang berlebih pada tubuh bisa menyebabkan stres oksidatif yang berdampak pada penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

2. Manfaat daun kelor mampu menurunkan kadar gula darah

Manfaat daun kelor untuk kesehatan selanjutnya, yaitu menurunkan kadar gula darah. Cara kerjanya dengan meningkatkan efektivitas kerja dari hormon insulin guna mencegah resistensi insulin.

3. Mengurangi peradangan atau inflamasi dalam tubuh

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Ini merupakan mekanisme perlindungan yang penting, tetapi berpotensi menjadi masalah jika terjadi dalam jangka waktu yang lama. Peradangan yang berkelanjutan memiliki kaitan dengan masalah kesehatan kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

4. Memelihara fungsi dan kesehatan otak

Manfaat daun kelor ini terjadi karena kandungan antioksidan pada daun. Kandungan tersebut bekerja dengan menurunkan risiko tubuh dari ancaman penyakit Parkinson dan Alzheimer seiring dengan berjalannya waktu. 

5. Mengontrol tekanan darah

Di antara kandungan daun kelor adalah kalium, yang mana mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Nutrisi tersebut juga efektif menjaga tekanan darah tetap stabil, sehingga risiko hipertensi pun bisa dicegah. 

Iqbal bersama teman dan gurunya membudidaya tanaman kelor di SMPN 28 Surabaya

6. Membantu menghambat perkembangan sel kanker

Ekstrak kulit batang dan daun kelor yang mengandung antioksidan efektif membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker pada tubuh. Jenisnya, termasuk kanker usus besar, pankreas, dan payudara.

7. Meningkatkan gairah seksual

Penurunan gairah seksual adalah gangguan yang muncul karena peningkatan hormon stres (kortisol). Daun kelor bisa bekerja sebagai afrodisiak, yang mampu meningkatkan mood positif dan melancarkan aliran darah.

8. Merasa lebih berenergi

Daun kelor bisa menjadi salah satu makanan penambah energi yang bebas kafein. Fungsi daun kelor ini terjadi berkat kandungan vitamin dan mineral pada daun. Ini termasuk zat besi dan vitamin B, C, serta D.

9. Menjaga kesehatan hati

Bagi pengidap penyakit hati, daun kelor bekerja dengan mempercepat perbaikan sel hati. Daunnya memiliki konsentrasi polifenol yang tinggi sehingga dapat melindungi organ hati dari bahaya kerusakan oksidatif.

10. Membantu melancarkan pencernaan

Kegunaan daun kelor ini terjadi berkat kandungan serat larut dan tidak larut. Serat larutnya akan larut dalam air dan berubah menjadi gel. Ini dapat memperlambat proses pencernaan dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

11. Meningkatkan kolesterol baik

Kadar kolesterol baik berperan penting dalam mencegah penyakit jantung. Asupannya bisa didapatkan dengan mengkonsumsi daun kelor.

12. Mencegah penuaan dini

Manfaat daun kelor untuk wajah karena kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan seperti flavonoid dan polifenol pada daun bekerja dengan memerangi kerutan dan membuat kulit tampak lebih awet muda. Senyawa flavonoid dan polifenol daun kelor memiliki efek antiinflamasi yang mampu mencegah tanda penuaan dini.

13. Meningkatkan kesehatan tulang

Iqbal saat bersih pantai. Dia aktif mengikuti bersih pantai tiap akhir pekan

Superfood Daun Kelor

Daun kelor juga dikenal sebagai superfood. Berikut ini beberapa kandungan superfood daun kelor yang sangat sehat bagi tubuh menurut Iqbal berdasarkan banyak literatur yang dia kumpulkan:

1. Kandungan vitamin dan mineral daun kelor 

Daun kelor sangat kaya vitamin dan mineral. Kandungan daun kelor di antaranya kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin B1 (tiamin), Vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B6 dan folat. 

Kandungan daun kelor atau Moringa oleifera yang dijuluki superfood ini juga kaya mineral seperti magnesium, besi, kalsium, fosfor dan seng atau zinc. 

2. Kandungan asam amino daun kelor 

Daun kelor biasanya diolah dalam bentuk bubuk, baik untuk obat, suplemen atau produk minuman kesehatan. Di dalam kandungan daun kelor ini mengandung asam amino yang sangat tinggi, sehingga dapat padat protein. 

Terdapat 18 jenis asam amino yang ditemukan di dalam daun kelor, yang masing-masing berkontribusi penting bagi kesehatan tubuh. 

3. Kandungan antioksidan daun kelor 

Daun kelor memiliki sifat anti-oksidatif atau antioksidan yang tinggi, sehingga dapat melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas yang ada di lingkungan. Kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas adalah penyebab untuk banyak penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, masalah penyakit jantung hingga alzheimer. 

Tingginya vitamin C dan beta-karoten dalam kandungan daun kelor ini yang bertindak sebagai agen yang dapat melawan radikal bebas tersebut. Agen antioksidan dalam kandungan daun kelor ini juga terdapat quercetin. 

Penulis: Mochamad Zamroni

91 thoughts on “Iqbal Fajar, Bocah Jutawan Pembudidaya Ribuan Tanaman Kelor

  • April 3, 2024 pada 12:36
    Permalink

    Nama : Athifa Hayu K.
    Sekolah : SMPN 16 SURABAYA
    Nomor peserta : 684
    Penjelasan singkat mengenai proyek lingkungan yang sedang dikembangkan : (Pengurangan Sampah Plastik) Pengurangan sampah plastik adalah tindakan yang dilakukan untuk mengurangi sampah plastik menumpuk di sekitar rumah dan lingkungan sekolah. Mengurangi sampah plastik dapat dimulai dari diri kita sendiri dengan menyimpan sampah plastik yang kita dapat

    Balas
    • April 3, 2024 pada 14:33
      Permalink

      Nama: amanda septi ramdhan
      Sekolah : smpn 56 surabaya
      No urut 1084
      Penjelasan singkat mengenai proyek saya: proyek saya membudidayakan pepaya Jepang, daun pepaya jepang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh dan menyembuhkan penyakit kangker dan hasil positif lainnya

      Balas
      • April 4, 2024 pada 18:17
        Permalink

        Kak Iqbal keren konsisten dengan budidaya kelornya selama 3 th.kenal kak Iqbal saat pemilihan pangput 2021 Krn Cecil dan kak Iqbal sama2 ikut lomba pangput.usaha tidak mengkhianati hasil akhirnya th 2023 kak Iqbal berhasil meraih juara 1 pangeran lingkungan hidup smp..semangat terus kak.moga makin sukses dengan karyanya.
        Aku Cecilia Farah Calysta siswi dari Smpn43 Surabaya no peserta 980 dengan proyek PJKA Peduli Jelantah Kita bisa
        #tunashijauid
        #seleksi1pangputlh2024
        #pangputLh2024
        #panputLh2024_980
        #SMPN43surabaya_Cecilia Farah calysta
        #Pangeranputrilh2024smp

        Balas
        • April 5, 2024 pada 20:30
          Permalink

          Keren banget sangat memotivasi saya untuk bisa seperti yg kak iqbal lakukan,,,,,saya Escravadio Triasa Ariffulloh dari SDN KANDANGAN 2 dengan no peserta 089
          Proyek saya adalah tentang budidaya bunga sepatu untuk dijadikan benda yg mempunyai nilai jual yg tinggi

          Balas
          • April 7, 2024 pada 11:20
            Permalink

            Semangat terus kakak Iqbal untuk budidaya tanaman kelor yang memiliki banyak manfaat dan bisa diolah untuk berbagai macam makanan & minuman.

            Nama : Harun al-Rasyid Saputra

            Sekolah : SDN Pacar Keling 1 / 182 Surabaya

            No. Peserta : 203

            Judul Proyek : Berselancar dengan sampah anorganik
            Dimana proyek saya ini kegiatannya mengumpulkan botol plastik bekas & sampah plastik kemasan untuk dijadikan ecobrik.

          • April 11, 2024 pada 13:57
            Permalink

            Terimakasih…
            Escravadio Triasa juga pasti bisa
            Semangat terus dan konsisten melakukan aktivitas ya ..

            Iqbal Fajar Khrisna Reyhan Halim
            Pangeran LH SMP 2023

          • April 17, 2024 pada 18:03
            Permalink

            Keren sekali pembudidayaan tanamana kelor nya terus diolah menjadi produk.

            Nama: Nevan Azka Fiardy
            Sekolah: SMPN 1 SBY
            No. Peserta: 361
            Proyek Nevan adalah organic waste bank, mengubah sampah menjadi cuan

        • April 11, 2024 pada 13:48
          Permalink

          Iya Cecil….
          Terimakasih komennya ..
          Alhamdulillah Cecil perjuangan yang tidak pernah henti berkat semangat, aktivitas dan tentunya doa ayah dan ibu juga orang – orang yang menyayangi kita …
          Cecil semangat juga ya ..
          Semoga bisa jadi Putri LH 2024… Aamiin..

          Iqbal Fajar Khrisna Reyhan Halim
          Pangeran LH SMP 2024

          Balas
    • April 5, 2024 pada 20:31
      Permalink

      Masyaa Allah hebatt banget nih kak iqball sangat menginspirasi kita semuaa
      keren kerennn aku jugaa pengen kaya kak iqball
      eh iya perkenalkan nama saya Fani Anggraeni Nabila Putri siswi dari SMP NEGERI 56 SURABAYA no urut 1086 proyek saya yaitu DIBA (budidaya aloe barbadensis miller)

      iyaa aloe vera sobatt, tapi ini pakai nama lainnyaa hehehe, tau ga sii tanaman ini tuh buanyak banget manfaatnya lowhh, penasaran gaa manfaat nya apa aja?

      kitaa nih kan generasi micin generasi milenial guyss pasti para remaja remaja tuh pengen kulitnya sehatt pengen glowingg, pengen mulusss aku juga pengen sich
      saran aku yah mending kalian tanem lidah buaya dirumah nih terus kalian buat maskerr, untung dapet glowing juga dapett
      gimanaa ?? tertarik sama lidah buaya?

      YUKK TANAM LIDAH BUAYA
      tanam 1 pohon hari ini selamatkan hari esok ????✨

      Balas
    • April 11, 2024 pada 13:52
      Permalink

      Terimakasih Fani…
      Fani juga pasti bisa
      Semangat terus ya .. dan lakukan aktivitas yang konsisten..
      Juga jangan lupa up load selalu aktivitas nya dan jangan lupa tag @tunashijauid

      Salam
      Iqbal Fajar Khrisna Reyhan Halim
      Pangeran LH SMP 2023

      Balas
  • April 3, 2024 pada 12:40
    Permalink

    Kueren polll,,,,semangat terus Iqbal semoga aksi ini bisa menginspirasi masyarakat dan bermanfaat bagi lingkungan
    Salam bumi salam lestari!!!!!

    Balas
  • April 3, 2024 pada 12:41
    Permalink

    Menginspirasi sekali!

    Nama : Naila Putri Divia
    Sekolah : SMP Negeri 16 Surabaya
    No. Peserta : 706
    Nama proyek : Leafy Elixir
    Leafy elixir adalah sebuah proyek pemanfaatan dan riset pada tanaman Centella Asiatica. Centella Asiatica ini akan di manfaatkan menjadi crystal jelly yang memiliki beragam khasiat, selain itu dalam proyek ini akan di lakukan riset mengenai ke efektivan Centella Asiatica untuk di jadikan masker wajah dan toner. Proyek ini juga akan menerbitkan buku mengenai Centella Asiatica yang dimana buku tersebut akan di taruh di beberapa perpustakaan umum agar semakin banyak orang yang memiliki pengetahuan tentang centella asiatica.

    Balas
  • April 3, 2024 pada 12:52
    Permalink

    Keren banget Kak Iqbal memiliki proyek berkelanjutan yaitu budidaya kelor, produknya juga keren-keren semua, kata manfaat dan tinggi nutrisi.

    Aku pernah minum teh kelor produknya Kak Iqbal rasanya seger banget…
    Recommended banget pokoknya ❤️

    .

    Terimakasih kak Iqbal teh kelornya, semoga sehat selalu dan semakin sukses sekeluarga… Aamiin…

    Aisyah avicena rl
    Putri lingkungan hidup tahun 2023SD
    Eco Student of The Year tahun 2023SD

    Balas
    • April 3, 2024 pada 13:35
      Permalink

      MasyaAllah Tabarakallah luar biasa sekali kak Iqbal menjadi penyemangat untuk menginspirasi semua orang dalam berbudidaya tanaman kelor.

      Nama : Aqilah Izzatunnisa Pratrista
      Sekolah : SDN sambikerep 2 surabaya
      Judul proyek : Pembudidayaan Bunga Telang
      Nomor peserta : 486

      Bunga telang merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah Ternate, Maluku, yang kini sudah mulai menyebar luas di seluruh daerah di Indonesia dan memiliki banyak manfaat.
      Ingin tahu lebih banyak tentang pembudidayaan bunga telang yuk cek IG @aqilahizzatunnisapratrista

      Balas
      • April 4, 2024 pada 00:33
        Permalink

        Keren! sangat menginspirasi sekali.

        Assalamu’alaikum wr, wb.

        Hallo teman – teman,
        Semoga seleksi 1 pangeran putri lingkungan hidup tahun 2024 berjalan sesuai deadline dan sesuai target yang diharapkan. Aksi pengembangan proyek lingkungan hidup ini dapat menjadi inspirasi untuk generasi emas yang berkelanjutan.
        Salam bumi, salam lestari, salam sadar iklim.

        Nama : Aliyyah Nugraheni
        Sekolah : SMPN 44 Surabaya
        Judul proyek : Pemanfaatan Cangkang Telur
        No peserta : 984

        Balas
      • April 4, 2024 pada 09:03
        Permalink

        Nama : Alvaro Tristan Cetta Purnama
        Sekolah : SDN KALIASIN 1/280 SBY
        No. Peserta Pangput LH 2024 : 077
        Proyek : “Biopori (Lubang Resapan Biopori)
        Lubang resapan biopori adalah lubang resapan yang di buat ke dalam tanah berdiameter 10-30 cm dengan kedalaman 60-100 cm bertujuan untuk mengurangi genangan air, mencegah banjir dan menyuburkan tanah di saat kemarau.
        Proyek saya ini menggunakan sampah plastik bekas seperti galon plastik untuk membuat alat resapannya.

        Balas
      • April 5, 2024 pada 11:18
        Permalink

        Assalammualaikum warahmatulahi wabarakatuh

        Haii sobat hijau
        Keren sekali kak iqbal memiliki proyek yang berkelanjutan yaitu budidaya kelor dan produknya juga sangat keren-keren semua, manfaat dan tinggi nutrisi.. Semangat terus kak iqbal dan semoga menginspirasikan saya dan teman-teman semuanya untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan hidup atau sekitar

        Nama: Keyla Melinda Permatasari
        Asal Sekolah: SMPN 60 Surabaya
        Judul Proyek: Satik Tas(sampah plastik tas)
        Nomor Urut: 1152

        Balas
        • April 5, 2024 pada 18:27
          Permalink

          Kak Iqbal keren banget..
          Sangat menginspirasi..

          Luar biasa

          Perkenalkan nama saya Rakai Hino Arimaradana dari SMP N 23 Surabaya Dengan nomor peaerta 431.

          Proyek saya tentang budidaya lidah buaya… Selain budidayanya tidak susah, lidah buaya ternyata banyak manfaatnya juga lho teman2..

          Saat ini saya sudah melakukan budidaya sebanyak 70 bibit lidah buaya, dengan target sebanyak 200 bibit..

          Menuju indonesia leatari

          Balas
    • April 6, 2024 pada 12:58
      Permalink

      Keren kak Iqbal fajar, memiliki proyek jutawan pembudidaya ribuan tanaman kelor

      Nama: Yuan Krisna Atmadja

      Sekolah: SMPN 19 Surabaya

      Nomor Peserta: 409

      Penjelasan singkat proyek lingkungan yang sedang ke kembangkan: minyak jelantah adalah minyak goreng sisa pemakaian rumah tangga. Proyek-proyek ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif dari pembuangan limbah minyak jelantah yang tidak dikelola dengan baik. Dengan demikian, limbah minyak jelantah dapat dikelola secara lebih berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

      Balas
    • April 11, 2024 pada 14:09
      Permalink

      Terimakasih Aisyah Avicena Putri Lingkungan Hidup SD 2023
      Alhamdulillah kalau suka dengan minuman kelor kak Iqbal …
      Aamiin

      Iqbal Fajar Khrisna Reyhan Halim
      Pangeran LH SMP 2023

      Balas
  • April 3, 2024 pada 13:05
    Permalink

    Waow keren kak Iqbal, tidak pernah putus asa untuk terus berbudidaya ribuan tanaman kelor, sukses dan terus menjadi inspirasi semua orang.

    Nama : Ni Luh Gede Reva Dealove Valentcia Atmaja
    Sekolah : SMPN 35 Surabaya
    Judul Proyek : Budidaya Rosella
    No Peserta : 888

    Rosella ( hibiscus sabdariffa) bunga yang berasal dari Afrika, mulnya bunga ini juga cantik untuk dijadikan penghosa halaman rumah, dan bunga ini dapat dijadikan berbagai olahan makanan dan minuman,
    ingin lebih banyak tahu tentang rosella ? yuk simak di IG @dealove_reva

    Balas
  • April 3, 2024 pada 13:32
    Permalink

    waahhh keren bangettt kak.. sangat menginspirasi !!!

    Nama : Aisyah Yasmin Fadillah Izzati
    Sekolah : SDN Jepara 1/90 Surabaya
    Nomor Peserta : 106
    Judul Proyek : Budidaya Sambiloto untuk batuk SeLuSin

    Saya memilih Proyek budidaya sambiloto karena sejak adanya virus covid19 atau dengan nama lain SARS-COV-2, Kebanyakan orang tubuhnya menjadi rentan sehingga sering flu dan batuk. Untuk itu saya melakukan budidaya sambiloto sebagai langkah awal pengobatan herbal bagi keluarga,teman dan masyarakat sekitar yang terserang flu dan batuk.

    Balas
  • April 3, 2024 pada 13:37
    Permalink

    Waow keren kak iqbal ,sangat menginspirasi sekali..
    Nama : Najwa khaira wilda firdian
    Asal sekolah : SDN Petemon Surabaya
    No peserta : 440
    Judul proyek ; budidaya bawang dayak

    Bawang dayak ini sangat banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan..
    Salah satunya bisa di gunakan sebagai obat tradisional loh

    Balas
  • April 3, 2024 pada 13:43
    Permalink

    Bagus sekali budidaya tanaman kelor oleh Kak Iqbal, ternyata banyak manfaat yang terkandung di dalam tanaman kelor.
    Nama : Naura Novani
    Sekolah : SMP Negeri 5 Surabaya
    No.Peserta : 1032
    Judul Proyek : Budidaya Jamur
    Saya melakukan budidaya jamur karena banyak manfaat dari jamur, diantaranya dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

    Balas
    • April 5, 2024 pada 20:11
      Permalink

      Nama: Fredella Anya carrissa
      Nomor peserta:266
      Sekolah :SDN Margorejo 1\403 Surabaya
      Judul proyek: BUCUR
      (Budidaya Tanaman Kencur )

      Proyek saya yaitu membudidayakan tanaman kencur.
      Target saya yaitu menanam kencur sebanyak 4250 kencur.
      Aksi yang akan saya lakukan adalah, saya akan mengajak teman di sekolah mau pun diluar sekolah untuk menanam tanaman kencur sebanyak-banyaknya.
      Saya juga akan mengajak warga, RT, RW ditempat saya tinggal.
      Pengembangan proyek mengajak lebih banyak lagi orang orang untuk menanam kencur.
      Harapan dari proyek saya memaksimalkan tanaman kencur supaya memberikan manfaat bagi seluruh orang.
      Tujuan untuk di jadikan sebagai tanaman apotik hidup, untuk mengurangi global warming, untuk memaksimalkan tanaman kencur supaya memberikan manfaat bagi seluruh orang.

      Balas
  • April 3, 2024 pada 13:48
    Permalink

    Wow keren mas Iqbal, semangat terus dan semoga menginspirasi saya dan teman teman untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan hidup

    M. Haykal Adha
    SDN Pacarkeling V/186
    SD-231
    Maggot D OWA
    Maggot decomposing organic waste

    Balas
  • April 3, 2024 pada 15:13
    Permalink

    Nama : Apriliani Ardiningrum Umariswati
    Sekolah : SMPN 16 Surabaya
    Nomor Peserta : 682
    Judul proyek : kegiatan memilah pilih sampah plastik

    Kegiatan tersebut adalah upaya untuk mengurangi sampah plastik dan mengumpulkan sampah plastik jika telah terkumpul maka akan dijadikan sebagai produk

    Balas
  • April 3, 2024 pada 15:17
    Permalink

    Nama: Khanza Qonitah Ilmi
    Sekolah: SMPN 9 Surabaya
    Nomor peserta: 1198
    Judul proyek: Menggambar tentang lingkungan sehat

    Haloo????, saya memilih proyek ini karena saya ingin menyadarkan masyarakat untuk menjaga lingkungannya, serta saya juga bisa mengembangkan bakat saya menggambar. Saya menggambar tidak hanya dengan satu tema tetapi beberapa tema
    Contoh:
    -mengolah sampah dirumah
    -membuat pupuk kompos di rumah
    -menanam tanaman herbal untuk dijadikan obat
    Dengan gambar yang telah saya bikin, saya harap orang-orang yang melihat gambar saya bisa terinspirasi untuk menjaga lingkungannya.

    Balas
  • April 3, 2024 pada 16:54
    Permalink

    keren sekali iqbal, sangat menginspirasi untuk mengolah daun kelor yang banyak sekali manfaat nya.

    nama: Khansa Ghaisani Belva Sejati
    sekolah: SMPN 12 Surabaya
    no peserta: 656

    Balas
  • April 3, 2024 pada 17:20
    Permalink

    Salam Bumi Pasti Lestari.

    #tunashijauid
    #seleksi1pangputlh2024
    #pangputlh2024
    #pangputlh2024_335
    #sdntambaksari1_kristianmarcellokrisbianto
    #pangeranputrilh2024sd

    Balas
  • April 3, 2024 pada 17:30
    Permalink

    wow keren sekali kak iqbal, dan ternyata banyak sekali ya manfaat daun kelor manfaatnya juga bagus-bagus????

    Nama : Safira nadia farhana
    Sekolah : SMPN 44 SURABAYA
    Nomor peserta : 1000
    Penjelasan singkat proyek lingkungan : pengolahan sabut kelapa menjadi pupuk organik cair (POC), untuk pembuatan pupuk dari sabut kelapa membutuhkan proses fermentasi selama 3minggu dan proses penghilangan zat tanin kurang lebih 1-2 hari. Karna lingkungan rumah saya berdekatan dengan pasar dan ada banyak sekali sabut kelapa yang tidak terpakai atau di bakar lalu saya terinspirasi untuk menggunakan sabut kelapa itu agar lebih berguna.

    Balas
  • April 3, 2024 pada 17:32
    Permalink

    wow keren sekali kak iqbal, dan ternyata banyak sekali ya manfaat daun kelor manfaatnya juga bagus-bagus????

    Nama : Safira nadia farhana
    Sekolah : SMPN 44 SURABAYA
    Nomor peserta : 1000
    Penjelasan singkat proyek lingkungan : pengolahan sabut kelapa menjadi pupuk organik cair (POC)
    untuk pembuatan pupuk dari sabut kelapa membutuhkan proses fermentasi selama 3minggu dan proses penghilangan zat tanin kurang lebih 1-2 hari. Karna lingkungan rumah saya berdekatan dengan pasar dan ada banyak sekali sabut kelapa yang tidak terpakai atau di bakar yang dapat mencemari lingkungan lalu saya berinisiatif untuk menggunakan sabut kelapa itu agar lebih berguna.

    Balas
  • April 3, 2024 pada 17:36
    Permalink

    wow keren sekali kak iqbal, dan ternyata banyak sekali ya manfaat daun kelor manfaatnya juga bagus-bagus????

    Nama : Safira Nadia Farhana
    Sekolah : SMPN 44 Surabaya
    No.peserta : 1000
    Penjelasan singkat mengenai proyek : “Pengolahan sabut kelapa menjadi pupuk organik cair (POC)”, untuk membuat pupuk organik cair dari sabut kelapa membutuhkan proses fermentasi selama 3minggu. Saya mengambil proyek ini di karenakan lingkungan rumah saya berdekatan dengan pasar dan pedagang kelapa dan saya banyak melihat sabut kelapa di buang sembarangan, dibakar dan itu dapat merusak lingkungan. Jadi saya berinisiatif menggunakan sabut kelapa itu menjadi pupuk organik cair (poc)

    Balas
  • April 3, 2024 pada 17:36
    Permalink

    wow keren sekali kak iqbal, dan ternyata banyak sekali ya manfaat daun kelor manfaatnya juga bagus-bagus????

    Nama : Safira Nadia Farhana
    Sekolah : SMPN 44 Surabaya
    No.peserta : 1000
    Penjelasan singkat mengenai proyek : “Pengolahan sabut kelapa menjadi pupuk organik cair (POC)”, untuk membuat pupuk organik cair dari sabut kelapa membutuhkan proses fermentasi selama 3minggu. Saya mengambil proyek ini di karenakan lingkungan rumah saya berdekatan dengan pasar dan pedagang kelapa dan saya banyak melihat sabut kelapa di buang sembarangan, dibakar dan itu dapat merusak lingkungan. Jadi saya berinisiatif menggunakan sabut kelapa itu menjadi pupuk organik cair (poc)

    Balas
  • April 3, 2024 pada 17:37
    Permalink

    wow keren sekali kak iqbal, dan ternyata banyak sekali ya manfaat daun kelor manfaatnya juga bagus-bagus????

    Nama : Safira Nadia Farhana
    Sekolah : SMPN 44 Surabaya
    No.peserta : 1000
    Penjelasan singkat mengenai proyek : “Pengolahan sabut kelapa menjadi pupuk organik cair (POC)”, untuk membuat pupuk organik cair dari sabut kelapa membutuhkan proses fermentasi selama 3minggu. Saya mengambil proyek ini di karenakan lingkungan rumah saya berdekatan dengan pasar dan pedagang kelapa dan saya banyak melihat sabut kelapa di buang sembarangan, dibakar dan itu dapat merusak lingkungan. Jadi saya berinisiatif menggunakan sabut kelapa itu menjadi pupuk organik cair (poc)

    Balas
  • April 3, 2024 pada 17:47
    Permalink

    Keren Iqbal, proyek dan ‘perjuangan’nya..
    Salam..

    Muhammad Aldo Suprapto
    Kelas VIII / SMP Negeri 1 Surabaya
    Nomor Pesera 359
    Judul Proyek: SICANGLUR
    ( Kreasi Cangkang Telur )

    Pada Tahun 2023 Saya masuk 10besar Finalis dengan Proyek LURCANGLUR (Lulur Cangkang Telur). Semoga di 2024 pencapaiannya bisa lebih banyak dan lebih baik. Saya berharap bisa mensosialisasikan kepada Masyarakat luas betapa pentingnya memisahkan sampah organik dan sampah anorganik. Terima kasih.

    Love Nature..Nature Love You Too
    Ayo saling mendoakan, saling menjaga dan saling menguatkan.
    Produktif, Peduli, Anti Rebahan

    Balas
    • April 3, 2024 pada 21:06
      Permalink

      KEREN BANGETT KAK IQBALL, SEMOGA SUKSES SELALU!!

      Nama: Alisya Shifra Athalia
      Asal sekolah: SMPN 42 SURABAYA
      No.peserta: 940
      Judul proyek: handliya Aloe Vera (handsanitizer lidah buaya/Aloe Vera

      KENAPA SIH MEMILIH PROYEK ITU?

      Jadi sobat hijau, saya memilih proyek itu karna di lingkungan saya banyak anak anak yang malas untuk cuci tangan dengan sabun, maka hal itu saya berfikir, saya akan membuat handsanitizer ini untuk di pakai mencuci tangan yang lebih praktis dan bisa di bawa kemana².

      Salam bumi????
      Pasti lestari????
      @prtyy_fraa

      Balas
  • April 3, 2024 pada 17:54
    Permalink

    Sangat menginspirasi ✨
    “Buku adalah bentuk akhir dari ekspresi diri. Buku dapat mengubah hidupmu, mendiskusikan minatmu, dan menjadi sahabat dalam waktu singkat.”
    HALO SOBAT HIJAU!!????????????????????????
    Nama : Shesilia Putri Salsabilla
    asal sekolah : SMPN 45 Surabaya
    no. peserta : 523
    judul proyek : Daur Ulang Plastik Mie Instan Menjadi Tas
    Sobat hijau saya memilih proyek ini bertujuan untuk mengurangi sedikit demi sedikit sampah plastik berupa bungkus mie instan. Lalu saya membuat dan saya hasilkan berupa kerajinan atau karya berupa tas yang terbuat dari bungkus mie instan.
    Tetap semangat sobatt dan tetap jangan lingkungan kalian

    Balas
  • April 3, 2024 pada 17:55
    Permalink

    sangat menginspirasi ✨
    HALO SOBAT HIJAU!!
    Nama : Shesilia Putri Salsabilla
    asal sekolah : SMPN 45 Surabaya
    no. peserta : 523
    judul proyek : Daur Ulang Plastik Mie Instan Menjadi Tas
    Sobat hijau saya memilih proyek ini bertujuan untuk mengurangi sedikit demi sedikit sampah plastik berupa bungkus mie instan. Lalu saya membuat dan saya hasilkan berupa kerajinan atau karya berupa tas yang terbuat dari bungkus mie instan
    Tetap semangat sobatt dan tetap jangan lingkungan kalian

    Balas
  • April 3, 2024 pada 18:16
    Permalink

    Nama : Carissa Emily Putri Agung
    Sekolah : Smp Negeri 2 Surabaya
    Nomor Peserta : 722
    Penjelasan Proyek JUDUL PROYEK : “BUYARISIK” ( budidaya sirih asik ).

    Saya sudah menanam sirih di kalangan rumah saya yang berjumlah 17 tanaman sirih pada tanggal 25 bulan februari tahun 2024 , selanjutnya bertambah lagi yang jumlahnya 6 tanaman sirih pada tanggal 29 bulan maret tahun 2024. saya juga sudah bersosialisasi kepada keluarga besar, dan tetangga-tetangga saya.

    Balas
  • April 3, 2024 pada 21:02
    Permalink

    Haiii sobat hijau
    Nama : Laurensia Cashmyra Emanuella
    No peserta 182
    Asal sekolah: SDN KEBONSARI I
    Judul proyek : jelantah mu selamat kan bumi ku ( pengolahan minyak jelantah)
    Alasan saya memilih proyek ini adalah karena di rumah saya sering ada sisa minyak jelantah,di biasa nya minyak jelantah ini di kumpulkan di sekolah..saya ingin mengolah minyak jelantah ini agar bernilai ekonomis dan mengedukasi banyak orang agar tidak menggunakan minyak jelantah secara berulang ulang karena dapat membahayakan kesehatan serta tidak membuang limbah minyak jelantah ke saluran air supaya tidak menyebabkan pencemaran air

    Balas
  • April 3, 2024 pada 21:05
    Permalink

    Keren, luar biasa , sangat menginspirasi, semangat terus .
    Nama:Nabila Mahira Putri
    No.peserta:292
    Sekolah:SDN MARGOREJO 1/403 Surabaya
    Judul proyek:Self Watering System For Plants dengan memanfaatkan limbah sampah botol plastik.
    Penjelasan singkat proyek:Saya memilih proyek ini karena sangat ramah lingkungan,kita menggunakan kembali botol plastik bekas air mineral yang terbuang percuma untuk dijadikan sesuatu yang bermanfaat seperti pot sumbu pada budidaya tanaman

    Salam bumi Pasti lestari????

    Balas
  • April 4, 2024 pada 07:22
    Permalink

    Kak Iqbal sangat menginspirasi. Setelah membaca ini, saya tahu mnfat kelor sangat banyak

    Nama : Wilda Al Aluf
    Sekolah : SDN WONOKUSUMO VI/45
    Nomor Peserta : 566
    Proyek : Ranca Manik (Kerajinan Kain Perca Menarik dan Unik). Proyek ini mengolah limbah kain perca menjadi barang yang menarik dan unik

    Balas
  • April 4, 2024 pada 09:03
    Permalink

    Waahhh, keren sekali kak iqbal. Sangat menginspirasi

    Nama : Achmad Al Farizy
    Sekolah : SDN Wonokusumo VI/45 Surabaya
    Nomor Peserta : 341
    Proyek lingkungan yang dikembangkan: *Kripik Pak Eko* (Kreasi Apik Pakai Ecobrick)
    Sebuah inovasi untuk mengurangi sampah plastik dengan mengolahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat.

    Balas
  • April 4, 2024 pada 10:39
    Permalink

    Mas Iqbal hebaat ???????? sangat menginspiratif & memotivasi untuk selalu semangat pada tujuan walopun ada bnyak rintangan & suka duka. Mksh mas iqbal atas sharing artikelnya ???? smoga saya bisa seperti mas iqbal yang sukses,,telaten & pantang menyerang

    Nama ???? : Asyiffa Wijaya Architasari
    Nama Sekolah ???? : SDN Pacar Keling V/186 Surabaya
    No.Peserta : 370
    Judul Proyek : Budidaya Cabe Rawit (CBR)
    Menanggulangi harga cabe yang melonjak & menekan angka peningkatan permintaan pasar terhadap kuantitas cabe rawit agar selalu stabil di era zaman now.

    Balas
  • April 4, 2024 pada 11:27
    Permalink

    Wahh, Mas Iqbal keren bangett. Sangat menginspirasi dan memotivasi kita semua.

    Nama: Fairuz Zahirah Rizki Putri
    Asal sekolah: SMP Negeri 12 Surabaya
    No Peserta: 652
    Judul Proyek: “Mengolah Limbah Sayur dan Buah untuk POC”

    Sebuah inovasi untuk mengurangi limbah sayur dan buah agar menjadi lebih bermanfaat untuk lingkungan sekitar

    Balas
  • April 4, 2024 pada 11:29
    Permalink

    Selamat kak Iqbal untuk prestasi dan usahanya, sukses selalu dengan daun kelor yang banyak manfaatnya.

    Intip juga proyek maggotku sebagai pakan ternak dan juga pengurai sampah organik yang semakin menumpuk, berbau, merusak pemandangan dan lingkungan serta berpotensi meledak akibat gas metana yang dikandungnya harus segera diatasi untuk lingkungan yang lebih baik.

    Semangat mengurai sampah organik dengan #maggotbyDW

    Dewangga Kasyafa Prestian
    SD Al Hikmah Surabaya
    No.urut : 001
    Proyek Maggot BSF by DW
    Si Pengurai Sampah Organik

    Balas
    • April 5, 2024 pada 10:19
      Permalink

      Sangat menginspirasi
      Muhammad Haniadrian Wibowo
      SDN Jambangan I/413 Surabaya
      No 069
      Proyek saya adalah budidaya sambung nyawa. Sambung nyawa sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan kita, diantaranya mencegah penyakit ginjal, melindungi jantung, mengatasi diabetes dll. Jadi saya mengajak teman² dan warga sekitar rumah untuk menanam dan membudidayakan sambung nyawa

      Balas
  • April 4, 2024 pada 11:47
    Permalink

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Halo… Halo semuanya, kenalin nih aku
    Nama: Dhenis Maulana Ismail
    Asal Sekolah: SMPN 63 SURABAYA
    No Peserta:605

    Selamat trus buat kak Iqbal teruskan bakat mu kak untuk masa depan yang lebih indah, ngomong² yuk haha proyek ku, proyek ku adalah SAMMILAN (sabun mangrove minyak jelantah) di proyek ini saya akan memanfaatkan minyak jelantah dan buah mangrove yg jarang org tau banyak manfaatnya dan disini lah saya akan membuktikannya lewat proyek SAMMILAN yg saya harap dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat di sekitar saya.

    Balas
  • April 4, 2024 pada 12:07
    Permalink

    Keren kak Iqbal bisa mengembangkan proyeknya sampai jadi jutawan. Semoga aku bisa menjalankan proyek sampai jadi jutawan seperti kakak.

    Raisa Azzahra Praminda
    SDN Pacarkeling V/186 Surabaya
    No. Peserta 400
    Budidaya sirih cina, liar terabaikan tapi bermanfaat

    Balas
  • April 4, 2024 pada 12:13
    Permalink

    Wah keren banget ya kak Iqbal Jutawan bisa berbudidaya ribuan tanaman kelor, semoga selalu semangat yaa!

    Nama : Devina Agustin Ramadhani
    Sekolah : SMPN 19 Surabaya
    Nomor Peserta : 718
    Penjelasan singkat proyek lingkungan yang sedang ke kembangkan : Air limbah leri adalah air sisa dari proses pencucian beras atau nasi. Proyek-proyek ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif dari pembuangan air limbah leri yang tidak dikelola dengan baik, serta memanfaatkan potensi nutrisi dan bahan organik yang terkandung di dalamnya denga pembuatan pupuk organik cair ( POC ) Dengan demikian, air limbah leri dapat dikelola secara lebih berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

    Balas
  • April 4, 2024 pada 13:10
    Permalink

    Wahhh kereennn kak iqbal jutawan budidaya tanaman kelor nya, semangatt selalu untuk kak iqbal n sukses slalu ya kak…

    Nama : Keyzha syafa Difynia
    Sekolah : Sdn Pacarkeling V/186
    No peserta : 384
    Nama proyek : budidaya tanaman kunyit menjadi minuman herbal

    Balas
  • April 4, 2024 pada 14:07
    Permalink

    Judul proyek:pengolahan sampah botol plastik

    Alasan saya memilih proyek ini adalah saya masih melihat banyak sampah dilingkungan rumah saya makadari itu saya berinisiatif mengolah samaph botol menjadi barang yg bermanfaat dan memiliki nilai jual

    Balas
  • April 4, 2024 pada 14:08
    Permalink

    Judul proyek:pengolahan sampah botol plastik
    Alasan saya memilih proyek ini adalah saya masih melihat banyak sampah dilingkungan rumah saya makadari itu saya berinisiatif mengolah samaph botol menjadi barang yg bermanfaat dan memiliki nilai jual

    Balas
  • April 4, 2024 pada 14:13
    Permalink

    MOCHAMMAD RAFFI ALEA KALEVI, SD ISLAM AL AZHAR KELAPA GADING SURABAYA, 011,saat ini saya sedang mengembangkan proyek lingkungan hidup berupa budidaya bunga telang, proyek yang sedang saya kembangkan adalah sosialisasi kepada warga, warga yg telah saya sosialisasi sudah berjumlah 2 orang, saat ini saya telah menghasilkan 53 pot biji bunga telang

    Balas
  • April 4, 2024 pada 16:02
    Permalink

    Halo sobat hijau..
    Perkenalkan ????
    Nama : Anindya Nataneila Ramadhani
    Sekolah : SMP Negeri 9 Surabaya
    No peserta : 1196

    Saya adalah peserta seleksi Putri Lingkungan Hidup 2024. Saya akan menjelaskan tentang proyek saya.
    Proyek lingkungan hidup tentang menggambar saya adalah cara kreatif dan menyenangkan untuk mengedukasi orang tentang keindahan alam dan pentingnya menjaga lingkungan.

    Balas
  • April 4, 2024 pada 17:35
    Permalink

    woww, keren sekali, semoga saya juga bisa menanam lidah buaya yang banyak sekalii.

    Nama: Cantika Putri Agita
    Sekolah: SMP Negeri 62 Surabaya
    Proyek: Budi Daya Aloe Vera
    No. Peserta: 1172

    Balas
  • April 4, 2024 pada 18:46
    Permalink

    Kerena kak, menginspiratif banget ka
    semoga kemengan kakak menular di kita-kita ya kak
    jangan lupa seklalu dukung dan comment juga IG kita ya kak, masukan dan dukungan kakak sangat berarti untuk prestasi saya

    Rafardhan Attalla Alauna Kevan
    Calon Pangeran SD LH 2024
    No. peserta 251
    SDN Pakis III/370 Surabaya

    Balas
  • April 4, 2024 pada 19:07
    Permalink

    Keren kak iqbal.usaha tidak mengkhianati hasil dlu kak Iqbal ikut pangput bareng aku th 2021 SD dan th 2023 menjadi juara 1 pangeran lh tingkat SMP.semangat dan sukses terus untuk duan kelornya.sangat menginspirasi
    Aku Cecilia Farah Calysta siswi dari Smpn43 Surabaya no peserta 980 dengan proyek PJKA Peduli Jelantah Kita bisa
    Memilih minyak jelantah Krn minyak Jelantah banyak ditemui dimasyarakat.tujuannya Cecil ingin sosialisasi tentang bahayanya minyak jelantah selain itu minyak jelantah bisa dimanfaatkan untuk banyak hal.
    #tunashijauid
    #seleksi1pangputlh2024
    #pangputLh2024
    #panputLh2024_980
    #SMPN43surabaya_Cecilia Farah calysta
    #Pangeranputrilh2024smp

    Balas
  • April 4, 2024 pada 21:49
    Permalink

    Haii sobat hijau????????????
    Nama: Nysrina Aqella
    Asal Sekolah: SMPN 23 Surabaya
    No Peserta: 764
    Judul Proyek: Handycrafts Kain Perca

    Handycrafts Kain perca adalah suatu kerajinan tangan yang dibuat dari bahan dasar limbah kain perca. Kain Perca adalah kain sisa potongan dari pabrik atau garmen yang memproduksi pakaian, sprei dan lain sebagainya yang menggunakan bahan dasar kain. Pada proyek saya kali ini saya akan mengurangi limbah kain perca tersebut agar tidak menumpuk terlalu banyak dengan cara membuat kerajinan tangan yang terbuat dari kain perca.

    Balas
  • April 4, 2024 pada 22:33
    Permalink

    Keren sekali kak Iqbal
    Sangat menginspirasi sekali☺️☺️

    Balas
  • April 5, 2024 pada 08:08
    Permalink

    Salamm bumi pasti lestarii

    Haloo semuaa perkenalkan saya Aditya Wardana Putra saya berasal dari SMP Negeri 40 Surabaya dengan nomor peserta 473 dan proyek saya yang berjudul larutan sejuta manfaat atau yang biasa disebut dengan “ECO ENZYME”

    Semoga saya bisa menjalankan seleksi pertama dengan baik dan lancar. Aamiin

    Balas
  • April 5, 2024 pada 09:11
    Permalink

    Salam bumi pasti lestari.

    Haloo semuaa perkenalkan Esterina Christyn Febyanti Suharto saya berasal dari SMP Negeri 23 Surabaya dengan nomor peserta 758 dan proyek saya yang berjudul mengolah kohe kambing menjadi pupuk kompos

    Balas
  • April 5, 2024 pada 10:01
    Permalink

    Haloo sobat hijau
    Saya arifah febriani.
    Asal sekolah smpn negri 23 surabaya dengan no.urut 754
    Saya memiliki proyek yang sama seperti kak iqbal.
    Semoga saya bisa menjadi seperti kak iqbal.

    Balas
  • April 5, 2024 pada 11:57
    Permalink

    Salam bumi pasti lestari

    Haloo semua perkenalkan saya Najwa Elmira Mutiara Ramadhani saya berasal dari SMPN 23 Surabaya dengan no urut 270 dan proyek saya yang berjudul Bucin Budidaya Cincau

    Balas
    • April 5, 2024 pada 12:55
      Permalink

      Keereen sekali,saangat mengispirasi…!! Semangat terus kak Iqbal usaha tidak akan penghianati hasil…

      Nama : Mocha Brilliant Adelia
      No Peserta : 122
      Asal Sekolah : SDN Kandangan 1/121 Surabaya
      Judul Proyek : SO menjadi EE

      Balas
  • April 5, 2024 pada 11:57
    Permalink

    Sangat menginspirasi sekali kak iqbal, tetap konsisten dalam pengembangan daun kelor.

    Azka Sangaji Jiwo Panuntun
    SDN BANJARSUGIHAN V/617 SURABAYA
    No. 015

    Sedikit bercerita tetang proyek saya yaitu pembuatan pupuk organik cair POC dari limbah rumah tangga seperti sayur2 an bekas, buah2an dan sampah tanaman. POC bisa dijadikan alternatif pengganti pupuk kimia yg bersifat lebih alami yang kaya akan manfaat bagi kesuburan tanah dan tumbuhan.

    Balas
  • April 5, 2024 pada 12:13
    Permalink

    Nama peserta: Angel Fredella Arfiansyah
    Asal sekolah : SMP NEGERI 23 SURABAYA
    Nomer peserta: 750
    Judul Proyek : “Mendaur Ulang Sampah Plastik”

    Halo sobat hijau perkenalkan nama Saya Angel, disini saya akan menjelaskan pengertian mendaur ulang yang menjadi proyek saya, Mendaur ulang atau yang biasa disebut dengan Recycle yaitu kegiatan mengolah kembali Sampah atau produk Sekali pakai atau Produk habis pakai menjadi produk baru kembali yang bermanfaat.

    Balas
  • April 5, 2024 pada 13:25
    Permalink

    Keren Kak Iqbal, sangat menginspirasi sekali

    Rasyid Maulana Riffat
    SDN Pacarkeling V Surabaya
    Nomor Peserta: 241

    Proyek : Budiros Nyakman
    (Budidaya Rosella Banyak Manfaatnya)

    Mengikuti seleksi pangeran dan putri lingkungan hidup 2024 adalah pengalaman yang berharga bagi saya, karena semakin banyak ilmu yang saya dapat dan tentunya bermanfaat serta menginspirasi banyak orang

    Salam Bumi Pasti Lestari

    Balas
  • April 5, 2024 pada 13:51
    Permalink

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Hai Sobat Hijau

    Nama : MUHAMMAD KHABIBI NUR ROKHMAN
    Sekolah : SDN BANJARSUGIHAN V/617 SURABAYA
    No.Peserta : 017

    Wow keren sekali, sangat menginspirasi dan bermanfaat bagi kita semua. Semangat Terus Generasi Hebat.

    Dan jangan lupa intip Proyek lingkungan hidup saya yaitu pengurangan sampah plastik untuk pembuatan ecobrick. Disini saya menghimbau dan mengajak orang lain untuk sadar akan bahaya sampah plastik jika tidak dikelola dengan baik, terbuang begitu saja sampai sampah plastik menumpuk sehingga mengakibatkan banjir, bau tidak sedap dan dapat menimbulkan penyakit. Maka dari itu mari kita mengurangi sampah plastik dan menjadikan sesuatu yang bermanfaat untuk pembuatan ecobrick.

    Salam Bumi Pasti Leatari
    Salam sadar iklim
    Salam zero waste
    Salam Basuma Jaya Jaya Jaya
    Iki lho areke
    Wes ngeten pull

    Balas
  • April 5, 2024 pada 15:09
    Permalink

    Wahhh kereennn kak Iqbal jutawan budidaya tanaman kelor nya, semangatt selalu untuk kak Iqbal dan sukses slalu ya kak…

    Nama : Chiara Aqilah Afis
    Sekolah : SDN BANJAR SUGIHAN V/617 Surabaya
    No peserta : 022
    Nama proyek : MEMBUAT PUPUK TANAMAN DARI CANGKANG TELUR

    SALAM BUMI PASTI LESTARI
    SADAR IKLAM
    SALAM ZERO WASTE

    Balas
  • April 5, 2024 pada 16:03
    Permalink

    Hai sobat hijau… saya jenoah Xavier Abraham Narendra dari SMPN 61 Surabaya, no peserta 599, saat ini saya sedang mengebangkan proyek olahan bunga telang dan jahe, dengan proyek ini saya akan membuat minuman dan makanan dari bunga telang dan jahe karena bunga telang dan jahe memiliki manfaat yang banyak.

    Balas
  • April 5, 2024 pada 17:16
    Permalink

    Sangat inspiratif sekali.. Semoga saya juga bisa mencontohnya.
    Nama : Areta Alfu Qomaroo Ulumuddin
    Sekolah : SDN Jemurwonosari I/417 Surabaya
    Nomer peserta : 100
    Nama proyek : Budidaya Bunga Telang.
    Dengan menanam bunga Telang dobel manfaatnya, satu lingkungan menjadi hijau asri . Dua manfaat kesehatan karena kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan.

    Balas
  • April 5, 2024 pada 17:26
    Permalink

    wow keren kak iqbal, sangat menginspirasi, semangat terus kak iqbal
    Nama : SANIA NURRAHMA
    Asal sekolah : SD HANG TUAH 12
    No peserta : 002
    Judul Proyek : Memanfaatkan daun kering penganti bahan bakar migas
    saat ini saya sedang mengembangkan sebuah proyek daur ulang dari daun kering menjadi sebuah penganti bahan bakar migas, karena dilingkungan sekolah setiap hari banyak sampah dedaunan yang berjatuhan, oleh karena itu saya memanfaatkan daun kering sebagai penganti bahan bakar migas supaya lebih bermanfaat.

    Balas
  • April 5, 2024 pada 17:57
    Permalink

    Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Hai sobat hijau..

    Saya AZRA AQILAH SYAZANI
    Asal sekolah BANJARSUGIHAN V/617 SURABAYA
    No. Peserta 020
    Proyek : MENGOLAH MINYAK JELANTAH MENJADI LILIN AROMA TERAPI

    Baik kita mengolah ,mendaur ulang atau pembudiyaan sampah, limbah, tanaman dan organisme lain kita harus terus berinovasi dalam pengembangan nya agar hasilnya bisa kita rasakan nantinya dalam kehidupan kita sobat.

    Salam bumi pasti lestari
    Salam sadar iklim
    Salam zero waste

    Balas
  • April 5, 2024 pada 18:34
    Permalink

    Keren sekali kak Iqbal sudah menanam 1.000 kelor dan produknya bagus-bagus
    Nama: Abdullah Fattah Ghazali
    Asal sekolah: SDN PACARKELING V
    No.peserta:207
    Judul proyek: budidaya cabe (BUCA)

    Balas
  • April 5, 2024 pada 20:21
    Permalink

    Nama:Fredella Anya carrissa
    Nomor peserta:266.
    Sekolah :SDN Margorejo 1\403 Surabaya
    Judul proyek:BUCUR
    (Budidaya Tanaman Kencur)

    Proyek saya yaitu membudidayakan tanaman kencur.
    Target saya yaitu menanam kencur sebanyak 4250 kencur.
    Aksi yang akan saya lakukan adalah, saya akan mengajak teman di sekolah mau pun diluar sekolah untuk menanam tanaman kencur sebanyak-banyaknya.
    Saya juga akan mengajak warga, RT, RW ditempat saya tinggal.
    Pengembangan proyek mengajak lebih banyak lagi orang orang untuk menanam kencur.
    Harapan dari proyek saya memaksimalkan tanaman kencur supaya memberikan manfaat bagi seluruh orang.
    Tujuan untuk di jadikan sebagai tanaman apotik hidup, untuk mengurangi global warming, untuk memaksimalkan tanaman kencur supaya memberikan manfaat bagi seluruh orang.

    Balas
  • April 5, 2024 pada 23:02
    Permalink

    Keren banget sangat memotivasi saya untuk bisa seperti yg kak iqbal lakukan

    nama: Melani putri Maheswari
    sekolah: SMPN 44 Surabaya
    no urut:998

    Balas
  • April 5, 2024 pada 23:41
    Permalink

    Hallo sobat hijauu????????

    Perkenalkan nama saya Merry Gessyah Agatha Wibowo, dari SMP Negeri 36 Surabaya, nomor peserta 890.

    Saat ini saya sedang mengembangkan proyek saya yang bernama BULIBERO

    Apa sih bulibero itu?
    ???? Bulibero adalah singkatan dari Budidaya Lidah Buaya Menjadi Berbagai Olahan. Lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat contohnya nih kesehatan, kecantikan, perawatan rambut dan masih banyak lagi lainnya.

    Sekian dari saya Terimakasih ????????

    Balas
  • April 6, 2024 pada 03:24
    Permalink

    Nama: falisha Misha alkhansa
    Sekolah: SDN Rangkah VI Surabaya
    No peserta: 1208
    Judul proyek: briket daun kering

    Sangat menginspirasi. Menjadi jiwa enterpreneur di saat muda adalah bekal bagi generasi muda. Menjadi generasi muda yg kreatif dan inovatif

    Balas
  • April 6, 2024 pada 11:18
    Permalink

    Keren sekaliii kak iqbal dapat menanam tanaman kelor sebanyak ituuu …..
    semoga kerennya nular ya kaka , aamiin

    Nama: Mella Kurnia Wati
    Sekolah: SMPN 56 SURABAYA
    Judul proyek: KODARING”kompos daun kering”

    Balas
  • April 6, 2024 pada 11:32
    Permalink

    Pernah bertemu dan disapa oleh Kak Iqbal dan dikasih wejangan kalau aku harus happy kalau belajar, jangan dibawa menjadi beban.. awwww .. makasi Kakkk terus semangattt

    Dewangkara BA
    SD-271
    SDN Rangkah VI Surabaya
    BudaLiYa (Budidaya Lidah Buaya)

    Balas
  • April 6, 2024 pada 14:55
    Permalink

    sangat keren dan memotivasi kita agar ingin membudidayakan sebuah tanaman-tanaman dan tetap menjaga lingkungan tetap bersih✨️

    Haii Sobat Hijau!!
    Saya Ibrahim Ilham Fadil
    Dari SMP NEGERI 56 SURABAYA
    Dengan Judul Proyek : BELUT (Budidaya Beluntas)✨
    Nomor Peserta : 565

    Tanaman Beluntas Merupakan sejenis tanaman Ekosistem Mangrove dan termasuk dalam Tanaman Herba Family atau TOGA, hal ini pastinya Tanaman Beluntas memiliki banyak sekali manfaat yang terdapat pada tanaman ini. Tetapi hampir di setiap wilayah tidak dijumpainya tanaman beluntas ini, padahal tanaman ini memiliki banyak sekali manfaatnya. Maka dari itu saya ingin membudidayakan dan mengenalkan kepada masyarakat agar tahu mengenai Tanaman Beluntas✨

    Balas
  • April 7, 2024 pada 09:56
    Permalink

    Assalamualaikum Wr.Wb.????

    Salam Bumi pasti lestari????????✨

    Masyaa Allah hebatt banget nih kak iqball sangat menginspirasi kita semuaa
    keren kerenn aku jugaa pengen kaya kak iqball. Semoga dengan adanya kak Iqbal kita semua dapat termotivasi.

    Nama : Raihan Jouzu Syamsudin
    Sekolah: SMP Negeri 57 Surabaya
    No peserta: 571
    Judul proyek : PEMANFAATAN LIMBAH KULIT BAWANG PUTIH SEBAGAI PEWARNA SINTETIS DALAM PEMBUATAN TINTA SPIDOL.
    Dengan adanya proyek pangputlh saya ini saya dapat mengurangi pembuangan limbah, mengurangi emisi gas metana sehingga menghambat laju global warming, mengurangi penggunaan bahan kimia pada tinta spidol yang dapat merusak pernafasan, kerusakan otak permanen, kerusakan hati, ginjal dan sistem saraf pusat. Rencana kedepan proyek saya ( mengumpulkan kulit bawang putih 150 kg, melakukan grebeg pasar, mengajak seluruh warga SMPN 57/Ibu ibu pkk Siwalankerto untuk mengumpulkan kulit bawang putih ). Dan juga harapannya tinta spidol yang saya buat dapat digunakan di SMPN 57 Surabaya serta dapat diproduksi secara masal dan dipasarkan untuk umum.

    Balas
    • April 7, 2024 pada 10:32
      Permalink

      Selamat kak iqbal atas prestasi yang sudah diraih sebagai pangeran lingkungan hidup tahun 2023 ,semangatnya,yang tak kenal lelah dan sabarnya dalam membudidaya tanaman kelor sangatlah sulit dari cara menanam sehingga panen itu membutuhkan waktu yang sangat lama pantaslah klo dinobatkan sebagai pangeran lingkungan hidup, banyaknya manfaat yang terkandung dari tanaman kelor bisa kita jadikan obat alami tanpa kita mengeluarkan banyak biaya,murah meriah tanpa efek samping karena tidak ada campuran kimia didalamnya nah untuk memanenya ini yang membutuhkan banyak sabar ya kak iqbal.. the best buat kak iqbal semoga sukses selalu
      by. Nama Verlita Anggraini Putri
      Sekolah Smpn 19 surabaya
      No peserta 720
      Judul Proyek Pemanfaatan Limbah
      Cangkang Telur
      Saya sudah mengolah limbah cangkang telur sebanyak 3,400 kg dengan jumlah keseluruhan proyek 14,4 ton

      Balas
  • April 7, 2024 pada 12:27
    Permalink

    Hai sahabat tunas…bagus sekali artikelnya dengan ini saya baru tau jika banyak sekali manfaat dan kandungan yang ada didalam bunga Telang sukses untuk kak iqbal
    Nama : ABDIE PUTRA DARMAWAN
    Sekolah : SDN SAMBIKEREP 2
    No urut : 277
    Proyek : pemanfaatan sampah organik menjadi kompos

    Balas
  • April 9, 2024 pada 09:04
    Permalink

    Nama : Syamsa Arundina
    Sekolah : SDN Gayungan 1/422 Surabaya
    No. Peserta : 064
    Judul Proyek : Budidaya Bawang Dayak

    Wah… menginspirasi sekali,
    saya menjadi termotivasi untuk selalu berusaha dalam melakukan budidaya tanaman.

    Balas
  • April 9, 2024 pada 19:26
    Permalink

    Kisah yang sangat menginspirasi.
    Nama:raissa dzaky alaydrus
    Sekolah:smpn 47 surabaya
    No peserta:553
    Saya ingin menjelaskan tentang proyek saya yaitu pemanfaatan lacuras(limbah air cucian beras) sebagai poc(pupuk organik cair)

    Balas
  • April 9, 2024 pada 19:27
    Permalink

    Kisah yang sangat menginspirasi.
    Nama:raissa dzaky alaydrus
    Sekolah:smpn 47 surabaya
    No peserta:553
    Saya ingin menjelaskan tentang proyek saya yaitu pemanfaatan lacuras(limbah air cucian beras) sebagai poc(pupuk organik cair)

    Balas
  • April 14, 2024 pada 21:17
    Permalink

    Wawww sangat kereen Gen-Z Surabaya,,bisa membudidaya tanaman kelor good job..sangat menginspirasi bagi kita semua sebagai remaja
    Nama:Niken wulan Ramadhani
    Sekolah: SMPN 24 Surabaya
    No peserta:780.
    Proyek: MPnzym waste
    Merupakan pengolahan sampah organik menjadi eco enzym serbaguna,bagi kehidupan makhluk hidup Dan juga lingkungan.
    Terimakasih

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *