Mengenal Gempa Tektonik

Gempa tektonik adalah gempa yang disebabkan oleh gerakan lempeng tektonik. Catatan korban, kerusakan dan kerugian akibat gempa tektonik Aceh 2004 sangat besar, dari total 280 ribu korban jiwa di seluruh negara, 130 ribu berada di Aceh. Lebih dari 500 ribu penduduk kehilangan tempat tinggal.  Perkiraan kerugian dari bencana tersebut mencapai Rp 41 triliun.

Sedangkan korban gempa 22 Nopember 2022 berkekuatan 5,6 magnitudo di Cianjur, Jawa Barat palung tidak ada 100 anak di bawah umur 15 tahun kehilangan nyawa mereka. Laporan menunjukkan bahwa 2.046 orang terluka, 39 orang hilang, dan 62.882 orang lainnya kehilangan tempat tinggal. Ada kerusakan 45 sekolah. 

Sejak kejadian gempa dan tsunami Aceh tahun 2004, hampir semua masyarakat Indonesia selalu mendengar dan mambaca istilah gempa tektonik. Apalagi kejadian gempa tektonik berulang di tahun tahun berikutnya. Ada gempa Nias 2005, gempa Jogja 2006, gempa Padang 2009, gempa Lombok dan Palu 2018 dan seterusnya sampai gempa Bawean 2024.  Ada yang baru dari gempa Bawean 2024 yaitu berasal dari Laut Jawa, padahal yang dikenal selama ini gempa tektonik berasal dari Samudera Hindia atau laut selatan.

Gempa Bawean ini termasuk langka karena baru muncul tahun 2024. Gempa kuat sebelumnya pernah terjadi di Laut Jawa tidak banyak, hanya 4 kali yaitu pada 1902, 1939, 1950 dan terkini 2024. Gempa ini dipicu reaktivasi Sesar Muria yang berada di zona Sesar Tua Pola Meratus. BMKG  menyebutkan, gempa Bawean merupakan gempa yang merusak. Getarannya juga luas karena terasa tidak hanya di Jawa Timur, tapi juga di beberapa wilayah Jawa Tengah, DIY, bahkan Kalimantan.

Gambar: Gempa Bawean 2024 bukan yang pertama terjadi, tapi sudah berulang

Kenapa Indonesia banyak gempa? Dan kenapa berulang ulang? 

Hal ini terjadi karena kondisi geologi Indonesia dijepit 3 lempeng tektonik yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik yang bergerak ke barat menunjam ke bawa Lempeng Eurasia, Lempeng Samudera Hindia yang bergerak ke utara  menyusup (subduksi) dibawah Lempeng Eurasia.

Lempeng ini sudah bergerak dan menekan Indonesia sejak jutaan tahun yang lalu, sebelum manusia ada. Pada batas tumbukan lempeng terjadi akumulasi energi dan bila terlepas terjadilah gempa bumi. Pergerakan lempeng tektonik akan terus berlangsung dengan kecepatan tertentu antara 2 – 10 cm per tahun. 

Indonesia bisa diibaratkan tumpukan material terdiri dari lapisan beton baja, kayu, plastik, lapisan gabus dll didorong oleh 3 buldoser  yang bergerak dengan kecepatan  tetap dari 3 arah. Pergerakan lempeng (bergeraknya buldoser) akan mendorong dan mematahkan lapisan batuan dan bersamaan dengan pecahnya batuan akan diikuti gempa.

Oleh karena lempeng tektonik bergerak terus maka kejadian gempa akan berulang dan terus berulang di masa depan tergantung pada kekuatan runtuh batuan yang ada di daerah tersebut. Gempa ini bisa terjadi tiap tahun, bisa tiap 10 tahun, bahkan bisa 100 tahun atau lebih. 

Pusat Studi Gempa Nasional tahun 2017 telah menerbitkan buku Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia Tahun 2017. Buku ini diharapakan bisa dijadikan sebagai salah satu sumber data dan informasi  yang terkait dengan ilmu kegempaan, dengan harapan dapat menyadarkan masyarakat dalam memahami bahwa wilayah Indonesia sangat rawan terhadap bahaya gempa. Dalam buku ini pun dapat menjadi acuan dan diterapkan untuk kepentingan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan infrstruktur, khususnya untuk mengurangi risiko gempa.

Disebutkan dalam buku tersebut bahwa sumber gempa tektonik terdiri gempa subduksi lempeng terdiri dari gempa megathrust (kedalaman 0-70 km), gempa menengah (kedalaman 70-300 km) dan gempa dalam (kedalaman > 300 km) serta gempa kerak dangkal (sesar aktif). Lokasi sumber gempa sudah dipetakan Pusat Studi Gempa Nasional. Gempa sesar aktif jumlahnya sangat banya, paling tidak terdaftar 295 lokasi di seluruh Indonesia (Gambar 2).

Apa yang harus dilakukan?

Berdasarkan catatan sejarah kegempaan, jalur Sesar Kendeng pernah memicu terjadinya gempabumi merusak di Mojokerto (1836,1837), Madiun (1862, 1915) dan Surabaya (1867). Sedangkan Sesar RMKS juga pernah memicu terjadinya gempabumi merusak di Rembang-Tuban (1836), Sedayu (1902), Lamongan (1939), Sumenep (13 Juni 2018 dan 11 Oktober 2018 ). Gempa gempa yang pernah terjadi tersebut mempengaruhi kabupaten/kota yang dilewatinya. 

Gempa Bawean 22 Maret berdasar catatan BMKG, terdapat dua gempa signifikan, pertama terjadi pukul 11.22 WIB dengan magnitudo 5,9 kedalaman 10 km yang berjarak 37 kilometer arah Barat pulau Bawean. Kedua, terjadi pukul 15.52 WIB dengan magnitudo 6,5 kedalaman 12 km yang berjarak 35 kilometer arah Barat Pulau Bawean. Sampai tanggql 4 April 2024 jumlah gempa susulan 477 dan terus menurun magnitudenya.

Perlu diketahui banyak pihak bahwa GEMPA tidak membunuh tapi BANGUNAN bisa, tsunami bisa, likuifaksi bisa, longsor bisa, kebakaran bisa dll. Tapi sampai saat ini gempa merupakan fenomena alam yang tidak dapat diprediksi dan tidak bisa dihindari serta tidak bisa dijinakkan sehingga akibat yang ditimbulkan bisa sangat mengagetkan.

Oleh karenanya, catatan gempa terbesar yang pernah terjadi harus dijadikan pedoman dalam membuat perencanaan bangunan dan infrastruktur. Penelitian kegempaan di suatu kawasan harus menjadi pertimbangan dalam perencanaan tata ruang. Juga dijadikan acuan edukasi kepada masyarakat agar sadar dan paham daerahnya rawan gempa. 

Gambar 2: Sumber gempa tektonik

Paling tidak robohnya bangunan disebabkan oleh kesalahan desain bangunan itu sendiri dan atau kondisi tanahnya. Untuk itu disarankan segera melakukan asesmen kualitas tanah dan bangunan di kawasan terdampak gempa Bawean 2024. Kalau kualitas bangunannya jelek (tidak memenuhi standar bangunan tahan gempa) tanahnya jelek maka daerah itu dikategorikan kawasan risiko bencana (KRB) tinggi.

Kalau bangunannya jelek tanahnya baik maka termasuk KRB sedang, kalau bangunannya baik tanahnya baik maka diklasifikasikan sebagai KRB rendah. Berdasar peta KRB tersebut bisa menjadi dasar untuk MITIGASI atau pengurangan risiko bencana gempa.

Misalnya di KRB Gempa TINGGI dilakukan perbaikan atau penguatan rumah, bangunan gedung dan infrastruktur. Perbaikan tanah juga dilakukan. Bagi masyarakat yang bermukim di KRB tinggi juga harus menyesuaikan diri dan mestinya lebih siap siaga dibanding kawasan lain. Untuk pembangunanan baru sudah harus mengikuti syarat bangunan tahan gempa.

Penulis: Amien Widodo

91 thoughts on “Mengenal Gempa Tektonik

  • April 7, 2024 pada 07:20
    Permalink

    Turut berduka untuk semua korban gempa yang pernah terjadi di Indonesia ????,dari pengalaman ku pernah merasakan gempa di th 2024 ini…pada saat saya mengaji di rumah ustadzh saya ..waktu itu berasa goyang pada saat duduk dan bbrp saat kemudian di suruh ustadz saya untuk keluar rumah agar menghindari terjadinya runtuhan bangunan di sekitar kita … keluar dr rumah/ bangunan dan menghindari bangunan yg ada adalah salah satu cara pertama kita menghindari gempa.semoga kedepannya di saat ada bencana apapun kita dapat berlindung dan selamat dari musibah apapun ..amin

    Nama : Aufa Rijal Rais Kurniawan
    No peserta : 299
    Kelas : 3
    Sekolah : SDN SEMEMI 1 Surabaya
    Kategori : pangeran lingkungan
    Nama proyek: pemanfaatan sampah kertas dan plastik bekas menjadi POTIK. ( pot cantik )…proyek yang saya kembangkan ini berupa pot bunga yg ramah lingkungan Krn terbuat dari bahan alam yaitu sampah kertas dan plastik bekas sebagai hiasan agar terlihat menarik.tujuan proyek saya ini …agar mengurangi sampah terutama kertas dan plastik yg ada di lingkungan kita baik rumah maupun sekolah.membuat teman2 tertarik tentang menanam dengan media pot yg menarik.mudah di aplikasikan ..mudah di buat dan bahan yg di pakai juga mudah di dapat.sekiam penjelasan proyek saya.terimakasih ????

    Balas
    • April 16, 2024 pada 12:02
      Permalink

      Gempa bumi tektonik adalah jenis gempa Bumi yang disebabkan oleh pergeseran tiba-tiba pada sebuah patahan tektonik. Lempeng tektonik selalu bergerak secara perlahan, tetapi mereka terjebak pada masing-masing tepian mereka karena hambatan gesekan. Ketika tekanan di bagian tepi melampaui hambatan gesekan, terjadilah gempa bumi yang melepaskan energi dalam bentuk gelombang yang menjalar melalui kerak bumi dan menyebabkan guncangan yang kita rasakan. Sebaiknya kita melakukan Upaya mitigasi bencana, adapun strategi yang dapat dilakukan agar upaya mitigasi bencana dapat terkoordinir dengan baik di antaranya melalui pemetaan, pemantauan, penyebaran informasi, penyuluhan serta penyuluhan dini. Selalu berhati-hati dimana pun berada ????

      Nama : Aqilah Izzatunnisa pratrista
      Sekolah : SDN sambikerep II
      Judul proyek : pembudidayaan bunga telang
      No peserta : 486

      Balas
    • April 26, 2024 pada 08:35
      Permalink

      Nama: Mutiara Afriliya Malik
      Sekolah: SMPN 12 SURABAYA
      No peserta: 660
      Judul proyek: Mengolah kulit bawang menjadi pestisida alami

      Turut berduka untuk semua korban, semoga kita selalu ada di sisi perlindungan Tuhan, Aamiin

      Balas
    • Mei 21, 2024 pada 20:12
      Permalink

      Saya akan mempromosikan proyek saya yg berjudul kodaring kompos daun kering
      Kompos tersebut memiliki banyak manfaat bagi lingkungan sekitar

      Nama Mella Kurnia Wati
      No urut 1090
      Asal sekolah SMPN 56 SURABAYA

      Balas
    • Mei 21, 2024 pada 20:33
      Permalink

      Halo teman-teman
      Saya akan mempromosikan proyek saya yang berjudul kodaring kompos daun kering
      Kompos daun kering tersebut memiliki banyak manfaat

      Nama Mella Kurnia Wati
      No urut 1090

      Balas
  • April 7, 2024 pada 07:26
    Permalink

    Gempa di pulau Bawean termasuk langka dan baru muncul di tahun 2024, meskipun baru terjadi di tahun 2024 tetapi gempa tersebut memiliki gempa susulan berjumlah hingga 477 kali dengan kategori gempa merusak, tentu menimbulkan trauma dan ketakutan pada masyarakat yang tinggal di pulau Bawean.

    Untuk mengurangi resiko kerusakan ataupun kematian akibat tertimpa bangunan saat gempa terjadi lagi, sangat disarankan melakukan asesmen kualitas tanah dan bangunan di kawasan terdampak gempa Bawean 2024, semoga pemerintah bisa segera merealisasikan dan mensosialisasikannya kepada seluruh masyarakat, sehingga masyarakat bisa segera mengambil tindakan kehati-hatian pada bangunan rumahnya ataupun dimana mereka akan mendirikan bangunan baru dengan perasaan aman.

    Semoga kita semua beserta seluruh masyarakat Pulau Bawean senantiasa dalam lindungan Allah subhanahu wa ta’ala… Aamiin…

    Salam,

    Balas
    • April 7, 2024 pada 10:17
      Permalink

      Jujur saat imbas gempa Bawean kmrin terasa bgt di Surabaya..aku dan keluarga sampai keluar rumah ternyata para tetangga merasakan hal yg sama..semoga semuanya saudara yg ada di lokasi dan dimanapun berada selalu dlm lindungan Allah

      Hafidza afero ramadhani
      SDN sawunggaling VII surabaya
      No peserta 504

      Proyek ku ‘” dengan kompos bumiku hijau”
      Banyak sampah yg kita hadapi tiap hari khususnya sampah rumah tangga ..untuk itu dari sampah organik aku membuat kompos dengan metode keranjang Takakura. Aku berharap dengan membuat kompos sendiri maka mengurangi sampah organik dan hasilnya berguna untuk tanaman supaya hijau dan subur

      Salam bumi pasti lestari

      Balas
  • April 7, 2024 pada 07:26
    Permalink

    Gempa di Indonesia, tidak dapat dihindari karena wilayahnya di kelilingii 3 lempeng. kita tidak mungkin bisa mengubahnya, Kita harus tanggap apabila terjadinya gempa, Ayo kita siapkan tas siaga bencana dari sekarang…. isi tas siapa bencana ( baju ganti , obat, air minum, uang , hp, kue yg tahan lama, charger , perlengkapan mandi)
    kedepannya kalau kita membangun rumah, didesign yang tahan gempa ya teman teman
    semoga kita semua terhindar dari bencana…..

    Nama : Ni Luh Gede Reva Dealove Valentcia Atmaja
    Sekolah: SMP N 35 Surabaya
    Judul Proyek : Budidaya Rosella
    No Peserta : 888

    Balas
    • April 7, 2024 pada 08:22
      Permalink

      Wah berarti bangunan RS UNAIR, bangunan atau tanahnya yang jelek ya ..karena retak seperti itu sewaktu gempa beberapa waktu yg lalu. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.
      Nama: Muhammad Haniadrian Wibowo
      Sekolah: SDN Jambangan I/413 Surabaya
      No: 069
      Proyek: Budidaya Tanaman Sambung Nyawa. Tanaman ini sangat banyak khasiat dan manfaatnya diantaranya mengatasi hipertensi dan penyakit jantung, mengatasi diabetes dll. Oleh karena itu saya mengajak teman² untuk Tanam, Kembangkan dan Kondumsi

      Balas
  • April 7, 2024 pada 07:43
    Permalink

    Waktu kemarin di surabaya terjadi gempa imbas dr gempa bawean.
    Saya langsung ingat apa kata guru saya..
    Bahwa harus keluar dr rumah dan memilih di tempat yg terbuka dan jauh dr gedung tinggi.saya dan keluarga langsung keluar rumah dan mencari tanah lapang.

    Nama : Moch.bintang aqsalasytar
    Sekolah : Sdn rangkah 1
    No.urut : 269
    Proyek : ” HEMAT ” Jahe bermanfaat

    Untuk saat ini perkembangan proyek saya tanaman jahe sudah lebih panjang,dan dikarenakan terlalu panjang saya lebih memendekkan tanamannya dengan cara memotong ujung tanaman biar menyerap airnya lebih maksimal lagi..
    Sekian dari saya,terima kasih????????????????

    Balas
    • April 7, 2024 pada 10:37
      Permalink

      turut berduka cita semua korban gempa yang berada di indonesia. tetep waspada karna gempa sangat berbahaya dan bisa merobohkan bangunan.

      pada waktu 22 maret 2024 di Surabaya juga terjadi gempa magnitudo 5,6 lumayan banyak bangunan yang roboh akibat gempa tersebut.
      maka dari itu kita selalu waspada akan terjadi nya sesuatu yang menimpa diri kita sendiri.

      nama: nirina dina aliyah
      asal: smp negeri 41 surabaya
      nomer urut: 934
      judul proyek: aloe vera yang multiguna.

      aloe vera adalah tanaman yang dapat tumbuh dimana pun, namun di kampung saya tidak di gunakan dengan baik, padahal aloe vera bisa di olah. aloe vera memiliki banyak vitamin contoh nya kandungan vitamin b1, zat besi, kalsium, karbohidrat dll. aloe vera juga bisa di manfaatkan sbg penyembuh luka, melembabkan kulit kering dan bisa di jdikan olahan yang bisa di konsumsi yaitu es aloe vera, jelly aloe vera, pudding aloe vera maka yaitu saya memilih aloe vera supaya bermanfaat banyak bagi sekitar kita.

      “proses menjadi pribadi baik, produktif dan peduli yang membanggakan lingkungan melalui pangeran & putri lingkungan hidup 2024”

      Balas
      • April 8, 2024 pada 20:10
        Permalink

        Sangat turut berdukacita atas terjadi nya gempa di Bawean. Bulan kemarin ada kedatangan bapak” mengajak untuk melakukan simulasi bencana gempa, simulasi tersebut menyuruh kita untuk mencari titik kumpul untuk menghindari keruntuhan .

        Nama: amanda septi ramadhan
        Sekolah: smpn 56 surabaya
        No urut : 1084
        Judul proyek : budjang ( budidaya pepaya Jepang)

        Tanaman pepaya jepang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh dan mencegah penyakit kangker serta hasil positif lainnya

        Balas
  • April 7, 2024 pada 07:43
    Permalink

    Gempa Bawean 2024 saya juga merasakan goncangan saat berada di sekolah, tindakan yang dilakukan adalah kita keluar dari ruangan atau kelas agar menghindari bangunan roboh, alhamdulillah hal tersebut tidak terjadi, hanya goncangan saja beberapa menit yang terjadi beberapa kali. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT.
    Untuk daerah aktif gempa saya turut berduka cita atas adanya korban, kerusakan dan kerugian yang terjadi.
    Saya berharap semua selalu waspada terhadap gempa dan bangunan-bangunan lebih diarahkan ke bahan kuat terhadap gempa.
    Nama : Naura Novani
    Sekolah : SMP Negeri 5 Surabaya
    No.Peserta : 1032
    Judul Proyek : Budidaya Jamur
    Saya melakukan budidaya jamur karena banyak manfaat dari jamur, diantaranya dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh dan antioksidan

    Balas
    • April 7, 2024 pada 09:07
      Permalink

      Turut berdukacita bagi korban yang terkena gempa di Bawean dan sekitarnya…
      Pada saat saya di Tunjungan Plaza Surabaya bersama teman teman saya kita juga merasakan gempanya, kita panik dan lari keluar sambil menutupi kepala kita, takut jika ada barang atau kerobohan bangunan nya… Alhamdulillah nya kita keluar dengan selamat…
      Kita harus tetap waspada, semoga semua selamat dari segala bencana dimanapun dan kapanpun… Amiin..

      Nama:Amira Balqies Putri Rahmadani
      Sekolah: SMPN 37 SURABAYA
      Kategori: Putri Lingkungan
      No. Urut: 1222
      Proyek: “Kompos Eco-Enzym dari kulit jeruk”
      Proyek saya ini memaafkan kulit jeruk menjadi kompos Eco-Enzym, agar mengurangi limbah dari kulit jeruk dan menjadikan kompos yang ekonomis yang bisa di buat kapan saja dan dimana saja.

      Balas
  • April 7, 2024 pada 07:50
    Permalink

    Waktu gempa Bawean yang kedua, saya sedang di belakang rumah yang terbuka. Terasa goyangan yang menyebabkan saya ikut bergoyang. Begitu keras goncangan, saya minta adik” keluar dari rumah. Abah juga ikut keluar dan gorengan nya ditinggal, setelah kompor dimatikan. Ini pengalaman pertama saya merasa goyangan gempa.

    Balas
    • April 8, 2024 pada 23:47
      Permalink

      Gempa bumi dengan getaran yang hebat memang sangat menakutkan. Saya ikut berduka dengan adanya gempa yang terjadi selama ini di negara kita yang tercinta.
      Disekolah saya juara pernah diajari simulasi gempa bumi, diantaranya
      1.Jangan panik atau tetap tenang
      2.Jika kita didalam ruangan keluar dengan melindungi kepala dengan tangan ataupun benda lain.
      3.Mengikuti instruksi dari petugas penyelamat.
      4.Berkumpul di titik yang telah ditentukan.
      5.Jika kita di gedung lantai atas ketika kita turun tangga harus tetap menjaga keseimbangan..
      Sebelum saya menjelaskan tentang proyek yang sedang saya lakukan perkenalkan :
      Nama : Rizqi Fawaz Alfarizi
      Sekolah :SDN Lidah Kulon 1 Surabaya
      Nomor Peserta : 133
      Judul Proyek : Budidaya Aloe Vera Untuk Masker Wajah.
      Dalam penanaman aloe Vera saya menggunakan pot dan galon, karena kita mau memanfaatkan barang bekas menjadi barang berguna. Perumahan kami minim lahan kosong maka penempatan tanaman ditaruh di didpn rumah dan di pintu masuk blok perumahan.

      Balas
  • April 7, 2024 pada 07:56
    Permalink

    Assalamu’alaikum wr. Wb
    Saya Vea Paramitha
    Dari:SMPN 60 SURABAYA
    Kategori:Putri lingkungan
    Nama proyek:pemanfaatan karung beras menjadi tas serbaguna , proyek ini saya kembangkan karena banyak sekali karung beras yang digunakan membuang sampah oleh karena itu saya olah menjadi barang serbaguna,kenapa saya membuat proyek ini? Karena saya ingin mengurangi sampah plastik yang selalu membeli makanan menggunakan kresek, dan sekarang kita ubah menjadi tas karung beras yang awet dibawa kemana mana.

    Gempa bumi tektonik adalah jenis gempa Bumi yang disebabkan oleh pergeseran tiba-tiba pada sebuah patahan tektonik. Lempeng tektonik selalu bergerak secara perlahan, tetapi mereka terjebak pada masing-masing tepian mereka karena hambatan gesekan,disni harus ada untuk mencegah sering terjadinya gempa:
    1.Pembangunan Bangunan Tahan Gempa. …
    2.Penyuluhan dan Pendidikan Masyarakat. …
    3. Sistem Peringatan Dini. …
    4.Persiapan dan Pelatihan Masyarakat. …
    5.Kesiapsiagaan dan Persediaan. …
    6. Pemantauan dan Evaluasi.
    7.Ini yang harus dilakukan memperbanyak reboisasi hutan karena akar tanah bisa menopang untuk terjadi nya gempa tektonik
    turut berdukacita, atas terjadi gempa yang sudah terjadi dan semoga keluarga yang ditinggalkan menerima dengan ikhlas dan tabah, amin

    Balas
    • April 17, 2024 pada 18:44
      Permalink

      Gempa bumi ini disebabkan oleh pergeseran, dan kita sebagai warga Indonesia harus sadar bahwa negara kita ini Indonesia sangat rentan atau rawan terkena gempa, semoga korban gempa selalu dilindungi Allah SWT.

      Nama: Nevan Azka Fiardy
      Sekolah: SMPN 1 SBY
      No. Peserta: 361
      Proyek Nevan adalah organic waste bank, mengubah sampah menjadi cuan

      Balas
  • April 7, 2024 pada 08:29
    Permalink

    Sebagai masyarakat indonesia kita harus menyadari bahwa indonesia sangat rawan terhadap bahaya gempa.Dari artikel ini saya tahu kemungkinan Pergerakan lempeng tektonik yang ada di indonesia akan terus berlangsung dengan kecepatan tertentu antara 2 – 10 cm per tahun. Gempa ini bisa terjadi tiap tahun, bisa tiap 10 tahun, bahkan bisa 100 tahun atau lebih. Semoga saja kita semua selalu di lindungi Allah SWT. Baru kali ini saya merasakan gempa selama tinggal di surabaya. dari Pengalaman saya saat Gempa kemarin yang terjadi gempa susulan di sore hari sekitar jam 16.00an. Ketika itu saya ada di ngajian dan lagi di tempat wudhu. Air di sana seperti di goyang-goyang. Terlihat jelas sekali ketika gempa dan kita melihat ke air. Akan terjadi ombak di air. saat kita melihat hal itu dan merasakan gempa kita harus segera keluar menyelamatkan diri untuk menghindari dari reruntuhan bangunan. Alhamddulillah gempa kemarin tidak merugikan material apapun di tempat saya.
    Nama : Aulia Rahmania Ali
    Sekolah : SD Kyai Ibrahim SBY
    No. Peserta Pangput LH 2024 : 1236
    Proyek : “Pemanfaatan Minyak Jelantah Menjadi Sabun”
    Hal ini bertujuan untuk memanfaatkan Limbah Rumah tangga yang di gunakan sehari-hari dan banyak di jumpai di masyarakat yang kalau di buang sembarangan akan merusak penyumbatan saluran air, merusak kualitas air dan tanah juga mencemari sungai dan lautan.
    Dan Proyek saya ini adalah menjadi solusi dari limbah minyak jelantah di proses menjadi sabun dan bisa menjadi peluang usaha bagi masyarakat

    Balas
  • April 7, 2024 pada 08:31
    Permalink

    Halloo sobat hijau, Pada Rabu 3 april 2024 pukul 16.02 WIB. Gempa ini tepatnya berada di 134 Km Timur Laut Kabupaten Tuban. Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,6.daerah yang merasakan gempa antara lain Banyuwangi, Lumajang, Jember, Trenggalek, Tuban, Batu, Malang, Kabupaten Malang, Pacitan serta Surabaya. Saya berada di surabaya, saya sendiri merasakan kejadian itu. saya masih ngobrol mengenai suatu film diruang tamu bersama orangtua saya. lalu tiba tiba saya merasakan getaran yang cukup besar sehingga membuat saya pusing. lalu orangtua saya langsung menyuruh saya keluar rumah. Saat diluar rumah, saya melihat tetangga saya juga berada didepan rumahnya sambil berdoa. ternyata itu memanglah gempa, gempa yang cukup besar. Seumur hidup saya, ini adalah gempa yang benar benar bisa saya rasakan, karna mungkin gempa lainnya hanya berupa gempa kecil dan juga sebentar saja. Semoga korban gempa di Tuban senantiasa dilindungi tuhan YME

    Nama : Aisyah lutfia putri
    Asal : SMPN 35 Surabaya
    NP : 872
    Judul Proyek : “Membuat Sabun dan Lilin dari minyak jelantah” saya membuat proyek ini karena melihat limbah industri berupa minyak jelantah yang sangat banyak, dan saya ingin mengurangi limbah tersebut dengan membuat sabun yang ramah lingkungan. Lilin aromaterapi yang bisa membuat pikiran orang lain menjadi rileks.
    Perkembangan Proyek : Saya sudah membeli bahan pelengkap untuk membuat sabun berupa NaOH, Bleaching Eart serta saya sudah menjernihkan minyak kurang lebih 2-3 Liter. Terimakasihh

    Balas
  • April 7, 2024 pada 08:32
    Permalink

    Turut berduka untuk semua korban gempa yang pernah terjadi di Indonesia.
    Tetap waspada selalu karena gempa bisa terjadi kapan saja.
    Semoga kita semua beserta seluruh masyarakat Pulau Bawean senantiasa dalam lindungan Allah subhanahu wa ta’ala… Aamiin…

    Nama: Aura Bening Kamila Passa
    Sekolah: SMPN 8 Surabaya
    No peserta: 1188
    Judul proyek: CINTAI BUDIDAYA TANAMAN KELOR

    Nama: Aura Bening Kamila Passa
    Sekolah: SMP Negeri 8 Surabaya
    Nomor Peserta: 1188
    Judul Proyek: Cintai Budidaya Tanaman Kelor

    Dengan adanya proyek lingkungan hidup saya ini, saya bisa mengubah lingkungan saya menjadi lingkungan yang Sejuk, Asri, dan meminimalisir polusi udara, apalagi di daerah rumah saya adalah daerah perindustrian, banyak gudang gudang dan juga banyak pertokoan kayu, selain itu dampak positif proyek saya juga dapat mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir karna akar pohon kelor dapat menyerap dan menahan air, juga dapat memperbanyak/mengembalikan ketersediaan tanah resapan.
    Harapan proyek saya kedepannya yaitu tanaman kelor dapat mengatasi dan juga dapat menjadi sarana untuk mengatasi/meminimalisi masalah polusi udara yang sedang marak di Indonesia, terutama di lingkungan saya. Saya harap juga proyek saya ini dapat menjadi sarana untuk penghijauan, dapat menciptakan lingkungan yang Sehat, Sejuk, Asri, dan dapat mengatasi bencana alam seperti banjir. Selain itu saya juga ingin lebih banyak lagi masyarakat yang mengonsumsi tanaman kelor karena tanaman kelor banyak sekali manfaatnya jika dikonsumsi.

    Balas
    • April 7, 2024 pada 09:22
      Permalink

      gempa Bawean saya juga merasakan waktu saya berada dimasjid,saya selalu ingat dengan pelajaran dari sekolah bahwa ketika ada goncangan gempa lebih baik kita keluar mencari tempat yang lebar seperti lapangan,jadi kita bisa mengantisipasi katika ada reruntuhan kita tidak sampai terluka.

      nama: yasmin cahyani wijayanti
      sekolah: SMPN 46 SURABAYA
      nomor peserta: 1028
      judul proyek: hidroponik mengubah duniaku

      proyek saya sudah ditahap pemanenan dan pembibitan baru,saya sudah panen 2 kali dalam dua bulan terakhir ini. saya memilih proyek ini untuk memberi tahu kepada khalayak ramai bahwa menanam tidak selalu memakai tanah tetapi dengan rockwool dan air juga bisa,dan kita juga bisa melakukan penghijauan dengan menggunakan metode hidroponik

      Balas
      • April 7, 2024 pada 09:44
        Permalink

        Memang di Indonesia banyak terjadi gempa. Gempa yang terjadi tidak dapat dihindari karena Indonesia dikelilingi oleh 3 lempeng bumi yaitu lempeng eurasia, lempeng Australia, dan lempeng indo-australia. Saya sendiri sebelumnya belum pernah merasakan gempa yang kuat karena saya tinggal di Surabaya, namun ketika waktu itu ada gempa yang terjadi di Lamongan kalau tidak salah ( kalau salah mohon dikoreksi ) saya merasakan Lindu ( gempa kecil ). Meskipun gempa kecil tapi saya yang belum pernah merasakan gempa maka sedikit terkejut. Maka dari itu kita memang tidak bisa menghindari gempa tapi kita harus tanggap apabila terjadi gempa yaitu bisa dengan menyiapkan tas siaga bencana, isi tas siaga bencana meliputi ( Penyediaan sumber daya esensial: Tas siaga bencana biasanya berisi sumber daya dan peralatan yang diperlukan untuk bertahan hidup sementara, seperti makanan siap saji, air bersih, obat-obatan, dan pakaian cadangan ). Dan juga kedepannya jika ingin membangun rumah maka desain lah rumah tahan gempa. Semoga kita semua selalu terhindar dari bencana.

        Nama : Raihan Jouzu Syamsudin
        Sekolah: SMP Negeri 57 Surabaya
        No peserta: 571
        Judul proyek : PEMANFAATAN LIMBAH KULIT BAWANG PUTIH SEBAGAI PEWARNA SINTETIS DALAM PEMBUATAN TINTA SPIDOL.
        Dengan adanya proyek pangputlh saya ini saya dapat mengurangi pembuangan limbah, mengurangi emisi gas metana sehingga menghambat laju global warming, mengurangi penggunaan bahan kimia pada tinta spidol yang dapat merusak pernafasan, kerusakan otak permanen, kerusakan hati, ginjal dan sistem saraf pusat. Rencana kedepan proyek saya ( mengumpulkan kulit bawang putih 150 kg, melakukan grebeg pasar, mengajak seluruh warga SMPN 57/Ibu ibu pkk Siwalankerto untuk mengumpulkan kulit bawang putih ). Dan juga harapannya tinta spidol yang saya buat dapat digunakan di SMPN 57 Surabaya serta dapat diproduksi secara masal dan dipasarkan untuk umum.

        Balas
      • April 8, 2024 pada 09:03
        Permalink

        Turut berduka untuk korban gempa..jangan lupa untuk selalu waspada dan siaga ya rek!

        Nama : Naila Putri Divia
        Sekolah : SMP Negeri 16 Surabaya
        No. Peserta : 706
        Nama proyek : Leafy Elixir
        Leafy elixir adalah sebuah proyek pemanfaatan dan riset pada tanaman Centella Asiatica. Centella Asiatica ini akan di manfaatkan menjadi crystal jelly yang memiliki beragam khasiat, selain itu dalam proyek ini akan di lakukan riset mengenai ke efektivan Centella Asiatica untuk di jadikan masker wajah dan toner. Proyek ini juga akan menerbitkan buku mengenai Centella Asiatica yang dimana buku tersebut akan ditaruh di beberapa perpustakaan umum agar semakin banyak orang yang memiliki pengetahuan tentang Centella Asiatica.

        Balas
    • April 9, 2024 pada 21:34
      Permalink

      Nama= rafael dianika angga putra
      Asal sekolah= sdn kandangan 1 surabaya
      No .peserta= 085 (pangeran lingkungan sd)
      Proyek= pupuk organik cair dari serabut kelapa. Pupuk ini selain bermanfaat juga sangat berguna sekali buat tumbuhan yg berbuah ,bunga , dan jns tanaman lain ,dan pstinya menguranggi limbah .

      Pengalaman saya adanya gempa baswean tgl 22 maret yg terjadi selama 2x , membuat saya dan adik ketakutan, sementara mama dan papaku lagi keluar sebentar , waktu itu saya lgi drmh bersama adik tiba2 srkitar pukul 16.00wib gempa kedua terjadi, stoller adikku gerak-gerak, begitu pun dgn bdan saya yg serasa sempoyongan ,sebab aku ada di lantai 2, ahkirnya aku mengendong adikku keluar rumah alhamdulilah.
      Akibat dari gempa ini ada gedung unair di surabaya yg saya tinggalin roboh. Ntah itu bgunanya kurang kokoh/ bgunan lama .inilah pengalaman saya????

      Bismilah semoga di indonesia dilindunggi dari marabaya. Salam sehat …. tetap waspada terjadinya gempa , patuhi himbauan

      Balas
  • April 7, 2024 pada 09:01
    Permalink

    ????Gempa Bawean, tuban yang terasa sampai surabaya membuat saya yang sedang belajar langsung beralih keluar rumah dengan mengajak keluarga saya dan berlari ke tempat yang lapang..
    Dan alhamdulillah saya dan keluarga saya selamat.

    Nama : Nayla Regina Juliya Putri
    Asal sekolah : SMPN 23 SURABAYA
    PROYEK : BUDIDAYA BUAH MENGKUDU
    NO : 762

    Dengan ada nya proyek membudidayakan buah mengkudu milik saya ini di harap kan masyarakat dapat lebih peduli terhadap lingkungan dan dapat memanfaatkan kehidupan yang ada du lingkungan sekitar dengan bijak
    Sekian dari saya terimakasih ????

    Balas
  • April 7, 2024 pada 09:27
    Permalink

    Turut berduka untuk korban gempa yang terjadi di indonesia dan negara lain.
    Saya di tahun ini 2024 kota Surabaya gempa dan gempa itu banyak peristiwa rumah roboh tapi alhamdulillah di tempat sekitaran rumah saya tak ada rumah roboh, saya berdoa agar tidak ada gempa lagi dan sodara sodara saya yang ada di luar pulau jawa dan luar negeri sehat selalu dan selamat,,, Amiinn????

    Nama: Aisshiren dwi wulan sari
    Sekolah: SMPN 53 Surabaya
    No peserta: 1040
    Judul proyek: budidaya Lidah buaya

    Dengan proyek ini, saya akan membudidayakan lidah buaya dan akan merawatnya.

    Balas
  • April 7, 2024 pada 09:47
    Permalink

    Turut berduka atas terjadinya kejadian tersebut dan semoga alam lekas nembak amin

    Nama: nara kharisma w.p
    Asal sekolah: smpn 63 surabaya
    No peserta:1176
    Judul proyek: KARMILAN ( karbol minyak jelantah)

    Proyek saya kali ini berhubungan dengan (limbah) minyak jelantah yang dimana sangat susah di olah dan banyak orang yang kebingungan dengan cara membuangnya. kebanyakan masyarakat membuangnya sembarangan entah ke saluran air ataupun closet dan lain lain. nah kali ini saya akan memberi tau bagaimana si cara membuang minyak ini. Sebelum di buang minyak jelantah di masukan ke plastik dan di beku kan selama seharian lalu di buang ke tempat sampah jika temen temen ingin mengolah nya menjadi suatu yang berguna temen temen bisa buat jadi lilin aroma tetapi atau karbol yang saya buat ini

    kegunaan karbol: mengepel lantai dan membersihkan bau yang tidak sedap pada lantai

    Balas
  • April 7, 2024 pada 09:49
    Permalink

    Turut berduka cita untuk semua korban gempa, seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa bukan gempa yang membunuh, tetapi kerusakan bangunan yang ditimbulkannya.

    Makanya kita harus belajar dan praktek untuk mitigasi bencana untuk mengurangi dampak bencana serta selalu siap tas siaga bencana yang berisi kelengkapan darurat jika terjadi bencana.

    Dewangga Kasyafa Prestian
    SD Al Hikmah Surabaya
    No.urut : 001
    Proyek Maggot BSF by DW
    Si Pengurai Sampah Organik
    Proyek Maggot sebagai pakan ternak dan juga pengurai sampah organik yang semakin menumpuk, berbau, merusak pemandangan dan lingkungan serta berpotensi meledak akibat gas metana yang dikandungnya harus segera diatasi untuk lingkungan yang lebih baik.

    Semangat mengurai sampah organik dengan #maggotbyDW

    Balas
    • April 7, 2024 pada 10:00
      Permalink

      Turut berduka cita untuk para korban, saya juga pernah merasakan gempa saat saya dirumah, awal nya saya kira hanya bayangan saya saja, ternyata bunda saya tiba² teriak “gempa gempa” wah saya langsung panik dan keluar rumah. Waktu saya keluar rumah banyak warga diluar dan semua nya panik karena gempa.

      Tetap waspada ya teman teman, karena akhir² ini banyak gempa.

      Nama: Khansa Ghaisani Belva S.
      Sekolah: SMPN 12 Surabaya
      No peserta: 656
      Proyek: mengolah minyak jelantah menjadi pembersih lantai.
      Jadi saya akan mengolah minyak jelantah menjadi pembersih lantai. Apa itu minyak jelantah? Minyak jelantah adalah limbah yg berasal dari minyak goreng yg di pakai berulang kali. Alasan saya mengambil proyek ini adalah karena menurut saya limbah minyak jelantah adalah limbah yg gampang di dapatkan, karena setiap rumah pasti punya minyak jelantah. Dan banyak penjual gorengan di sekitar rumah saya dan menurut  dan minyak jelantah nya di buang sia sia jadi saya mengolah minyak jelantah menjadi pembersih lantai agar minyak jelantah lebih  bermanfaat bagi masyarakat.

      Balas
  • April 7, 2024 pada 10:02
    Permalink

    Assalamualaikum….. saya raphaelvicco dari SDN Nginden Jangkungan Surabaya dengan no peserta 199.
    Judul proyek saya adalah biomiru ( biogas mini rumahan).
    Semoga Alloh meringankan saudara2 yang tertimpa musibah …..

    Balas
  • April 7, 2024 pada 10:11
    Permalink

    Indonesia merupakan daerah rawan gempa bumi karena dilalui oleh jalur pertemuan 3 lempeng tektonik, yaitu: Lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.
    Lempeng Indo-Australia bergerak relatip ke arah utara dan menyusup kedalam lempeng Eurasia, sementara lempeng Pasifik bergerak relatip ke arah barat.
    Oleh sebab itu, Indonesia termasuk negara rawan dilanda bencana seperti gempa bumi, letusan gunung berapi hingga tsunami.
    Mitigasi Bencana Gempa Bumi:
    1. Mendirikan bangunan sesuai aturan baku (tahan gempa)
    2.Kenali lokasi bangunan tempat Anda tinggal.
    3.Tempatkan perabotan pada tempat yang proporsional.
    4. Siapkan peralatan seperti senter, P3K, makanan instan, dll.
    5. Periksa penggunaan listrik dan gas.
    6. Catat nomor telepon penting.

    Saat Bencana terjadi yang dilakukan :
    1. Berlindung di bawah meja untuk menghindari dari benda-benda yang mungkin jatuh dan jendela kaca.
    2. Tetap lindungi kepala dan segera menuju ke lapangan terbuka.
    3. Hindari menggunakan lift dan eskalator, gunakan tangga darurat\
    4. Jangan berdiri dekat tiang, pohon/ sumber listrik/ gedung yang mungkin roboh.
    Sungguh Allah maha dasyat kalau sudah berkehendak siapapun tidak ada yang bisa menghindarinya.maka dari itu persiapkan diri kita untuk hidup yang lebih baik jadi kapanpun n dimanapun kalau sudah takdirnya kita harus diterima dengan lapang dada,,semoga kita semua dijauhkan dari segala marabahaya amin….
    by. Nama Verlita Anggraini Putri
    Sekolah Smpn 19 surabaya
    No peserta 720
    Judul Proyek Pemanfaatan Limbah
    Cangkang Telur
    Saya sudah mengolah limbah cangkang telur sebanyak 3,400 kg dengan jumlah keseluruhan proyek 14,4 ton

    Balas
    • April 8, 2024 pada 09:38
      Permalink

      Terima kasih atas informasi yg sangat bermanfaat apalagi beberapa waktu lalu Surabaya merasakan efek gempa dr Tuban. Betul sekali Kita harus tau bagaimana tindakan utama saat banjir dan petir jangan kita di lapangan, lalu saat gempa kita jgn di lokasi yg mudah runtuh/dibawah atap atau lampu gantung. Terkadang panik jadi bingung maka kita memang harus banyak berdoa dan mohon perlindungan Allah SWT.

      Salam,

      Peserta Pangeran&Putri Lingkungan Hidup 2024

      Nama : Muhammad Aldo Suprapto
      Kelas VIII / SMP Negeri 1 Surabaya
      Nomor Peserta : 359
      Judul Proyek: SICANGLUR
      ( Kreasi Cangkang Telur )

      Keep Healthy and Happy
      Ayo saling mendoakan, saling menjaga dan saling menguatkan.
      Produktif, Peduli, Anti Rebahan

      Balas
  • April 7, 2024 pada 10:33
    Permalink

    Turut berdukacita untuk para korban, gampa dapat terjadi karena pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang disebabkan oleh lempengan yang bergerak, nahh kita jg harus waspada akan bencana alam yang akan datang dengan beberapa kali memantau berita di bmg, waktu bulan maret sempat terjadi gempa di Surabaya sebanyak 3 kali, waktu itu saya, keluarga saya, dan tetangga saya langsung keluar rumah untuk berjaga², dan tetap waspada ya akan gempa yang datang lagi di kemudian harii.

    Nama: Dinda Candrawati
    Sekolah: Smp Negeri 41 Surabaya
    No.peserta:932
    Judul proyek: si hijau yang mengenyangkan
    disini proyek saya sudah saya tanam sebanyak 30 dan yang tumbuh masih 2

    Balas
    • April 7, 2024 pada 23:44
      Permalink

      Kebanyakan gempa Bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang disebabkan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan di mana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah SWT aminn..

      Nama : Davin Azza Wijaya
      Sekolah: SMP NEGERI 60 SURABAYA
      No peserta : 595
      Nama proyek : CURING PANJERPIS

      Curing Panjerpis adalah singkatan dari Cuci Piring Pandan Jeruk Nipis, Panjerpis adalah yang singkatan dari pandan dan jeruk nipis. Pandan memberikan aroma wangi dan jeruk nipis memberikan aroma segar dan juga menghilangkan bau amis dan kuman, Fungsi panjerpis yang kita olah menjadi sabun cuci piring adalah untuk membersihkan kuman pada peralatan yang habis di pakai. Misal untuk piring atau gelas dan peralatan lainnya yang kotor atau juga bisa kita gunakan sebagai sabun cuci tangan, Targetnya di kasihkan ke tempat2 umum misal untuk cuci tangan agar masyarakat selalu sadar akan kebersihan lingkungan, Tujuan saya mengikuti pemilihan pangpud karena ingin ikut berpartisipasi dan mengembangkan kesadaran untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup agar terus bermanfaat di masa sekarang dan masa depan nanti.

      Balas
  • April 7, 2024 pada 10:53
    Permalink

    Tetap waspada terhadap fenomena alam ya….????

    Nama : Wilda Al Aluf
    Sekolah : SDN WONOKUSUMO VI/45
    Nomor Peserta : 566
    Proyek : Ranca Manik (Kerajinan Kain Perca Menarik dan Unik). Proyek ini mengolah limbah kain perca menjadi barang yang menarik dan unik

    Balas
    • April 7, 2024 pada 11:42
      Permalink

      Artikel diatas sangat menginformasi, sehingga kita bisa waspada apabila terjadi gempa di kemudian hari.

      Nama : Harun al-Rasyid Saputra
      Sekolah : SDN Pacar Keling 1 / 182 Surabaya
      No. Peserta : 203
      Judul Proyek : Berselancar dengan sampah anorganik
      Dimana proyek saya ini kegiatannya mengumpulkan botol plastik bekas & sampah plastik kemasan untuk dijadikan ecobrik.

      Balas
  • April 7, 2024 pada 11:13
    Permalink

    Baru kali ini saya merasakan gempa , yang sumbernya ternyata dari P.Bawean.
    Turut berduka untuk para korban gempa.
    Dari kejadian gempa ini, saya teringat ajaran dari Bu Guru tentang gempa dan berlindung saat terjadinya gempa.

    Nama : Harun al-Rasyid Saputra
    Sekolah : SDN Pacar Keling 1 / 182 Surabaya
    No. Peserta : 203
    Judul Proyek : Berselancar dengan sampah anorganik
    Dimana proyek saya ini kegiatannya mengumpulkan botol plastik bekas & sampah plastik kemasan untuk dijadikan ecobrik.

    Balas
  • April 7, 2024 pada 11:29
    Permalink

    Turut berdukacita untuk korban, semoga kita selalu di lindungi dari bencana alam seperti gempa, saya juga pernah merasakan gempa, setelah saya merasakan saya segera keluar rumah untuk menghindari bangunan yang akan roboh, Alhamdulillah saat itu tetangga dan keluarga saya tidak ada yang terluka

    Nama : Aliyah Erin Sutrisno
    Sekolah : SMP Negeri 3 Surabaya
    No peserta :838

    Proyek saya kali ini adalah budidaya tanaman daun ungu, daun ungu adalah tanaman obat yang kaya manfaat, selain itu daun ungu juga dapat dijadikan teh, puding dan kue, saat ini saya ingin menanam lebih banyak lagi daun ungu

    Balas
    • April 7, 2024 pada 12:12
      Permalink

      Turut berdukacita kepada korban, semoga yang terkena gempa diberi kesabaran, saya dulu ada gempa saat saya di ngaji ustadz saya menyuruh keluar , dan semoga kita dalam lindungan Allah

      Nama:AFIFAH APRILIA ANWAR
      Sekolah:SDN PACAR KEMBANG 1 SURABAYA
      No peserta:406

      Proyek saya sekarang ini pembudidayaan dan pemanfaatan lidah buaya, lidah buaya yaitu tumbuhan aloevera atau tanaman spesies yang daunnya berdaging tebal, manfaatnya bisa mencerahkan kulit, penyembuhan luka, bisa jadi makanan atau minuman

      Balas
    • April 7, 2024 pada 15:00
      Permalink

      innalillahi wa innailaihi rojiun
      turut berduka atas terjadinya gempa baru” ini yg menimpa wilayah jatim dan sekitar tepatnya di Tuban jawa timur yg mana gataran nya sampai ke surabaya tempat saya tinggal gempa yg berkekuatan 6.0 skalaliter yg terjadi pada tgl 22 maret 2024 pukul 11.22 yg mana memporak porandakan wilayah tuban dan sekitar..
      dan semoga saja Allah memberikan kesabaran pada kira semua dan semoga saja gempa itu tidak menguncang lagi ..Aamiin ????????

      Nama:Shafa Syahidah Azzahra
      Sekolah:SMPN 46 SURABAYA
      no peserta:1026
      Judul Proyek: pengelolaan sampah plastik menjadi kursi (eco brick)

      Proyek saya sudah mencapai tahap penimbangan botol yang berisi sampah plastik. Saya sudah mensosialisasikan dengan tetangga, teman, keluarga, saudara. Tujuan awal saya memilih proyek ini agar masyarakat bisa mengolah sampah plastik menjadi suatu barang yang bermanfaat seperti kursi, meja, dll.

      Balas
  • April 7, 2024 pada 12:18
    Permalink

    Gempa Bawean 2024 yang terjadi beberapa pekan yang lalu, merupakan gempa yang langka terjadi karena pusat nya berada di laut Jawa, dan semoga ke depan nya tidak terjadi gempa gempa susulan lagi yang mengakibatkan korban jiwa maupun hancurnya rumah dan perkantoran.

    M. Haykal Adha
    SDN Pacarkeling V/186
    231 SD
    Maggot D OWA atau Maggot decomposing organic waste
    Karena banyak nya sampah organik yang tidak dibuang pada tempatnya atau sembarangan maka dengan budidaya Maggot bsf dapat mengurangi sampah organik dan dapat menghasilkan pakan ternak, pupuk dll.

    Balas
  • April 7, 2024 pada 12:45
    Permalink

    turut berdukacita atas terjadinya gempa tersebut semoga kita semua dapat terhindar dan juga selamat selalu dari bencana gempa karena saya juga pernah merasakan gempa pada saat dirumah saya dan disitu awalnya saya merasa panik karna keluarga saya berada diluar rumah dan hanya saya yang dirumah.

    haii sobatt hijauu perkenalkan kembali nama saya Zahra Zahiyah Pasah dengan nomor peserta 1098 dari smp negeri 57 surabaya. Saat ini saya sedang mengembangkan proyek saya yaitu “obat nyamuk elektrik ramah lingkungan dengan memanfaatkan ekstrak lidah buaya”. Disini saya awalnya membudidaya lidah buaya sehingga dengan keberhasilan tersebut saya membuat sebuah produk obat nyamuk elektrik tanpa bahan kimia dan tidak menimbulkan efek samping untuk lingkungan maupun kesehatan lohh sobat hijau.

    Balas
  • April 7, 2024 pada 13:32
    Permalink

    turut berdukacita untuk korban atas terjadinya gempa tersebut semoga kita semua selalu berada dalam lindungan tuhan yang maha esa.

    haii sobatt hijauu perkenalkan kembali nama saya Zahra Zahiyah Pasah dengan nomor peserta 1098 dari smp negeri 57 surabaya. Saat ini saya sedang mengembangkan proyek saya yaitu “obat nyamuk elektrik ramah lingkungan dengan memanfaatkan ekstrak lidah buaya”. Disini saya awalnya membudidaya lidah buaya sehingga dengan keberhasilan tersebut saya membuat sebuah produk obat nyamuk elektrik tanpa bahan kimia dan tidak menimbulkan efek samping untuk lingkungan maupun kesehatan lohh sobat hijau.

    Balas
  • April 7, 2024 pada 13:53
    Permalink

    Gempa, salah satu bencana yg mungkin sdh tdk asing terdengar bagi masyarakat Indonesia…musibah spt ini tdk bisa utk dihindari namun dpt utk dicegah kerusakan (efek negatifnya), jika kita baca dgn seksama..dlm artikel sdh dijelaskan bgmn kondisi tanah yg baik & jenis bangunan yg baik berpengaruh. Bagi setiap individu dihimbau utk tetap siap siaga menanggapi bencana gempa dgn menyiapkan beberapa peralatan penting dan pemahan yg baik.
    Dan jangan lupa utk berdoa kepada Allah SWT, memhon pertolongan dan perlindungan dari Nya

    Assalamualaikum
    Hai Soba Hijau…
    Nama Saya : Faqih Abdillah
    Sekolah   : SDN Margorejo 3 Surabaya

    Proyek :
    “Budidaya SiMerLiA”
    (Budidaya Sirih Merah & Lidah Buaya)
    No. Peserta : 187

    Menjaga kesehatan dan keasrian lingkungan dengan budidaya tanaman obat keluarga (TOGA)

    Produktif, peduli dan anti rebahan
    Salam bumi
    pasti lestari
    Sadar iklim
    Salam zero waste

    Balas
  • April 7, 2024 pada 15:36
    Permalink

    turut berduka cita atas bencana gempa yg ada di Indonesia, semoga kita lebih waspada dan berhati-hati serta mempelajari ilmu – ilmu tentang melindungi diri ketika Gempa terjadi

    Nama : Aisyah Yasmin Fadillah Izzati
    Sekolah : SDN Jepara 1/90 Surabaya
    Nomor Peserta : 106
    Judul Proyek : Budidaya Sambiloto untuk meredakan batuk SeLuSin

    Saya memilih Proyek budidaya sambiloto karena sejak adanya virus covid19 atau dengan nama lain SARS-COV-2, Kebanyakan orang tubuhnya menjadi rentan sehingga sering flu dan batuk. Untuk itu saya melakukan budidaya sambiloto sebagai langkah awal pengobatan herbal bagi keluarga,teman dan masyarakat sekitar yang terserang flu dan batuk.

    Balas
  • April 7, 2024 pada 16:05
    Permalink

    Dari artikel ini saya tahu kemungkinan Pergerakan lempeng tektonik yang ada di indonesia akan terus berlangsung dengan kecepatan tertentu antara 2 – 10 cm per tahun. Gempa ini bisa terjadi tiap tahun, bisa tiap 10 tahun, bahkan bisa 100 tahun atau lebih. Baru kali ini saya merasakan gempa di surabaya. Gempa kemarin dari pengalaman saya. Saat itu terjadi gempa susulan di sore hari sekitar jam 16.00an. Ketika itu saya ada di ngajian dan lagi di tempat wudhu. Air di sana seperti di goyang-goyang. Terlihat jelas sekali ketika gempa ketika kita melihat ke air. Akan terjadi ombak di air.
    Nama : Aulia Rahmania Ali
    Sekolah : SD Kyai Ibrahim SBY
    No. Peserta Pangput LH 2024 : 1236
    Proyek : “Pemanfaatan Minyak Jelantah Menjadi Sabun”
    Hal ini bertujuan untuk memanfaatkan Limbah Rumah tangga yang di gunakan sehari-hari dan banyak di jumpai di masyarakat yang kalau di buang sembarangan akan merusak penyumbatan saluran air, merusak kualitas air dan tanah juga mencemari sungai dan lautan.
    Dan Proyek saya ini adalah menjadi solusi dari limbah minyak jelantah di proses menjadi sabun dan bisa menjadi peluang usaha bagi masyarakat

    Balas
  • April 7, 2024 pada 17:19
    Permalink

    harapan yang dapat saya berikan pada isu ini adalah :
    1. peningkatan kesiapsiagaan masyarakat
    2. penguatan infrastruktur tahan gempa
    3. pengembangan sistem peringatan dini yang efektif
    4. peningkatan kapasitas mitigasi bencana
    5. koloborasi dan koordinasi yang lebih baik.

    Secara keseluruhan, artikel ini memberikan pengalaman berharga tentang pentingnya pemahaman, kesiapsiagaan, dan kolaborasi dalam menghadapi ancaman gempa tektonik. Pengalaman ini dapat membantu kita menjadi lebih tangguh dan siap menghadapi bencana alam ini di masa depan.

    Nama : Zhivara Adini Putri
    Asal sekolah : SMPN 12 SURABAYA
    No. urut : 670
    Judul proyek : Eco Enzim

    Balas
  • April 7, 2024 pada 18:29
    Permalink

    Turut berdukacita kepada korban gempa bumi, semoga kita di berikan kesehatan oleh Tuhan yang maha esa

    Nama: Yuan Krisna Atmadja

    Sekolah: SMPN 19 Surabaya

    Nomor Peserta: 409

    Penjelasan singkat proyek lingkungan yang sedang ke kembangkan: minyak jelantah adalah minyak goreng sisa pemakaian rumah tangga. Proyek-proyek ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif dari pembuangan limbah minyak jelantah yang tidak dikelola dengan baik. Dengan demikian, limbah minyak jelantah dapat dikelola secara lebih berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

    Balas
  • April 7, 2024 pada 18:35
    Permalink

    setelah membaca artikel tentang gempa di indonesia ini,sekarang saya tau bahwa indonesia sangat rawan terhadap Bencana Gempa bumi terutama di sepanjang pulau sumatera dan pulau jawa,saya baru sekali merasakan gempa pada tanggal 22 Maret 2024,Rasanya sangat menakutkan lampu gantung yg ada di Rumah saya bergoyang ke kiri dan kanan,pada saat itu saya langsung melindungkan diri untuk keluar dari rumah..dan pada sore hari saat saya mengikuti acara buka bersama di sekolah terdapat gempa susulan yang lebih kuat,saya dan teman” kaget kemudian Menyelematkan diri untuk keluar dari gedung sekolah kemudian kita turun dari tangga melewati jalur evakuasi,kemudia saya dan teman” berkumpul di titik kumpul,Rasanya sangat menakutkan
    harapan saya semoga tidak ada gempa yg bisa menimbulkan korban jiwa dan kerusakan terhadap bangunan

    Assalammualaikum Hai Teman” Sobat Hijau
    Perkenalkan saya adalah putri lingkungan dengan No urut 324

    Nama : Defariza Bulan Putri Evanda
    Proyek : Mengolah Kompos Dari Cangkang Telur
    perkembangan terhadap proyek saya adalah Tanaman saya menjadi lebih berkembang dan memiliki daun yg lebih hijau dan bertumbuh Buah yg banyak,dan saya sudah mencoba praktek nya..

    Balas
  • April 7, 2024 pada 20:18
    Permalink

    Saya sangat prihatin dengan berita gempa yang terjadi di Indonesia. Indonesia terletak diantara 3 lempeng tektonik, jadi gempa merupakan bencana yang sering terjadi di Indonesia. Gempa tidak bisa membunuh tetapi bangunan disekitar bisa. Sampai saat ini gempa merupakan fenomena alam yang tidak dapat diprediksi, dihindari, dan dijinakkan sehingga akibat yang ditimbulkan dapat mengagetkan. Oleh karena itu, catatan gempa yang pernah terjadi harus dijadikan pedoman dalam membuat perencanaan bangunan dan infrastruktur. Serta ijadikan acuan edukasi kepada masyarakat agar sadar dan paham daerahnya rawan gempa. Robohnya bangunan disebabkan oleh kesalahan desain bangunan itu sendiri atau kondisi tanahnya.

    Namun, setiap kali saya mendengar berita tentang gempa, saya selalu berharap semoga tidak ada korban jiwa dan kerusakan yang parah. Turut berduka cita untuk semua korban bencana alam, termasuk korban dari musibah gempa.

    Saat gempa terjadi jangan panik dan tetaplah tenang. Lindungi diri sendiri, carilah tempat aman seperti di bawah meja atau di dekat dinding bagian dalam yang kuat. Dan jika sedang berada di luar, carilah tempat terbuka jauh dari bangunan atau pohon yang mungkin roboh.
    Ingat, persiapan dan pengetahuan adalah kunci utama dalam menghadapi gempa. Jadi, selalu update informasi dan ikuti instruksi dari pihak berwenang yaa teman-teman!!

    Nama = Kiane Nadezda Waludri
    No peserta = 658
    Sekolah = SMP Negeri 12
    Kategori = Putri Lingkungan SMP
    Nama proyek = ReNew Paper : Solusi Kertas Berkelanjutan.
    Dalam proyek saya ini, saya bertujuan untuk menghasilkan kertas daur ulang yang kreatif dengan mengeksplorasi penggunaan daun dan bunga sebagai bahan eksperimen saya.
    Semoga seleksi Pangeran Putri Lingkungan Hidup dapat menginspirasi banyak masyarakat untuk hidup lebih sehat dan bebas dari sampah.

    Salam bumi pasti lestari

    Balas
  • April 7, 2024 pada 22:09
    Permalink

    Turut berduka cita dengan para korban gempa. Saya baru baru ini juga baru merasakan gempa pada saat dirumah, para warga pada berteriak dan panik saat gempa tersebut terjadi.

    Untuk teman teman semua harus tetap waspada akan terjadi nya bencana alam yaa.

    Nama: Fairuz Zahirah Rizki Putri
    Asal Sekolah: SMPN 12 Surabaya
    No Peserta: 652
    Judul Proyek: Mengolah Limbah Sayur dan Buah untuk POC

    Proyek ini adalah sebuah inovasi untuk mengurangi limbah organik khususnya limbah sayur dan buah untuk dijadikan suatu produk yang bermanfaat untuk lingkungan sekitar

    Balas
  • April 7, 2024 pada 22:15
    Permalink

    Turut berduka cita dengan para korban gempa. Saya baru baru ini juga baru merasakan gempa pada saat dirumah, para warga pada berteriak dan panik saat gempa tersebut terjadi.

    Sampai saat ini kejadian gempa tidak dapat di prediksi, di hindari, dan di jinakkan sehingga akibat yang dapat ditimbulkan adalah mengagetkan.

    Untuk teman teman semua harus tetap waspada akan terjadi nya bencana alam yaa. Tetap tenang dan cari tempat untuk berlindung. Cari tempat terbuka saat berlindung atau berlindung seperti dibawah meja.

    Nama: Fairuz Zahirah Rizki Putri
    Asal Sekolah: SMPN 12 Surabaya
    No Peserta: 652
    Judul Proyek: Mengolah Limbah Sayur dan Buah untuk POC

    Proyek ini adalah sebuah inovasi untuk mengurangi limbah organik khususnya limbah sayur dan buah untuk dijadikan suatu produk yang bermanfaat untuk lingkungan sekitar

    Balas
    • April 8, 2024 pada 13:20
      Permalink

      Gempa di Bawean membawa rasa trauma tersendiri bagi kita smua, selama tinggal d surabaya, baru terasa sekali gempa pada waktu gempa d tuban dan sekitarnya.
      Semoga tidak ada lagi gempa susulan, dan bumi indonesia kembali normal kembali
      Dan diberikan ketabahan keselamatan bagi warga yang terimbas gempa di Bawean..

      Perkenalkan sobat hijau
      Saya eggy za’an winoto peserta 197 dari SDN nginden jangkungan 1/247
      Proyek saya si cabe, saya membudidayakan tanaman cabai, karna akhir-akhir ini harga cabai yang menjulang tinggi, mendorong saya untuk membuat proyek si cabe
      Dan bisa mengajak warga sekitar untuk bertanam dan ber budidaya cabai d rumah masing-masing untuk menekan harga cabai yang tinggi

      Salam dari saya, salam hot????

      Balas
  • April 7, 2024 pada 22:17
    Permalink

    Turut berduka cita dengan para korban gempa. Saya baru baru ini juga baru merasakan gempa pada saat dirumah, para warga pada berteriak dan panik saat gempa tersebut terjadi.

    Sampai saat ini kejadian gempa tidak dapat di prediksi, di hindari, dan di jinakkan sehingga akibat yang dapat ditimbulkan adalah mengagetkan.

    Untuk teman teman semua harus tetap waspada akan terjadi nya bencana alam yaa. Tetap tenang dan cari tempat untuk berlindung. Cari tempat terbuka saat berlindung atau berlindung seperti dibawah meja.

    Nama: Fairuz Zahirah Rizki Putri
    Asal Sekolah: SMPN 12 Surabaya
    No Peserta: 652
    Judul Proyek: Mengolah Limbah Sayur dan Buah untuk POC

    Proyek ini adalah sebuah inovasi untuk mengurangi limbah organik khususnya limbah sayur dan buah untuk dijadikan suatu produk yang bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Alsan saya memilih proyek ini karena saya sering melihat ada banyak sekali limbah organik yang dibiarkan bahkan dibuang begitu saja. Oleh karena itu saya memiliki niat untuk mengolahnya menjadi POC

    Balas
  • April 7, 2024 pada 22:20
    Permalink

    Turut prihatin dan berduka cita pada korban gempa bawean. Sampai saat ini kejadian gempa tidak dapat di prediksi, di hindari, dan di jinakkan sehingga akibat yang dapat ditimbulkan adalah mengagetkan.

    Untuk teman teman semua harus tetap waspada akan terjadi nya bencana alam yaa. Tetap tenang dan cari tempat untuk berlindung. Cari tempat terbuka saat berlindung atau berlindung seperti dibawah meja.

    Nama: Fairuz Zahirah Rizki Putri
    Asal Sekolah: SMPN 12 Surabaya
    No Peserta: 652
    Judul Proyek: Mengolah Limbah Sayur dan Buah untuk POC

    Proyek ini adalah sebuah inovasi untuk mengurangi limbah organik khususnya limbah sayur dan buah untuk dijadikan suatu produk yang bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Alsan saya memilih proyek ini karena saya sering melihat ada banyak sekali limbah organik yang dibiarkan bahkan dibuang begitu saja. Oleh karena itu saya memiliki niat untuk mengolahnya menjadi POC

    Balas
    • April 8, 2024 pada 09:50
      Permalink

      Nama: Abdie Putra Darmawan
      Asal sekolah: SDN Sambikerep II/480
      Nomor pesrta: 277
      Judul Proyek: Pemanfaatan sampah organik menjadi kompos

      semoga kita semuanya diselamatkan oleh Tuhan yang Maha Esa dari segala bencana dan marah bahaya

      Balas
  • April 8, 2024 pada 06:32
    Permalink

    Saat terjadi gempa, sy dan sahabat akan bukber, ketika melewati tangga pintu keluar rumah, sangat keras goncangannya, sy dan mama berlari keluar, sahabat sy jg. Kami semua, termasuk tetangga2 jg berlari berhamburan keluar rumah, ini adalah pertama kali sy merasakan gempa. Sy takut sekali dan sampai pusing2. Semoga tdk ada gempa dan tdk ada bencana alam lainnya, aamiin yra

    Kendo Alendra P.N
    Peserta Pangeran LH 2024
    SMPN 37 Surabaya

    Balas
  • April 8, 2024 pada 09:07
    Permalink

    Turut berdukacita pada korban gempa Bawean, semoga semua dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.
    Tetap waspada akan terjadinya gempa dan carilah tempat untuk berlindung.
    J

    Haloo semuaa perkenalkan saya Aditya Wardana Putra saya berasal dari SMP Negeri 40 Surabaya dengan nomor peserta 473 dan proyek saya yang berjudul larutan sejuta manfaat atau yang biasa disebut dengan “ECO ENZYME”

    Semoga saya bisa menjalankan seleksi pertama dengan baik dan lancar, Aamiin

    Balas
  • April 8, 2024 pada 14:16
    Permalink

    Artikel yang sangat bermanfaat,aku jadi tahu mengapa Indonesia sering terjadi gempa. Waktu gempa bumi tanggal 3 kemarin aku baru pertama kali merasakan gempa ketika siang hari aku akan berangkat shalat Jum’at dan waktu sore hari sebelum berangkat mengaji di TPQ. Semua tetanggaku keluar rumah. Alhamdulillah tidak ada korban atau kerusakan di sekitar rumah saya. Semoga Allah SWT selalu melindungi kita.

    Nama: Abdullah Fattah Ghazali
    Asal sekolah : SDN PACARKELING V
    No peserta: 207
    Judul proyek : Budidaya cabe (BUCA)

    Balas
  • April 8, 2024 pada 14:24
    Permalink

    karena kondisi geologi Indonesia dijepit 3 lempeng tektonik yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Pasific, dan Lempeng Samudera Hindia maka untuk pembangunan rumah penduduk, gedung sekolah harus memenuhi standar terhadap gempa.
    Nama : Areta Alfu Qomaroo Ulumuddin
    Sekolah : SDN Jemurwonosari I/417 Surabaya
    Nomer peserta : 100
    Budidaya Bunga Telang dobel manfaatnya, Nama proyek :Budidaya bunga Telang. Manfaatnya double satu lingkungan menjadi hijau asri . Dua manfaat kesehatan karena kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan.

    Balas
  • April 8, 2024 pada 14:26
    Permalink

    Sedikit tips mitigasi bencana yang saya dapat ketika kunjungan di BMKG beberapa waktu lalu.
    1. Tidak panik
    2. Tutup kepala dengan tangan atau buku
    3. Berlindung ke bawah meja dan berpegang erat
    4. Jauhi jendela dan pintu dari kaca
    5. Matikan listrik
    6. Jika sudah aman, keluar rumah ke tempat yang aman
    Jangan lupa untuk menyiapkan tas siaga bencana ya.

    Raisa Azzahra Praminda
    SDN Pacarkeling V/186 Surabaya
    No. Peserta 400
    Budidaya sirih cina, liar terabaikan tapi bermanfaat

    Balas
  • April 9, 2024 pada 08:18
    Permalink

    Bencana memang tidak bisa di hindarkan. Semoga kita selalu di lindungi Allah SWT. Semoga tidak terjadi yg lebih parah. Dan ada himbauan dan pencegahan pada masyarakat khususnya anak² bila terjadi gempa.

    Falisha Misha alkhansa
    SDN Rangkah VI Surabaya
    No peserta 1208
    Briket daun kering

    Balas
  • April 9, 2024 pada 10:14
    Permalink

    Nama : Syamsa Arundina
    Sekolah : SDN Gayungan 1/422 Surabaya
    No. Peserta : 064
    Judul Proyek : Budidaya Bawang Dayak

    Turut berdukacita pada korban gempa di Bawean, semoga semua dalam perlindungan Allah SWT dan semua sehat selalu.

    Balas
  • April 9, 2024 pada 11:08
    Permalink

    Saat saya berada di dalam rumah tiba tiba kakakku berteriak : ada gempa..gempa..aku langsung panik dan berdoa , kulihat lampu gantung bergoyang-goyang, terasa pusing kepalaku , kurasakan getaran selama kurang lebih 3 menit ..aku berharap semoga dilindungi oleh Allah

    Nama: Nabila Mahira Putri
    No.peserta: 292
    Asal sekolah: SDN Margorejo 1/403 Surabaya
    Judul proyek: Self Watering System For Plants dengan memanfaatkan limbah botol plastik
    Penjelasan singkat proyek: Saya memilih proyek ini karena sangat ramah lingkungan,kita menggunakan kembali botol plastik bekas air mineral yang terbuang percuma untuk dimanfaatkan menjadi pot bersumbu pada budidaya tanaman.
    Salam bumi,Pasti lestari????

    Balas
  • April 9, 2024 pada 16:00
    Permalink

    Gempa tektonik Bawean yang sore hari berimbas saya ikut bergoyang. Saat itu saya berada di belakang rumah, mengajak adik-adik untuk ikut keluar dari rumah.
    Proyek saya untuk pangeran ???? lingkungan SD, Memanfaatkan rumput liar untuk pupuk organik. Pupuknya bisa untuk menyuburkan tanah, lingkungan menjadi rapi bebas dari rumput liar.

    Balas
  • April 9, 2024 pada 17:55
    Permalink

    Gempa merupakan fenomena alam yang tidak dapat diprediksi dan tidak bisa dihindari serta tidak bisa dijinakkan.sehingga akibat yang ditimbulkan bisa sangat mengagetkan.gempa tidak membunuh tapi bangunan bisa
    Aku Cecilia Farah Calysta siswi dari Smpn43 Surabaya no peserta 980 dengan proyek PJKA Peduli Jelantah Kita bisa
    #tunashijauid
    #seleksi1pangputlh2024
    #pangputLh2024
    #panputLh2024_980
    #SMPN43surabaya_Cecilia Farah calysta
    #Pangeranputrilh2024smp

    Balas
    • April 13, 2024 pada 11:44
      Permalink

      sedih sekali dan turut berduka untuk korban gempa yang pernah mengalami, alfatihah untuk saudara atau keluarga dan teman” yang mendahului kami karena korban gempa semoga Allah menempatkan tempat yang terbaik untuk mereka, aamiin..
      saya pernah mengalami gempa kecil atau yang biasa di sebut Lindu waktu itu saya sedang rapat duta literasi program sekolah di lantai 2, dan ketika di lantai 2 terasa lumayan gempanya saya fikir teman saya sedang menggoyangkan meja ternyata gempa, sedikit panik dan deg deg an namun yang bisa saya lakukan hanya istighfar dan berdoa semoga tidak ada terjadi lagi kejadian yang tidak di inginkan oleh kita. maka dari itu mulai sekarang kita bentuk dan tekun kan diri untuk menjaga bumi dan selalu membersihkan hati kita untuk berniat selalu taat kepada agama yang kita anut.

      saya Reva Ardina Fahar dari SMP Negeri 9 Surabaya dengan nomor peserta 1202.

      proyek yang sedang saya kembangkan berupa menggambar yang berhubungan dengan ajakan kepada masyarakat agar lebih peduli dengan bumi kita, contohnya membuat poster tentang lingkungan yang berjudul “menyelamatkan bumi ku dengan berpromosi lewat gambar”. setelah saya membuat poster saya sosialisasikan kepada teman teman lewat media sosial atau di sekitar saya. biasanya saya upload di Instagram @rereardinasm

      Balas
  • April 9, 2024 pada 19:45
    Permalink

    Gempa merupakan bencana alam yang terkadang tidak terprediksi sebab itu kita harus tetap berjaga jaga.
    Nama:raissa dzaky alaydrus
    Sekolah:smpn 47 surabaya
    No peserta:553
    Saya ingin menjelaskan tentang proyek saya yaitu pemanfaatan lacuras(limbah air cucian beras) sebagai poc(pupuk organik cair)

    Balas
  • April 14, 2024 pada 21:02
    Permalink

    Gempa merupakan bencana alam yang tidak terprediksi datangnya Dan juga guncangan nya..Dan gempa yang terjadi di bawean ini kerasa sampai surabaya.tentu sayaa juga merasakan guncangan tersebut sangat kerasa
    Nama: Niken wulan Ramadhani
    Sekolah: SMPN 24 Surabaya
    No peserta : 780
    Nama proyeka: MPnzym waste
    Yakni pengolahan sampah organik menjadi eco enzym serbaguna yang bermanfaat bagi lingkungan maupuj kehidupan

    Balas
  • April 16, 2024 pada 09:25
    Permalink

    Salah satu bencana alam yang tidak bisa dipresiksi datang nya adalah GEMPA. Kita harus selalu waspada dan saling mengingatkan apabila mulai merasa goncangan. Sebelum nya saya pernah mendapat pelatihan tanggap bencana sehingga begitu terjadi GEMPA, saya langsung keluar dari bangunan dan mencari tanah lapang.

    Dewangkara Bagus Abisatya
    SDN Rangkah VI Surabaya
    SD-271
    Proyek BudaLiYa (Budidaya Lidah Buaya)

    Balas
  • April 16, 2024 pada 16:52
    Permalink

    gempa tektonik adalah gempa yang di sebabkan oleh pergeseran lempengan tektonik, seperti gelang karet ditarik dan di lepaskan dengan tiba-tiba. Pengalaman pribadi yang saya alami saat gempa yaitu ketika saya tidur siang dan kasur saya goyang, setelah itu saya di bangunkan oleh ayah saya untuk menuju ke luar rumah. Saya dan keluarga saya bergegas menuju ke luar rumah untuk menyelamatkan diri.

    Nama : Hafizzah Aprilia Putri Adjiva
    Sekolah : SMP Negeri 38 Surabaya
    Nomer Peserta : 892
    Judul Proyek : Pemanfaatan Komposter Sebagai Alternatif Mengurangi Sampah Organik.
    ☆ Saya memilih judul proyek ini karena kurangnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar dan kurangnya kepedulian masyarakat dalam mengolah sampah organik yang di hasilkan sendiri.

    Balas
  • April 17, 2024 pada 18:45
    Permalink

    Gempa bumi ini disebakan oleh patahan teltonik dan kita sebagai warga Indonesia harus sadar bahwaa negara kita ini Indonesia sangat rentan atau rawan terkena gempa, semoga korban gempa selalu dilindungi Allah SWT.

    Nama: Nevan Azka Fiardy
    Sekolah: SMPN 1 SBY
    No. Peserta: 361
    Proyek Nevan adalah organic waste bank, mengubah sampah menjadi cuan

    Balas
  • April 18, 2024 pada 22:40
    Permalink

    Pelajaran penting pada gempa tektonik di bawean adalah adanya ancaman gempa yang merusak Jawa Timur.Tidak hanya berasal dari selatan tetapi juga sumbernya dari gempa laut jawa di utara jawa timur. Maka dari itu Bahwa pada dasarnya Kewaspadaan dan kesiapsiagaan bencana gempa bumi baik tektonik maupun vulkanik terus di sosialisasikan ke masyarakat. Bagaimana pentingnya edukasi tentang mitigasi bencana gempa ini dengan tujuan untuk mengurangi korban jiwa.

    Queen Anneysa Kabeer
    SMPN 1 Surabaya/600
    Pengolahan sampah organik dengan maggot bsf sebagai pengurainya

    Balas
  • April 19, 2024 pada 16:40
    Permalink

    Assalamu’alaikum wr wb
    Hai Sobat Hijau

    Perkenalkan Nama Saya MUHAMMAD KHABIBI NUR ROKHMAN
    Saya dari SDN BANJARSUGIHAN V/617 SURABAYA
    No.Peserta 017
    Proyek lingkungan hidup saya adalah Pengurangan sampah plastik untuk pembuatan ecobrick.

    Turut berduka cita semua korban gempa yang berada di indonesia. Sobat hijau kita tetap waspada ya, tindakan yang kita lakukan keluar dari ruangan agar terhindar dari bangunan yang runtuh. Jangan lupa berdoa kepada ALLAH SWT. Semoga kita semua selalu dalam lindungan ALLAH SWT Amiiin ya robbal alamin.

    Dan jangan lupa intip proyek lingkungan hidup saya ya teman-teman yaitu pengurangan sampah plastik untuk pembuatan ecobrick. Disini saya menghimbau dan mengajak orang lain untuk sadar akan bahaya sampah plastik jika tidak dikelola dengan baik, terbuang begitu saja sampai sampah plastik menumpuk sehingga memgakibatkan banjir, bau tidak sedap dan dapat menimbulkan penyakit. Maka dari itu mari kita mengurangi sampah plastik dan menjadikan barang yang bermanfaat untuk pembuatan ecobrick.

    Salam Bumi Pasti Lestari
    Salam Sadar Iklim
    Salam Zero Waste
    Salam Basuma Jaya Jaya Jaya
    Iki lho areke
    Pokoe ngeten pun

    Balas
  • April 19, 2024 pada 18:58
    Permalink

    Penting ilmu kegempaan bagi kita semua untuk lebih menyadarkan masyarakat akan bahaya yang dihadapi dan agar lebih waspada akan tanda-tanda gempa mengingat wilayah Indonesia rawan akan bencana gempa.

    Azka sangaji jiwo panuntun
    No. 015
    SDN BANJARSUGIHAN V/617 SURABAYA

    Sedikit bercerita tentang proyek saya yakni pembuatan pupuk organik cair poc dari limbah rumah tangga dan sampah tanaman. Poc bisa dijadikan alternatif pengganti pupuk kimia yang berbahaya, tidak hanya itu poc memiliki kaya akan manfaat bagi pertumbuhan tanah dan tumbuhan khususnya.

    Balas
  • April 19, 2024 pada 21:38
    Permalink

    Ehmmm..keren sekali pengetahuan yang di bagikan, kita jadi lebih tahu bagaimana cara kita dalam menghadapi situasi seperti itu.

    Assalamu’alaikum.. Hai sobat hijau
    Saya AZRA AQILAH SYAZANI
    asal sekolah SDN BANJARSUGIHAN V/617 SURABAYA
    No.peserta 020
    Proyek LH: MENGOLAH LIMBAH MINYAK JELANTAH MENJADI LILIN AROMA TERAPI

    saat ini saya sedang mengembangkan proyek lingkungan hidup mengolah limbah minyak jelantah menjadi lilin aroma terapi, yang mana hasil dari pengolahan kembali ini bisa bermanfaat kembali bagi kehidupan harian kita.

    Salam bumi pasti lestari..!!!

    Balas
  • April 19, 2024 pada 23:57
    Permalink

    Artikel yang sangat bermanfaat,saya jadi tahu kenapa Indonesia sering terjadi gempa.
    Dan turut berduka cita kepada semua korban gempa yang ada di indonesia. tetep waspada karna gempa sangat berbahaya.

    Nama: Chiara Aqilah Afis
    Sekolah: SDN BANJAR SUGIHAN V/617 Surabaya
    No peserta: 022
    Proyek:MEMBUAT PUPUK TANAMAN DARI CANGKANG TELUR

    Balas
  • April 26, 2024 pada 08:20
    Permalink

    bagus dan keren semua, sukses terus yaaa

    Nama = Nihan Laras Tri Mentari
    No.Peserta = 1.214
    Sekolah = SMP Negeri 12
    Kategori = Putri Lingkungan SMP
    Nama proyek = Cocopeat sebagai media tanam

    Dalam proyek saya ini, saya bertujuan untuk mengurangi limbah sampah sabut kelapa dan saya jadikan sebagai media tanam organik, cocopeat juga bisa menjadi pengganti pupuk dan cocok untuk pemula yang mau belajar menanam

    Salam bumi pasti lestari

    Balas
  • April 26, 2024 pada 08:47
    Permalink

    Bagus dan menginovasi sekali !

    Nama: Naura Assyifa Larasati
    No.Peserta: 662
    Sekolah: SMPN 12 Surabaya
    Kategori: Putri Lingkungan SMP
    Nama Proyek: Pengharum Ruangan Alami dari Kulit Jeruk

    Dalam Proyek yang saya ini, Saya bertujuan untuk mengurangi limbah Kulit Jeruk, semoga dengan cara yang saya lakukan bisa menginspirasi dan juga bermanfaat bagi semuanya ♻️

    Balas
  • April 26, 2024 pada 09:00
    Permalink

    Nama: Akbar Jamaludin Mustofa
    No.peserta:395
    Proyek: pestisida ramah lingkungan
    Sekolah: SMP Negeri 12 Surabaya

    Sangat mengedukasi sekali karena kita tinggal di daerah cincin api Pasifik atau lingkaran api Pasifik yang rawan gempa

    Balas
  • April 26, 2024 pada 09:08
    Permalink

    Nama: Farel Athif Purnomo
    Nomor peserta: 397
    Asal sekolah: SMPN 12 SURABAYA
    Proyek: Olah sampah menjadi berkah

    Artikelnya sangat mengedukasi.

    Balas
  • April 27, 2024 pada 14:56
    Permalink

    Halo semuanyaa, bagaimana kabar kalian hari ini?? Semoga baik-baik aja yaa. Nah dari artikel diatas mengenai “Mengenal Gempa Tektonik” cukup memberikan kita pengetahuan ga sih terhadap bencana yang pernah terjadi dan upaya apa aja yang dapat dilakukan. Berdasarkan artikel tersebut saya mau sharing pengalaman nihh yang pasti ada kaitannya dengan Gempa itu, tapi sebelum itu Perkenalkan nama saya Pandansari Wangi Rizky Nuzula dari SMPN 25 Surabaya dengan nomor peserta 804. Proyek saya yaitu Destilasi Minyak Sereh.

    Jadi begini ceritanya, siang hari saya sedang tidur yang ternyata menurut cerita dari keluarga saya bahwa sempat terjadi gempa, otomatis saya tidak merasakan. Selang beberapa jam kemudian saat sore hari saya memang sedang santai, sembari membuka gadget tiba-tiba saya merasakan seperti ada yang bergoyang-goyang lalu saya sempat lihat lampu yang menempel pada dinding atas, eh ternyata juga ikut bergoyang. Entah bagaimana saya akhirnya tahu itu adalah gempa. Jujur seingat saya seumur hidup baru kali itu saya merasakan bencana ini, tapi kembalikan lagi itu adalah kehendak Allah, yang penting kita harus tetap berdoa dan berlindung kepada-Nya. Sempatlah saya lihat sosmed, benar banyak dari teman saya buat status intinya mengarah hal yang barusan terjadi. Saya juga sempat berkomunikasi dengan teman saya mengenai hal tadi, serta saya sempat melihat ke arah jendela bahwa banyak orang keluar dari rumahnya. Dan ternyata saya dapat artikel ini, alhamdulillah lumayan dapat ilmu baru nih yang memang saya juga kurang paham tentang bencana ini. Sekian pengalaman saya dan Terimakasihh yaa

    Balas
  • April 30, 2024 pada 19:57
    Permalink

    Nama : Kezia Jovina Natasha
    Asal Sekolah : SMPN 40 Surabaya
    No. Peserta : 920
    Saat ini Proyek yang saya kembangkan yaitu Budidaya bunga telang. Mengapa saya mengambil proyek tersebut? Karena si bunga telang ini memiliki manfaat yang banyak.

    Ternyata korban yang terkena bencana Di Aceh pada tahun 2004 sangat banyak. Gempa bawaen pada saat itu kerasa sekali di Surabaya. Turut berdukacita atas korban yang terkena gempa di Bawaen, Semoga Kita selalu dilindungi oleh Tuhan dimana pun kita berada. Aamin

    Balas
  • April 30, 2024 pada 21:55
    Permalink

    Dari artikel ini saya tahu lempeng tektonik yang ada di indonesia akan terus berlangsung dengan kecepatan tertentu. Waktu itu terjadi gempa saat saya tidur siang, lalu saya dibangunkan oleh ayah saya, ternyata warga kampung saya sudah pada keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Setelah selesai saya masuk rumah ternyata lampu gantung dirumah saya masih bergoyang-goyang.

    Nama : Verlita Gladys Samantha
    Sekolah : SMP Negeri 38 Surabaya
    Nomer Peserta : 894
    Judul Proyek : OSAMA METAK (Olah Sampah Organik Rumah Tangga Metode Takakura)
    ∆ Saya memilih judul proyek ini karena saya tahu banyak sampah organik atau sampah basah di dapur yang terbuang sia-sia, padahal bisa kita olah sendiri dirumah. Saya mengolahnya dengan menggunakan metode Keranjang Takakura dan menjadikan sampah organik sebagai pupuk kompos bagi pertumbuhan tanaman yang ada di lingkungan sekitar.

    Balas
  • Mei 1, 2024 pada 08:53
    Permalink

    MashaAllah keren saya jadi tau tentang gempa tektonik

    Nama: Raisha Almira Naazneen
    Sekolah: SDN Gayungan 1 /422 Surabaya
    No. Peserta: 062
    Judul proyek yang dikembangkan: Cara Cerdas Mengolah Sampah Organik Menjadi Eco Enzyme
    Penjelasan singkat tentang proyek yaitu bahwa proyek eco enzyme merupakan solusi pengolahan sampah yang ramah lingkungan dan hemat biaya dan berdampak baik pada lingkungan

    Balas
  • Mei 1, 2024 pada 09:48
    Permalink

    Nama: Dini Calista Ivama
    Sekolah: SMPN 35 Surabaya
    Nomor Peserta: 880
    Pengolaha Sampah Organik dengan Magot BSF
    Dalam pemilihan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2024 ini saya melakukan aksi nyata kepedulian lingkungan berkelanjutan dengan memanfaatkan Magot BSE sebagai sarana pengolahan sampah organik. Melalui proyek yang saya jalankan, saya berharap dapat ikut berkontribusi dalam mencegah atau mengurangi perubahan iklim. Dengan mengolah sampah organik melalui media magot BSF berarti saya telah mengurangi timbunan sampah yang kita dan masyarakat hasilkan sehari-hari. Saya melakukan pengolahan sampah organik melalui media magot BSF ini dengan intensitas rata-rata setiap hari dan terkadang sehari dua kali tergantung waktu dan sampah organik yang saya peroleh.

    Ini pengalaman pertama saya merasakan gempa ternyata selain menyeramkan banyak sekali kerugian yang dialami jika terjadi gempa. Turut berduka cita atas gempa yang terjadi kali ini.

    Balas
  • Mei 1, 2024 pada 11:43
    Permalink

    Maka dari itu kita harus tetap waspada terhadap bencana alam yang sedang terjadi beberapa hari ini contohnya gempa, banjir, longsor dan banyak lagi bencana alam yang terjadi di luar sana agar tidak terjadi seringnya bencana alam maka dari itu kita juga harus memulai menjaga alam mulai dari diri kita sendiri
    Nama :Asita al Mufidah
    Sekolah: SMP AL ISLAH
    Nomor peserta 578

    Balas
  • Mei 20, 2024 pada 09:11
    Permalink

    Turut berduka cita kepada korban gempa tektonik. Semoga kita semua dilindungi oleh tuhan yg maha esa.

    Nama lengkap :Melati Sekar Arum Berliana Damayanti
    Nomor peserta :454
    Asal sekolah :SDN PLOSO 3 SBY
    Judul proyek : Beling Sigar (Bersih lingkungan dengan sirih gading udara jadi segar )

    Balas
  • Mei 20, 2024 pada 10:52
    Permalink

    Turut berduka cita bagi para korban,semoga Allah sennatiasa melindungi kita Aamiin
    Hallo sobat hijau
    Perkenal kan nama saya Aurelia Putri Septiani dari Smpn 12 Surabaya nomer urut peserta 650 dan mempunyai judul proyek pemanfaatan limbah ampas teh

    Balas
  • Mei 20, 2024 pada 10:52
    Permalink

    turut berduka untuk semua korban dan selalu waspada semuanya atas bencana alam seperti gempa atau banjir yang tidak bisa dihindari, semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT

    nama: ailsa nabila shalihah
    sekolah: smp negeri 12 surabaya
    nomor urut: 648
    proyek saya adalah pemanfaatan limbah cangkang telur menjadi pupuk organik yang kaya kalsium, mudah diolah dan tentunya sangat bermanfaat untuk tanaman anda. salam bumi pasti lestari!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *