Reva, Pembudidaya Tanaman Bunga Telang yang Menjuarai Literasi SDGs Nasional 2023

Usianya baru genap 13 tahun pada 12 Februari 2024. Dia masih siswa kelas 6 SDN Tandes Kidul I Surabaya. Namun, beragam prestasi berhasil dia raih. Revalina Fernanda, namanya. Dia akrab dipanggil Reva. Dia meraih predikat Juara I Literasi SDG’s Nasional 2023 dari Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini.

Penghargaan itu dia raih karena keaktifannya dalam mengikuti webinar nasional yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau setiap akhir pekan. Tidak tanggung-tanggung, Reva aktif mengikuti webinar itu bahkan sejak Maret 2022. Dalam keadaan apapun dan di mana pun, Reva selalu ikut webinar ini. 

Pada webinar itu, Reva tidak hanya aktif mendengarkan. Dia juga selalu aktif bertanya kepada narasumber pada setiap tema webinar yang digelar. “Rutin mengikuti webinar Tunas Hijau ini membuat saya menjadi lebih paham beragam hal khususnya yang terkait dengan tujuan pembangunan global,” kata Revalina Fernanda, putri semata wayang pasangan Syaiful Bachri dan Yuki Aprianova ini.

Keaktifan Revalina mengikuti webinar berawal saat dia mengikuti Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup (Pangput LH) 2022 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur. 

Revalina bersama kedua orang tuannya saat bersih pantai di area mangrove Tambak Wedi Surabaya

Pada program Pangput LH 2022 itu, setiap pesertanya diharuskan mengembangkan proyek lingkungan hidup. Proyek Revalina adalah budidaya tanaman bunga telang. “Saya telah budidaya lebih dari 25 ribu tanaman bunga telang. Saya juga sudah membuat beragam produk olahan makanan dan minuman yang saya jual,” terang belia yang tinggal di Jl Tanjung Sari 4 Teratai ini. 

Reva mengaku bahwa awalnya peserta Pangput LH 2022 diharuskan untuk mengikuti webinar yang diselenggarakan Tunas Hijau ini. “Kami juga didorong untuk aktif bertanya, sebab dengan aktif bertanya maka peserta akan dituntut untuk mendengarkan secara aktif informasi yang diberikan,” ujar siswa kelas 6 SDN Tandes Kidul I/10 Surabaya ini.

Dengan bertanya kepada pada setiap webinar, Reva juga mengaku bisa mempromosikan proyek lingkungan hidup dengan capaian dan beragam prestasi yang dia capai. “Sebelum menyampaikan pertanyaan, khusus peserta Pangput LH diminta untuk menjelaskan proyek lingkungan dan capaiannya,” terang penghobi belajar dan membaca ini.

Keaktifannya bertanya pada setiap webinar Tunas Hijau membuat Reva jadi semakin mampu mengembangkan kemampuan literasi, menjadi moderator rutin Webinar Nasional Tunas Hijau  dan komunikasi publik. “Saya juga terpilih sebagai  pengurus Forum Anak Kota Surabaya 2022 – 2024 dan 2024 – 2026, juga Forum Anak Daerah Provinsi Jatim 2024 – 2026 ini,” tuturnya 

Reva dengan tropi dan piagam penghargaan dari Menteri Sosial RI sebagai Juara I Literasi SDGs Nasional 2023 dan Juara III Keluarga Sadar Iklim & Tanggap Bencana Nasional 2023. Latar foto Taman Bunga Telang Revalina di sekolahnya

Selain dinobatkan sebagai Juara I Lomba Literasi SDGs Nasional 2023 dari Menteri Sosial RI, pada kesempatan yang sama Revalina Fernanda juga meraih Juara III Lomba Keluarga Sadar Iklim Tanggap Bencana Nasional 2023 juga dari Menteri Sosial RI. Dua anugerah juara itu diserahterimakan di Jatim Internasional Expo Surabaya pada awal Oktober 2023.

Pada Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2022 yang proses seleksinya digelar selama 7 bulan, Reva berhasil menyabet predikat Runner up 4 Putri Lingkungan Hidup 2022 SD dan Favorit 3 Putri Lingkungan Hidup 2022 SD. 

Revalina bersama kedua orang tuanya juga sangat aktif mengikuti aksi bersih pantai yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau setiap akhir pekan di Pantai Kenjeran. Uniknya, Revalina selalu hadir di lokasi dan memulai aksi bersih pantai lebih awal dari seluruh peserta yang lainnya. 

Sementara itu, Reva bercita-cita menjadi pejabat negara dan pengusaha yang peduli sekitarnya. ”Saat kelak sukses, saya akan tetap melanjutkan proyek pelestarian lingkungan hidup. Saya juga ingin memiliki perusahaan kecantikan dari pengolahan bunga telang dan mengembangkan banyak taman edukasi bunga telang,” pungkasnya. 

Penulis: Mochamad Zamroni

52 thoughts on “Reva, Pembudidaya Tanaman Bunga Telang yang Menjuarai Literasi SDGs Nasional 2023

  • April 17, 2024 pada 10:38
    Permalink

    Keren sekali revaa

    Nama: Meyta Dirgahayu Eka Putri
    Sekolah: SMPN 47 Surabaya
    No peserta:1030

    Saat ini saya sedang mengembangkan proyek tas dari tutup botol bekas

    Salam bumi pasti lestari

    Balas
    • April 17, 2024 pada 12:40
      Permalink

      Menginspirasi sekali Reva!

      Nama : Naila Putri Divia
      Sekolah : SMP Negeri 16 Surabaya
      No. Peserta : 706
      Nama proyek : Leafy Elixir
      Leafy elixir adalah sebuah proyek pemanfaatan dan riset pada tanaman Centella Asiatica. Centella Asiatica ini akan di manfaatkan menjadi crystal jelly yang memiliki beragam khasiat, selain itu dalam proyek ini akan di lakukan riset mengenai ke efektivan Centella Asiatica untuk di jadikan masker wajah dan toner. Proyek ini juga akan menerbitkan buku mengenai Centella Asiatica yang dimana buku tersebut akan ditaruh di beberapa perpustakaan umum agar semakin banyak orang yang memiliki pengetahuan tentang Centella Asiatica.

      Balas
    • April 26, 2024 pada 08:18
      Permalink

      wahh keren sekali revaaa sangat memotivasii!

      nama: ailsa nabila shalihah
      asal sekolah: smp negeri 12 surabaya
      no urut peserta: 468
      judul proyek: pemanfaatan limbah cangkang telur menjadi pupuk organik

      disini saya akan menjelaskan proyek saya, yaitu pemanfaatan limbah cangkang telur menjadi pupuk organik. saya memilih proyek ini dikarenakan limbah cangkang telur yang menumpuk akan berdampak signifikan bagi lingkungan seperti menyebabkan pencemaran udara karena adanya aktivitas mikroba dilingkungan. padahal mengolah cangkang telur sangat mudah, dan manfaatnya sebagai pupuk untuk tanaman sangat banyak karena kandungan kalsiumnya sangat besar.

      Balas
      • Mei 1, 2024 pada 10:22
        Permalink

        Semoga lulus tahap 1
        Nama:keynaira fanisya fabianca
        Sekolah:SD KYAI IBRAHIM
        No. Peserta:004
        Proyek:budidaya magot untuk mengurangi sampah organik

        Balas
    • April 30, 2024 pada 18:31
      Permalink

      Waw…. Keren kak, semoga dengan ikutan Pangput 2024 ini, saya bisa dan akan Baik Bagi Bumi…. Semakin semangat, membaca capaian dari kakak..

      Nama : Raihanah Augustin Kirani
      Sekolah: SDN Margorejo 1/403
      No Peserta: 300
      Proyek: Sabun Lerak Multi Guna

      Balas
  • April 17, 2024 pada 10:42
    Permalink

    Siapa dulu dong kak reva, kakakku tercinta yg super hebat dan tdk pernah mengenal lelah. Terus semangat kak terus mempertahankan prestasi nya. Love you kak reva
    Eno wahyu kamagading
    SDN pacarkeling 1/182 surabaya

    Balas
  • April 17, 2024 pada 10:47
    Permalink

    Wah keren sekali kak Reva..
    Jadi motivasi saya nih biar tambah semangat, seperti kak Reva..
    Sukses selalu ya kak Reva..

    Saya CHIARA AQILAH AFIS
    No peserta 022
    sekolah di SDN BANJAR SUGIHAN V/617 Surabaya..
    Semoga bisa mengikuti kesuksesan kaka..

    Balas
    • April 17, 2024 pada 11:06
      Permalink

      Wah keren kak reva jadi motivasi untuk saya tambah semangat seperti kak Reva

      Saya Eggy Za’an winoto
      Nomer perserta 197
      Sekolah di SDN nginden jangkungan 01/247 surabaya
      Semoga kakak sukses????

      Balas
      • April 17, 2024 pada 17:52
        Permalink

        Kerennn sekali Reva, kelas 6 SD Tapi prestasi nya sudah banyak, aktif terus dalam kegiatan lingkungan.

        Nama: Nevan Azka Fiardy
        Sekolah: SMPN 1 SBY
        No. Peserta: 361
        Proyek Nevan adalah organic waste bank, mengubah sampah menjadi cuan

        Balas
  • April 17, 2024 pada 10:51
    Permalink

    MasyaAllah Tabarakallah..
    Alhamdulillah ya Allah..

    Saya Reva, sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari Tunas Hijau ID. Karena, dengan saya bergabung dalam Tunas Hijau ID saya mendapatkan ilmu dan pengalaman yang sangat luas. Melalui Program yang diadakan Tunas Hijau ID sangat mendidik karakter saya terutama dalam kepedulian lingkungan. Selain itu, saya juga terlatih untuk percaya diri dan memiliki keahlian Public Speaking. Saya berharap Program-Program yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau ID bisa berkelanjutan dan lebih berkembang luas sehingga banyak masyarakat yang akan merasakan dampak positif nya. Semoga kedepannya, saya bisa lebih terlibat aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan Tunas Hijau ID. Karena menurut saya, Program yang diselenggarakan Tunas Hijau ID sangat penting dalam Perencanaan Pembangunan Indonesia Emas 2045.

    Balas
    • April 25, 2024 pada 06:03
      Permalink

      Assalamualaikum warochmatullahi wabarokatuh
      Apa yang di ungkapkan kak reva saat ini juga saya rasakan sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari Tunas Hijauqq. Karena, dengan saya bergabung dalam lomba yang diadakan Tunas Hijau ID saya mendapatkan ilmu dan pengalaman yang sangat luas

      Hai sobat hijau ????

      Salam Bumi Tetap Lestari ????

      Nama : Aulia Rahmania Ali
      Sekolah : SD kyai Ibrahim Surabaya
      No peserta : 1236
      Judul proyek : Pemanfaatan Minyak Jelantah Menjadi Sabun

      ____________________________________

      #tunashijauid
      #pangeranputrilh2024sd
      #pangeranputrilh2024smp
      #pangputlh2024
      #pangputlh2024_1236 #sdkkyaiibrahimsurabaya_AuliaRahmaniaAli
      #seleksi1pangputlh2024

      Balas
  • April 17, 2024 pada 10:53
    Permalink

    Mengikuti webinar setiap akhir pekan bersama tunas hijau sungguh membawa dampak tersendiri buat Saya,banyak ilmu dan informasi yang saya dapatkan terutama yang berhubungan dengan wawasan lingkungan,dengan Narsum yang sangat berkompeten dibidangnya setiap pertanyaan yang di ajukan pasti terjawab dengan gamblang dan mudah dimengerti.

    Bilqis April Wahyudiyah Azzahra
    PUTRI IV LH 2023
    BUDIDAYA SAMBUNG NYAWA

    Balas
  • April 17, 2024 pada 11:02
    Permalink

    Nama= rafael dianika angga putra
    Peserta: pangeran sd
    No.peserta: 085
    Proyek: poc dari serabut kelapa… tahukah kalian teman2 poyek saya ini terinspirasi dari sisa limbah penjualan orgtua saya sndri lohh.. yg kebetulan berjualan kelapa.. dan kesempatan saya untuk memanfaatkan dan tentunya mengurangi sampah❤️.saya pun sering mengunakan batok kelapa di bakar dan saya jdikan arang untuk menambah pengalaman saya akan terus belajar.

    MasyaALLAH kak reva semoga bsa mengikuti jejakmu????, selain mnjalankan proyek saya jg lgi membudidayakan tanaman lidah buaya

    Balas
  • April 17, 2024 pada 11:18
    Permalink

    waow keren banget Reva, presentasi Reva membuat saya tambah termotivasi untuk terus belajar dan sukses seperti Reva…. sukses terus buat Reva, doain saya juga ya biar bisa sukses sepertimu.
    Nama : Ni Luh Gede Reva Dealove Valentcia Atmaja
    Sekolah : SMPN 35 Surabaya
    judul Proyek : Budidaya Rosella
    No Peserta : 888

    Dalam berbudidaya Rosella saya juga sudah membudidayakan bibit Rosella sebanyak 17.555 bibit sampai saat ini.
    ayo teman teman berbudidaya Rosella karena banyak manfaatnya. :
    manfaat teh bunga Rosella bagi tubuh :
    1. Menurunkan tekanan darah
    2. Mengatasi kolesterol tinggi
    3. Mencegah penyakit jantung
    4. Mencegah resiko obesitas
    Untuk membudidayakan tanaman Rosella sangat mudah.ingin tau lebih lanjut tentang budidaya tanaman Rosella bisa cek di IG @dealove_reva

    Balas
  • April 17, 2024 pada 11:22
    Permalink

    Hebat Reva, dari peringkat Kota, Provinsi lalu Nasional. Semoga semangat dan prestasinya menular kepada Saya aamiin.

    Salam,

    Peserta Pangeran&Putri Lingkungan Hidup 2024

    Nama : Muhammad Aldo Suprapto
    Kelas VIII / SMP Negeri 1 Surabaya
    Nomor Peserta : 359
    Judul Proyek: SICANGLUR
    ( Kreasi Cangkang Telur )

    Keep Healthy and Happy
    Ayo saling mendoakan, saling menjaga dan saling menguatkan.
    Produktif, Peduli, Anti Rebahan

    Balas
  • April 17, 2024 pada 11:37
    Permalink

    Revalina Fernanda bestieku yang keren banget dengan segudang prestasi Maasyaa Allah ❤️
    Sering berkegiatan bersama dengannya menjadikanku lebih bersemangat untuk belajar banyak hal, tentang kepercayaan diri, kegigihan, konsisten dan pantang menyerah. Saya juga suka sekali dengan gayanya yang selalu ceria dan ngobrol dengannya tidak pernah garing karena selalu up-to-date tentang kegiatan-kegiatan anak yang bermanfaat, tak heran jika banyak prestasi gemilang disematkan kepadanya ❤️

    Maasyaa Allah Baarakallahu fiikum yah Reva sekeluarga, semoga sehat selalu dan semakin sukses dunia akhirat…
    Aamiin Allahumma Aamiin ❤️

    Warm regard,
    Aisyah avicena rl
    Putri lingkungan hidup tahun 2023SD
    Eco Student of The Year tahun 2023SD

    Balas
  • April 17, 2024 pada 11:54
    Permalink

    Reva keren!!! Kemampuan literasinya oke.
    Nama: Muhammad Haniadrian Wibowo
    Sekolah: SDN Jambangan I/413 Surabaya
    No: 069
    Proyek saya adalah budidaya tanaman Sambung nyawa. Banyak manfaaf dan khasiat tanaman sambung nyawa diantaranya,
    1. Bersifat antioksidan
    2. Mencegah penyakit ginjal
    3. Mengatasi diabetes
    4. Melindungi jantung
    5. Mengatasi hipertensi dll
    Sambung nyawa juga bisa untuk beberapa masakan.

    Balas
  • April 17, 2024 pada 12:17
    Permalink

    MasyaAllah Tabrakallah
    Dik Reva keren, pintar dan berprestasi
    Nama : Naura Novani
    Sekolah : SMP Negeri 5 Surabaya
    No.Peserta : 1032
    Judul Proyek : Budidaya Jamur
    Saya melakukan budidaya jamur karena banyak manfaat dari jamur, diantaranya dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

    Balas
  • April 17, 2024 pada 12:30
    Permalink

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Hai Sobat Hijau

    Perkenalkan Nama Saya Muhammad Khabibi Nur Rokhman
    Saya Dari SDN BANJARSUGIHAN V/617 SURABAYA
    No.Peserta 017
    Proyek Lingkungan Hidup Saya adalah Pengurangan Sampah Plastik Untuk Pembuatan Ecobrick

    MasyaAllah keren banget Kak Reva, perjalanan Kak Reva sangat menginspirasi saya untuk semangat melangkah maju terus yang tidak pernah mengenal lelah dan pantang menyerah. Sukses terus Kak Reva. Semoga saya bisa mengikuti langkah Kak Reva sehingga Sukses seperti Kak Reva amiiin ya robbal alamiiin.

    Dan jangan lupa intip Proyek Lingkungan Hidup Saya ya teman-teman yaitu pengurangan sampah plastik untuk pembuatan ecobrick. Disini saya menghimbau dan mengajak orang lain untuk sadar akan bahaya sampah plastik, jika tidak dikelola dengan baik, terbuang begitu saja sampai sampah plastik menumpuk sehingga mengakibatkan banjir, bau tidak sedap dan dapat menimbulkan penyakit. Maka dari itu mari kita mengurangi sampah plastik menjadikan barang yang bermanfaat untuk pembuatan ecobrick.

    Salam Bumi Pasti Lestari
    Salam Sadar Iklim
    Salam Zero Waste
    Salam Basuma Jaya Jaya Jaya
    Iki lho arek’e
    Poko’e ngeten pun

    Balas
  • April 17, 2024 pada 13:32
    Permalink

    Waw kak Reva keren bangett bisa budidaya bunga telang, semangat terus untuk berbudidaya lingkungan
    Dan sebelumnya perkenalkan saya adalah
    Niken Wulan Ramadhani ( Peserta putri lingkungan SMP)
    Dari SMPN 24 Surabaya dengan nomor urut peserta 780

    Dengan judul proyek MPnzym waste yakni pengolahan sampah organik menjadi bahan multifungsi

    Sekian terimakasih dari saya
    Salam bumi pasti lestari

    Balas
  • April 18, 2024 pada 09:23
    Permalink

    Webinar tunas Hijau sangat menginspirasi…untuk adik Reva hebat sekali.
    Nama : ABDIE PUTRA DARMAWAN
    Sekolah : SDN SAMBIKEREP 2
    No urut : 277
    Proyek : pengolahan sampah organik menjadi kompos

    Balas
  • April 18, 2024 pada 10:43
    Permalink

    Semangat Reva dengan karyanya dan semoga kmu bisa menggapai cita2 kmu sebagai seorang pengusaha.kmu sangat menginspirasi bagi kami semua anak2 muda.sangat aktif dan peduli terhadap lingkungan.semoga juga tetap konsisten dengan budidaya telangnya
    Aku Cecilia Farah Calysta siswi dari Smpn43 Surabaya dengan proyek Pjka peduli jelantah kita bisa dengan no peserta 980
    Salam Pjka
    Jelantah menjadi rupiah

    Balas
  • April 18, 2024 pada 14:05
    Permalink

    Keren Kak Reva,
    Semangat selalu dan tercapai semua cita-citanya ????

    Intip juga proyekku #maggotbsfbyDW untuk mengurai sampah organik.

    Dewangga
    Nomor urut : 001
    SD Al Hikmah Surabaya
    Proyek #maggotbsfbyDW
    Si Pengurai Sampah Organik

    Balas
  • April 18, 2024 pada 15:17
    Permalink

    Banyak sekali prestasi yang diraih kak Reva. Semoga cita-cita kak Reva tercapai.

    Nama: Abdullah Fattah Ghazali
    Asal sekolah:SDN PACARKELING V
    No.peserta:207
    Judul proyek:Budidaya Cabe

    Balas
  • April 18, 2024 pada 22:14
    Permalink

    sukses selalu reva terus berprestasi dan terus berkarya. Go ahead????

    Queen Anneysa
    Smpn 1 surabaya/600
    Pengolahan sampah organic dengan maggot bsf sebagai pengurainya

    Balas
  • April 19, 2024 pada 11:53
    Permalink

    Keren sekali kak reva…semangat trs kak dalam pengembangan pembudidayaan bunga telangnya…semoga menginsipirasi kita semua kak reva…

    Azka sangaji jiwo panuntun
    SDN BANJARSUGIHAN V/617
    No peserta 015

    Sedikit cerita ttg proyek saya yakni pembuatan pupuk organik cair poc dari limbah rumah tangga dan sampah tanaman.poc bisa digunakan sebagai alternatif pengganti pupuk kimia dan juga poc memiliki kegunaan yg bagus sekalia untuk kesuburan tanah dan tanaman ya teman..teman..

    Balas
  • April 19, 2024 pada 22:39
    Permalink

    Wah keren sekali kak Reva, sangat menginspirasi..
    Semangat ya kak dengan kegiatan membudidayakan bunga Telang….
    Semoga kita semua bisa sukses..
    SALAM BUMI PASTI LESTARI

    Nama: Chiara Aqilah Afis
    Sekolah: SDN BANJAR SUGIHAN V/617 Surabaya
    No peserta: 022
    Proyek: MEMBUAT PUPUK TANAMAN DARI CANGKANG TELUR

    Balas
  • April 19, 2024 pada 23:31
    Permalink

    Wah keren sekali kak Reva sangat menginspirasi saya untuk melangkah maju terus dan tidak kenal lelah dan juga pantang menyerah, semangat terus ya kak Reva dengan membudidayakan bunga telang, semoga kita juga bisa sukses.

    Assalamualaikum Sobat hijau…
    Saya AZRA AQILAH SYAZANI
    Asal sekolah SDN BANJARSUGIHAN V/617 SURABAYA
    NO. Peserta 020
    PROYEK LH:MENGOLAH LIMBAH MINYAK JELANTAH MENJADI LILIN AROMA TERAPI

    Saat ini saya sedang mengembangkan proyek lingkungan hidup saya yaitu mengolah limbah minyak jelantah menjadi lilin aroma terapi manfaat dari proyek lingkungan hidup saya adalah mengurangi limbah minyak jelantah yang terbuang ke dalam saluran pembuangan air.

    Salam Bumi pasti lestari…!!!

    Balas
  • April 20, 2024 pada 09:51
    Permalink

    Kak Reva ini kakak panutanku. Karena sering bertemu saat bersih-bersih pantai atau kegiatan tunas hijau yang lain membuat saya terpacu untuk lebih percaya diri dan semangat agar bisa berprestasi seperti kak reva. Sukses selalu kak.

    Raisa Azzahra Praminda
    SDN Pacarkeling V/186 Surabaya
    No. Peserta 400
    Budidaya sirih cina, liar terabaikan tapi bermanfaat

    Balas
  • April 21, 2024 pada 17:17
    Permalink

    Masya Allah Tabarakallah menginspirasi sekali kak reva dan membuat ku lebih semangat lagi untuk berjuang, karena proyek ku sama yaitu pembudidayaan bunga telang.

    Intip proyek ku yuk di Ig @aqilahizzatunnisapratrista

    Nama : Aqilah izzatunnisa pratrista
    Sekolah : SDN Sambikerep II
    Judul proyek : pembudidayaan bunga telang
    No peserta : 486

    Balas
  • April 22, 2024 pada 13:30
    Permalink

    Masya Allah, keren sekali kak Reva. Sangat menginspirasi dan semoga tambah memberi semangat kita semua.
    Salam kenal kak..
    Semangat Zero Waste
    Salam Bumi Pasti Lestari

    Nama: Rafandra Azka Pradipta
    Sekolah: SD Kyai Ibrahim Surabaya
    No Peserta: 003
    Judul Proyek: Pemanfaatan Limbah Plastik untuk Budidaya Bayam Brazil sebagai upaya mendukung Program Ketahanan Pangan

    Tujuan proyek saya, untuk mengurangi limbah plastik di lingkungan, juga membudidayakan Bayam Brazil supaya masyarakat bisa mandiri mempunyai tanaman sayur yang selalu ada di rumahnya sebagai wujud program Ketahanan Pangan.

    Balas
  • April 25, 2024 pada 20:32
    Permalink

    Wah keren sekali bisa membudidayakan bunga telang yang pastinya kaya akan manfaat!!
    Hai sobat hijau‼️♻️
    perkenalkan nama saya Bintang Putra Rachmanianto dari SMPN 8 SURABAYA salah’ satu peserta pangeran lingkungan hidup dengan nomor urut peserta 609 saya ingin memperkenalkan proyek pangput saya yaitu pecanglur “penggunaan cangkang telur untuk pelestarian alam” dengan judul proyek ini saya mengelola sampah cangkang telur yang terbuang sia” menjadi produk yang manfaatnya banyak lohh!! Bisa juga di sebut Egg Shell all in 1 yukk!!! Ikuti keseruan aksi aku pantengin terus ya aksi” nyata aku dalam menjalankan proyek ini di ig aku yaitu @bintangputra_lh2024 jangan lupa dukung aku ya sobat hijau yuk kita berpartisipasi dalam menjaga lingkungan kita‼️♻️

    Balas
  • April 26, 2024 pada 08:02
    Permalink

    Wahh keren sekali pembudidayaan bunga telang, sangat menginspirasi sekali

    Nama: Fairuz Zahirah Rizki Putri
    No Peserta: 652
    Asal sekolah: SMPN 12 Surabaya
    Judul Proyek: Mengolah Limbah Sayur dan Buah untuk POC

    Proyek saya adalah sebuah inovasi untuk mengurangi limbah organik sayur dan buah untuk pupuk cair

    Balas
  • April 26, 2024 pada 08:18
    Permalink

    bagus dan keren semua, sukses terus yaaa

    Nama = Nihan Laras Tri Mentari
    No.Peserta = 1.214
    Sekolah = SMP Negeri 12
    Kategori = Putri Lingkungan SMP
    Nama proyek = Cocopeat sebagai media tanam

    Dalam proyek saya ini, saya bertujuan untuk mengurangi limbah sampah sabut kelapa dan saya jadikan sebagai media tanam organik, cocopeat juga bisa menjadi pengganti pupuk dan cocok untuk pemula yang mau belajar menanam

    Salam bumi pasti lestari

    Balas
  • April 26, 2024 pada 08:27
    Permalink

    Tetap semangat untuk reva!!

    Nama : Aurelia Putri Septiani
    Asal sekolah : Smpn 12 Surabaya
    No urut peserta : 650
    Judul proyek : pemanfaatan limbah ampas teh

    Ampas teh yang telah saya kumpulkan nantinya akan saya jadikan puluk organik cair.Ampas teh baik bagi tanaman karena memiliki kadar oksigen yang sangat banyak.

    Balas
  • April 26, 2024 pada 08:29
    Permalink

    Nama: Mutiara Afriliya Malik
    Sekolah: SMPN 12 SURABAYA
    No peserta: 660
    Judul proyek: Mengolah kulit bawang menjadi pestisida alami

    Keren sekali aksinya kak Reva, sangat inovatif, semangatt yaa!
    salam bumi pasti lestari

    Balas
  • April 26, 2024 pada 08:36
    Permalink

    Sangat kreatif!! Dengan memanfaatkan tanaman yang ada di sekitar kita

    Nama = Kiane Nadezda Waludri
    No.Peserta = 658
    Sekolah = SMP Negeri 12
    Kategori = Putri Lingkungan SMP
    Nama proyek = ReNew Paper : Solusi Kertas Berkelanjutan
    Dalam proyek saya ini, saya bertujuan untuk menghasilkan kertas daur ulang yang kreatif dengan mengeksplorasi penggunaan daun dan bunga sebagai bahan eksperimen saya.

    Salam bumi pasti lestari

    Balas
  • April 26, 2024 pada 08:37
    Permalink

    Wah keren banget Reva
    Aku suka banget sama proyek kamu dan kebetulan proyek ku sama kayak kamu “Pembudidayaan Bunga Telang”
    Semoga aku juga bisa menjuarai lomba ini ya Reva
    Nama: Khalisha Putri
    Sekolah: SMP Negeri 12 Surabaya
    Proyek: Pembududayaan Bunga Telang

    Balas
  • April 26, 2024 pada 08:39
    Permalink

    Ide yang Kreatif sekali dan bermanfaat!

    Nama: Naura Assyifa Larasati
    No.Peserta: 662
    Sekolah: SMPN 12 Surabaya
    Kategori: Putri Lingkungan SMP
    Nama Proyek: Pengharum Ruangan Alami dari Kulit Jeruk

    Dalam Proyek yang saya ini, Saya bertujuan untuk mengurangi limbah Kulit Jeruk, semoga dengan cara yang saya lakukan bisa menginspirasi dan juga bermanfaat bagi Semuanya ♻️

    Balas
  • April 26, 2024 pada 08:56
    Permalink

    Nama: Farel Athif Purnomo
    Nomor peserta: 397
    Asal sekolah: SMPN 12 SURABAYA
    Proyek: Olah sampah menjadi berkah

    Sangat menginspirasidan mengedukasi.

    Balas
  • April 26, 2024 pada 08:58
    Permalink

    Wahh keren banget,bisa menjuarai 2 kategori lomba
    Nama:Khalisha Putri
    Sekolah:SMP negeri 12 Surabaya
    Proyek:Pembudidayaan bunga telang
    No peserta:654

    Balas
  • April 26, 2024 pada 09:01
    Permalink

    Secara keseluruhan, artikel ini menceritakan tentang prestasi Reva, seorang pembudidaya tanaman bunga telang, yang berhasil menjuarai kompetisi Literasi SDGs Nasional 2023. Prestasi ini menunjukkan bahwa Reva memiliki pemahaman yang baik tentang SDGs dan mampu menerapkannya dalam kegiatan budidaya tanaman bunga telang.

    Balas
  • April 26, 2024 pada 09:04
    Permalink

    Nama: Akbar Jamaludin Mustofa
    No.peserta:395
    Proyek: pestisida ramah lingkungan
    Sekolah: SMP Negeri 12 Surabaya

    Sangat keren,bagus,menarik dan mengedukasi,dan bisa menjadi salah satu contoh kita

    Balas
  • April 30, 2024 pada 09:09
    Permalink

    Masyaallah keren kak Reva, sangat menginspirasi dan memberikan contoh yang baik bagi lingkungan sekitar untuk selalu melestarikan lingkungan

    M. Haykal Adha
    SDN Pacarkeling V/186
    231 SD
    Maggot D OWA
    Maggot decomposing organic waste

    Balas
  • April 30, 2024 pada 16:05
    Permalink

    keren banget Reva, Sanggar menginspirasi banyak orang untuk tetap menjaga lingkungan agar tetap lestari.

    Nama : Dhenis Maulana Ismail
    Sekolah : SMPN 63 Surabaya
    judul Proyek : SAMMILAN
    No Peserta : 605

    SAMMILAN (Sabun Mangrove Minyak Jelantah) adalah proyek saya yang berbahan dasar minyak jelantah dan buah mangrove, kami memilih SAMMILAN karena jami akan mengurangi limbah minyak jelantah dan mengubah pandangan orang orang terhadap buah mangrove. Salam Bumi Lestari ????????

    Balas
  • April 30, 2024 pada 19:42
    Permalink

    Nama : Kezia Jovina Natasha
    Asal Sekolah : SMPN 40 Surabaya
    No. Peserta : 920
    Saat ini Proyek yang saya kembangkan yaitu Budidaya bunga telang. Mengapa saya mengambil proyek tersebut? Karena si bunga telang ini memiliki manfaat yang banyak.

    Wah, reva sangat menginspirasi bagi kita semua, jadi semangat untuk mengikuti lomba apapun itu.

    Balas
  • April 30, 2024 pada 20:18
    Permalink

    Assalamualaikum wr wb

    Halo sobat hijau semua

    Wahh Masya Allah reva keren sekali, memotivasi, dan sangat menginspirasi. Di umur 13 tahun dan berada di kelas 6 SD Reva menjadi Pembudidaya Tanaman Bunga Telang yang Menjuarai Literasi SDGs Nasional 2023.

    Nama : Raihan Jouzu Syamsudin
    ????Sekolah: SMP Negeri 57 Surabaya
    No peserta: 571
    Judul proyek : PEMANFAATAN LIMBAH KULIT BAWANG PUTIH SEBAGAI PEWARNA SINTETIS DALAM PEMBUATAN TINTA SPIDOL.
    Dengan adanya proyek pangputlh saya ini saya dapat mengurangi pembuangan limbah, mengurangi emisi gas metana sehingga menghambat laju global warming, mengurangi penggunaan bahan kimia pada tinta spidol yang dapat merusak pernafasan, kerusakan otak permanen, kerusakan hati, ginjal dan sistem saraf pusat. Rencana kedepan proyek saya ( mengumpulkan kulit bawang putih 150 kg, melakukan grebeg pasar, mengajak seluruh warga SMPN 57/Ibu ibu pkk Siwalankerto untuk mengumpulkan kulit bawang putih ). Dan juga harapannya tinta spidol yang saya buat dapat digunakan di SMPN 57 Surabaya serta dapat diproduksi secara masal dan dipasarkan untuk umum. Saat ini saya sudah mengumpulkan kulit bawang putih sebanyak 29.074 gram.

    Balas
  • Mei 1, 2024 pada 09:33
    Permalink

    Nama: Dini Calista Ivama
    Sekolah: SMPN 35 Surabaya
    Nomor Peserta: 880
    Pengolaha Sampah Organik dengan Magot BSF
    Dalam pemilihan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2024 ini saya melakukan aksi nyata kepedulian lingkungan berkelanjutan dengan memanfaatkan Magot BSE sebagai sarana pengolahan sampah organik. Melalui proyek yang saya jalankan, saya berharap dapat ikut berkontribusi dalam mencegah atau mengurangi perubahan iklim. Dengan mengolah sampah organik melalui media magot BSF berarti saya telah mengurangi timbunan sampah yang kita dan masyarakat hasilkan sehari-hari. Saya melakukan pengolahan sampah organik melalui media magot BSF ini dengan intensitas rata-rata setiap hari dan terkadang sehari dua kali tergantung waktu dan sampah organik yang saya peroleh.

    Wahhh keren banget kak Reva, sangat menginspirasi????

    Balas
  • Mei 1, 2024 pada 09:34
    Permalink

    Nama: Dini Calista Ivama
    Sekolah: SMPN 35 Surabaya
    Nomor Peserta: 880
    Pengolaha Sampah Organik dengan Magot BSF
    Dalam pemilihan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2024 ini saya melakukan aksi nyata kepedulian lingkungan berkelanjutan dengan memanfaatkan Magot BSE sebagai sarana pengolahan sampah organik. Melalui proyek yang saya jalankan, saya berharap dapat ikut berkontribusi dalam mencegah atau mengurangi perubahan iklim. Dengan mengolah sampah organik melalui media magot BSF berarti saya telah mengurangi timbunan sampah yang kita dan masyarakat hasilkan sehari-hari. Saya melakukan pengolahan sampah organik melalui media magot BSF ini dengan intensitas rata-rata setiap hari dan terkadang sehari dua kali tergantung waktu dan sampah organik yang saya peroleh.

    Wahhh keren banget kak Reva, sangat menginspirasi ????????

    Balas
  • Mei 1, 2024 pada 12:51
    Permalink

    Semangat terus kak Reva semoga sukses selalu…

    Nama: Nabila Mahira Putri
    No.Peserta: 292
    Asal sekolah: SDN Margorejo 1/403 Surabaya
    Judul proyek: Self Watering System For Plants dengan memanfaatkan limbah botol plastik
    Penjelasan singkat proyek: Saya memilih proyek ini karena sangat ramah lingkungan, kita menggunakan kembali botol bekas air mineral yang terbuang percuma untuk dimanfaatkan menjadi pot bersumbu pada budidaya tanaman.

    “Salam bumi, Pasti lestari????”

    Balas
  • Mei 19, 2024 pada 10:08
    Permalink

    Menginspirasi sekali Reva!

    Nama Lengkap: Nysrina Aqella
    Nomor Peserta: 764
    Asal Sekolah: SMPN 23 Surabaya
    Judul Proyek: Handycrafts Kain Perca

    Balas
  • Mei 20, 2024 pada 10:59
    Permalink

    Semangat untuk reva!!
    Hallo sobat hijau
    Perkenal kan nama saya Aurelia Putri Septiani dari Smpn 12 Surabaya nomer urut peserta 650 dan mempunyai judul proyek pemanfaatan limbah ampas teh

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *