Abu Gunung Api Mengganggu Penerbangan

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), mengumumkan adanya erupsi Gunung Ruang pada Selasa (30/4/2024) pukul 01.30 WITA dan tinggi letusan teramati kurang lebih 2.000 meter dan menyebar ke arah utara.

Oleh karenanya, Hermana Soegijantoro, Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, menyampaikan  7 bandara ditutup dan ada 50 penerbangan yang terdampak. 7 bandara yang ditutup sementara akibat erupsi Gunung Ruang adalah Bandara Gorontalo, Bandara SIAU/Sitaro, Bandara Bolaang Mongondow, Bandara Tahuna/NAHA, Bandara Pohuwato, Bandara Sam Ratulangi Manado dan Bandara Pogogul.

Kenapa ditutup? Hal ini terkait dengan aturan VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation). VONA awalnya diterapkan oleh Alaska Volcano Observatory yang kemudian diadopsi oleh beberapa negara termasuk Indonesia.

VONA memiliki serangkaian kode dengan warna mulai dari hijau – aman, kuning – tanda-tanda aktivitas, oranye – tanda awal aktivitas atau erupsi minor, dan merah – erupsi utama. Peringatan VONA berada di aplikasi MAGMA Indonesia yang terhubung ke stakeholders nasional maupun internasional seperti Dirjen Perhubungan Udara-Kemenhub, BMKG, Air Nav, Air Traffic Control, Airlines, VAAC Darwin, VAAC Tokyo, dan lain-lainnya.

Ternyata ini karena abu gunung api bisa mengganggu bahkan membuat mesin pesawat mati. Hal ini berdasarkan pengalaman pesawat British Airways dengan pesawat Boeing 747 nomor penerbangan BA 009 yang lepas landas dari Bandar Udara Heathrow untuk menuju tujuan akhir Selandia Baru pada 23 Juni (waktu setempat) di tahun 1982.

Rute penerbangan melayani dari Heathrow hingga Selandia Baru dengan transit di India, Malaysia, dan Australia.  Malam hari di tanggal 24 Juni pesawat ini melintasi langit Jakarta pada pukul 20.34 WIB. Radar menunjukkan cuaca normal tanpa ada anomali apapun. Pada 20.40 WIB, salah satu kru melihat percikan api seperti dari tembakan senapan mesin. Asap pun tampak dan para kru mengira akibat dari kecerobohan penumpang yang merokok. 

Situasi memburuk pada pukul 20.42 WIB ketika Flight Engineer berteriak, “Engine failure number four!”. Kemudian diikuti mesin yang lain dan akhirnya salah satu kru berteriak, “They’ve all gone!”, semua mesin mati.

Pada malam pukul 20.44 WIB, pesawat yang dikomandoi oleh Kapten Eric Moody ini melayang di langit Jakarta tanpa satu pun mesin yang menyala. Pada tanggal 17 Mei 1982 G.Galunggung Jawa Barat erupsi menghasilkan letusan yang lebih eksplosif.

Erupsi utama terjadi pada 3 hingga 5 juni dan 24 hingga 25 Juni. Pada  24-25 Juni srupsi menghasilkan kolom erupsi hingga 20 km dan bergerak ke arah barat. Kolom erupsi ini memotong rute yang dilalui British airways BA 009.

Pesawat kemudian dialihkan ke Jakarta dan berharap agar mesin mereka dapat menyala dan mendarat di sana. Pesawat ini dapat keluar dari awan abu, dan dapat mendaratkan pesawat dengan selamat di Bandar Udara Halim Perdanakusuma. Tak satupun orang terluka. Hasil investigasi pada mesin BA 009 menunjukkan adanya abu vulkanik yang menempel pada keempat mesin pendorongnya.  

Sebaran abu vulkanik ini tidak terdeteksi radar pesawat karena radar dirancang untuk mendeteksi uap air, sementara abu vulkanik Galunggung tersebut kering. Abu vulkanik ini masuk ke dalam mesin pesawat dan meleleh ketika melalui ruang pembakaran. Lelehan ini kemudian akan menempel pada turbin pesawat macet dan gagal mengalirkan udara. Inilah yang membuat mesin BA 009 mati.

Referensi:

Global Volcanism Program, 2013. Galunggung (263140) in Volcanoes of the World, v. 4.8.0. Venzke, E (ed.). Smithsonian Institution. Downloaded 23 Jun 2019 (https://volcano.si.edu/volcano.cfm?vn=263140).

Kode Warna VONA

Warna Hijau : Gunung berapi berada dalam keadaan normal dan tidak meletus, atau, setelah perubahan dari tingkat yang lebih tinggi: Aktivitas gunung berapi dianggap telah berhenti, dan gunung berapi kembali ke keadaan normal dan tidak meletus.

Warna Kuning : Gunung berapi mengalami tanda-tanda peningkatan di atas tingkat sebelumnya. Aktivitas gunung berapi telah menurun secara signifikan namun tetap diawasi secara ketat untuk kemungkinan peningkatan kembali.

Warna orange : Gunung berapi menunjukkan peningkatan kldengan kemungkinan letusan dengan ketinggian kolom di bawah 6000 meter di atas permukaan laut.

Warna merah : Letusan diperkirakan akan segera terjadi dengan emisi abu yang signifikan dengan tinggi kolom di atas 6000 meter di atas permukaan laut.

Penulis: Amien Widodo

15 thoughts on “Abu Gunung Api Mengganggu Penerbangan

  • Mei 13, 2024 pada 18:50
    Permalink

    Ya Allah lindungilah kami semua,
    jangan lupa selalu waspada, erupsi Gunung dengan abu vulkanik juga membahayakan penerbangan.

    Intip juga proyek #maggotbyBSF untuk mengurai sampah organik dan juga sebagai pakan ternak yang bernilai ekonomis mulai dari telur, maggot hingga kasgotnya.

    Dewangga
    No.urut : 001
    SD Al Hikmah Surabaya
    Proyek #maggotbyDW
    Si Pengurai Sampah Organik

    Balas
    • Mei 17, 2024 pada 21:57
      Permalink

      NAMA:Lubna Baiti
      ASAL SEKOLAH:SMPN 42 surabaya
      NO PESERTA:966
      PROYEK:kerajinan silindris dari botol plastik bekas

      Semuanya juga harus tetap berhati hati dan waspada dengan erupsi gunung dengan abu vulkanik. Karena itu semua juga akan menyebabkan kematian, tetap berdoa kepada Tuhan yang maha Esa agar selalu di beri perlindungan kemanapun kita berada

      Balas
  • Mei 17, 2024 pada 21:42
    Permalink

    Sebagai negara yang memiliki gunung aktif tidak perlu takut dan kuatir karena teknologi sudah semakin canggih jadi informasi jika terjadi aktivitas meningkat segera diketahui dan meminimalisir terjadi korban bencana.
    Nama : Areta Alfu Qomaroo Ulumuddin
    Sekolah : SDN Jemurwonosari I/417 Surabaya
    Nomer peserta : 100
    Budidaya Bunga Telang dobel manfaatnya, satu lingkungan menjadi hijau asri . Dua manfaat kesehatan karena kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan.

    Balas
  • Mei 18, 2024 pada 12:36
    Permalink

    Tetap waspada dan mengikuti aturan yang ada untuk menghindari terjadinya kecelakaan dan korban akibat erupsi Gunung Ruang. Karena abu vulkanik bisa mengganggu penerbangan, bahkan membuat mesin pesawat mati, jadi ada 7 bandara yang ditutup. Semoa kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT.

    Nama : Naura Novani
    Sekolah : SMP Negeri 5 Surabaya
    No.Peserta : 1032
    Judul Proyek : Budidaya Jamur
    Saya melakukan budidaya jamur karena banyak manfaat dari jamur, diantaranya dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

    Balas
    • Mei 19, 2024 pada 06:51
      Permalink

      halo sobat hijau semua perkenalkan nama saya Zahra Zahiyah Pasah dengan nomor peserta 1098 dari smp negeri 57 Surabaya.
      proyek yang akan saya angkat pada pangput lh 2024 ini adalah:
      obat nyamuk elektrik ramah lingkungan dengan memanfaatkan ekstrak lidah buaya

      Balas
      • Mei 20, 2024 pada 08:54
        Permalink

        Tetap waspada dan mengikuti aturan yg ada untuk menghindari terjadinya kecelakaan dan korban akibat erupsi gunung ruang.karena abu vulkanik bisa mengganggu penerbangan, bahkan bisa membuat mesin pesawat mati.
        Semoga ALLAH SWT melindungi kita dari semua musibah

        Nama lengkap :Melati Sekar Arum Berliana Damayanti
        Nomor peserta :454
        Asal sekolah :SDN PLOSO 3 SBY
        Judul proyek : Beling Sigar (Bersih lingkungan dengan sirih gading udara jadi segar )

        Balas
    • Mei 20, 2024 pada 08:52
      Permalink

      Tetap waspada ya teman teman!
      Nama : Naila Putri Divia
      Sekolah : SMP Negeri 16 Surabaya
      No. Peserta : 706
      Nama proyek : Leafy Elixir
      Leafy elixir adalah sebuah proyek pemanfaatan dan riset pada tanaman Centella Asiatica. Centella Asiatica ini akan di manfaatkan menjadi crystal jelly yang memiliki beragam khasiat, selain itu dalam proyek ini akan di lakukan riset mengenai ke efektivan Centella Asiatica untuk di jadikan masker wajah dan toner.

      Balas
  • Mei 20, 2024 pada 10:44
    Permalink

    Abu gunung api yang mengganggu penerbangan adalah masalah serius yang dapat berdampak pada keselamatan penerbangan dan kesehatan manusia. Abu gunung api dapat menyebabkan gangguan pada mesin pesawat terbang dan mengurangi jarak pandang pilot, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.
    Untuk mengatasi masalah ini, pihak berwenang biasanya akan menutup jalur penerbangan yang terpengaruh oleh abu gunung api dan memberikan peringatan kepada maskapai penerbangan untuk menghindari daerah tersebut.

    Nama = Kiane Nadezda Waludri
    No.Peserta = 658
    Sekolah = SMP Negeri 12
    Kategori = Putri Lingkungan SMP
    Nama proyek = ReNew Paper : Solusi Kertas Berkelanjutan
    Dalam proyek saya ini, saya bertujuan untuk menghasilkan kertas daur ulang yang kreatif dengan mengeksplorasi penggunaan daun dan bunga sebagai bahan eksperimen saya.

    Salam bumi pasti lestari

    Balas
  • Mei 20, 2024 pada 10:48
    Permalink

    Tetap waspada ya teman teman

    Nama: Fairuz Zahirah Rizki Putri
    Asal Sekolah: SMP Negeri 12 Surabaya
    No Peserta: 652
    Judul Proyek: Mengolah Limbah Sayur dan Buah untuk POC
    Proyek saya adalah sebuah inovasi untuk mengurangi limbah organik sayur dan buah menjadi pupuk organik cair yang lebih bermanfaat untuk lingkungan sekitar

    Balas
    • Mei 20, 2024 pada 10:50
      Permalink

      YaAllah lindungilah kami semua agar selamat dunia dan akhirat Aamin Aamin
      Hallo sobat hijau
      Perkenal kan nama saya Aurelia Putri Septiani dari Smpn 12 Surabaya nomer urut peserta 650 dan mempunyai judul proyek pemanfaatan limbah ampas teh

      Balas
  • Mei 20, 2024 pada 10:50
    Permalink

    semoga kita semua terlindungi dari bencana alam, tetap waspada semuanyaa!

    nama: ailsa nabila shalihah
    sekolah: smp negeri 12 surabaya
    nomor urut: 648
    proyek saya adalah pemanfaatan limbah cangkang telur menjadi pupuk organik yang kaya kalsium, mudah diolah dan tentunya sangat bermanfaat untuk tanaman anda. salam bumi pasti lestari!

    Balas
  • Mei 20, 2024 pada 11:08
    Permalink

    Nama: Naura Assyifa Larasati
    Sekolah: SMPN 12 Surabaya
    No.Peserta: 662
    Nama Proyek: Pengharum Ruangan Alami dari Kulit Jeruk

    Dalam Proyek Saya ini saya bertujuan untuk mengurangi limbah Kulit Jeruk, semoga dengan cara yang saya lakukan bisa bermanfaat dan menginspirasi sekitar.

    Balas
  • Mei 20, 2024 pada 11:21
    Permalink

    Nama peserta: Mutiara Afriliya Malik
    Nomor urut: 660
    Asal sekolah: SMPN 12 Surabaya
    Nama proyek: Mengolah kulit bawang menjadi pestisida alami

    Balas
  • Mei 20, 2024 pada 15:33
    Permalink

    Hai semua!!
    Dari artikel ini saya belajar tentang bahaya nya abu gunung api,terutama untuk jalur penerbangan yang bisa saja melukai penumpang pesawat,maskapai pesawat,dan juga pilot pesawat tersebut,walaupun terlihatnya seperti hal yang sepele tapi apa salah nya jika kita selalu waspada terhadap lingkungan sekitar kita,jadi semoga kita selalu di lindungi oleh Allah SWT di mana pun dan kapan pun

    Nama: Khalisha Putri
    Sekolah: SMPN 12 Surabaya
    Nomor urut: 654
    Proyek saya yaitu pembidudayaan Bunga Telang,yang bermanfaat untuk menghijaukan lingkungan sekitar,dan juga sangat bermanfaat bagi kita yang mengonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan.
    Salam bumi pasti lestari!!

    Balas
  • Mei 21, 2024 pada 17:31
    Permalink

    Teknologi yang berkembang dapat mendeteksi abu gunung api sehingga bisa mengatur jalannya penerbangan.

    Raisa Azzahra Praminda
    SDN Pacarkeling V/186 Surabaya
    No. Peserta 400
    Budidaya sirih cina

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *