Malik Zabran, Bocah Pembudidaya 15 Ribu Tanaman Bunga Rosella

Bocah ini pantang menyerah dalam melakukan budidaya tanaman bunga rosella. Kegagalan dalam melakukan pembibitan tahap awal, tidak menyurutkan semangatnya untuk terus membudidayakan tanaman yang dikenal dengan khasiatnya untuk minuman herbal kaya manfaat ini. Malik Zabran Kendra Zahabi, namanya. Dia kini siswa kelas 5 SDN Ketabang I Surabaya. 

Kegigihannya dalam membudidayakan tanaman bunga rosella berbuah predikat Pangeran III Lingkungan Hidup 2023 SD pada Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau ID bersama Pemerintah Kota Surabaya dan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur, serta didukung oleh PT Dharma Lautan Utama dan PDAM Surya Sembada.

“Selama tahun 2023, saya telah membudidayakan 15.316 tanaman bunga rosella,” kata Zabran, panggilan akrab Malik Zabran Kendra Zahabi, yang kini siswa kelas 5 SDN Ketabang I Surabaya. Zabran memulai pembibitan tanaman rosella itu sejak masih kelas 4.

Lahan kosong di tepi sungai di seberang rumah Zabran dimanfaatkan untuk budidaya tanaman bunga rosella. Foto September 2023

Pembibitan tanaman bunga rosella itu banyak dilakukan oleh Zabran di pekarangan rumahnya di Jalan Kalijudan Surabaya. “Tanaman bunga rosella yang sudah cukup besar biasanya saya rawat di lahan kosong di sekitar tempat tinggal saya. Termasuk juga lahan kosong di tepi sungai di sebarang rumah saya,” kata bocah kelahiran 5 Juli 2012 ini.

Hampir setiap hari, selama tahun 2023, dimanfaatkan oleh Zabran untuk membudidayakan, merawat dan memanfaatkan tanaman dengan bunga berwarna merah ini. “Di rumah, kedua orang tua dan kakak saya selalu membantu saya mengembangkan proyek budidaya tanaman rosella ini,” terang putra ketiga pasangan Arief Sandra dan Ineke Kusuma Wardhani ini.

Dalam tiga bulan pertama melakukan budidaya tanaman rosella ini, Zabran mendapati ribuan tanamannya mati. “Lebih dari 1000 penyemaian benih tahap pertama tidak tumbuh karena curah hujan yang cukup tinggi. Banyak juga saya mendapati benih yang sudah tumbuh menjadi mati karena tikus dan kucing,” lanjut bocah kelahiran Kabupaten Bojonegoro ini. 

Lahan kosong di sekitar rumah Zabran juga dimanfaatkan menjadi Taman Rosella dengan bantuan kepala SDN Ketabang I dengan para guru dan lurah setempat. Foto September 2023

Zabran juga mendapati cukup banyak tanaman rosella budidayanya yang mati karena hama kutu putih. “Cukup banyak juga tanaman rosella budidaya saya mati karena kurangnya sinar matahari,” terang Malik Zabran Kendra Zahabi, yang juga peraih predikat Juara I Public Speaking Pangeran Lingkungan Hidup 2023 SD ini.

Kendala yang dihadapi selama budidaya rosella dalam 3 bulan pertama ini disikapi Zabran dengan melakukan studi banding kepada Dealove, senior finalis putri lingkungan hidup 2022, di lahan pembibitan tanaman rosella yang dikembangkan di Rungkut Mapan. Pada studi banding inim Zabran didampingi orang tua dan guru pembinanya.

Zabran juga aktif melalukan sosialisasi kepada masyarakat untuk membudidayakan tanaman sunga rosella. Dia bahkan sudah sosialisasi kepada 4.725 orang. Zabran juga aktif membina 3 kampung di sekitar tempat tinggalnya dan merealisasikan 2 Taman Rosella. Dia juga memproduksi makanan minuman dari bunganya menjadi puding rosella, selai rosella, sirup rosella, dan brownies kukus rosella.

Lebih 15 ribu tanaman bunga rosella dibudidayakan oleh Zabran di rumah. Dia dibantu kedua orang tua dan kakaknya. Foto September 2023

Kiat budidaya tanaman rosella ala Malik Zabran adalah sebagai berikut:

  1. Pasang paranet di atas tempat pembibitan tanaman rosella. Khususnya bila sinar matahari di area tersebut terasa sangat terik saat siang hari. Pemasangan paranet juga sangat bermanfaat untuk melindungi pembibitan tanaman rosella saat hujan lebat pada musim penghujan
  2. Saat melalukan penyemaian biji tanaman rosella, sebaiknya ditempatkan di area yang tidak terkena sinar matahari langsung, bahkan sebaiknya ditaruh di tempat yang gelap. Tapi paling lama seminggu, setelah pecah biji dan tumbuh tunas tanaman, segera tempatkan tanaman di area yang bisa mendapatkan sinar matahari
  3. Pindahkan tanaman rosella ke polybag atau media tanam yang lebih besar bila memang sudah tumbuh lebih besar. Pemindahan ini akan semakin mempercepat pertumbuhan tanaman rosella
  4. Berikan pupuk organik secukupnya secara berkala setiap bulan sekali. Atau paling lama tiap tiga bulan. Pupuk organik ini bisa berupa pupuk cair, kompos padat atau pupuk cangkang telur. Pemberian pupuk organik akan mempercepat pertumbuhan tanaman, termasuk akarnya. Namun tidak akan mencemari tanah dan sekitarnya.
Zabran banyak mengolah bunga rosella hasil budidaya tanamannya untuk minumal herbal

Zabran juga aktif melakukan sosialisasi manfaat tanaman rosella kepada masyarakat. Manfaat rosella yang sering disosialisasikan oleh Zabran, adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan tekanan darah

Lonjakan tekanan darah dalam tubuh menjadi sumber masalah kesehatan yang serius, seperti jantung, stroke, gagal jantung, dan penyakit ginjal. 

2. Menurunkan kolesterol

Kolesterol adalah jenis lemak yang berfungsi membangun dinding dalam sel (membran sel) dalam tubuh. Meski bermanfaat, jika kadarnya melebihi batas normal, kolesterol akan menumpuk dalam pembuluh darah.

3. Mendukung penurunan berat badan

Mengonsumsi ekstrak rosella dapat mendukung penurunan berat badan sehingga efektif untuk mencegah obesitas. Namun, belum pasti apakah konsumsi bunga rosella secara langsung sebagai teh dapat memberikan hasil yang sama. 

4. Melawan bakteri

Selain itu, ekstrak bunga rosella juga dapat mengendalikan jenis bakteri tertentu dalam tubuh atau bersifat antimikroba. Ini adalah kemampuan suatu zat untuk melawan sekaligus menghambat pertumbuhan mikroorganisme penyebab infeksi atau penyakit. Beberapa jenis mikroorganismenya, termasuk bakteri, virus, jamur, dan parasit.

5. Menjaga kesehatan hati

Manfaat bunga rosella selanjutnya yaitu menjaga kesehatan hati. Kegunaan ini berasal dari ekstrak bunga yang bekerja dengan melindungi organ hati dari paparan racun penyebab penyakit hati. 

6. Mencegah kanker

Hibiscus sabdariffa mengandung senyawa yang dapat mencegah kanker, yaitu polifenol. Sebuah studi menemukan adanya efek potensial ekstrak rosella pada sel kanker. Salah satunya yaitu efektivitasnya dalam mencegah penyebaran sel kanker prostat pada manusia. 

Bunga rosella banyak memiliki manfaat kesehatan dengan mengolahnya menjadi makanan dan minuman

7. Mendukung kesehatan pencernaan

Bunga rosella dalam bentuk suplemen bersifat diuretik dan tonik yang baik untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan. Sebab, keduanya dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air kecil dan besar. Karena ini, kamu bisa terhindar dari sembelit, bahkan kanker kolorektal.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Hibiscus sabdariffa kaya akan asam askorbat. Ini adalah senyawa kimia yang populer dengan sebutan vitamin C. Nutrisi penting ini sangat penting untuk meningkatkan dan merangsang aktivitas kekebalan tubuh.

Tanaman bunga rosella ini juga memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi serta antioksidan. Dengan begitu, rosella dapat membantu melindungi dari penyakit akibat bakteri atau virus, seperti flu. Selain itu, tanaman ini juga dapat mengatasi ketidaknyamanan akibat demam.

9. Menjaga kesehatan mental

Manfaat lainnya dari rosella berasal dari kandungan flavonoid yang memberikan efek antidepresan. Kandungan ini bekerja dengan menenangkan sistem saraf sekaligus menurunkan kecemasan. Hal ini akan menciptakan sensasi rileks pada pikiran maupun tubuh.

10. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat mengonsumsi minuman herbal bunga rosella bisa menjaga kesehatan kulit. Sebab, ekstrak bunganya memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan jerawat sekaligus meningkatkan kecerahan kulit.

Penulis: Mochamad Zamroni

34 thoughts on “Malik Zabran, Bocah Pembudidaya 15 Ribu Tanaman Bunga Rosella

  • Mei 27, 2024 pada 17:07
    Permalink

    Saya akan mengikuti jejak malika zabran.
    Tanaman asem saya masih 6.120
    Besuk akan lebih banyak menanam lagi dan membagikannya kepada warga masyarakat lainnya

    rafardhanattalla2014
    No. Peserta 251
    SDN PAKIS III/370 Surabaya

    Balas
  • Mei 27, 2024 pada 17:13
    Permalink

    Wow Malik harus kita contoh karena kita harus melakukan penghijauan untuk melestarikan lingkungan

    Siswa Alvino Tyar Flannagan Matutina
    Nopst 465
    Proyek Budidaya tanaman cabai untuk dijadikan daun teh herbal

    Balas
  • Mei 27, 2024 pada 17:17
    Permalink

    Keren Zabran…. semangat terus ya berbudidaya Rosella, memang benar dari kelopak bunga Rosella banyak manfaat untuk kesehatan.

    Nama Ni Luh Gede Reva Dealove Valentcia Atmaja
    Sekolah SMPN 35 Surabaya
    judul Proyek Budidaya Rosella
    Nomor peserta 888

    Balas
  • Mei 27, 2024 pada 17:27
    Permalink

    Semangat teman – teman pejuang hijau, jangan pernah lelah dan menyerah menjalankan proyek kalian. Apapun halang rintang yang kalian hadapi, yakinlah bahwa kalian adalah manusia yang terpilih untuk melestarikan lingkungan. Tetaplah berjuang, berusaha, bergerak dan poduktif

    Balas
    • Mei 29, 2024 pada 18:42
      Permalink

      Hebat Zabran sudah menanam tanaman sebanyak itu.Buat kita semua semangat para pejuang tunas hijau. Ayo selalu semangat dan pantang menyerah dalam
      penghijauan.
      Nama:Rizqi Fawaz Alfarizi
      Dari SDN Lidah Kulon 1Surabaya
      Nomer peserta:133
      Judul proyek:Budidaya Aloe Vera Untuk Masker Wajah

      Balas
  • Mei 27, 2024 pada 17:59
    Permalink

    Wah keren kak zabran terus berjuang dalam penghijauan kak.
    Eno Wahyu kamagading
    Sdn pacarkeling 1/182 surabaya
    Putri7 LH2023

    Balas
  • Mei 27, 2024 pada 21:53
    Permalink

    Wow keren kakak Malik Zabran bergerak untuk bumi.. in sha Allah saya bisa berjuang seperti kakak malik zabran..

    Nama : Aliya Azzahra Shidqia Rafani
    Sekolah : SDN Kaliasin 1 Surabaya
    Proyek : Pengomposan
    Calon putri lingkungan hidup tahun 2024 dengam nomor 108

    Balas
  • Mei 27, 2024 pada 22:28
    Permalink

    Hebat adik Zabran, semangat selalu untuk budidaya bunga Rosella, banyak manfaat untuk kesehatan. Semoga kita semua bisa meniru kegigihan dan usaha adik Zabran.

    Nama : Naura Novani
    Sekolah : SMP Negeri 5 Surabaya
    No.Peserta : 1032
    Judul Proyek : Budidaya Jamur
    Saya melakukan budidaya jamur karena banyak manfaat dari jamur, diantaranya dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

    Balas
  • Mei 28, 2024 pada 13:57
    Permalink

    Assalmualaikum malik salam kenal ya, salut banget melihat jerih payah malik melihat bunga rosella yang banyak mati karena ada hama dan tikus yang menyerang,, memang bandel tu tikus selain suka nyuri ikan suka juga ya makan tanaman hheheh,mengingat banyaknya manfaat dari bunga rosella ini, malik harus tetap semangat ya karena pastinya banyaklah ribuan manusia yang terselamatkan bila malik lebih banyak lagi membudidaya rosella… ok semangat n sukses slalu ya….
    by Verlita Anggraini Putri
    smpn 19 surabaya
    no peserta 720
    proyek Utilization of Egg Shell Waste

    Balas
  • Mei 28, 2024 pada 14:17
    Permalink

    Hebat Zabran, semangat untuk budidaya bunga rosella, banyak manfaat untuk kesehatan.

    Nama: Najwa Elmira Mutiara Ramadhani
    Asal sekolah: SMPN 23 Surabaya
    No urut peserta: 760
    Judul proyek: Bucin “Budidaya Cincau”

    Balas
  • Mei 28, 2024 pada 15:23
    Permalink

    Hebat zabran, unt membudidaya tanaman bunga rosella. Membuat motivasi saya untuk menanam bawang merah yang semakin banyak. Terima kasih ya zabran.
    Nama : Bisma Saputra
    Kelas : 4 SD.
    Sekolah : SDN. Karah III Surabaya
    No peserta : 107
    Nama proyek : pestisida nabati dari kulit bawang merah dan bawang putih.

    Balas
  • Mei 28, 2024 pada 15:45
    Permalink

    Hebat mas zabran walau sempat gagal dalam budidaya Rosella di awal² tapi tdk menyerah dan sekarang sdh bersahil, tetap semangat Krn tanaman Rosella sangat banyak sekali manfaatnya.
    Nama : ABDIE PUTRA DARMAWAN
    Sekolah : SDN SAMBIKEREP 2
    No urut : 277
    Proyek : pemanfaatan sampah organik menjadi kompos

    Balas
  • Mei 28, 2024 pada 17:38
    Permalink

    Keren banget Malik Zabran dengan tanaman budidayanya bunga Rosella..
    Bunganya Cantik, Rasanya segar, Kaya manfaat dan disukai banyak orang…

    Semoga semakin sukses ya Malik…

    .

    Salam.
    Aisyah avicena rl
    Putri Lingkungan Hidup tahun 2023SD
    Eco Student of The Year tahun 2023SD

    Balas
  • Mei 28, 2024 pada 17:56
    Permalink

    wowwww Keren Zabrannn…. semangat terus ya berbudidaya Rosella nya.

    By Raihan Jouzu Syamsudin dari SMP Negeri 57 Surabaya no peserta 571. Judul proyek ” Pemanfaatan Limbah Kulit Bawang putih Sebagai Pewarna Sintetis Dalam Pembuatan Tinta Spidol”

    Balas
  • Mei 28, 2024 pada 21:55
    Permalink

    Wah hebat sekalii zabran, sikap pantang menyerahnya patut untuk kita tiru. Semangat untuk kita semua yang sedang menjalani proyek masing-masing. Semoga saya bisa mengikuti jejak zabran. Terimakasih atas motivasinya

    Nama : Faqih Abdillah
    Sekolah : SDN Margorejo 3
    No. Peserta : 187
    Proyek : Budidaya SiMerLia (Sirih Merah dan Lidah Buaya)

    Balas
  • Mei 29, 2024 pada 00:56
    Permalink

    Proyeknya sangat bermanfaat untuk kesehatan, nice. Keren, Tetap semangat meski banyak tantangan yang dihadapi.

    Muhammad Aldo Suprapto
    Kelas VIII / SMP Negeri 1 Surabaya
    Nomor Peserta 359
    Judul Proyek: SICANGLUR
    ( Kreasi Cangkang Telur )

    Pada Tahun 2023 Saya masuk 10besar Finalis dengan Proyek LURCANGLUR (Lulur Cangkang Telur). Semoga di 2024 pencapaiannya bisa lebih banyak dan lebih baik. Saya berharap bisa mensosialisasikan kepada Masyarakat luas betapa pentingnya memisahkan sampah organik dan sampah anorganik. Terima kasih.

    Balas
  • Mei 29, 2024 pada 22:40
    Permalink

    Keren sekali zabran semoga dapat selalu menginspirasi dengan tanaman Rosella nya

    Nama: Nevan Azka Fiardy
    Sekolah: SMPN 1 SBY
    No. Peserta: 361

    Proyek Nevan adalah organic waste bank, mengubah sampah menjadi cuan

    Balas
  • Mei 30, 2024 pada 12:32
    Permalink

    Keren sekali, semangat terus ya untuk semuanya

    Nama:azkia Mutia azzahra
    Sekolah:SDN peneleh 1
    No peserta: 424

    Balas
  • Mei 30, 2024 pada 17:18
    Permalink

    Keren, semoga sukses selalu

    Raisa Azzahra Praminda
    SDN Pacarkeling V/186 Surabaya
    No. Peserta 400
    Budidaya sirih cina

    Balas
  • Mei 30, 2024 pada 21:03
    Permalink

    Semoga semangatnya nular ke aku ya kak…bismillah sukses

    Hafidza afero ramadhani
    SDN sawunggaling VII surabaya
    No peserta 504

    Intip proyekku
    Dengan kompos bumiku menghijau

    Balas
  • Mei 31, 2024 pada 16:47
    Permalink

    Bunganya cantik dan kaya manfaat

    Nama : Areta Alfu Qomaroo Ulumuddin
    Sekolah : SDN Jemurwonosari I/417 Surabaya
    Nomer peserta : 100
    Judul Proyek Budidaya Bunga Telang. Menanam bunga Telang dobel manfaatnya, satu lingkungan menjadi hijau asri . Dua manfaat kesehatan karena kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan.

    Balas
  • Juni 1, 2024 pada 15:17
    Permalink

    Nama : Syamsa Arundina
    Sekolah : SDN Gayungan 1/422
    No. Peserta : 064
    Judul Proyek : Budidaya Bawang Dayak

    Keren sekali Zabran bisa membudidayakan tanaman Rosella yang banyak. Dan ternyata tanaman Rosella memiliki banyak sekali manfaat. Ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

    Balas
    • Juni 1, 2024 pada 19:47
      Permalink

      Wah ternyata tanaman Rosella banyak sekali manfaatnya.selain untuk daya tahan tubuh Rosella juga baik untuk antioksidan
      Aku Cecilia Farah Calysta siswi dari Smpn43 Surabaya dengan proyek Pjka peduli jelantah kita bisa no peserta 980

      Balas
  • Juni 1, 2024 pada 19:47
    Permalink

    Wah ternyata tanaman Rosella banyak sekali manfaatnya.selain untuk daya tahan tubuh Rosella juga baik untuk antioksidan
    Aku Cecilia Farah Calysta siswi dari Smpn43 Surabaya dengan proyek Pjka peduli jelantah kita bisa no peserta 980

    Balas
  • Juni 4, 2024 pada 09:09
    Permalink

    Semangat dalam membudidayakan rosella.

    Nama: Naura Assyifa Larasati
    Sekolah: SMPN 12 Surabaya
    Nomor Peserta: 662
    Nama Proyek: Pengharum Ruangan Alami dari Kulit Jeruk

    Dalam Proyek ini saya bertujuan untuk mengurangi limbah Kulit Jeruk, semoga dengan cara yang saya lakukan bisa menginspirasi dan juga bermanfaat bagi sekitar.

    Balas
  • Juni 5, 2024 pada 08:29
    Permalink

    Halo haloo sobat hijauuu!!

    Gimana nihhh kabarnya?
    Anyway,kalian udah baca artikel di atas?
    Is very very awesome!!!

    Oke oke mari kita berkenalan dulu yahhhh!!!
    Namaku Niken Wulan Ramadhani panggil aja Niken dengan nomor peserta 780 dengan judul proyek MPnzym waste

    Apa itu MPnzym waste?
    -Pengolahan sampah organik menjadi ECO enzym..

    Makasih

    Balas
  • Juni 6, 2024 pada 14:06
    Permalink

    Keren Kak Zabran, bunga rosella memang banyak manfaatnya, daunnya pun juga bisa di masak sebagai pelengkap sayur asem (enak banget)

    Rasyid Maulana Riffat
    Nomor Peserta 241 SD
    SDN Pacarkeling V/186 Surabaya
    Project budiros nyakman selalu di hati (Budidaya Rosella Banyak Manfaatnya)

    Terima kasih

    Balas
  • Juni 6, 2024 pada 14:12
    Permalink

    Hebat sekali semangatnya,
    Semoga bisa terus menjadi pelopor pecinta lingkungan hidup di sekitar.

    Namaku Christophora Hollyrossary
    Dari SDN Kandangan III Surabaya
    No Peserta 142
    Judul Proyekku Pembuatan dan Penggunaan Eco Enzyme dalam Kehidupan Sehari-hari
    Yuk intip di IG
    @gerarda.venantia

    #tunashijauid
    #pangeranputrilh2024sd
    #pangputlh2024
    #pangputlh2024_142
    #SDNKandanganIII/621_christophora
    #sdnkandangan3_christophora
    #sdnkandangan3surabaya_christophora
    #SDNKandanganIII
    #sdnkandangan3
    #targetproyekPangeranPutriLH2024SD
    #SDNKandanganIII #pangeranputrilh2024SD_142

    Balas
  • Juni 6, 2024 pada 20:03
    Permalink

    Hebat kak Zabran, rosella memang banyak kegunaannya, kecut segar banyak manfaatnya.

    Intip juga proyekku Maggot BSF by DW Si Pengurai Sampah Organik yang bernilai ekonomis.

    Dewangga Kasyafa Prestian
    No. urut : 001
    SD Al Hikmah Surabaya
    Proyek Maggot BSF by DW
    Si Pengurai Sampah Organik

    Balas
  • Juni 11, 2024 pada 20:17
    Permalink

    kita masih belum terlambat untuk mulai menghijaukan bumi kita, Semangat teman – teman pejuang hijau, jangan pernah lelah dan menyerah menjalankan proyek kalian

    haloo sobat hijau..
    Perkenalkan ????????
    nama : Rahayu wandira
    no peserta : 768
    sekolah : SMP NEGERI 23 SURABAYA
    proyek : membudidayakan tanaman Aloe Vera
    saya sebagai peserta pangeran dan putri lingkungan hidup 2024

    saya ikut berpartisipasi mendukung adanya pangeran putri lingkungan hidup dengan cara membudidayakan tanaman aloe vera yang sulit ditemukan. dengan adanya program ini saya akan membudidayakan dan memanfaatkan tanaman aloe vera sebagai makanan, minuman, hand sanitizer

    mari kita ikut serta dalam penghijauan dan pelestarian lingkungan di kota pahlawan

    salam bumi pasti lestari

    Balas
  • Juni 11, 2024 pada 20:17
    Permalink

    kita masih belum terlambat untuk mulai menghijaukan bumi kita, Semangat teman – teman pejuang hijau, jangan pernah lelah dan menyerah menjalankan proyek kalian

    haloo sobat hijau..
    Perkenalkan ????????
    nama : Rahayu wandira
    no peserta : 768
    sekolah : SMP NEGERI 23 SURABAYA
    proyek : membudidayakan tanaman Aloe Vera
    saya sebagai peserta pangeran dan putri lingkungan hidup 2024

    saya ikut berpartisipasi mendukung adanya pangeran putri lingkungan hidup dengan cara membudidayakan tanaman aloe vera yang sulit ditemukan. dengan adanya program ini saya akan membudidayakan dan memanfaatkan tanaman aloe vera sebagai makanan, minuman, hand sanitizer

    mari kita ikut serta dalam penghijauan dan pelestarian lingkungan di kota pahlawan

    salam bumi pasti lestari

    Balas
  • Juni 12, 2024 pada 15:26
    Permalink

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Hai Sobat Hijau

    Perkenalkan nama saya MUHAMMAD KHABIBI NUR ROKHMAN
    Saya dari SDN BANJARSUGIHAN V/617 SURABAYA
    No.Peserta 017
    Proyek Lingkungan Hidup saya adalah pengurangan sampah plastik untuk pembuatan ecobrick.

    Wah keren dan hebat Kak Zabran. Budidaya tanaman rosella sangat banyak manfaatnya. Aksi Kak Zabran sangat menginspirasi untuk tetap semangat melangkah maju ke depan.

    Dan jangan lupa intip proyek lingkungan hidup saya yaitu pengurangan sampah plastik untuk pembuatan ecobrick. Disini saya menghimbau dan mengajak orang lain untuk sadar akan bahaya sampah plastik jika tidak dikelola dengan baik, terbuang begitu saja sampai sampah plastik menumpuk sehingga mengakibatkan banjir, bau tidak sedap dan dapat menimbulkan penyakit. Maka dari itu mari kita mengurangi sampah plastik dan menjadikan barang yang bermanfaat untuk pembuatan ecobrick.

    Salam Bumi Pasti Lestari
    Salam Sadar Iklim
    Salam Zero Waste
    Salam Basuma Jaya Jaya Jaya
    Pokoe ngeten pun

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *