World Water Forum #10 “Air Menurut Al Quran”

Hampir tiap hari kita berdoa agar selalu ditunjukkan jalan yang lurus bukannya jalannya orang orang yang dholim. Pada kenyataannya, kita melakukan kedholiman pada alam, pada air yang semestinya kita harus jaga keberadaannya dan keadaannya.

Karena air sumber kehidupan dan juga bisa diartikan sumber penyakit bahkan sumber kematian. Artinya kalau kita tidak bisa menjaga keberadaan dan kualitas air itu maka kita bisa sakit, bisa sakit mental bahkan mati.

Air adalah unsur penting agar makhluk dapat hidup dan menjaga kelangsungan huidupnya. Selain itu, pada kenyataannya, sebagian besar tubuh makhluk hidup terdiri dari air. Penyataan tentang sumber kehidupan bermula dari air disebutkan dalam Al-Quran surah Al-Anbiya ayat 30: “Dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air; maka mengapa mereka tidak beriman?” (Al-Anbiya: 30).

Manfaat mendasar air bagi kehidupan makhluk-makhuk di bumi tersurat “Dialah yang telah menurunkan air (hujan) dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuhan, padanya kamu menggembalakan ternakmu. (An-Nahl: 10)

Planet Bumi memiliki tubuh air terbesar terdapat di laut sebesar 97 persen dan hanya 3 persen merupakan air tawar yang kita digunakan untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Dari sejumlah air tawar tersebut 2/3 adalah gletser dan es di kutub yang berfungsi menstabilkan iklim global. Artinya 1 persen saja yang dapat dimanfaatkan 7 milyar jiwa manusia di dunia.

Jumlah air yang terbatas dan semakin banyaknya manusia menyebabkan terjadinya krisis air. Krisis air bersih juga bisa terjadi karena kualitas air tawar semakin rusak akibat salah kelola. Perebutan penggunaan air bersih untuk berbagai penggunaan menyebabkan hilangnya akses yang layak terhadap air bersih bagi sebagian orang. Perilaku boros air bersih menyebabkan semakin banyak lagi orang yang kehilangan akses terhadap air bersih.

Perintah Allah untuk Mengukur Air

Dalam Al Quran tersurat pada ayat Al Mukminun : 18 : “Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya.”

Dan dalam Az Zukhruf 43:11 : “Dan Yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu Kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, …..” ; dalam Ar Ra’d : 17 : “Allah telah menurunkan air (hujan) dari langit, maka mengalirlah air di lembah-lembah menurut ukurannya…”

Dan dalam QS Az Zumar : 21 :”Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu ia menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.”

Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Selama ini tidak diajarkan untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi dan mengukur di suatu daerah aliran sungai (DAS) jumlah air yang turun dari langit (air hujan), jumlah yang tersimpan (air tanah) dan jumlah air yang mengalir.

Selama ini hanya menggunakannya saja tanpa upaya melindungi dan konservasi. Sebagai contoh yang banyak terjadi saat ini yaitu eksploitasi hutan gunung sehingga terjadi penurunan jumlah air yang meresap dan > 80% mengalir sebagai air banjir membawa tanah sedimen yang akan mendangkalkan sungai/waduk. Air tawar bersih akan terbuang sia-sia ke laut. Ancaman kekeringan akan terjadi.

Penulis: Amien Widodo

66 thoughts on “World Water Forum #10 “Air Menurut Al Quran”

  • Mei 21, 2024 pada 11:02
    Permalink

    Air merupakan kebutuhan pokok dan esensial bagi manusia dan makhluk hidup di muka
    bumi ini, oleh karena itu keberadaannya merupakan anugerah teragung yang dilimpahkan
    Allah Swt kepada seluruh makhluknya, sebab dengan air Allah menghidupkan segala
    makhluk di atas bumi ini, menyebarkan rejeki melalui pemanfaatannya sebagai zat yang
    menumbuhkan tanaman, sebagai minuman bagi binatang ternak dan bahkan sebagai
    sumber energi yang dapat diperbaharui. Disisi lain air juga dapat mendatangkan bahaya
    dan bencana besar bagi ekosistem makhluk hidup di muka bumi ini seperti datangnya
    banjir, air pasang di tepi laut dan longsor. Namun datangnya bencana tersebut apakah
    disebabkan oleh kesalahan alam ataukah manusia yang salah mengelola alam ini

    Balas
    • Mei 23, 2024 pada 06:54
      Permalink

      Masyaallah…betapa kuasaNya Allah Subhanahu wata’ala dalam menciptakan air sebagai sumber kehidupan semua mahluk yang ada di bumi.Hal ini menjadikan bukti betapa banyak nikmat yang Sang pencipta berikan kepada seluruh mahluk yang ada di bumi sehingga semua dapat menjaga kelangsungan hidup dan berkembang biak dengan baik. Bayangkan seandainya Allah tidak memikirkan mahluknya, tanpa air..maka tidak akan ada kehidupan di muka bumi ini.
      Allah telah mengukur kebutuhan nikmat air sesuai dengan kebutuhan dan porsinya bagi setiap mahluk baik yang berada didarat maupun lautan..
      Kebutuhan 1 %persen air tawar menghidupi seluruh manusia dibumi..tapi apakah masih terpenuhikah kebutuhan akan air bersih dan sehat dimasa mendatang?…karena banyak sekali ulah manusia yang tidak mensyukuri nikmat dengan melakukan kerusakan dimuka bumi tanpa memelihara atau merawat sumber kehidupan air u kelangsungan hidup di masa mendatang..pemanasan global terjadi, kebakaran hutan, penebangan pohon liar tanpa reboisasi , berakibat bencana banjir , longsor dan masih banyak lagi..semua adalah ulah manusia…
      Sebagai manusia yang beriman dan bisa mensyukuri segala nikmatnya..marilah kita selalu menjaga , merawat nikmat air yang Allah berikan kepada kita dengan ada rasa kepedulian melakukan konservasi air mulai dari diri sendiri, dan keluarga, orang lain dan seluruh masyarakat . Mulai dari diri mari kita gunakan air sesuai kebutuhan …kita dukung dan sukseskan World water Forum program…
      Air sehat… , Bumi sehat…kita selamat..aamiin
      Salam bumi pasti Lestari…

      Balas
  • Mei 21, 2024 pada 11:03
    Permalink

    World Water Forum janganlah hanya formalitas, karena sebenarnya semua sudah tahu bagaimana kondisi air baik itu air tanah, air sungai, air laut, hanya memang pemerintah sebagai pucuk dari amal makruf nahi munkar dalam menyikapi kondisi air, bukan merupakan prioritas utama dalam kebijakan. Semoga belum terlambat sehingga akibat dari Air tidak terlalu terhadap kehidupan kita khususnya generasi Emas Indonesia.

    Balas
    • Mei 21, 2024 pada 12:09
      Permalink

      oleh karena itu air merupakan anugerah teragung yang dilimpahkan
      Allah Swt kepada seluruh makhluknya, karena dengan air kita bisa menghidupkan segala.
      menumbuhkan tanaman, sebagai minuman bagi binatang ternak dan bahkan sebagai
      sumber energi yang dapat diperbarui

      Nama : Regina Hanindyah Putri
      Nomor peserta: 1180
      Asal Sekolah: SMPN 7 SURABAYA

      Balas
      • Mei 21, 2024 pada 20:36
        Permalink

        Halo teman-teman lainnya
        Saya akan mempromosikan proyek saya secara singkat
        Judul proyek:kodaring kompos daun kering
        Manfaat nya sangat banyak sekali untuk lingkungan sekitar

        Nama Mella Kurnia Wati
        No urut 1090

        Balas
    • Mei 21, 2024 pada 12:33
      Permalink

      air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang di ketahui sampai saat ini dibumi.Air juga menjadi ragam kebutuhan lain dalam sehari-hari misalnya untuk di pakai mengolah makanan,mencuci piring & mencuci pakaian kotor,serta untuk mandi / membersihkan diri, Air ditemukan dalam tiga bentuk berbeda di Bumi, yaitu gas, padat, dan cair. Bentuk air tergantung pada suhu. Air di planet kita mengalir sebagai cairan di sungai, dan samudra dalam bentuk padat seperti es.
      Air juga berada di bawah tanah dan di dalam tumbuhan dan hewan. Semua makhluk hidup membutuhkan air dalam beberapa bentuk untuk bertahan hidup di Bumi.
      Maka Dari itu Kita Harus Bersyukur & Berterimakasih Kepada Allah SWT karena Berkat Allah SWT juga kita mendapatkan air untuk Kebutuhan kehidupan kita sehari-hari..Dan Air juga dapat menyebabkan bencana seperti Bencana Tsunami,Bencana Tsunami Berasal Dari Air Laut dan Kalo Bencana Banjir Berasal Dari Air Hujan yang deras (Air langit)
      Dan kalo bisa kita juga harus menghemat air berikut ini alasan kita harus menghemat air
      Alasan pertama adalah menjaga cadangan air agar tidak menipis, alasan yang kedua adalah untuk menjaga keseimbangan jumlah air, alasan yang ketiga adalah untuk menjaga keseimbangan ekosistem air, dan alasan yang ke empat adalah untuk menghemat biaya pengeluaran air.
      Main gitar, petiklah senar
      Terbang rendah si burung camar
      Manfaatkan air secara benar
      Jangan biarkan jadi tercemar.

      mungkin itu saja Pendapat Dari Riza,semoga dapat bermanfaat yaa..
      No.telp : 085290136702

      Balas
  • Mei 21, 2024 pada 11:03
    Permalink

    merupakan kebutuhan pokok dan esensial bagi manusia dan makhluk hidup di muka
    bumi ini, oleh karena itu keberadaannya merupakan anugerah teragung yang dilimpahkan
    Allah Swt kepada seluruh makhluknya, sebab dengan air Allah menghidupkan segala
    makhluk di atas bumi ini, menyebarkan rejeki melalui pemanfaatannya sebagai zat yang
    menumbuhkan tanaman, sebagai minuman bagi binatang ternak dan bahkan sebagai
    sumber energi yang dapat diperbaharui. Disisi lain air juga dapat mendatangkan bahaya
    dan bencana besar bagi ekosistem makhluk hidup di muka bumi ini seperti datangnya
    banjir, air pasang di tepi laut dan longsor. Namun datangnya bencana tersebut apakah
    disebabkan oleh kesalahan alam ataukah manusia yang salah mengelola alam ini

    Balas
  • Mei 21, 2024 pada 11:34
    Permalink

    “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy Syuraa: 30)

    “Tidaklah musibah tersebut turun melainkan karena dosa. Oleh karena itu, tidaklah bisa musibah tersebut hilang melainkan dengan taubat.” (Al Jawabul Kaafi, hal. 87)

    Oleh karena itu, sudah sepatutnya setiap hamba merenungkan hal ini. Ketahuilah bahwa setiap musibah yang menimpa kita dan datang menghampiri negeri ini, itu semua disebabkan karena dosa dan maksiat yang kita perbuat.

    “Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar Ro’du: 11)

    Alam semesta ini adalah tanda kebesaran Allah, kita memiliki kewajiban moral dan etis untuk menjaga dan melindungi lingkungan.

    “Sesungguhnya, di dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang itu terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal.” (QS. Ali Imran: 190)

    “Tujuh perkara yang pahalanya akan terus mengalir bagi seorang hamba sesudah ia mati dan berada dalam kuburnya. (Tujuh itu adalah) orang yang mengajarkan ilmu, mengalirkan air, menggali sumur, menanam pohon kurma, membangun masjid, mewariskan mushaf, atau meninggalkan anak yang memohonkan ampunan untuknya sesudah ia mati.” (HR. Ibnu Hibban dalam kitab Al-Majruhaini 2: 181)

    Lingkungan alam merupakan karunia Allah yang harus dijaga, dilestarikan, dan dihormati. Pandangan Islam terhadap lingkungan sangatlah positif, mengingatkan umat muslim untuk bertindak sebagai khalifah atau pemimpin yang bertanggung jawab atas bumi dan segala isinya. Allah Ta’ala berfirman,

    “Makan dan minumlah dari rezeki (yang diberikan) Allah, dan janganlah kamu melakukan kejahatan di bumi dengan berbuat kerusakan.” (QS. Al-Baqarah: 60)

    Pengelolaan sumber daya alam
    Kita diajarkan untuk mengelola sumber daya alam secara bijaksana. Air, tanah, hutan, dan segala bentuk kehidupan di dalamnya merupakan anugerah Allah yang harus dijaga dan diperlakukan dengan penuh tanggung jawab. Umat muslim diajarkan untuk tidak berlebihan dalam penggunaan sumber daya alam, menghindari pemborosan, dan melakukan praktik-praktik yang dapat merusak lingkungan.

    “Dialah (Allah) yang menciptakan segala apa yang ada di bumi untukmu, kemudian Dia menuju ke langit, lalu Dia menyempurnakannya menjadi tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al-Baqarah: 29)

    Jadi dapat kita tarik kesimpulan untuk menghilangkan musibah dimuka bumi ini yang pertama kali harus kita lakukan adalah bertaubat dari segala perbuatan buruk (perusakan lingkungan dll) dengan taubat atau penyesalan dengan sungguh-sungguh, memohon ampun kepada Allah subhanahu wa ta’ala serta berusaha keras untuk melakukan perbaikan lingkungan dan bertawakal ♥️

    Sesungguhnya setiap peraturan yang Allah buat adalah untuk kebaikan manusia dan kehidupannya ♥️♥️♥️

    #selfreminder
    Mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan dengan komentar ini..

    Terimakasih,
    Salam

    Balas
    • Mei 21, 2024 pada 19:59
      Permalink

      Halo teman-teman
      Saya mau sedikit mempromosikan proyek saya yg berjudul kodaring kompos daun kering
      Kompas saya terbuat dari daun kering dan memiliki manfaat yang sangat banyak

      Nama: Mella Kurnia Wati
      No urut 1090
      Sekolah SMPN 56 SURABAYA

      Balas
  • Mei 21, 2024 pada 12:07
    Permalink

    Assalamualaikuk wr wb.. Salam Sejahtera bagi kita semua, Syalom, Om suastiastu, Namo budaya, dan Salam kebajikan
    Haallo semuanya..
    saya Revalina Ramadhani dari SDN Mojo 6 225 Surabaya..
    no. wa : 0821 4386 6416
    “Air memanglah sumber kehidupan bagi manusia yang sangat benar benar di butuhkan.. bahkan jika tidak ada air bersih saja mungkin kita tidak akan hidup.. namun jika hanya ada air kotor kita bisa apa?? memang air kotor bisa membantu 50% kebutuhan manusia jika air bersih tidak ada.. namun apakah kamu yakin ingin meminumnya dll?? jikaa kamu menjawab “bisa” itu sangat mustahil.. karna jika kamu meminum air kotor secara terus menerus tubuh mu akan di penuhi oleh bakteri..
    “Manfaat air bagi kehidupan makhluk-makhuk di bumi tersurat “Dialah yang telah menurunkan air (hujan) dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuhan, padanya kamu menggembalakan ternakmu. (An-Nahl: 10)”
    Bahkan tuhan saja sudah memberimu air yang banyak sekali manfaatnya dan air itu sangat di butuhkan bagi kehidupanmu bukan? jadi mengapa kalian masih susah untuk hemat air dan kelola air dengan benar dan bijak??
    karna jumlah air yang terbatas membuat kita krisis air lho..
    Perebutan penggunaan air bersih untuk berbagai penggunaan menyebabkan hilangnya akses yang layak terhadap air bersih bagi sebagian orang. Perilaku boros air bersih menyebabkan semakin banyak lagi orang yang kehilangan akses terhadap air bersih.
    cobalah lihat orang orang di sekitarmu yg tidak dapat merasakan air bersih, air yang cukup dan air yang bisa kita nikmati tanpa harus melihat orang sekitar kita..
    sangat kasian bukan?? memang kita manusia pasti juga egois dengan menggunakan fasilitas di sekitar kita.. namun mengapa kamu tidak mengingat orang lain? apakah sebesar itu ego mu dengan air?? Ayoo jangan lupa dengan orang di bawah mu yang tidak bisa merasakan air bersih..
    dan jangan lupa menjaga keberadaan dan kualitas air karna jika kita tidak bisa menjaga keberadaan air maka kita bisa sakit, bisa sakit mental bahkan mati.
    Jadii Ayoo mulai sekarang jaga lah air bersih di lingkunganmu dan gunakanlah air dengan bijak..
    saya akhiri wasalamualaikum wr wb..
    Terimakasih.. ????????????

    Balas
    • Mei 21, 2024 pada 20:41
      Permalink

      Assalamualaikum sobat hijau,
      Saya Sultan dari SDN Nginden Jangkungan I/247 Surabaya dengan No.peserta 201, judul Proyek Budidaya Tanaman Gingseng Jawa (082234683879)
      Air adalah sumber kehidupan bagi makhluk hidup di bumi. Ketiadaan air bisa mengancam kelangsungan hidup dan ekosistem alam. Seperti firman Allah SWT : ; lalu dengan air itu, Allah SWT hidupkan bumi sesudah mati (kering) nya dan Allah SWT sebarkan di bumi itu segala jenis hewan (QS. Al Baqarah/2: 164)
      Begitu juga dijelaskan pada QS. Al Hajj/22:5.
      Sebagai masyarakat muslim dan mengikuti ajaran Rosulallah SAW, marilah kita tampil sebagai garda terdepan menjaga kelestarian air di vumi ini.
      Rosul juga mewanti-wanti ketika bersuci tidak boleh terlalu berlebihan, karena itu kita hendaknya menggunakan air secara proporsional.
      Dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan karena hidup bersih sebagian dari iman serta selalu melakukan penghijauan kembali sebagai upaya yang memiliki dampak nyata terhadap pengelolaan lingkungan dan sumber mata air yang sehat
      Saya selalu menyirami tanaman gingseng jawaku dengan air.
      Maka marilah kita selalu menjaga kelestarian air agar tidak tercemar, sehingga bumi akan lestari, masyarakat sehat sentosa dan negeri ini tambah elok nan indah. Jadikan air sebagai surganya dunia. Aamiin.
      Mari kita doakan dengan adanya Word Water Forum dapat menjadikan forum yang peduli akan kebutuhan air yang bersih dan betapa pentingnya menjaga dan melestarikan air sebagai ciptaan Allah SWT.
      Wassalamualaikum.

      Balas
  • Mei 21, 2024 pada 12:08
    Permalink

    Artikelnya keren banget, menyadarkan kita untuk selalu menghargai air
    jagalah air dan lestarikan air,
    Dalam ajaran agama apapun air sangat diperlukan , menurut ajaran Hindu yang terbukti memberikan nilai positif bagi kelestarian dan pelestarian lingkungan.
    Sumber air atau tempat yang banyak menampung air dianggap sebagai salah satu tempat suci. Pertemuan sungai dan air laut mempunyai kekuatan yang mensucikan.
    air merupakan sumber daya yang sangat penting bagi mereka agar dapat dapat melaksanakan kehidupan sehari hari.

    Nama : Ni Luh Gede Reva Dealove Valentcia Atmaja
    Sekolah: SMPN 35 Surabaya
    Judul Proyek: Budidaya Rosella
    Nomor peserta : 888

    Balas
  • Mei 21, 2024 pada 12:14
    Permalink

    Utama
    World Water Forum #10 “Air Menurut Al Quran”
    Mei 20, 2024 TunasHijau 114 Views 4 Comments
    Hampir tiap hari kita berdoa agar selalu ditunjukkan jalan yang lurus bukannya jalannya orang orang yang dholim. Pada kenyataannya, kita melakukan kedholiman pada alam, pada air yang semestinya kita harus jaga keberadaannya dan keadaannya.

    Karena air sumber kehidupan dan juga bisa diartikan sumber penyakit bahkan sumber kematian. Artinya kalau kita tidak bisa menjaga keberadaan dan kualitas air itu maka kita bisa sakit, bisa sakit mental bahkan mati.

    Air adalah unsur penting agar makhluk dapat hidup dan menjaga kelangsungan huidupnya. Selain itu, pada kenyataannya, sebagian besar tubuh makhluk hidup terdiri dari air. Penyataan tentang sumber kehidupan bermula dari air disebutkan dalam Al-Quran surah Al-Anbiya ayat 30: “Dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air; maka mengapa mereka tidak beriman?” (Al-Anbiya: 30).

    Manfaat mendasar air bagi kehidupan makhluk-makhuk di bumi tersurat “Dialah yang telah menurunkan air (hujan) dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuhan, padanya kamu menggembalakan ternakmu. (An-Nahl: 10)

    Planet Bumi memiliki tubuh air terbesar terdapat di laut sebesar 97 persen dan hanya 3 persen merupakan air tawar yang kita digunakan untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Dari sejumlah air tawar tersebut 2/3 adalah gletser dan es di kutub yang berfungsi menstabilkan iklim global. Artinya 1 persen saja yang dapat dimanfaatkan 7 milyar jiwa manusia di dunia.

    Jumlah air yang terbatas dan semakin banyaknya manusia menyebabkan terjadinya krisis air. Krisis air bersih juga bisa terjadi karena kualitas air tawar semakin rusak akibat salah kelola. Perebutan penggunaan air bersih untuk berbagai penggunaan menyebabkan hilangnya akses yang layak terhadap air bersih bagi sebagian orang. Perilaku boros air bersih menyebabkan semakin banyak lagi orang yang kehilangan akses terhadap air bersih.

    Perintah Allah untuk Mengukur Air

    Dalam Al Quran tersurat pada ayat Al Mukminun : 18 : “Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya.”

    Dan dalam Az Zukhruf 43:11 : “Dan Yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu Kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, …..” ; dalam Ar Ra’d : 17 : “Allah telah menurunkan air (hujan) dari langit, maka mengalirlah air di lembah-lembah menurut ukurannya…”

    Dan dalam QS Az Zumar : 21 :”Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu ia menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.”

    Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Selama ini tidak diajarkan untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi dan mengukur di suatu daerah aliran sungai (DAS) jumlah air yang turun dari langit (air hujan), jumlah yang tersimpan (air tanah) dan jumlah air yang mengalir.

    Selama ini hanya menggunakannya saja tanpa upaya melindungi dan konservasi. Sebagai contoh yang banyak terjadi saat ini yaitu eksploitasi hutan gunung sehingga terjadi penurunan jumlah air yang meresap dan > 80% mengalir sebagai air banjir membawa tanah sedimen yang akan mendangkalkan sungai/waduk. Air tawar bersih akan terbuang sia-sia ke laut. Ancaman kekeringan akan terjadi.

    Penulis: Amien Widodo

    ← Ketentuan Seleksi II Pangeran & Putri Lingkungan Hidup 2024Share This Post:00
    Anda Juga Mungkin Suka

    Bersihkan Pesisir, SDN Kedung Cowek I dan Tanah Kalikedinding I Surabaya Terima Penghargaan Gubernur Jatim
    Agustus 14, 2019 16

    Menggapai Puasa Fitri
    Maret 18, 2024 8

    Elang Jawa Menetaskan Telur di Pusat Suaka
    Juli 18, 2020 26
    4 thoughts on “World Water Forum #10 “Air Menurut Al Quran””
    Mei 21, 2024 pada 11:02
    Permalink
    Air merupakan kebutuhan pokok dan esensial bagi manusia dan makhluk hidup di muka
    bumi ini, oleh karena itu keberadaannya merupakan anugerah teragung yang dilimpahkan
    Allah Swt kepada seluruh makhluknya, sebab dengan air Allah menghidupkan segala
    makhluk di atas bumi ini, menyebarkan rejeki melalui pemanfaatannya sebagai zat yang
    menumbuhkan tanaman, sebagai minuman bagi binatang ternak dan bahkan sebagai
    sumber energi yang dapat diperbaharui. Disisi lain air juga dapat mendatangkan bahaya
    dan bencana besar bagi ekosistem makhluk hidup di muka bumi ini seperti datangnya
    banjir, air pasang di tepi laut dan longsor. Namun datangnya bencana tersebut apakah
    disebabkan oleh kesalahan alam ataukah manusia yang salah mengelola alam ini.
    Totok Subroto
    Mei 21, 2024 pada 11:03
    Permalink
    World Water Forum janganlah hanya formalitas, karena sebenarnya semua sudah tahu bagaimana kondisi air baik itu air tanah, air sungai, air laut, hanya memang pemerintah sebagai pucuk dari amal makruf nahi munkar dalam menyikapi kondisi air, bukan merupakan prioritas utama dalam kebijakan. Semoga belum terlambat sehingga akibat dari Air tidak terlalu terhadap kehidupan kita khususnya generasi Emas Indonesia.

    Mei 21, 2024 pada 12.10

    merupakan kebutuhan pokok dan esensial bagi manusia dan makhluk hidup di muka
    bumi ini, oleh karena itu keberadaannya merupakan anugerah teragung yang dilimpahkan
    Allah Swt kepada seluruh makhluknya, sebab dengan air Allah menghidupkan segala
    makhluk di atas bumi ini, menyebarkan rejeki melalui pemanfaatannya sebagai zat yang
    menumbuhkan tanaman.

    Nama: Edwardo Julio Kusuma
    asal sekolah: SMPN 7 SURABAYA
    nomor peserta: 607
    nama produk: Aloe Vera mask powder

    salam lestari jaga bumi agar tetap sehat ♥️♥️

    Balas
  • Mei 21, 2024 pada 12:15
    Permalink

    Air diturunkan oleh Allah swt untuk kita minum dan untuk kehidupan sehari hari.Sepatutnya kita bersyukur telah diturunkannya air.Meskipun itu air hujan atau sungai tetaplah disyukuri.Jika tidak ada air maka makhluk hidup di muka bumi akan mati kehausan. Karena air merupakan salah satu kebutuhan dasar yg wajib ada.
    Terima ksh
    Danish FAEYZA EVARO no peserta 265

    Balas
  • Mei 21, 2024 pada 12:45
    Permalink

    Konservasi air adalah hal yang sangat penting dilakukan mengingat air adalah sumber kehidupan yang di ciptakan dan turunkan secara langsung oleh Allah untuk semua makhluk ciptaannya yang ada di bumi.
    Ketersediaan air di dalam tanah mulai mengkhuatirkan untuk itu perlu kiranya menjaga dan melestarikannya dengan cara memperbanyak peresapan air,agar air bisa masuk ke tanah dengan membuat sumur resapan, membuat lubang biopori,dan melakukan reboisasi.
    Salam bumi lestari…
    ????
    Nama : ABDIE PUTRA DARMAWAN
    Sekolah : SDN SAMBIKEREP 2
    No urut : 277
    Proyek : pemanfaatan sampah organik menjadi kompos
    No hp : 085608370631/086549123161

    Balas
  • Mei 21, 2024 pada 12:46
    Permalink

    Konservasi air adalah hal yang sangat penting dilakukan mengingat air adalah sumber kehidupan yang di ciptakan dan turunkan secara langsung oleh Allah untuk semua makhluk ciptaannya yang ada di bumi.
    Ketersediaan air di dalam tanah mulai mengkhuatirkan untuk itu perlu kiranya menjaga dan melestarikannya dengan cara memperbanyak peresapan air,agar air bisa masuk ke tanah dengan membuat sumur resapan, membuat lubang biopori,dan melakukan reboisasi.
    Salam bumi lestari…

    Nama : ABDIE PUTRA DARMAWAN
    Sekolah : SDN SAMBIKEREP 2
    No urut : 277
    Proyek : pemanfaatan sampah organik menjadi kompos
    No hp : 085608370631/086549123161

    Balas
  • Mei 21, 2024 pada 14:03
    Permalink

    Air merupakan sumber kehidupan untuk makhluk hidup yang ada di bumi, seperti tertuang pada QS.An-Nahl:10; Allah telah menurunkan air di bumi untuk kita semua agar lebih bersyukur dan beriman atas ciptaan Allah, yaitu air, tanah dsb. Dengan mengolah, memanfaatkan dan mempergunakan lebih berhati- hati dan berhemat seperti tertuang pada QS. Al-Mukminun:18; kita berperilaku menghemat air karena banyak saudara kita yang krisis air bersih juga takutnya ancaman kekeringan akan terjadi apabila kita boros penggunaan air. Oleh karena itu kita harus melindungi, dan mengkonservasi penghijauan pohon² di gunung maupun di kota², sebagai serapan air dan sumber air serta penyimpan air. kesemuanya itu untuk generasi mendatang kita. Terima kasih.
    Nam :Bisma Saputra
    Kelas: 4 SD
    Asal sekolah : SDN. Karah III Surabaya
    Nomor peserta : 107
    Proyek:penggunaan kulit bawang merah dan putih untuk pestisida alami

    Balas
  • Mei 21, 2024 pada 14:20
    Permalink

    Air merupakan sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup di bumi ini seperti yang tertuang di QS. An-Nahl:10; Allah telah menurunkan air di bumi untuk kita semua, agar lebih lebih bersyukur dan beriman atas ciptaan Allah SWT, yaitu air, tanah, dsb. Dengan mengolah, memanfaatkan dan mempergunakan lebih berhati-hati dan berhemat seperti tersirat dalam QS. Al- Mukminun:18; kita berperilaku menghemat air karena banyak saudara kita yang krisis air bersih juga takutnya ancaman kekeringan akan terjadi, apabila kita boros dengan air. Oleh karena itu kita harus melindungi dan mengkoservasi penghijauan terhadap pohon di gunung dan perkotaan sebagai sumber air dan penyimpan air, yang kesemuanya kita lakukan unt generasi mendatan. Terima kasih.
    Nama : Bisma Saputra
    Kelas : 4 SD
    Sekolah: SDN. Karah III Surabaya
    Nomor peserta : 107
    Nama proyek : penggunan pestisida alami yang berasal dari kulit bawang merah dan putih
    No tlp/wa : 081330540229

    Balas
  • Mei 21, 2024 pada 15:31
    Permalink

    Air merupakan sumber bagi kehidupan makhluk hidup. Air juga bisa sebagai sarana konservasi tanah yaitu membuat tanah yang kering dan tandus menjadi subur sehingga tanaman bisa tumbuh dan dapat digunakan untuk kehidupan manusia.
    Air bisa digunakan untuk penyucian diri. Bagi umat Islam, digunakan untuk berwudhu sebelum sholat.
    Air juga bisa digunakan untuk kesehatan, yaitu sebagai sanitasi.
    Dan yang terakhir, air merupakan simbol surga, ketakwaan dan rahmat Tuhan. Selalu dikisahkan bahwa didalam surga mengalir banyak sungai bagi orang-orang yang beriman dan penuh rahmat.
    Jadi kita harus menggunakan air dengan baik dan tidak boros agar jumlah air tidak habis.

    Raisa Azzahra Praminda
    SDN Pacarkeling V/186 Surabaya
    No. Peserta 400
    Budidaya sirih cina

    Balas
  • Mei 21, 2024 pada 16:02
    Permalink

    sebenarnya semua sudah tahu bagaimana kondisi air baik itu air tanah, air sungai, air laut, Air juga bisa sebagai sarana konservasi tanah yaitu membuat tanah yang kering dan tandus menjadi subur sehingga tanaman bisa tumbuh dan dapat digunakan untuk kehidupan manusia.

    Nama:Aisshiren dwi wulan sari
    Budidaya:Lidah buaya
    Nomer perserta:1040
    Sekolah: SMPN 53 Surabaya
    Nomer wa:0856-0612-1655

    Balas
  • Mei 21, 2024 pada 18:11
    Permalink

    Halo teman teman LIHAT SINI DEHH ????

    ????????????????????????????????????????????????????????????
    Singkatnya gini yaa
    Memang air merupakan syarat hidup manusia yang sangat penting setelah oksigen maka Allah menciptakan sesuatu untuk tidak mengurangi jumlah air di dunia, pasti temwn temen tau dong apa itu .
    Yups betul sekali itu adalah daur air atau siklus air. Apa ya jadinya kalau daur air itu hilang??
    Dan kalo siklus air hilang apa yang dirasakan penghuni bumi??
    Jawabanyaa jelas kalau daur air itu sendiei hilang maka air di bumi akan semakin mengurang tiap tahunnya ,
    Yang dirasakan makhluk bumi adalah kelaparan kekeringan bencana alam dan sebagai nya

    *LETS WE SAVE WATER AND EARTH*

    SAYA ALVINO TYAR FLANNAGAN MATUTINA DENGAN NO PESERTA 465 MENGUCAPKAN TERIMAKASIH

    SAVE THE EARTH TO BEAUTIFUL LIVE
    +62 851-6165-1505

    Balas
    • Mei 24, 2024 pada 10:37
      Permalink

      Air merupakan sumber bagi kehidupan makhluk hidup. maka dari itu kita harus tetap menjaga kebersihan air dan selalu menghemat air

      Nama : Devina Agustin Ramadhani
      Asal Sekolah : SMPN 19 SURABAYA
      Nomor Peserta : 718
      Judul proyek : Pemanfaatan Air Limbah Leri

      Balas
  • Mei 21, 2024 pada 19:45
    Permalink

    Salam Sobat Hijau.
    Air telah disebutkan didalam
    Al-Qur’an beberapa kali dengan berbagai macam penyebutannya. Banyaknya penyebutan air dalam al-Quran ini sebanding dengan makna air yang sangat penting bagi kehidupan, di samping sebagai isyarat keharusan memperhatikan, meneliti, mengkaji, dan merawatnya.

    Dalam Islam, air menjadi medium utama dalam pelaksanaan thaharah seperti mandi besar dan wudhu. Sehingga menempatkan air sebagai sumber kehidupan. Tanpa asupan air yang memadai, semua makhluk hidup akan mati dalam beberapa hari. Bahkan segala sesuatu yang hidup diciptakan Allah dari air, demikian pernyataan al-Quran dalam Surat al-Anbiya ayat 30: “Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup…”.

    Komposisi tubuh manusia, hasil penelitian menunjukkan bahwa dua pertiga berat fisik itu merupakan cairan. Bahkan orang tidak bisa bertahan hidup lebih lama tanpa air. Orang masih bisa kuat bertahan jika tanpa makan.
    Jadi jagalah air, lestarikan air, jagalah lingkungan ini agar air selalu ada dan bersih untuk kehidupan semua makhluk hidup.

    Nama : Naura Novani
    Sekolah : SMP Negeri 5 Surabaya
    No.Peserta : 1032
    Judul Proyek : Budidaya Jamur
    Saya melakukan budidaya jamur karena banyak manfaat dari jamur, diantaranya dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.
    No. Telp : 083856734458

    Balas
  • Mei 21, 2024 pada 20:03
    Permalink

    Betul sekali, setiap hari kita membaca surat Al Fatihah dalam sholat untuk ditujukan jalan yang lurus dan bukan jalan yang dimurkai Allah, hendaknya kita berbuat baik juga kepada alam yang telah memberikan kita penghidupan dengan semua yang terkandung di dalamnya.

    Dalam World Water Forum 2024 kebijakan tata kelola air dan sanitasi dunia dapat dirumuskan demi kepentingan bersama.

    Air adalah sumber kehidupan bagi semuanya, tapi tidak semua air bisa kita konsumsi, untuk itu pentingnya melakukan semua poin sadar iklim terutama poin untuk hemat air dengan melakukan penampungan air wudhu dan juga air hujan yang bisa dimanfaatkan kembali, jadi tidak dibuang begitu saja, demikian juga dengan air leri yang sangat bermanfaat jika disiramkan ke tanaman sekitar.

    Alhamdulillah tahun ini Bali sebagai tuan rumah WWF 2024 dikenal juga sebagai percontohan pengelolaan air dengan sistem Subak yang telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu kekayaan warisan dunia.

    Mari bersama bergandengan tangan saling berkolaborasi dalam mencari solusi atas permasalahan air di dunia.

    Intip juga proyek #maggotbyDW Si Pengurai Sampah Organik bernilai ekonomis untuk pakan ternak.

    Dewangga
    081332601556
    SD Al Hikmah Surabaya
    No. urut : 001
    Proyek Maggot BSF
    Si Pengurai Sampah Organik

    Balas
  • Mei 21, 2024 pada 20:24
    Permalink

    Allah maha Rahman menyiapkan segala kebutuhan hidup di setiap makhluk nya yang berada di bumi.
    Manusia bisa hidup di bumi karena bumi memiliki kandungan air yang banyak di dalam Al Quran di jelaskan sebesar 71% berupa air dan 2.9 % berupa daratan itu sesuai dgn penelitian sains, itulah mukjizat nya

    Air adalah kumpulan molekul yg tersusun dari 2 atom hidrogen dan satu atom oksigen (H20). Yang banyak terdapat di bumi, laut, danau, sungai., di dalam tanah dan di atmosfer yang di sebut awan.

    Air adalah sumber kehidupan sehingga memiliki peranan yang penting. Antara lain
    1. Kehidupan di mulai dari air
    2. Peran air di ekspresikan bahwa makhluk hidup berasal dari cairan sperma. Sperma berasal dari sari Pati makanan dan makanan berasal dari tumbuhan. Dan tumbuhan tidak dapat hidup tanpa air
    3. Air adalah unsur penting agar mahluk dapat hidup dan menjaga kelangsungan hidupnya.

    Dari sini bisa di simpulkan siklus air dengan makhluk hidup sangat erat hubungannya. Bila dari manusia yang tidak peduli lingkungan atau terputus. Maka menjadi bencana bagi makhluk hidup.

    Demikian komentar dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf

    Nama: falisha Misha alkhansa
    Sekolah: SDN Rangkah VI Surabaya
    No peserta: 1208
    Judul proyek: bridaring (briket daun kering)
    No wa : 085731709455

    Balas
  • Mei 21, 2024 pada 20:52
    Permalink

    Terimakasih Tunas Hijau yang telah membuat artikel ini, yang semakin kita yakin bahwa kitab Al-Qur’an ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa. Maka mereka sajalah yang bertaqwa mampu membenarkan Al-Qur’an dan menjadikannya sebagai pedoman hidup. Allah SWT yang bersifat Rahman dan Rahim sehingga menciptakan air bagi keberlangsungan hidup makhluknya. Untuk itu patutlah kita sebagai khalifah di bumi ini untuk menjaga kelestariannya . Selain air tawar dengan berbagai manfaatnya, Allah SWT juga menciptakan air laut dengan manfaatnya yang sangat banyak pula.
    Di dalam surah AR-Rahman ayat 19-20 Allah SWT berfirman yang artinya ayat 19 Dia membiarkan dua laut mengalir yang (kemudian) keduanya bertemu.
    Ayat 20 diantara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing. Di Selat Gibraltar yang memisahkan Spanyol di Benua Eropa dan Maroko di Benua Afrika dan laut di sebelah timur Pulau Jepang ini merupakan pertemuan antara Laut Mediterania dan Laut Atlantik yang keduanya seolah mempunyai batas. Dapat dilihat dengan jelas dua laut yang berdampingan mempunyai warna berbeda meskipun terkena arus dan gelombang laut. Surah AR-Rahman ayat 21 dan 22 yang artinya ayat 21 Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan.
    Ayat 22 artinya Dari keduanya keluar mutiara dan Marjan. Maha benar Allah SWT atas segala firman-Nya.
    Sebagai hamba yang bersyukur akan nikmat yang Allah SWT berikan patutlah kita melestarikan air.

    0895623309330

    Balas
  • Mei 21, 2024 pada 21:54
    Permalink

    Hai sobat tunas hijau????????

    Menurut saya air sangat penting bagi kehidupan sehari-hari.apalagi klau sampai tidak ada air bersih.karena air yang kotor pasti dampaknya juga banyak sekali,maka dari itu air sangat penting dan akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.
    Ayo teman-teman untuk peduli pada air..,kalau bukan dari kita yang memulai siapa lagi.
    Nama : Nathan Indra Prasetyo
    Asal Sekolah : SDN Dr. Sutomo V / 327 Surabaya
    Proyek : Budidaya belimbing wuluh untuk kesehatan
    Wa 087749490688

    Balas
  • Mei 21, 2024 pada 22:57
    Permalink

    Judul proyek : Budidaya SiMerLiA (Sirih Merah dan Lidah buaya)

    Balas
  • Mei 21, 2024 pada 22:58
    Permalink

    Nama : Faqih Abdillah
    Sekolah : SDN MARGOREJO 3 SURABAYA
    No. Peserta : 187
    Judul proyek : Budidaya SiMerLiA (Sirih Merah dan Lidah buaya)

    Balas
  • Mei 22, 2024 pada 07:14
    Permalink

    Terenyuh hati ini ketika mengetahui, masih ada saja manusia sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah dalam keadaan sempurna  tidak bisa mensyukuri karunia / nikmat dari Allah yang tiada tara ini (air).
    Ketika Allah menurunkan nikmat berupa air ini, sudah seharusnya kita sebagai manusia untuk bisa mensyukurinya… Dengan menjaga keberadaan dan keadaannya.
    Apakah terlintas dibenak kalian, berapa jumlah air yang ada di bumi ini??? Berapa mili air yang telah kita pakai selama ini??
    Jika kalian berpikir demikian, maka ingatlah firman Allah

    “Wa in ta’uddu ni’matallahi la tushuha”
    Artinya: Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya.

    Allah telah menurunkan nikmat kepada manusia yang sangat banyak, manusia takkan mampu untuk menghitungnya.
    Perintah Allah kepada manusia hanyalah BERSYUKUR, tidak hanya berucap Alhamdulillah, tetapi lewat perbuatan kita jaga keberadaan dan keadaannya.

    Bencana alam, bisa saja terjadi karena keadaan alam yang memang tidak stabil… Namun kebanyakan bencana alam terjadi akibat ulah manusia yang tak peduli dengan keseimbangan alam (contohnya : eksploitasi hutan gunung yang menyebabkan kekeringan akibat tidak ada daerah resapan air).

    “Berhemat air mulai hari ini, dan Selamatkan dunia hingga hari esok”

    Nama : Faqih Abdillah
    Sekolah : SDN Margorejo III
    No. Peserta :187
    Judul proyek : Budidaya SiMerLiA (Sirih Merah dan lidah buaya)
    No. Telp : 08113560354

    Balas
  • Mei 22, 2024 pada 08:18
    Permalink

    Hampir setiap saat kita pasti berinteraksi dengan air,baik itu untuk mandi, minum,cuci baju,siram tanaman,dll. Dalam tubuh kitapun 95% adalah air,sehingga apabila kita tidak minum tubuh akan mengalami dehidrasi. Air memang menjadi kebutuhan dasar mahkluk hidup untuk melakukan proses metabolisme tubuh,sehingga harus dilakukan pemeliharaan terhadap sumber air. Disamping eksploitasi hutan secara besar-besaran, pembangunan gedung-gedung dan pengalih fungsi lahan menjadi perumahan juga merupakan penyumbang berkurangnya area untuk penyerapan air,sehingga diperlukan penanganan yang serius. Air tidak akan bisa masuk kedalam tanah apabila ada lapisan yang sulit ditembusnya.

    Bilqis April Wahyudiyah Azzahra
    Putri LH 2023
    SDN Pacarkeling I/182 Surabaya

    Balas
  • Mei 22, 2024 pada 09:54
    Permalink

    Air adalah sesuatu yg sangat penting bagi kehidupan manusia. Karena tanpa air kita tidak dapat melakukan aktivitas sehari hari, seperti mencuci, mandi, minum, menyiram tanaman, dll.
    Jadi kita harus menjaga kebersihan air karena dalam butuh kita 95% nya adalah air.

    Nama : Melati Sekar Arum Berliana Damayanti
    Sekolah : SDN PLOSO III
    No.peserta : 454
    Judul proyek : BELING SIGAR ( bersih lingkungan dengan sirih gading )

    Balas
  • Mei 22, 2024 pada 13:29
    Permalink

    Air adalah sumberdaya alam yang du butuhkan manusia .
    Air memiliki unsur penting agar makhluk hidup dapat hidup dan berkembang biak , banyak nya manfaat air yang harus kita gunakan setiap hari.

    Air merupakan kebutuhan pokok , yang pasti semua orang menggunakan air , air juga dapat du gunakan untuk membudidayakan tanaman , dan basih banyak lagi .

    Manfaat air di bumi????
    Air memiliki manfaat penting bagi ke hidupan di bumi , antar lain menghifrasi tubuh, membantu perkembangan hidup , membantu membantu menjaga suhu tubuh dan masih banyak lagi .

    Kondisi air yang sangat bajus , tentu nya semua teman teman sudah tau yaa , mari belajar bersama kuu yokk .
    Kondisi air yang sangat bagus berasal dari air tanah , air sungai , air pantai dan air tanaman pohon / serat air ????????????????????

    Bumi memiliki air yang sangat besar sebesar 97 persen , maka dari itu kita harus selalu menghemat air , walau di bumi memiliki banyak air tapi kita semua tidak tau air juga bisa habis dan surut .

    Mari gunakan air secukup nya , jangan pernah membuang buang air ya teman teman karena banyak daerah yang kekurangan air , membuat banyak nya korban dehidrasi kekurangan air .

    Makasih ya teman teman sekian belajar bersama kitaa ????????????????

    Jangan lupa dukung aku terus yaa ????????
    Nama:komang kirana mahadewi sanjaya
    Nomer : 082141259735
    Sekolah: SMPN 7 SURABAYA

    Makasih ya teman teman ku atas dukungan nya semua , sekoga kita bisa lanjut bersama sama ????????????????????????????????????????

    Balas
  • Mei 22, 2024 pada 13:30
    Permalink

    Air adalah sumberdaya alam yang du butuhkan manusia .
    Air memiliki unsur penting agar makhluk hidup dapat hidup dan berkembang biak , banyak nya manfaat air yang harus kita gunakan setiap hari.

    Air merupakan kebutuhan pokok , yang pasti semua orang menggunakan air , air juga dapat du gunakan untuk membudidayakan tanaman , dan basih banyak lagi .

    Manfaat air di bumi????
    Air memiliki manfaat penting bagi ke hidupan di bumi , antar lain menghifrasi tubuh, membantu perkembangan hidup , membantu membantu menjaga suhu tubuh dan masih banyak lagi .

    Kondisi air yang sangat bajus , tentu nya semua teman teman sudah tau yaa , mari belajar bersama kuu yokk .
    Kondisi air yang sangat bagus berasal dari air tanah , air sungai , air pantai dan air tanaman pohon / serat air ????????????????????

    Bumi memiliki air yang sangat besar sebesar 97 persen , maka dari itu kita harus selalu menghemat air , walau di bumi memiliki banyak air tapi kita semua tidak tau air juga bisa habis dan surut .

    Mari gunakan air secukup nya , jangan pernah membuang buang air ya teman teman karena banyak daerah yang kekurangan air , membuat banyak nya korban dehidrasi kekurangan air .

    Makasih ya teman teman sekian belajar bersama kitaa ????????????????

    Jangan lupa dukung aku terus yaa ????????
    Nama:komang kirana mahadewi sanjaya
    Nomer : 082141259735
    Sekolah: SMPN 7 SURABAYA

    Makasih ya teman teman ku atas dukungan nya semua , sekoga kita bisa lanjut bersama sama ????????????????????????????????????????

    Balas
  • Mei 22, 2024 pada 16:29
    Permalink

    air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang di ketahui sampai saat ini dibumi.Air juga menjadi ragam kebutuhan lain dalam sehari-hari misalnya untuk di pakai mengolah makanan,mencuci piring & mencuci pakaian kotor,serta untuk mandi / membersihkan diri, Air ditemukan dalam tiga bentuk berbeda di Bumi, yaitu gas, padat, dan cair. Bentuk air tergantung pada suhu. Air di planet kita mengalir sebagai cairan di sungai, dan samudra dalam bentuk padat seperti es.
    Air juga berada di bawah tanah dan di dalam tumbuhan dan hewan. Semua makhluk hidup membutuhkan air dalam beberapa bentuk untuk bertahan hidup di Bumi.
    Maka Dari itu Kita Harus Bersyukur & Berterimakasih Kepada Allah SWT karena Berkat Allah SWT juga kita mendapatkan air untuk Kebutuhan kehidupan kita sehari-hari..Dan Air juga dapat menyebabkan bencana seperti Bencana Tsunami,Bencana Tsunami Berasal Dari Air Laut dan Kalo Bencana Banjir Berasal Dari Air Hujan yang deras (Air langit)
    Dan kalo bisa kita juga harus menghemat air berikut ini alasan kita harus menghemat air
    Alasan pertama adalah menjaga cadangan air agar tidak menipis, alasan yang kedua adalah untuk menjaga keseimbangan jumlah air, alasan yang ketiga adalah untuk menjaga keseimbangan ekosistem air, dan alasan yang ke empat adalah untuk menghemat biaya pengeluaran air.
    Main gitar, petiklah senar
    Terbang rendah si burung camar
    Manfaatkan air secara benar
    Jangan biarkan jadi tercemar.

    Nama : Defariza Bulan Putri Evanda
    No.peserta : 324
    Proyek : Mengolah Kompos dari Cangkang Telur
    No.tlp : 085290136702

    Balas
  • Mei 22, 2024 pada 21:12
    Permalink

    Nama : Sanggrama Rasio Al Warisyi
    SDN Kaliasin 1 Surabaya
    No. Peserta 079
    Proyek : Pengolahan/Pemanfaatan Limbah/Sampah Cangkang Telur

    Aku juga siap untuk menjaga air di bumi ini, hemat air, menggunakan air secukupnya, cepat mematikan kran apabila selesai, dan menjaga kebersihan air sungai dengan mejaga kebersihan sungai. Salam Bumi Pasti Lestari.

    Balas
    • Mei 26, 2024 pada 09:04
      Permalink

      halo sobat hijau semua perkenalkan nama saya Zahra Zahiyah Pasah dengan nomor peserta 1098 dari smp negeri 57 Surabaya.
      proyek yang akan saya angkat pada pangput lh 2024 ini adalah:
      obat nyamuk elektrik ramah lingkungan dengan memanfaatkan ekstrak lidah buaya

      Balas
  • Mei 23, 2024 pada 11:06
    Permalink

    Air juga menjadi ragam kebutuhan lain dalam sehari-hari misalnya untuk di pakai mengolah makanan,mencuci piring & mencuci pakaian kotor,serta untuk mandi / membersihkan diri, Air ditemukan dalam tiga bentuk berbeda di Bumi, yaitu gas, padat, dan cair. Bentuk air tergantung pada suhu. Saya akan menghemat air, menggunakan air secukupnya, cepat mematikan kran apabila selesai, dan menjaga kebersihan air sungai dengan mejaga kebersihan sungai.
    Salam Bumi Pasti Lestari.
    Nama saya Kristian Marcello Krisbianto
    Asal Sdn Tambaksari 1 Surabaya
    No peserta : 335
    Proyek : Mengelolah limbah minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi.

    Balas
  • Mei 23, 2024 pada 17:44
    Permalink

    Air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia dan makhluk hidup di muka bumi ini, oleh karena itu kita harus bersyukur atas anugerah Allah berupa air untuk memanfaatkan lingkungan sekitar.

    Nama: Yuan Krisna Atmadja

    Sekolah: SMPN 19 Surabaya

    Nomor Peserta: 409

    Penjelasan singkat proyek lingkungan yang sedang ke kembangkan: minyak jelantah adalah minyak goreng sisa pemakaian rumah tangga. Proyek-proyek ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif dari pembuangan limbah minyak jelantah yang tidak dikelola dengan baik. Dengan demikian, limbah minyak jelantah dapat dikelola secara lebih berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

    Balas
  • Mei 23, 2024 pada 20:33
    Permalink

    Assalamualaikum wr wb.
    Hallo sobat hijau

    Air merupakan sumber kehidupan dan kebutuhan utama bgi manusia, maka dari itu kita harus bisa mengelola dan memanfaatkanya dengan sebaik- baiknya,sebagamana
    surah al mukmin 18:”dan kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran;lalu kami jadikan air itu menetap di bumi dan sesungguhnya kami berkuasa menghilangkanya”

    Dari artikel diatas kita harus menjaga air tidak menebang pohon sembarangan agar tidak terjadi banjir dan banjir bandang.dan kita tidk boleh membuang sampah sembarangan supaya air tidak tercemar dan ikan yg berada dalam air tidak mati agar ekosistem di laut tidak tercemar hanya karna sampah.

    Aksi nyata yg kita lakukan di setiap harinya, menghemat air,dengan cara
    1.memakai air secukupnya
    2.menutup kran air bila sudah tidak digunakan
    3.tidak menggunakan air secara berlebihan
    4.menggunakan air secara teratur
    5.menyimpan air dalam wadah untuk cadangan darurat bila air dirumah habis
    6.hindari kebiasan mandi memakan banyak waktu
    7.menyuci baju secara efisien
    8.menampung air hujan

    Ayo ayo…. teman-teman kita lakukan aksi diatas disetiap hari ya…
    Wassalamualaikum wr.wb

    Nama = Rafael dianika angga putr
    Asal sekolah= SDN kandangan 1/121 surabaya
    Perseta=pangeran SD
    No.peserta = 085
    Proyek= poc serabut kelapa. Untuk kealanjutan poyek ,saya membudidayakan tanaman lidah buaya dan kencur. Yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

    082143138706

    Balas
  • Mei 23, 2024 pada 23:06
    Permalink

    Air merupakan hal penting dan pokok bagi umat manusia bagaimana tidak? Daerah daerah yang kemaraunya panjang sangat menderita saat tidak ada air.. sawah kering, ladang kering, sumber makanan pun susah..
    Oleh karema itu kita harus menjaga agar air tidak tercemar misal nya dengan tidak membuang sampah di sungai dan dilaut.. mari kita jaga lingkungan kita

    Nama : Aliya Azzahra Shidqia Rafani
    Sekolah : SDN Kaliasin 1 Surabaya
    Peserta : Putri Lingkungab Hidup Tahun 2024
    Nomor : 108
    Peoyek : Pengomposan

    Salam bumi pasti lestari

    Balas
  • Mei 24, 2024 pada 08:09
    Permalink

    MasyaAllah Tabarakallah, Betapa sayangnya Allah SWT kepada Hamba-nya
    Allah menciptakan air di muka bumi ini, dengan sangat melimpah. Dengan kualitas air yang sangat baik, sehingga kita bisa merasakan kenikmatan air setiap hari. Namun dalam menggunakan air kita sering lupa, bahwa selain menggunakan kita juga harus menghemat penggunaan air tersebut. Siklus Air, menjadi terhambat karena banyaknya pohon yang ditebangi. Hal ini, mengakibatkan berkurangnya cadangan air tanah. Selain itu, air tanah yang tercemar juga menjadi salah satu hal yang menyebabkan kurangnya air bersih. Mulai sekarang, sudah saatnya kita mempunyai daerah resapan air.

    Revalina Fernanda
    Calon Putri Lingkungan Hidup 2024
    Nomor Peserta : 1.240
    Proyek Lingkungan Hidup : Intensifikasi Bunga Telang. Bunga Telang harus terus dibudidayakan, agar semakin memberikan manfaat yang dahsyat kepada masyarakat.

    Balas
  • Mei 24, 2024 pada 11:05
    Permalink

    Air adalah sumberdaya alam yang du butuhkan manusia .
    Air memiliki unsur penting agar makhluk hidup dapat hidup dan berkembang biak , banyak nya manfaat air yang harus kita gunakan setiap hari.

    Air merupakan kebutuhan pokok , yang pasti semua orang menggunakan air , air juga dapat du gunakan untuk membudidayakan tanaman , dan basih banyak lagi .

    Manfaat air di bumi????
    Air memiliki manfaat penting bagi ke hidupan di bumi , antar lain menghifrasi tubuh, membantu perkembangan hidup , membantu membantu menjaga suhu tubuh dan masih banyak lagi .

    Kondisi air yang sangat bajus , tentu nya semua teman teman sudah tau yaa , mari belajar bersama kuu yokk .
    Kondisi air yang sangat bagus berasal dari air tanah , air sungai , air pantai dan air tanaman pohon / serat air ????????????????????

    Bumi memiliki air yang sangat besar sebesar 97 persen , maka dari itu kita harus selalu menghemat air , walau di bumi memiliki banyak air tapi kita semua tidak tau air juga bisa habis dan surut .

    Mari gunakan air secukup nya , jangan pernah membuang buang air ya teman teman karena banyak daerah yang kekurangan air , membuat banyak nya korban dehidrasi kekurangan air .

    Makasih ya teman teman sekian belajar bersama kitaa ????????????????

    Jangan lupa dukung aku terus yaa ????????
    Nama:komang kirana mahadewi sanjaya
    Nomer : 082141259735
    Sekolah: SMPN 7 SURABAYA

    Makasih ya teman teman ku atas dukungan nya semua , sekoga kita bisa lanjut bersama sama ????????????????????????????????????????

    Balas
  • Mei 24, 2024 pada 11:19
    Permalink

    Masha Alloh…
    Artikel yg bagus sekali tentang air menurut Al Qur’an

    Kita sebagai generasi penerus harus melestarikan alam, agar tetap menjaga komposisi air bersih yang semakin menipis ini.

    Nama : Harun al-Rasyid Saputra
    No. Peserta : 203
    Asal sekolah : SDN Pacarkeling 1 / 182 Surabaya
    Judul Proyek : Berselancar dengan sampah anorganik

    Balas
  • Mei 25, 2024 pada 05:42
    Permalink

    Betul, kalau kita tidak bisa menjaga kualitas air, maka kita terkena sakit. Karena bagi kita air adalah sumber kehidupan.
    Yuk kita yang sebagai generasi penerus harus menjaga sumber kehidupan kita yaitu (air) supaya tetap bersih.

    Balas
  • Mei 25, 2024 pada 05:43
    Permalink

    Betul, kalau kita tidak bisa menjaga kualitas air, maka kita terkena sakit. Karena bagi kita air adalah sumber kehidupan.
    Yuk kita yang sebagai generasi penerus harus menjaga sumber kehidupan kita yaitu (air) supaya tetap bersih.

    Nama : Kezia Jovina Natasha
    Asal Sekolah : SMPN 40 SURABAYA
    No. Peserta : 920
    Proyek : budidaya bunga telang

    Balas
  • Mei 25, 2024 pada 18:52
    Permalink

    Assalamualaikum sobat hijau…

    Air merupakan kebutuhan pokok yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan makhluk hidup.
    Setiap kegiatan yang dilakukan membutuhkan air.
    Oleh karena itu, kita harus menjaga keberlangsungan air di bumi dengan menggunakan air sesuai dengan kebutuhan.

    By Raphael Vicco Setiyawan
    Calon pangeran LH 2024
    No peserta 199
    Judul Proyek : Biomiru

    Balas
    • Mei 28, 2024 pada 15:12
      Permalink

      Bismillahhirrohmanirrahim
      Assalamualaikum teman 2 semuanya alhamdulillah sampai sejauh ini saya masih memanfaatkan air dengan baik,tidak berlebihan dalam penggunaan air kalo memang ngak penting banget,karena saya pernah melihat saudara kita ,ini kisah nyata yang akan saya ungkapkan tidak jauh dari tempat lahir mama saya… kekurangan air bahkan sampai jalan yang mereka buat jalan sampai retak, …sungguh sangat disayangkan ,jangankan buat mandi buat minum saja sulit,ini kisah terjadi dipedesaan… kalo saya telaah lebih lanjut,bukan karena adanya tangan manusia yang jahil tapi karena memang area sekitar tempat tinggal mereka masih belum banyak mengerti tentang bagaimana caranya memperoleh air dan memanfaatkannya,karena klo saya lihat jarang sekali ada sumur… karena disana kalo mau membuat sumur harus menggunakan gelondongan lebih dari 12 gelondongan karena dalamnnya memperoleh air, hingga kalo kita menggunakan gelondongan harus sampai sumber airnya kelihatan, nah ini mungkin kendala yang membuat warga berpikir ulang untuk membuatnya,,, jangankan sampai membuat sumur buat makan pun sulit,alhamdulillah sekarang sudah mendingan karena masyarakat yang semakin terdepan hehhe..
      kalo menurut saya sendiri selama masih ada yang bisa dikondisikan semisal masih ada sisa bekas air leri,air bekas ac,n air hujan kenapa ngk kita pergunakan saja sebagai upaya penghematan energi dan juga itung menghemat biaya juga kwkkeke…jadi kala saya tidak merasa penting saya jarang pergunakan air bisa dibilang juga saya juga jarang mandi juga untuk menghemat air hehheh akan tetapi karena saya mengikuti pangput 2024 lagi saya jadi tidak menghemat air lagi dikarenakan saya membutuhkan banyak air bersih disetiap pencucian proyek Utilization Of Egg Shell Waste, bagaimana ngk butuh air bersih… dalam mencuci cangkang telur dalam 1 kreseknya saya membutuhkan 4 bak air bersih karena meskipun sudah 4 kli pencucian dan juga sudah memakai sunlight bau amis nya tidak bisa hilang,….dan juga untuk pembersihan lokasi pencucian kita membutuhkan wipoll 2 liter setiap pencucian blum lagi rinso ya shobat…karena limbah cangkang yang sangat banyak setiap pengambilan jadi baunya lengket hehhe…jadi menurut saya apapun yang berlebihan tidak baik kekurangan juga tidak baik lagi hehe……..jadi yang sedang sedang saja….. butuh pakai tidak dibutuhkan simpan… ok
      By…Verlita Anggraini Putri
      smpn 19 surabaya
      no peserta 720
      Utilization Of Egg Sheel East

      Balas
  • Mei 28, 2024 pada 15:21
    Permalink

    Bismillahhirrohmanirrahim
    Assalamualaikum teman 2 semuanya alhamdulillah sampai sejauh ini saya masih memanfaatkan air dengan baik,tidak berlebihan dalam penggunaan air kalo memang ngak penting banget,karena saya pernah melihat saudara kita ,ini kisah nyata yang akan saya ungkapkan tidak jauh dari tempat lahir mama saya… kekurangan air bahkan sampai jalan yang mereka buat jalan sampai retak, …sungguh sangat disayangkan ,jangankan buat mandi buat minum saja sulit,ini kisah terjadi dipedesaan… kalo saya telaah lebih lanjut,bukan karena adanya tangan manusia yang jahil tapi karena memang area sekitar tempat tinggal mereka masih belum banyak mengerti tentang bagaimana caranya memperoleh air dan memanfaatkannya,karena klo saya lihat jarang sekali ada sumur… karena disana kalo mau membuat sumur harus menggunakan gelondongan lebih dari 12 gelondongan karena dalamnnya memperoleh air, hingga kalo kita menggunakan gelondongan harus sampai sumber airnya kelihatan, nah ini mungkin kendala yang membuat warga berpikir ulang untuk membuatnya,,, jangankan sampai membuat sumur buat makan pun sulit,alhamdulillah sekarang sudah mendingan karena masyarakat yang semakin terdepan hehhe..
    kalo menurut saya sendiri selama masih ada yang bisa dikondisikan semisal masih ada sisa bekas air leri,air bekas ac,n air hujan kenapa ngk kita pergunakan saja sebagai upaya penghematan energi dan juga itung menghemat biaya juga kwkkeke…jadi kala saya tidak merasa penting saya jarang pergunakan air bisa dibilang juga saya juga jarang mandi juga untuk menghemat air hehheh akan tetapi karena saya mengikuti pangput 2024 lagi saya jadi tidak menghemat air lagi dikarenakan saya membutuhkan banyak air bersih disetiap pencucian proyek Utilization Of Egg Shell Waste, bagaimana ngk butuh air bersih… dalam mencuci cangkang telur dalam 1 kreseknya saya membutuhkan 4 bak air bersih karena meskipun sudah 4 kli pencucian dan juga sudah memakai sunlight bau amis nya tidak bisa hilang,….dan juga untuk pembersihan lokasi pencucian kita membutuhkan wipoll 2 liter setiap pencucian blum lagi rinso ya shobat…karena limbah cangkang yang sangat banyak setiap pengambilan jadi baunya lengket hehhe… dan juga kita juga harus menjaga kwalitas air supaya lebih terjaga,sebagai contoh tidak membuang sisa bekas minyak sembarangan biar tidak merusak lingkungan, jadi menurut saya apapun yang berlebihan tidak baik kekurangan juga tidak baik lagi hehe……..jadi yang sedang sedang saja….. butuh pakai tidak dibutuhkan simpan… ok
    By…Verlita Anggraini Putri
    smpn 19 surabaya
    no peserta 720
    Utilization Of Egg Sheel East

    Balas
  • Mei 28, 2024 pada 17:47
    Permalink

    Masyaallah…betapa kuasaNya Allah Subhanahu wata’ala dalam menciptakan air sebagai sumber kehidupan semua mahluk yang ada di bumi.Hal ini menjadikan bukti betapa banyak nikmat yang Sang pencipta berikan kepada seluruh mahluk yang ada di bumi sehingga semua dapat menjaga kelangsungan hidup dan berkembang biak dengan baik.

    By Raihan Jouzu Syamsudin dari SMP Negeri 57 Surabaya no peserta 571. Judul proyek ” Pemanfaatan Limbah Kulit Bawang putih Sebagai Pewarna Sintetis Dalam Pembuatan Tinta Spidol”

    Balas
    • Mei 30, 2024 pada 12:04
      Permalink

      Halo teman teman
      Saya disini mau mempromosikan proyek saya aloe vera

      Nama : azkia Mutia azzahra
      Sekolah : SDN peneleh 1
      No peserta : 424

      Balas
  • Mei 29, 2024 pada 01:03
    Permalink

    Betapa Allah menciptakan segala sesuatunya dengan maksud n tujuan untuk kebaikan bersama. Dan kita tidak boleh lupa selalu bersyukur apapun kondisi dan keadaannya.

    Muhammad Aldo Suprapto
    Kelas VIII / SMP Negeri 1 Surabaya
    Nomor Peserta 359
    Judul Proyek: SICANGLUR
    ( Kreasi Cangkang Telur )

    Pada Tahun 2023 Saya masuk 10besar Finalis dengan Proyek LURCANGLUR (Lulur Cangkang Telur). Semoga di 2024 pencapaiannya bisa lebih banyak dan lebih baik. Saya berharap bisa mensosialisasikan kepada Masyarakat luas betapa pentingnya memisahkan sampah organik dan sampah anorganik. Terima kasih.

    Balas
  • Mei 29, 2024 pada 06:32
    Permalink

    Air diturunkan oleh Allah untuk kita minum dan untuk kehidupan sehari-hari.
    Jika tidak ada air maka makhluk hidup di muka bumi akan mati kehausan. Karena air merupakan salah satu kebutuhan dasar yang wajib ada.

    Nama: Najwa Elmira Mutiara Ramadhani
    Asal sekolah: SMPN 23 Surabaya
    No urut peserta: 760
    Judul proyek: Bucin “Budidaya Cincau”

    Balas
  • Mei 30, 2024 pada 12:38
    Permalink

    Air diturunkan allah untuk kita minum dan untuk kehidupan sehari hari jadi kita harus bersyukur karena allah sudah memberikan kita air untuk minum agar kita tidak kehausan

    Nama : azkia Mutia azzahra
    Sekolah : SDN peneleh 1
    No peserta : 424

    Balas
  • Mei 31, 2024 pada 16:56
    Permalink

    Air adalah senyawa yang penting bagi semua kehidupan di bumi

    Nama : Areta Alfu Qomaroo Ulumuddin
    Sekolah : SDN Jemurwonosari I/417 Surabaya
    Nomer peserta : 100
    Judul Proyek Budidaya Bunga Telang. Menanam bunga Telang dobel manfaatnya, satu lingkungan menjadi hijau asri . Dua manfaat kesehatan karena kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan.

    Balas
  • Juni 1, 2024 pada 11:02
    Permalink

    Nama : Syamsa Arundina
    Sekolah : SDN Gayungan 1/422
    No. Peserta : 064
    Judul Proyek : Budidaya Bawang Dayak

    Air adalah hal yang penting bagi kita semua sehingga, kita harus menjaganya supaya tetap bersih. Karena itu kita harus bersyukur jika kita masih memiliki air untuk digunakan.

    Balas
  • Juni 2, 2024 pada 07:26
    Permalink

    Kendo Alendra P.N / SMPN 37 Surabaya, no peserta : 623 . Judul Proyek : Pengolahan limbah air leri untuk budidaya bunga aglonema

    Air adalah unsur penting agar makhluk dapat hidup dan menjaga kelangsungan huidupnya. Selain itu, pada kenyataannya, sebagian besar tubuh makhluk hidup terdiri dari air.
    Karena air sumber kehidupan dan juga bisa diartikan sumber penyakit bahkan sumber kematian

    Oleh sebab itu kita sebagai makhluk hidup yg sangat membutuhkan air haruslah lebih menjaga kualitas kebersihan air dan juga tidak boros saat menggunakan air agar berdampak baik di kehidupan selanjutnya

    Balas
  • Juni 2, 2024 pada 13:59
    Permalink

    Wah, dari sini kita belajar bahwa air sangat berperan penting bagi kehidupan dan air adalah komponen penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

    Nama: Salsabila Nurfatikha
    No Peserta: 1142
    Asal Sekolah: SMPN 6 SBY
    Judul Proyek: Tomat Ajaib

    Balas
  • Juni 4, 2024 pada 09:16
    Permalink

    Air adalah kebutuhan kita untuk sehari hari dan berperan penting bagi kita.

    Nama: Naura Assyifa Larasati
    Sekolah: SMPN 12 Surabaya
    Nomor Peserta: 662
    Nama Proyek: Pengharum Ruangan Alami dari Kulit Jeruk

    Dalam Proyek ini saya bertujuan untuk mengurangi limbah Kulit Jeruk, semoga dengan cara yang saya lakukan bisa menginspirasi dan juga bermanfaat bagi sekitar.

    Balas
  • Juni 4, 2024 pada 15:22
    Permalink

    Air adalah salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari.maka gunakan air secukupnya dan seperlunya saja.karnanya salah satu cara kita menjaga air agar tetap bersih jangan sampai membuang sampah sembarangan agar air tidak tercemar .dan sayang sekali jika air tidak terjaga dengan baik apalagi banyaknya perusahaan yang membuang limbah ke saluran air sungai.air menjadi bau dan kotor.bisa juga disebabkan membuang minyak jelantah disaluran air dan got.akan menyumbat dan menjadi mampet.Yuk sama2 menjaga air agar tetap bersih dan terjaga
    Aku Cecilia Farah Calysta siswi dari Smpn43 Surabaya dengan proyek Pjka peduli jelantah kita bisa no peserta 980 mengajak masyarakat untuk mengumpulkan minyak jelantah agar minyak jelantah bisa digunakan dengan baik dan benar yang sesuai

    Balas
  • Juni 6, 2024 pada 14:21
    Permalink

    Air merupakan salah satu sumber kehidupan, untuk itu jagalah air kita agar selalu tetap bersih dan tidak tercemar

    Rasyid Maulana Riffat
    Nomor Peserta 241 SD
    SDN Pacarkeling V/186 Surabaya
    Project budiros nyakman selalu di hati (Budidaya Rosella Banyak Manfaatnya)

    Terima kasih

    Balas
  • Juni 11, 2024 pada 21:28
    Permalink

    Betul, kalau kita tidak bisa menjaga kualitas air, maka kita terkena sakit. Karena bagi kita air adalah sumber kehidupan.
    Yuk kita yang sebagai generasi penerus harus menjaga sumber kehidupan kita yaitu air supaya tetap bersih. Artikelnya keren banget, menyadarkan kita untuk selalu menghargai air
    jagalah air dan lestarikan air.

    haloo sobat hijau..
    Perkenalkan
    nama : Rahayu wandira
    no peserta : 768
    sekolah : SMP NEGERI 23 SURABAYA
    proyek : membudidayakan tanaman Aloe Vera
    saya sebagai peserta pangeran dan putri lingkungan hidup 2024

    saya ikut berpartisipasi mendukung adanya pangeran putri lingkungan hidup dengan cara membudidayakan tanaman aloe vera yang sulit ditemukan. dengan adanya program ini saya akan membudidayakan dan memanfaatkan tanaman aloe vera sebagai makanan, minuman, hand sanitizer

    mari kita ikut serta dalam penghijauan dan pelestarian lingkungan di kota pahlawan

    salam bumi pasti lestari

    Balas
  • Juni 12, 2024 pada 14:47
    Permalink

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Hai Sobat Hijau

    Perkenalkan nama saya MUHAMMAD KHABIBI NUR ROKHMAN
    Saya dari SDN BANJARSUGIHAN V/617 SURABAYA
    No.Peserta 017
    Proyek Lingkungan Hidup saya adalah pengurangan sampah plastik untuk pembuatan ecobrick.

    Air adalah sumber kehidupan bagi makhluk hidup dan merupakan anugerah yang dilimpahkan ALLAH SWT kepada seluruh makhluknya, oleh karena itu kita harus menjaga keberadaan dan kualitas air agar kita tidak sakit serta selalu menjaga kebersihan lingkungan karena bersih adalah sebagian dari iman.
    Dan jangan lupa intip proyek lingkungan hidup saya yaitu pengurangan sampah plastik untuk pembuatan ecobrick. Disini saya menghimbau dan mengajak orang lain untuk sadar akan bahaya sampah plastik jika tidak dikelola dengan baik, terbuang begitu saja sampai sampah plastik menumpuk sehingga mengakibatkan banjir, bau tidak sedap dan dapat menimbulkan penyakit. Maka dari itu mari kita mengurangi sampah plastik dan menjadikan barang yang bermanfaat untuk pembuatan ecobrick.

    Salam Bumi Pasti Lestari
    Salam Sadar Iklim
    Salam Zero Waste
    Salam Basuma Jaya Jaya Jaya
    Pokoe ngeten pun

    Balas
  • Juni 16, 2024 pada 23:02
    Permalink

    Air merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Nah ayo gunakan ajr secukupnya atau seperlunya saja!!
    Salah satu cara kita menjaga air agar tetap bersih jangan membuang sampah sembarangan agar air tidak tercemar

    Nama : Verlita Gladys Samantha
    Nomor Peserta : 894
    Asal Sekolah : SMP Negeri 38 Surabaya
    Judul Proyek : OSAMA METAK (Olah Sampah Organik Rumah Tangga Metode Takakura)

    Balas
  • Juni 20, 2024 pada 20:37
    Permalink

    Nama: Dini Calista Ivana
    Sekolah: SMPN 35 Surabaya
    Nomor Peserta: 880
    Pengolaha Sampah Organik dengan Magot BSF
    Dalam pemilihan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2024 ini saya melakukan aksi nyata kepedulian lingkungan berkelanjutan dengan memanfaatkan Magot BSE sebagai sarana pengolahan sampah organik. Melalui proyek yang saya jalankan, saya berharap dapat ikut berkontribusi dalam mencegah atau mengurangi perubahan iklim. Dengan mengolah sampah organik melalui media magot BSF berarti saya telah mengurangi timbunan sampah yang kita dan masyarakat hasilkan sehari-hari. Saya melakukan pengolahan sampah organik melalui media magot BSF ini dengan intensitas rata-rata setiap hari dan terkadang sehari dua kali tergantung waktu dan sampah organik yang saya peroleh.

    Air merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Nah ayo gunakan ajr secukupnya atau seperlunya saja

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *