Belajar dari Kasus Cimindi

Sosok mayat laki-laki ditemukan menggantung di fly over Cimindi, Kota Bandung, Jawa Barat pada Jumat (28/6/2024). Korban diduga melakukan tindakan gantung diri, dugaan ini muncul karena adanya surat wasiat yang dituliskan di sepotong kardus. Wasiat tersebut bertuliskan “Antarkan saya ke RS Imannuel, orangtua saya kerja di sana”. 

Ditemukan pula sisa lakban yang menutup mata dan mulut korban. Saat ini jasad korban mengalami proses autopsi. Tidak lama setelah kejadian tersebut, munculah surat wasiat yang berisikan pemikiran dan riwayat hidup korban. Surat wasiat tersebut tersebar pada media sosial X yang sudah dibaca oleh 5,6 juta pengguna X. 

Berdasarkan databoks.co.id, kasus bunuh diri di Indonesia sudah mencapai 287 kasus per 1 Januari – 15 Maret 2024. Adapun menurut Asosiasi Pencegahan Bunuh Diri di Indonesia, jumlah kasus bunuh diri yang dilaporkan mungkin lebih sedikit dibandingkan kejadianya. 

Hal tersebut disebabkan oleh stigma dan dampak sosial yang ditimbulkan dari pelaporan tindakan bunuh diri yang dilakukan keluarga korban. Indonesia juga belum memiliki registrasi kematian yang melaporkan data secara akurat sehingga data kasus bunuh diri tidak sepenuhnya terekam oleh sistem.

Tindakan bunuh diri dapat didorong oleh banyak hal. Klikdokter.com menyebutkan ada 11 faktor penyebab seseorang ingin bunuh diri. Penyebab yang paling umum adalah depresi berat yang menyebabkan seseorang mengalami sakit emosional yang parah dan kehilangan harapan untuk tetap hidup. 

Selanjutnya adalah gangguan mental seperti bipolar dan skizofrenia yang juga bersifat rentan melakukan tindakan bunuh diri. Selain itu penderita stress traumatis atau PTSD karena penderita merasa putus asa dan tidak berdaya karena trauma yang dialami sehingga menyebabkan mereka mengakhiri hidupnya. Selanjutnya adalah penyalahgunaan zat-zat terlarang sehingga menimbulkan perilaku impulsif.

Penyebab terbanyak seseorang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya sendiri adalah stress dan depresi hingga menyebabkan gangguan mental lainya. Berdasarkan artikel yang ditulis oleh Rumah Sakit Jiwa Aceh, 1 dari 10 remaja di indonesia terdeteksi memiliki gangguan jiwa seperti gangguan kecemasan dan depresi. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan kecemasan dan depresi seperti menerapkan pola hidup sehat, melakukan hobi, detoks media sosial, mengekspresikan perasaan dan latihan berfikir positif. 

Depresi dapat diketahui melalui gejala berikut yaitu, merasa rendah diri, putus asa, dan tidak berharga, merasa khawatir dan cemas berlebihan, sangat sensitif, seperti mudah marah, tersinggung, atau sedih. 

Seseorang yang mengalami depresi juga sulit untuk fokus dan konsentrasi, mengalami kesulitan untuk berpikir dan mengambil keputusan, serta cenderung menutup diri dari lingkungan. 

Maka dari itu, jika Sobat Hijau menemukan seseorang yang memiliki gejala depresi seperti yang sudah dituliskan, sobat hijau wajib menyarankan untuk segera menghubungi psikiater ataupun psikolog untuk segera mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Penulis: Aisyah Maharani

21 thoughts on “Belajar dari Kasus Cimindi

  • Juli 1, 2024 pada 14:07
    Permalink

    Waktu itu ada batasnya maka mari digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat dengan mengikuti kegiatan yang positif.
    Nama : Areta Alfu Qomaroo Ulumuddin
    Sekolah : SDN Jemurwonosari I/417 Surabaya
    Nomer peserta : 100
    Judul Proyek Budidaya Bunga Telang. Menanam bunga Telang dobel manfaatnya, satu lingkungan menjadi hijau asri . Dua manfaat kesehatan karena kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan.

    Balas
    • Juli 1, 2024 pada 14:17
      Permalink

      Sangat miris. Sebagai anak atau remaja isilah keseharian kalian dengan kegiatan yang positif atau mencari kesibukan yang dapat mengembangkan potensi diri, membuat diri senang, pergaulan atau komunitas yang baik, sehingga dapat terhindar dari stress dan depresi.
      Selain itu dukungan dan perhatian orang tua serta keluarga sangat diperlukan.

      Nama : Naura Novani
      Sekolah : SMP Negeri 5 Surabaya
      No.Peserta : 1032
      Judul Proyek : Budidaya Jamur
      Saya melakukan budidaya jamur karena banyak manfaat dari jamur, diantaranya dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

      Balas
    • Juli 17, 2024 pada 15:01
      Permalink

      assalmualaikum
      hal terpenting dan paling utama agar kita terhindar dari hal yang tidak kita inginkan seperti hal nya kasus cimindi ini adalah kedekatan diri dengan keluarga,memperdalam ilmu agama,kurangi gadget klo tidak penting amet,selalu berpikir positif,menghindari pergaulan bebas dengan cara memilih teman yang bisa meningkatkan hidup tuk lebih baik.ok
      verlita anggraini putri
      smpn 19 surabaya no pesert 720
      Utilization Of Egg Shell Waste

      Balas
  • Juli 1, 2024 pada 18:11
    Permalink

    Selain cara di atas untuk mengurangi kecemasan diri dan stres menurut saya Ketenangan hati dan pikiran sangat diperlukan untuk menjaga kestabilan diri seseorang dan sangat setuju sekali jika kita berkonsultasi dengan dr.psikologi apabila kita merasa ada rasa yang tidak bisa kita kendalikan secara berlebihan untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan.
    Nama : ABDIE PUTRA DARMAWAN
    Sekolah : SDN SAMBIKEREP 2
    No urut : 277
    Proyek : pemanfaatan sampah organik menjadi kompos

    Balas
  • Juli 1, 2024 pada 22:11
    Permalink

    Menurut aliya generasi muda harus pandai dalam mencari kegiatan yang positif di luar rumah, bergaul dengan teman teman yang sehobi dan dapat membangun circle pertemanan yang baik, mendetoks media sosial dan melakukan pola hidup sehat agar terhindar dari pemikiran pemikiran yang akan membawa penyesalan nantinya.

    Nama : Aliya Azzahra Shidqia Rafani
    Nomor : 108
    Sekolah : SDN Kaliasin 1 Surabaya
    Proyek : Pengomposan

    Balas
  • Juli 2, 2024 pada 15:31
    Permalink

    Sangat disayangkan sekali hidup ini digunakan dengan hal2 yang tidak biak.karna waktu tidak bisa diputar kembali.depresi sampai mengakibatkan bunuh diri sangat dilarang dalam agama dan Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan kecemasan dan depresi seperti menerapkan pola hidup sehat, melakukan hobi, detoks media sosial, mengekspresikan perasaan dan latihan berfikir positif.
    Yuk teman2 lakukan hal2 yang positif yaa agar kita menjadi generasi yang sukses dan bermanfaat untuk banyak orang
    Aku Cecilia Farah Calysta siswi dari Smpn43 Surabaya dengan proyek Pjka peduli jelantah kita bisa no peserta 980
    Mengapa minyak jelantah karena minyak jelantah bisa berdampak positif terhadap pengurangan B3 bahan bahaya beracun

    Balas
  • Juli 2, 2024 pada 15:45
    Permalink

    Innalilahi wa Innailaihi Rojiun, sangat memprihatikan membaca artikel diatas, kurang harmonisnya ikatan keluarga merupakan dampak terjadi nya kasus bunuh diri.

    M. Haykal Adha
    231 SD
    Maggot D OWA atau Maggot decomposing organic waste
    SDN Pacarkeling V/186

    Balas
  • Juli 2, 2024 pada 15:46
    Permalink

    sangat memprihatikan membaca artikel diatas, kurang harmonisnya ikatan keluarga merupakan dampak terjadi nya kasus bunuh diri.

    M. Haykal Adha
    231 SD
    Maggot D OWA atau Maggot decomposing organic waste
    SDN Pacarkeling V/186

    Balas
  • Juli 2, 2024 pada 18:36
    Permalink

    Sayang sekali masih remaja sudah bunuh diri padahal masa depan yang cerah menunggu nya kurang diperhatikan keluarga menjadi dampak terjadi nya kasus
    Bunuh diri lakukan hal positif atau hal yang baik agar tiada kejadian seperti itu
    Lagi.

    Nama : Nadia azzahra Ramadhani
    No urut : 458
    Sekolah: SDN Ploso V
    Proyek : budidaya tanaman jahe yang bermanfaat untuk obat obatan
    Toga dan bahan masakan.

    Balas
  • Juli 2, 2024 pada 21:26
    Permalink

    Innalillahiwainailaihi rojiun
    Semoga tidak ada kasus² seperti ini lagi.
    Cintailah dirimu sendiri, lakukan hal² yang positif, agar terhindar dari hal² yang negatif.

    Nama : Harun al-Rasyid Saputra
    Sekolah : SDN Pacarkeling 1/182 Sby
    No. Peserta : 203
    Judul Proyek : Berselancar dengan sampah anorganik

    Balas
  • Juli 3, 2024 pada 17:38
    Permalink

    Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT akan menghindarkan dari bunuh diri karena bunuh diri itu berarti tidak mensyukuri nikmat umur yang diberikan Allah SWT. Harusnya umur digunakan untuk hal yang baik.
    Nama Abdullah Fattah Ghazali
    SDN PACARKELING V
    No peserta 207
    Judul proyek Budidaya cabe ( BUCA)

    Balas
    • Juli 4, 2024 pada 08:14
      Permalink

      Sangat memprihatikan dan miris.
      Generasi muda gunakan waktu dengan hal yang positif .mencari kesibukan yang dapat mengembangkan potensi diri. Meningkatkan Keimanan kepada Allah, selalu terbuka dengan keluarga, mencari teman yang tepat untuk selalu kegiatan positif.

      FAKHRIE ZHAFRAN KHAIRY
      No Peserta: 153
      SDN Margorejo 1/403 Surabaya
      Proyek: “KOTA LISA”(Kompos Takakura Limbah Sampah Organik)

      Balas
  • Juli 5, 2024 pada 07:44
    Permalink

    innalillahi wa inailaihi rojiun,

    generasi muda selalu punya banyak energi yang harus dihabiskan untuk kegiatan positif,
    percaya pada diri sendiri dan berjanji tidak akan meninggalkan diri sendiri, berdoa dan berusaha.

    Intip juga proyekku Maggot BSF by DW si pengurai sampah organik yang bernilai ekonomis sebagai pakan ternak bernutrisi tinggi.

    Dewangga Kasyafa Prestian
    IG @dewangga.prestian
    SD Al Hikmah Surabaya
    No.urut : 001
    Proyek Maggot BSF
    Si Pengurai Sampah Organik

    Balas
  • Juli 8, 2024 pada 14:04
    Permalink

    Sebagai anak remaja kita harus mengisi waktu luang dengan kegiatan positif, dan memiliki pergaulan yang baik agar tidak terjadi hal-hal yang bisa merugikan diri kita sendiri.

    Nama: Yuan Krisna Atmadja

    Sekolah: SMPN 19 Surabaya

    Nomor Peserta: 409

    Penjelasan singkat proyek lingkungan yang sedang ke kembangkan: minyak jelantah adalah minyak goreng sisa pemakaian rumah tangga. Proyek-proyek ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif dari pembuangan limbah minyak jelantah yang tidak dikelola dengan baik. Dengan demikian, limbah minyak jelantah dapat dikelola secara lebih berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

    Balas
  • Juli 10, 2024 pada 16:53
    Permalink

    Turut berdukacita, mari terus lakukan kegiatan yang positif ya teman”????????

    NAMA : Aditya Wardana Putra
    ASAL SEKOLAH : SMPN 40 SURABAYA
    NOPES : 473
    PROYEK : LARUTAN SEJUTA MANFAAT (ECO ENZYME)

    Balas
  • Juli 12, 2024 pada 05:33
    Permalink

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Hai Sobat Hijau

    Perkenalkan nama saya MUHAMMAD KHABIBI NUR ROKHMAN
    Saya dari SDN BANJARSUGIHAN V/617 SURABAYA
    No.Peserta 017
    Proyek Lingkungan Hidup saya adalah pengurangan sampah plastik untuk pembuatan ecobrick.

    Yuk kita sebagai generasi muda belajar dari kasus cimindi gunakan waktu sebaik mungkin mulai dari cintailah diri kita, melakukan kegiatan yang positif, bergaul dengan teman yang baik karena dapat mempengaruhi kegiatan yang positif, meningkatkan keimanan dan ketaqwa’an kepada ALLAH SWT.

    Dan jangan lupa intip proyek lingkungan hidup saya yaitu pengurangan sampah plastik untuk pembuatan ecobrick. Disini saya menghimbau dan mengajak orang lain untuk sadar akan bahaya sampah plastik jika tidak dikelola dengan baik, terbuang begitu saja sampai sampah plastik menumpuk sehingga mengakibatkan banjir, bau tidak sedap dan dapat menimbulkan penyakit. Maka dari itu mari kita mengurangi sampah plastik dan menjadikan barang yang bermanfaat untuk pembuatan ecobrick.

    Salam Bumi Pasti Lestari
    Salam Sadar Iklim
    Salam Zero Waste
    Salam Basuma Jaya Jaya Jaya
    Iki lho areke
    Pokoe ngeten pun

    Balas
  • Juli 12, 2024 pada 19:01
    Permalink

    Sobat, kalau ada masalah itu jangan Langsung berpikir seperti bunuh diri aja. Kalian bisa cerita ke keluarga biar tidak menjadi depresi. Itu yang membuat kalian lega ketika kalian mengalami depresi. Mari kita sebagai anak remaja harus melakukan hal hal yang positif supaya tidak mengalami depresi, dsb.

    Nama : Kezia Jovina Natasha
    Asal Sekolah: SMPN 40 Surabaya
    No. Peserta : 920
    Proyek : Budidaya Bunga Telang

    Balas
  • Juli 13, 2024 pada 18:35
    Permalink

    Menurut saya, manusia pasti punya masalahnya masing-masing. Namun, dibalik itu pasti ada maknanya tersendiri. Keluarga, kerabat, teman, sahabat dll bisa menjadi wadah untuk kita bertukar cerita. Solusi terbaik ialah mendekat kepada Yang Maha Kuasa, bukan berarti menghilangkan nyawa sendiri merupakan solusi terakhir. Semangat untuk kita semua ya !!

    Halo semuanya perkenalkan nama saya Pandan, saya berasal dari SMPN 25 Surabaya dengan nomor peserta 804. Disini proyek yang sedang saya jalani yaitu Destilasi Sereh sebagai Obat Pengusir Nyamuk.

    Salam Bumi????, Pasti Lestari????

    Balas
  • Juli 19, 2024 pada 17:11
    Permalink

    Sangat prihatin dengan kasus-kasus seperti ini, semoga kasus seperti ini tidak pernah terjadi lagi

    Nama = Kiane Nadezda Waludri
    No Peserta = 658
    Sekolah = SMPN 12
    Kategori = Putri Lingkungan SMP
    Nama Proyek = ReNew Paper : Solusi Kertas Berkelanjutan
    Dalam proyek saya ini, saya bertujuan untuk menghasilkan kertas daur ulang yang kreatif dengan mengeksplorasi penggunaan daun dan bunga sebagai bahan eksperimen saya.

    Balas
  • Juli 21, 2024 pada 07:29
    Permalink

    Nama: Syamsa Arundina
    Sekolah: SDN Gayungan 1/422
    No. Peserta: 064
    Judul Proyek: Budidaya Bawang Dayak

    Sebagai anak remaja kita harus bisa memanfaatkan dan menggunakan waktu dengan baik untuk hal-hal yang positif. Supaya tidak timbul depresi dan berakhir seperti kasus ini.

    Balas
  • Juli 21, 2024 pada 07:29
    Permalink

    Nama: Syamsa Arundina
    Sekolah: SDN Gayungan 1/422
    No. Peserta: 064
    Judul Proyek: Budidaya Bawang Dayak

    Kita harus bisa memanfaatkan dan menggunakan waktu dengan baik untuk hal-hal yang positif. Supaya tidak timbul depresi dan berakhir seperti kasus ini.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *