Cegah Kolesterol dan Jantung! Jangan Obesitas dan Makan berlebihan

Dr. Fatcha Nuraliyah, Kepala Tim Kerja Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pada Webinar Nasional Seri#196 “Waspada Kolesterol dan Jantung” Sabtu (29/6/2024), menyebutkan bahwa penyakit kardiovaskular merupakan sebuah kondisi di mana terjadi penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah coroner yang dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada (angina), atau stroke.

“Kondisi ini dapat mempengaruhi kemampuan jantung untuk memompa darah dengan efektif, menyebabkan gangguan sirkulasi darah, dan berpotensi menjadi ancaman serius bagi kesehatan seseorang,” kata dr. Fatcha.

Dr Fatcha menyertakan data kematian akibat penyakit jantung oleh IHME (Intitute for Health Metrics and Evaluation) yang menyebutkan bahwa 1 dari 3 kematian di dunia disebabkan oleh penyakit jantung. “Selain itu, penyakit kardiovaskuler termasuk penyebab tertinggi kematian di dunia terutama di Indonesia yang terbanyak adalah tekanan darah tinggi dan kadar gula yang tinggi,” ujarnya.

Menurut Riset Kesehatan Dasar 2018, prevalensi penyakit jantung berdasarkan diagnosis dokter di Indonesia sebesar 1,5%, prevalensi penyakit jantung koroner berdasarkan diagnosis dokter di Indonesia sebesar 0,5% Tahun 2013.

Pencegahan penyakit kardiovaskular

“Penyebab Kematian tertinggi di dunia adalah penyakit jantung iskemik  sebesar 16,17% dan stroke 11,59%,” terang dr. Fatcha. Sedangkan penyebab kematian tertinggi di Indonesia adalah penyakit stroke (19,42%) dan jantung iskemik (14,38%).

Tekanan darah tinggi, gula darah tinggi dan obesitas menduduki 5 besar faktor risiko yang menyebabkan beban penyakit di dunia. “Tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, Merokok, dan Obesitas menduduki 5 besar faktor risiko yang menyebabkan beban penyakit di Indonesia,” dr Fatcha menjelaskan.

Berdasarkan aspek pembiayaan kesehatan di Indonesia, pada tahun 2023, terlihat peningkatan jumlah pembiayaan penyakit katastropik yang memakan biaya 34,8 triliun. “Penyakit kardiovaskuler berupa jantung dan stroke adalah pembiayaan terbesar pada JKN dengan nilai 22,8 triliun rupiah,” terangnya.

Mengenai cara pencegahan penyakit kardiovaskular, dr. Fatcha menyampaikan bahwa faktor-faktornya adalah olahraga termonitor, konsultasi nutrisi, manajemen berat badan, manajemen tekanan darah, kontrol level lipid, pengobatan diabetes, penghentian penggunaan tobacco (stop merokok), manajemen psikologis, dan aktifitas fisik. 

Di antara gejala gangguan kardiovaskuler

Menurutnya, perlu melakukan deteksi dini dengan mengetahui gejala penyakit jantung seperti sesak napas disertai keringat dingin, jantung berdebar-debar terasa seperti diremas-remas, muncul rasa nyeri di dada sebelah kiri, rasa mual dan muntah, dan pusing atau sakit kepala.  

Fatcha menyampaikan bahwa setiap individu termasuk generasi muda bisa sangat berperan pada pencegahan bahaya kolesterol dan penyakit jantung ini di masyarakat. 

“Jangan jadi anak yang obesitas, dan jangan makan berlebihan. Sebarluaskan informasi mengenai pencegahan kolesterol dan penyakit jantung ini,” ujar dr Fatcha Nuraliyah, Kepala Tim Kerja Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 

Penulis: Aisyah Maharani

29 thoughts on “Cegah Kolesterol dan Jantung! Jangan Obesitas dan Makan berlebihan

  • Juli 4, 2024 pada 14:23
    Permalink

    Penulis : Aisyah Maharani ❤️
    Apakah ini BESTie Mayfrina Aisyah Maharani ❤️❤️

    Keren banget, baarakallahu fiik yah

    Balas
  • Juli 4, 2024 pada 14:25
    Permalink

    NAMA : Khayla Azzalea Yasmin
    NO.PESERTA : 010
    ASAL SEKOLAH : SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya

    Keren….semangat terus ya….semoga kita lebih semangat ikut webinar lagi

    Balas
  • Juli 4, 2024 pada 14:26
    Permalink

    Nama : Syamsa Arundina
    Sekolah : SDN Gayungan 1/422
    No. Peserta : 064
    Judul Proyek : Budidaya Bawang Dayak

    Ternyata penyakit jantung dan kolesterol sangat berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu kita harus menjaga tubuh kita dengan pola makan yang sehat.

    Balas
    • Juli 4, 2024 pada 16:30
      Permalink

      Kita harus jaga kesehatan tubuh kita dengan pola makan yang cukup dan sehat biar tidak terkena penyakit jantung dan kolestrol.

      Nama:Danish Faeyza Evaro
      Sekolah:Sdn ploso v surabaya
      Nomor peserta:256

      Balas
      • Juli 4, 2024 pada 23:38
        Permalink

        terimakasihh atas informasi yang telah di berikan kepada kita semua.ini adalah hal penting yang wajib di ketahui semua orang.agar semua orang dapat menjaga kesehatan tubuh mereka.terimakasih atas infonya sangat bermanfaat sekali untuk menambah wawasan kita semua untuk selalu menjaga kesehatan tubuh.

        Nama:Miftachul Amaliyah
        No.Peserta:898
        Asal Sekolah:Smpn 39 Surabaya
        Proyek:Budidaya lidah buaya
        Akun ig:@miftachul.amaliyahhh

        Balas
      • Juli 9, 2024 pada 11:07
        Permalink

        Ilmu nya sangat bermanfaat, terima kasih atas ilmu nya!

        Nama : Naila Putri Divia
        Sekolah : SMP Negeri 16 Surabaya
        No. Peserta : 706
        Nama proyek : Leafy Elixir
        Leafy elixir adalah sebuah proyek pemanfaatan dan riset pada tanaman Centella Asiatica. Centella Asiatica ini akan di manfaatkan menjadi crystal jelly yang memiliki beragam khasiat, selain itu dalam proyek ini akan di lakukan riset mengenai ke efektivan Centella Asiatica untuk di jadikan masker wajah dan toner. Proyek ini juga akan menerbitkan buku mengenai Centella Asiatica yang dimana buku tersebut akan ditaruh di beberapa perpustakaan umum agar semakin banyak orang yang memiliki pengetahuan tentang Centella Asiatica.

        Balas
    • Juli 16, 2024 pada 22:47
      Permalink

      Mulai sekarang ayo kita jaga pola makan yang sehat, demi menjaga tubuh dari berbagai penyakit, terutama penyakit jantung dan kolesterol.

      Nama: Rafandra Azka Pradipta
      Sekolah: SD Kyai Ibrahim Surabaya
      No Peserta: 003
      Judul Proyek: Pemanfaatan Limbah Plastik untuk Budidaya Bayam Brazil sebagai upaya mendukung Program Ketahanan Pangan

      Tujuan proyek saya, untuk mengurangi limbah plastik di lingkungan, juga membudidayakan Bayam Brazil supaya masyarakat bisa mandiri mempunyai tanaman sayur yang selalu ada di rumahnya sebagai wujud program Ketahanan Pangan.

      Balas
  • Juli 4, 2024 pada 14:52
    Permalink

    Kolesterol memang baik untuk tubuh, namun jika kadarnya berlebihan, waspada kolesterol tinggi dapat berdampak pada kesehatan. Risiko dari kadar kolesterol tinggi adalah penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah, hingga stroke.maka dari itu hindari makan gorengan dan makanan berlemak
    Aku Cecilia Farah Calysta siswi dari Smpn43 Surabaya dengan proyek Pjka peduli jelantah kita bisa no peserta 980
    Mengapa minyak jelantah karena minyak jelantah bisa berdampak positif terhadap pengurangan B3 bahan bahaya beracun

    Balas
  • Juli 4, 2024 pada 16:06
    Permalink

    Memang segala sesuatu yg berlebihan itu tidak baik begitu juga dengan kesehatan so…tetap jaga kesehatan ya semua
    Nafeezha aabidah sholeha oktarifianty
    Sdn sawunggaling 1/382
    No peserta 290
    Judul proyek pos damkar (kompos dalam karung)

    Balas
  • Juli 4, 2024 pada 19:38
    Permalink

    wah informasi yg sangat bermanfaat,
    ayo teman teman hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna yang tidak berlebihan, olah raga cukup dan tidak tidur larut malam

    saya Ni Luh Gede Reva Dealove Valentcia Atmaja
    sekolah SMPN 35 Surabaya
    Judul Proyek Budidaya Rosella
    No Peserta 888

    Balas
  • Juli 4, 2024 pada 21:02
    Permalink

    assalamualaikum…apapun yang berlebihan itu tidak baik, apapun itu,baik makan,olga,ibadah ,dll karena sudah disebutkan dalam alquran surat al an’am ayat 141 dan janganlah berlebih lebihan sesungguhnya allah tidak menyukai orang yang suka berlebih lebihan,makanlah sebelum lapar, berhentilah sebelum kenyang…itu sudah nyata adanya….jadi semua yang kita makan harus pada porsinya,begitupun juga olga berlebihan juga kurang baik…. begitupun sifat orang harus apa adanya, jangan obesitas juga ya hehehh…yuk jaga pola makan yang benar… perbanyak buah dan sayur tentunya 4 sehat lima sempurna.. apapun penyakit yang menyerang kita bukannya tidak boleh /larangan makan ini itu ,boleh dimakan asalkan tidak banyak2 /berlebihan, seperti alkisah yang terjadi sama mbah saya, mbah saya punya saudara yang penyakitan sehingga dilarang makan ini itu semua makanannya harus direbus, apa kata mbah saya bilang meskipun dia sudah mencegah akhirnya umurnya tidak panjang juga, maka dari itu, bisa disimpulkan makanan apa saja boleh dimakan asalkan tidak berlebihan, karena hidup itu hanya satu kali klo kita sudah tidak ada didunia ini lagi, maka kita tidak bisa merasakan lezatnya masakan kwkeekke….

    verlita anggraini putri
    smpn 19 surabaya no peserta 720
    utilization of egg shell waste

    Balas
  • Juli 5, 2024 pada 04:23
    Permalink

    Hidup sehat jaga pola makan dan jangan lupa olahraga…

    Perbanyak buah dan sayur agar kesehatan ttp terjaga

    Hafidza afero ramadhani
    SDN sawunggaling 7 Surabaya
    No peserta 504
    Intip aksi dan proyekku @hafifza_r

    Dengan kompos bumiku menghijau

    Balas
  • Juli 5, 2024 pada 08:57
    Permalink

    Artikel yang sangat bagus sangat informatif mengenai kesehatan tubuh terutama organ jantung, dengan artikel tersebut kita bisa mengenali gejala dan cara untuk mengatasinya, hidup sehat dan olahraga sangat baik untuk kesehatan kita.
    Nama : ABDIE PUTRA DARMAWAN
    Sekolah : SDN SAMBIKEREP 2
    No Urut : 277
    Proyek : pemanfaatan sampah organik menjadi kompos

    Balas
  • Juli 5, 2024 pada 16:15
    Permalink

    Ayo jaga kesehatan, terimakasih infonya sangat bermanfaat, jangan lupa olahraga supaya tubuh tetap bergerak.

    Intip juga proyek #maggotbyDW si pengurai sampah organik yang bernilai ekonomi sebagai pakan ternak bernutrisi tinggi.

    Dewangga Kasyafa Prestian
    IG @dewangga.prestian
    SD Al Hikmah Surabaya
    No. urut : 001
    Proyek Maggot BSF
    Si pengurai sampah organik

    Balas
  • Juli 5, 2024 pada 21:33
    Permalink

    Nama:Aina Thalita Zahrani
    Nama sekolah:SDN NGINDEN JANGKUNGAN 1 / 247
    NO Urut:334
    Proyek:budidaya tanaman beluntas
    Ternyata penyakit jantung dan kolesterol sangat berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu kita harus menjaga tubuh kita dengan pola makan yang sehat.

    Balas
  • Juli 6, 2024 pada 09:20
    Permalink

    Artikel yang sangat bermanfaat dan dapat menginspirasi untuk dapat hidup sehat.

    M. Haykal Adha
    231 Maggot D OWA atau Maggot decomposing organic waste
    SDN Pacarkeling V/186

    Balas
  • Juli 7, 2024 pada 17:43
    Permalink

    Artikel ini sangat bermanfaat agar kita bisa menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan dan berolah raga.

    Nama : Aliya Azzahra Shidqia Rafani
    Nomor : 108
    Sekolah : SDN Kaliasin 1 Surabaya
    Proyek : Pengomposan
    Ig : aliya_azzahra07

    Balas
  • Juli 8, 2024 pada 05:57
    Permalink

    Materinya sangat bermanfaat terutama untuk Saya pencinta kuliner hehe..terima kasih Tunas Hijau

    Muhammad Aldo Suprapto
    Kelas VIII / SMP Negeri 1 Surabaya
    Nomor Peserta 359
    Judul Proyek: SICANGLUR
    ( Kreasi Cangkang Telur )

    Pada Tahun 2023 Saya masuk 10besar Finalis dengan Proyek LURCANGLUR (Lulur Cangkang Telur). Semoga di 2024 pencapaiannya bisa lebih banyak dan lebih baik. Saya berharap bisa mensosialisasikan kepada Masyarakat luas betapa pentingnya memisahkan sampah organik dan sampah anorganik.

    Ayo saling mendoakan, saling menjaga dan saling menguatkan.
    Peduli, Produktif, Anti Rebahan, Mendunia

    Balas
    • Juli 9, 2024 pada 11:48
      Permalink

      Tetap jaga kesehatan
      Rajin berolahraga
      Menjaga pola makan
      Rajin memeriksa kesehatan
      Agar terhindar dari penyakit kardiovaskuler ini
      Terima kasih Tunas Hijau untuk artikel ini, sangat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan…

      Nama : Harun al-Rasyid Saputra
      Sekolah : SDN Pacarkeling 1 / 182 SBY
      No. Peserta : 203
      Judul proyek : Berselancar dengan sampah anorganik

      Balas
  • Juli 9, 2024 pada 11:43
    Permalink

    Webinar menambah ilmu dan pengetahuan kita.
    Marilah dari dini kita menjaga pola makan agar terhindar dari penyakit terutama jantung dan kolesterol. Makan makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan sesuai porsinya, sehingga tidak obesitas. Karena awal datangnya penyakit yaitu dari makanan yang kita makan. Semoga kita sehat selalu.

    Nama : Naura Novani
    Sekolah : SMP Negeri 5 Surabaya
    No.Peserta : 1032
    Judul Proyek : Budidaya Jamur
    Saya melakukan budidaya jamur karena banyak manfaat dari jamur, diantaranya dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

    Balas
  • Juli 10, 2024 pada 11:07
    Permalink

    Kita harus menjaga kesehatan jantung kita dengan olahraga teratur dan makan makanan tanpa lemak.

    Muhammad Haniadrian Wibowo
    SDN Jambangan I Surabaya
    No 069
    Proyek Budidaya Tanaman Sambung Nyawa

    Balas
  • Juli 10, 2024 pada 16:42
    Permalink

    Woww informasi yang sangat bermanfaat ‼️

    NAMA : Aditya Wardana Putra
    ASAL SEKOLAH : SMPN 40 SURABAYA
    NOPES : 473
    PROYEK : LARUTAN SEJUTA MANFAAT (ECO ENZYME)

    Balas
  • Juli 12, 2024 pada 12:50
    Permalink

    Semangat untuk mengikuti webinar!!

    Nama: Yuan Krisna Atmadja

    Sekolah: SMPN 19 Surabaya

    Nomor Peserta: 409

    Penjelasan singkat proyek lingkungan yang sedang ke kembangkan: minyak jelantah adalah minyak goreng sisa pemakaian rumah tangga. Proyek-proyek ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif dari pembuangan limbah minyak jelantah yang tidak dikelola dengan baik. Dengan demikian, limbah minyak jelantah dapat dikelola secara lebih berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

    Balas
  • Juli 12, 2024 pada 17:56
    Permalink

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Hai Sobat Hijau

    Perkenalkan nama saya MUHAMMAD KHABIBI NUR ROKHMAN
    Saya dari SDN BANJARSUGIHAN V/617 SURABAYA
    No.Peserta 017
    Proyek Lingkungan Hidup saya adalah pengurangan sampah plastik untuk pembuatan ecobrick.

    Terima kasih banyak atas informasinya yang telah diberikan untuk kita semua, Untuk itu kita harus menjaga kesehatan tubuh kita dengan pola makan yang cukup dan sehat biar tidak terkena penyakit jantung dan kolesterol dengan mengkonsumsi makanan 4sehat 5sempurna yang tidak berlebihan dan olahraga.

    Dan jangan lupa intip proyek lingkungan hidup saya yaitu pengurangan sampah plastik untuk pembuatan ecobrick. Disini saya menghimbau dan mengajak orang lain untuk sadar akan bahaya sampah plastik jika tidak dikelola dengan baik, terbuang begitu saja sampai sampah plastik menumpuk sehingga mengakibatkan banjir, bau tidak sedap dan dapat menimbulkan penyakit. Maka dari itu mari kita mengurangi sampah plastik dan menjadikan barang yang bermanfaat untuk pembuatan ecobrick.

    Salam Bumi Pasti Lestari
    Salam Sadar Iklim
    Salam Zero Waste
    Salam Basuma Jaya Jaya Jaya
    Iki lho areke
    Pokoe ngeten pun

    Balas
  • Juli 12, 2024 pada 19:01
    Permalink

    Meskipun saya masih memasuki kelas 3 SD ternyata penting sekali buat saya menjaga kesehatan tubuh, ibu saya juga yang paling sering mengontrol apa yang saya konsumsi demi kesehatan tubuh saya.

    Yuuk mulai hidup sehat

    Nama : Leyna Mayyasha Qori Ain
    Sekolah SDN Pacar Keling V Surabaya
    Nomer peserta : 392
    Proyek : Budi Daya Aloe Vera

    Balas
  • Juli 15, 2024 pada 18:12
    Permalink

    Mari ciptakan dan membiasakan budaya hidup sehat dengan makanan yang berkualitas dan seimbang.
    Nama : Areta Alfu Qomaroo Ulumuddin
    Sekolah : SDN Jemurwonosari I/417 Surabaya
    Nomer peserta : 100
    Judul Proyek Budidaya Bunga Telang. Menanam bunga Telang dobel manfaatnya, satu lingkungan menjadi hijau asri . Dua manfaat kesehatan karena kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan.

    Balas
  • Juli 16, 2024 pada 11:28
    Permalink

    Kita harus menjaga kesehatan dan pola makan

    Balas
  • Juli 19, 2024 pada 17:00
    Permalink

    Terima kasih atas ilmunya

    Nama = Kiane Nadezda Waludri
    No Peserta = 658
    Sekolah = SMPN 12
    Kategori = Putri Lingkungan SMP
    Nama Proyek = ReNew Paper : Solusi Kertas Berkelanjutan
    Dalam proyek saya ini, saya bertujuan untuk menghasilkan kertas daur ulang yang kreatif dengan mengeksplorasi penggunaan daun dan bunga sebagai bahan eksperimen saya.

    Balas
  • Juli 19, 2024 pada 18:07
    Permalink

    Tidak hanya mengatur pola makan harus diimbangi dengan olahraga yang teratur
    Nama : Areta Alfu Qomaroo Ulumuddin
    Sekolah : SDN Jemurwonosari I/417 Surabaya
    Nomer peserta : 100
    Judul Proyek Budidaya Bunga Telang. Menanam bunga Telang dobel manfaatnya, satu lingkungan menjadi hijau asri . Dua manfaat kesehatan karena kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *