Sesi Tanya Jawab Pangeran & Putri Lingkungan Hidup 2024
Sesi tanya jawab finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2024 kembali akan dihadirkan. Tanya jawabnya mengenai isu dan fenomena lingkungan hidup. Di antaranya melalui tema yang pernah dibahas pada Webinar Tunas Hijau.
Pada sesi tanya jawab ini, setiap finalis akan diminta memilih satu nomor yang berisi pertanyaan yang harus dijawab dengan waktu menjawab minimal 60 detik. Untuk efisiensi dalam menjawab, sebaiknya tidak perlu lagi mengenalkan diri.
Untuk setiap jawaban pertanyaan yang disampaikan, setiap finalis harus menjelaskan dari aspek pemahaman atas isu/fenomena dari pertanyaan yang disampaikan, solusi yang ditawarkan, serta keteladanan diri untuk meminimalkan permasalahan tersebut.
Pada pelaksanaannya, setiap finalis hanya akan diminta memilih nomor yang ditampilkan pada layar, selanjutnya akan muncul pertanyaan satu pertanyaan untuk dijawab oleh finalis tersebut. Pastikan tenang dalam mencerna pertanyaannya dan memberikan uraian.
Berikut ini adalah daftar pertanyaan (yang akan disajikan secara acak) untuk sesi tanya jawab finalis. Setiap finalis harus belajar semuanya secara bertahap:
- Bagaimana tanggapanmu mengenai transportasi air/sungai yang akan dikembangkan di Kota Surabaya sebagai upaya mewujudkan kota yang lebih ramah lingkungan?
- Bagaimana tanggapanmu mengenai tingginya polusi udara di beberapa kota besar/industri selama ini?
- Bagaimana menurutmu agar pembuatan sumur resapan menjadi gerakan massal yang dibuat masyarakat sebagai upaya pencegahan banjir dan sekaligus konservasi air?
- Asap rokok di dalam ruangan memiliki tingkat bahaya bagi kesehatan yang lebih besar daripada polusi udara di jalanan yang macet dengan kendaraan bermotor. Bagaimana caramu mengingatkan orang yang masih merokok di dalam ruangan?
- Bagaimana tanggapanmu terhadap kejadian banyaknya anak-anak dan remaja di Indonesia yang mengalami gagal ginjal bila dikaitkan dengan pola hidup sehat dan ramah lingkungan?
- Apa yang kamu ketahui mengenai capung (dragon fly)?
- Apa yang kamu ketahui mengenai mikroplastik?
- Apa yang kamu ketahui mengenai limbah B3?
- Bagaimana cara memulai pengolahan limbah B3 di rumahmu?
- Apa pentingnya panen air hujan? Bagaimana cara mewujudkan panen air hujan bersama keluargamu?
- Bagaimana menurutmu cara meminimalkan dihasilkannya mikroplastik di sekitar kita yang saat ini menjadi ancaman serius bagi kesehatan manusia dan lingkungan?
- Apa menurutmu Kawasan Lindung Karst dan bagaimana kamu dapat terlibat aktif dalam menjaga kawasan ini?
- Setiap akhir pekan, Tunas Hijau menggelar aksi bersih pantai. Bagaimana tanggapanmu mengenai banyaknya sampah yang didapati di kawasan pantai?
- Kebakaran hutan dan lahan sering terjadi dalam beberapa pekan terakhir ini di Indonesia. Bagaimana kamu bisa memberikan kontribusi untuk pencegahannya?
- Intrusi terus mengancam Surabaya dan kota/kabupaten di daerah pesisir di Indonesia. Bagaimana kamu bisa berkontribusi mencegahnya?
- Bagaimana tanggapanmu mengenai pengoperasian Suroboyo Bus saat ini?
- Bagaimana tanggapanmu mengenai transportasi feeder/Wira-Wiri yang terus dikembangkan di Kota Surabaya?
- Apa yang kamu ketahui tentang ‘Gas Rumah Kaca’ ?
- Bagaimana kondisi sungai Kalimas saat ini dan aksi nyata apa yang bisa dilakukan?
- Menurutmu apakah fungsi dari bantaran sungai?
- Apa solusimu mengenai penanganan sampah elektronik (e-waste)?
- Bagaimana penanganan jamban sehat menurutmu?
- Apa yang kamu lakukan bila memiliki teman yang tidak peduli terhadap lingkungan?
- Apa yang kamu ketahui tentang prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle)?
- Apakah yang kamu ketahui tentang penghematan kertas dan bagaimana cara mengolah sampah kertas?
- Bagaimana mengurangi dampak buruk pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari?
- Apakah yang kalian lakukan jika ada temanmu yang tidak peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup?
- Apa definisi dari “saku sebagai tempat sampah sementara” , dan apa maksudnya?
- Bagaimana menurutmu sekolah-sekolah yang belum memiliki program lingkungan hidup, dan bagaimana caramu memulai program lingkungan hidup di sekolah?
- Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati?
- Bagaimana meningkatkan keanekaragaman hayati di sekitarmu?
- Mengapa keanekaragaman hayati perlu untuk dilestarikan dan bahkan ditingkatkan?
- Bila kamu berkesempatan berdialog dengan Walikota Surabaya, apa yang akan kamu sampaikan?
- Bagaimana seharusnya pendidikan lingkungan hidup di sekolah?
- Bagaimana caramu melakukan penyelamatan lingkungan hidup saat ini dan tindakan nyata apa yang bisa dilakukan dengan orang-orang di sekitarmu?
- Apakah hubungan antara pemanasan global dengan krisis air bersih?
- Bagaimana cara mencegah atau menghindarkan banjir di kotamu?
- Bagaimana cara meminimalkan terjadinya banjir di sekitar tempat tinggalmu?
- Apa yang kamu lakukan jika kepala sekolah dan guru tidak peduli lingkungan dan tidak memberikan keteladan lingkungan hidup?
- Bagaimana pendapatmu tentang terjadinya perubahan iklim yang tak menentu saat ini dan apa penyebabnya?
- Bagaimana tanggapanmu tentang TPA Benowo dan tempat pembuangan akhir sampah di kota-kota lainnya?
- Apa yang kamu ketahui tentang konsumsi ramah lingkungan?
- Bagaimana penggunaan energi listrik di masyarakat saat ini?
- Bagaimana pendapatmu tentang gunungan sampah yang menghiasi sudut kota-kota di Indonesia?
- Bagaimana menurutmu penerapan pendidikan lingkungan hidup di keluarga?
- Apakah masalah lingkungan hidup terbesar di Surabaya dan bagaimana kamu membantu mengatasinya?
- Bagaimana upaya yang bisa kamu lakukan untuk menghemat energi listrik di sekolah secara terukur?
- Bagaimana idealnya sekolah ramah lingkungan menurutmu?
- Bagaimana pendapatmu tentang masih maraknya penggunaan pembungkus makanan dari sterofoam di masyarakat?
- Apa yang kamu ketahui tentang pertanian perkotaan dengan lahan sempit?
- Bagaimana kamu bisa memulai pengolahan sampah secara mandiri di sekolahmu?
- Bagaimana caramu ikut serta aktif mengembangkan kawasan hutan mangrove di kawasan pesisir timur Surabaya?
- Bagaimana pendapatmu tentang maraknya penggunaan pembungkus makanan dan minuman dari plastik yang hanya sekali pakai di sekolah?
- Bila kamu menjadi PUTRI/PANGERAN lingkungan hidup, apa yang akan kamu lakukan?
- Apa menurutmu permasalahan (isu) satwa yang sedang marak di kotamu?
- Bagaimana cara kamu untuk mengajak masyarakat mencintai dan melestarikan keanekaragaman hayati?
- Bagaimana cara menggalakkan cara penghijauan bersama masyarakat di sekitar tempat tinggalmu?
- Menurut kamu, apa bahaya plastik pembungkus makanan bila terkena suhu panas?
- Bagaimana pendapatmu mengenai dampak sampah organik yang tidak diolah dengan benar di sekolah?
- Menurut kamu, manakah yang lebih penting antara mendaur ulang sampah dan mengurangi sampah? jelaskan pendapatmu?
- Apa langkah yang akan kamu lakukan untuk mengatasi jelantah agar tidak menjadi masalah?
- Bagaimana cara kamu untuk mengingatkan teman, guru yang dengan sengaja membuang bungkus plastik di saluran air?
- Membuang sampah pada tempatnya hanya akan memindahkan masalah ke tangan orang lain. Bagaimana menurut kamu?
- Apa yang kamu ketahui tentang konservasi air? Sebutkan apa saja contoh konservasi air yang bisa kamu lakukan?
- Bagaimana caranya kamu bisa mengajak masyarakat mau mengikuti kamu untuk membuat hal yang sama dengan proyek lingkungan kamu?
- Menurutmu, proyek lingkungan yang berkelanjutan itu proyek lingkungan yang bagaimana? Bagaimana dengan proyek lingkungan kamu?
- Bagaimana menurutmu tentang pemasangan banner/iklan di pohon-pohon dengan cara di paku? Apa yang bisa kamu lakukan menyikapi aksi tersebut?
- Bagaimana menurutmu tentang masuknya air laut ke dalam permukaan tanah di Surabaya? Apa yang harus kamu lakukan untuk mengurangi dampak tersebut?
- Menurutmu, apa keunggulan pengelolaan lingkungan hidup di Surabaya?
- Apa yang dilakukan untuk sekolahmu untuk merealisasikan Sekolah Zero Waste?
- Apa yang akan kamu lakukan agar keluargamu zero waste?
- Bagaimana cara tuntas menerapkan hemat energi listrik bersama keluarga di rumah?
- Bagaimana cara mengolah sampah secara mandiri di rumah?
- Apa yang harus dilakukan sekolah untuk melakukan pengolahan sampah kertas secara berkelanjutan?
- Apa yang harus dilakukan agar saluran air jernih di sekitar kita mengalir lancar dan tanpa sampah?
- Bagaimana tanggapanmu terhadar pembatasan penggunaan kresek atau kantong plastik belanja di Kota Surabaya ?
- Bagaimana pembatasan kemasan saset bisa diberlakukan di kotamu?
- Bagaimana cara menggelorakan bank sampah di tempat tinggalmu?
- Indonesia menjadi penyumbang sampah makanan tertinggi di dunia. Bagaimana caramu meminimalkan permasalahan tersebut?
- Bila kamu mempunyai kesempatan ke luar negeri yang bagus pengelolaan lingkungan hidupnya, apa yang akan kamu lakukan?
- Bagaimana cara menyelamatkan diri saat gempa bumi terjadi?
- Saat ini pemerintah sedang menggalakkan program produksi listrik dari hasil pembakaran sampah khususnya sampah plastik. Apakah menurut kamu itu merupakan solusi untuk mengatasi masalah sampah khususnya di kotamu?
- Bagamana pendapatmu mengenai kendaraan listrik yang saat ini semakin marak beroperasi di Indonesia?
- Bila kamu mempunyai kesempatan untuk berdialog dengan Presiden RI, apa yang akan kamu sampaikan mengenai lingkungan hidup?
- Jelaskan langkahmu untuk mengadopsi warung makan/warung kopi agar tidak lagi menggunakan sedotan plastik sekali pakai
- Menurutmu, apa yang harus dilakukan agar setiap rumah atau kampung menggalakkan pembuatan lubang resapan biopori?
- Apa yang akan kamu lakukan agar di setiap rumah memilah jelantah?
- Mengapa sedotan plastik tidak asyik?
- Bagaimana tanggapanmu terhadap pembakaran sampah yang terbuka yang masih dijumpai di sekitar?
- Mana yang harus didahulukan antara RECYCLE – REDUCE – REUSE? Jelaskan!
masyaAllah tantangan baru lagii.. semangatt baruu lagi… tak ada kata menyerah untuk melakukan semua challenge yang adaa
nama : Zahra Zahiyah Pasah
noper : 1098
judul proyek : obat nyamuk elektrik ramah lingkungan dengan memanfaatkan ekstrak lidah buaya
asal sekolah : smp negeri 57 Surabaya
Sampai di tahap seleksi 5 ini adalah suatu yg patut disyukuri…
Terimakasih Tunas Hijau yg menjadikan ananda Dewangkara peserta PangPut LH SD 2024 271 dan Falisha Misha Peserta 1208 menyatu dalam kegiatan peduli Lingkungan dalam proses pembentukan karakter
Alhamdulillah pertanyaan sesi tanya jawab sudah muncul, terimakasih tunas hijau Danarsyah Ardi nomor perserta 125 dari SDN Klampis Ngasem I siap belajar dan tampil. Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillah tantangan baru lagi …sesi tanya jawab sudah ada .
semangat untuk menghadapi tantangan ini .
Nama : Adi bagus Saputra
Nomor : 301
Sekolah : SDN SIDOSERMO 1
Judul proyek : budidaya tanaman sereh
wahhh tantangan baru nichhh,, doain aku bisaa ya teman temankuuuu
#dukungfanijadifinalis
HIHIHIHIIII
BISMILLAH BISA YUKKK
???? = Fani Anggraeni Nabila Putri
???? = SMPN 56 SURABAYA
JUDUL = DIBA (BUDIDAYA ALOE BARBANDENSIS MILLER)
NOMOR PESERTA = 1086
assalamualaikum, bismillah s3moga saya bisa lancar dalam sesi tanya jawab tanpa hambatan dan tepat sasaran.
Verlita Anggraini Putri
smpn 19 surabaya no 720
Utilization Off Egg Shell Waste
Wahh melihat pengumuman bahwa pertanyaan” sudah muncul pastinya sangat deg”an… tapi saya yakin bahwa saya pasti bisa menjawab pertanyaan – pertanyaan tersebut… Bismillah, pasti bisa!!
Nama: AURA BENING KAMILA PASSA
Sekolah: SMPN 8 SBY
No peserta: 1188
Judul Proyek: CINTAI BUDIDAYA TANAMAN KELOR
Melihat tantangan pertanyaan diatas, sebenarnya membuat saya deg²an unt sesi tanya jawab, tapi dengan Bismillah, saya akan bertekad belajar tentang kisi² pertanyaan diatas. Insya Allah saya siyap
Nama : Bisma Saputra
No peserta : 107
Sekolah : SDN. Karah III
Proyek : pestisida nabati dari kulit bawang merah dan putih
Wahhhh tantangan baru lagi dari kakak² Tunas Hijau
Bismillah semoga saya bisa menjawab dengan lancar
Nama: Rafandra Azka Pradipta
Sekolah: SD Kyai Ibrahim Surabaya
No Peserta: 003
Judul Proyek: Pemanfaatan Limbah Plastik untuk Budidaya Bayam Brazil sebagai upaya mendukung Program Ketahanan Pangan
Tujuan proyek saya, untuk mengurangi limbah plastik di lingkungan, juga membudidayakan Bayam Brazil supaya masyarakat bisa mandiri mempunyai tanaman sayur yang selalu ada di rumahnya sebagai wujud program Ketahanan Pangan.
Siap…
Terima kasih sudah diumumkan kisi-kisi pertanyaannya sehingga kami bisa mempersiapkan dengan baik saat pelaksanaannnya nanti.
Nama : Areta Alfu Qomaroo Ulumuddin
Sekolah : SDN Jemurwonosari I/417 Surabaya
Nomer peserta : 100
Judul Proyek Budidaya Bunga Telang. Menanam bunga Telang dobel manfaatnya, satu lingkungan menjadi hijau asri . Dua manfaat kesehatan karena kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan.
Pencapaian
Sosialisasi = 3.398 orang
Menanam = 18.283 benih
Membagi = 1.154 bibit
Menyiapkan = 18.431 benih
Waow siap siap sesi tanya jawab, buat dag Dig dug, harus terus belajar dan terus semangat setiap challenge yang kita hadapi,
Astungkara, pasti bisa
saya Ni Luh Gede Reva Dealove Valentcia Atmaja
SMPN 35 Surabaya
Judul Proyek Budidaya Rosella
Nomor peserta 888
Siap siap sesi tanya jawab, buat dag Dig dug, harus terus belajar dan terus semangat setiap challenge yang kita hadapi,
Astungkara, pasti bisa
saya Ni Luh Gede Reva Dealove Valentcia Atmaja
SMPN 35 Surabaya
Judul Proyek Budidaya Rosella
Nomor peserta 888
Wilda Al Aluf
SDN Wonokusumo VI/45
No urut = 566
Judul Proyek = RANCA MANIK (Kerajinan Kain Perca Menarik dan Unik)
CAPAIAN
Kain perca : 1.568,3 kg
Tas : 89
Donasi tas ke pasar-pasar : 21
Penghapus papan: 4
Tempat tisu : 3
Aksesoris rambut: 20
Kain ukuran 1m : 1
Topi : 1
Bantal duduk: 36
Donasi bantal duduk ke perpustakaan sekolah : 20
Kain perca diolah : 100 kg
Sosialisasi : 2 477 orang
Terima kasih informasinya Kak.
Take a deep breath 🙂
Semoga Saya bisa melaluinya dengan lancar aamiin. Semangat
Muhammad Aldo Suprapto
SMP Negeri 1 Surabaya
Nomor Peserta 359
Judul Proyek: SICANGLUR
( Kreasi Cangkang Telur )
Wow… Challenge baru Lagi…
Selalu optimis bisa mellalui ini smua…
Deg deg an banget…. Smoga dipermudah jalan nya… Aamiin…
ALIYAH ZAFIRA PUTRI
SDN. SIDOTOPO WETAN V
NO. PESERTA 516
BUBUTEA (Budidaya Bunga Telang bersama Aliyah)
Wow… Challenge baru Lagi…
Selalu optimis bisa mellalui ini smua…
Deg deg an banget…. Smoga dipermudah jalan nya… Aamiin…
ALIYAH ZAFIRA PUTRI
SDN. SIDOTOPO WETAN V
NO. PESERTA 516
BUBUTEA (Budidaya Bunga Telang bersama Aliyah)
Bismillahirohmannirrohim…
Speechless..
1. Dewangkara Bagus Abisatya Siswa kls 4E peserta 271dengan proyek BudaLiya (BudidayaTanaman Lidah Buaya)
2. Falisha Misha Alkhansa siswa kelas 3 E, Peserta 1208 dengan proyek BriDaring (Briket dariDaun Kering)
SDN RANGKAH VI
Hanya bisa mendoakan semoga ananda lancar dan sukses menjadi Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup yang Amanah Fatonah .Tetap Peduli, Produktif, Anti Rebahan dan semoga MENDUNIA
Dengan sesi tanya jawab membuat Saya harus terus dan terus belajar.
Tetap terus semangat dengan challenge yang ada.
Bismillah
Semoga Saya diberi kemudahan, dilancarkan , dalam setiap langkah.
Terimakasih untuk Kakak Tunas Hijau Yang sudah membantu memberikan kisi- kisi untuk Kami.
FAKHRIE ZHAFRAN KHAIRY
No Peserta: 153
SDN Margorejo 1/403 Surabaya
Proyek: “KOTA LISA” ( Kompos Takakura Limbah Sampah Organik)
Instagram @fakhrie.zhafry
Pertanyaan-pertanyaan yang menantang. Bismillahirrahmanirrahim semoga aku bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik. Dengan adanya sesi tanya jawab ini memberiku semangat untuk belajar lagi. Semoga dalam sesi tanya jawab nanti diberikan kelancaran.
Nama: Abdullah Fattah Ghazali
Asal sekolah:SDN PACARKELING V SURABAYA
No Peserta: 207
Judul proyek: Budidaya Cabe (BUCA)
Masyaallah, terimakasih kak untuk informasinya.
Siap dan semangat, inshaallah saya pasti bisa melewati sesi tanya jawab ini dengan baik.
Nama : Aqilla Naura Lovindra
Sekolah : SDN Pakis 8 Surabaya
No Peserta : 422
Judul Proyek : Ginseng Jawa ” Menanam Harapan, Melestarikan dan Merawat
wahh tantangan baru lagi!! Berarti harus lebih semangat!! bismillah ku pasti bisa!
Terimakasih Tim Tunas Hijau!
Saya Chika Avalga Novariana
SMPN 18
Chika dan Bayam Brazil si Penyelamat Lingkungan
No peserta 716
OMO..OMO..OMO! WOWWW
SO SIGMA! Ih keren nyooo!
Pertanyaan semakin menantang untuk mengeluarkan semua pemikiran dalam pribadi masing-masing, pertanyaan ini sangat menambah kemampuan literasi terhadap lingkungan hidup bagi para Finalis Pangeran & Putri Lingkungan Hidup 2024.
Bismillah, semangat! Semoga bisa menjawab semua pertanyaan dengan versi terbaik!
Salam Revalina Fernanda,
SMP Negeri 1 Surabaya,
Finalis Putri Lingkungan Hidup 2024,
Proyek : Intensifikasi Bunga Telang
masyaallah…pengalaman pertama yang membuat saya terkejut. pertanyaan yang menantang dan menambah wawasan terhadap lingkungan hidup
bismilah semoga saya di beri kelancaran
falisha misha alkhansa
sdn rangkah 6 surabaya
no peserta 1208
judul proyek = BRIDARING (briket daun kering)
pangputlh 2024 : siap peduli produktif anti rebahan mendunia
Wah harus belajar lebih giat lagi ini agar bisa menjawab pertanyaan pertanyaan yang diberikan juri untuk kami para finalis pangput 2024.jadi keuntungan yang didapatkan juga Cecil semakin tau banyak wawasan.Bismillah semoga Cecil bisa menjawab semua pertanyaan dengan mudah dan benar
Nama : Cecilia Farah Calysta
Asal sekolah : Smpn43
Judul proyek : Pjka peduli jelantah kita bisa
No peserta : 980
Mengapa minyak jelantah karna minyak jelantah bisa berdampak positif terhadap pengurangan limbah B3 bahan bahaya beracun
Bismillahirrahmanirrahim
Ya Allah semoga Rasyid diberikan kelancaran di setiap menyelesaikan tahap-tahap ketentuan lomba dari Tunas Hijau dengan baik aamiin yaa Rabb
Mohon do’anya ya Sobat
Semangat semuanyaaaa
Rasyid Maulana Riffat
Nomor peserta 241 SD
SDN Pacarkeling V/186 Surabaya
Project budiros nyakman selalu di hati (Budidaya Rosella Banyak Manfaatnya)
Bismillahirrahmanhirrahim, semoga bisa lancar menjawabnya. Belajar dan berdoa lebih giat lagi.
Raisa Azzahra Praminda
SDN Pacarkeling V/186 Surabaya
No. Peserta 400
Budidaya sirih cina
Bismillah,
siap grak! semoga dimudahkan dan dilancarkan semuanya.
Semangat untuk semua finalis 2024.
Intip juga proyek maggot BSF ku si pengurai sampah organik yang bernilai ekonomi sebagai pakan ternak bernutrisi.
Dewangga Kasyafa Prestian
No. urut : 001
SD Al Hikmah Surabaya
Proyek Maggot BSF by DW
Si Pengurai Sampah Organik
IG @dewangga.prestian
Wawww yang bikin deg deg an dan langsung menyala
Semangat terussss teman temannya
Niken Wulan Ramadhani SMPN 24 Surabaya
Finalis putri lingkungan hidup tahun 2024
Dengan Proyek pengolahan sampah organik menjadi ECO enzym serbaguna
masyaallah tantangan baru lagi dan 90 pertanyaan…tapi dengan bismillah aku yakin…yakin dan yakin
nafeezha aabidah sholehah oktarifianty
sdn sawunggaling 1/382
496
pos damkar (kompos dalam karung)
Wah. Ini adalah Tantangan baru di ajang pangput LH. Keren.. dan berisi.. mantap.
Vania I.K.W.
Finalis Putri LH SD 2024
No. Peserta 212
Budidaya bunga Telang
@vania_bubulang.sketsa
Wah sudah dikasih kisi kisi aja nih, waktunya untuk dipelajarii…
Hai sobat hijau 🌱🌍
Yuk semangat sobat hijau..
Semangat Zero Waste 🌍🌱
Salam Bumi Tetap Lestari 🙏
Nama : Aulia Rahmania Ali
Sekolah : SD kyai Ibrahim Surabaya
No peserta : 1236
Judul proyek : Pemanfaatan Minyak Jelantah Menjadi Sabun
_____________________________________