Abdul Mustain, Kepala SMP “Ecopreneur” Al Islah

SMP Al Islah Surabaya termasuk sekolah yang sangat aktif pada Surabaya Eco School 2018. Tantangan demi tantangan lingkungan hidup direalisasikan oleh sekolah yang berlokasi di Jalan Gunung Anyar Tengah 22-24 Surabaya saat Surabaya Eco School 2018 bersama tim gurunya. Ialah Abdul Mustain, kepala SMP Al Islah Surabaya yang sangat peduli lingkungan dan pembentukan karakter peduli siswanya.

Pada Surabaya Eco School 2018 itu, sekolah ini mendapatkan penghargaan realisasi terbaik salah satu challengeyang ada. Lokasi kantin sekolah yang menjadi satu dengan kantin TK dan SD Al Islah membuat SMP Al Islah Surabaya gagal mewujudkan sekolah tanpa sampah kemasan makanan/minuman sekali pakai.

Pada program wirausaha lingkungan hidup Ecopreneur 2019, yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya, serta didukung oleh Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya dan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, SMP Al Islah berhasil mewujudkan kantin sekolah zero waste.

Tim lingkungan hidup SMP Al Islah Surabaya aktif membersihkan sungai seminar Sekolah

“Kantin SMP Al Islah tidak lagi menjadi satu dengan kantin TK dan SD Al Islah sejak awal awal 2019. Kami jadi bisa leluasa mewujudkan kantin tanpa sampah kemasan makanan dan minuman sekali pakai,” kata Abdul Mustain, kepala SMP Al Islah Surabaya, mengenai kiatnya merealisasikan sekolah zero waste.

“Keberhasilan pada Surabaya Eco School 2018 termasuk kendala dalam merealisasikan sekolah zero waste kami sampaikan kepada yayasan. Alhamdulillah, yayasan setuju dengan program zero waste,” tutur kepala sekolah kelahiran Surabaya, 9 Juli 1965. Yayasan juga membantu merealisasikan kantin zero waste untuk sekolah yang lainnya. 

Berkat kebijakan peduli lingkungan hidup yang diterapkan Abdul Mustain, tantangan demi tantangan pada Ecopreneur 2019 juga direalisasikan student company SMP Al Islah Surabaya. Produksi olahan makanan/minuman dan sampah juga terus dilakukan dengan beragam inovasinya.

SMP Al Islah Surabaya berhasil menggelar 30 kali bazar ecopreneur 2019 di dalam dan di luar sekolah. Total keuntungan yang drain lebih dry 8 juta rupiah

Speispo Student Company, tim ecopreneur SMP Al Islah Surabaya, bahkan sudah menggelar 30 kali bazar dalam 5 bulan terakhir. Total keuntungan yang diraup melalui wirausaha lingkungan hidup SMP Al Islah bahkan sudah lebih dari 8 juta rupiah pada Ecopreneur 2019.

Bagi Ratih Indrawati, guru pembina lingkungan hidup SMP Al Islah Surabaya, sosok Abdul Mustain dikenal enggan marah. “Pak Mustain terbiasa mandiri dalam bekerja. Beliau terbiasa mengerjakan sendiri kalau tidak cocok dengan hasil kerja bawahannya. Gak pernah marah walau bawahannya salah,” terang Ratih Indrawati. 

Penulis: Mochamad Zamroni

19 thoughts on “Abdul Mustain, Kepala SMP “Ecopreneur” Al Islah

  • Agustus 20, 2019 pada 13:04
    Permalink

    Alhamdulillah berkat dukungan beliau Tim Ecopreneur SMP Islah Surabaya dapat terus berjalan dan berkembang dengan baik. Salut untuk pak guru satu ini yang dengan sabar membimbing dan mendukung kami semua…

    Balas
    • Agustus 20, 2019 pada 21:09
      Permalink

      Alhamdulillah. Bapak kepala sekolah mendukung penuh setiap kegiatan dari Ecopreneur. Sehingga setiap kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan maksimal.

      Balas
    • Agustus 22, 2019 pada 22:32
      Permalink

      menurut saya beliau adalah motivator besar bagi pelajar dan guru yang ada di smp al islah,kesemangatan beliau lah yang selalu membuat kami ikut tergerak untuk mewujudkan apa yang kita impikan bersama,yaitu mewujudkan sekolah zero weste(tnpa sampah plastik). sehat selalu, dan terus bersemangat pak!?

      Balas
  • Agustus 20, 2019 pada 13:14
    Permalink

    Beliau memang sosok Yang luar biasa… seorang pemimpin yang juga seorang bapak untuk kami semua..selalu memberi contoh yang baik bagi kami..beliau selalu sabar dan mendukung setiap kegiatan lingkungan hidup dan pendidikan anak anak yang berkarakter serta berakhlaqul karimah…selalu semangat dan menjadi panutan kami semua..??

    Balas
    • Agustus 20, 2019 pada 18:32
      Permalink

      Alhamdulillah, atas dukungan beliau juga tim ecopreneur smp al islah bisa jadi seperti ini, sehat selalu dan semangat selalu pak! ?

      Balas
      • Agustus 20, 2019 pada 18:45
        Permalink

        Alhamdulillah,terima kasih pak guru atas dukungan dan bimbingan yang telah diberikan. Semoga tim ecopreneur SMP AL-ISLAH semakin berkembang menjadi baik lagi. Sehat selalu nggeh pak guru???

        Balas
      • Agustus 23, 2019 pada 20:44
        Permalink

        Besok seleksi 2 penganugerahan pangeran dan putri lingkungan hidup 2019

        Balas
    • Agustus 20, 2019 pada 18:52
      Permalink

      Alhamdulillah pak guru tain ,atas dukungan anda beliau juga tim ecopreneur SMP AL SILAH bisa jadi seperti ini,Sehat selalu dan Semangat ya pak??

      Balas
    • Agustus 20, 2019 pada 18:56
      Permalink

      Alhamdulillah, berkat beliau (Bpk Abdul Mustain) SMP AL ISLAH bisa sesukses ini ecopreneurnya, sukses terus untuk tim ecopreneur SMP AL ISLAH, makin sukses kedepannya dan lebih banyak lagi mendidik anak muda akan pentingnya lingkungan bagi kelangsungan hidup.

      Balas
  • Agustus 20, 2019 pada 16:21
    Permalink

    Alhamduiillah.Terima kasih utk semua
    atas kerja keras dn dukungan nya yg maximal dari semua warga sekolah dn Tim Tunas hijau
    Sehingga Sl Islah bisa ikut mewujudkan Zero waste dn Lingkungan sekolah yg Hijau dn nyaman dn bangga bisa membuat pruduk Speispo .kedepan harus lebih baik lagi.

    Balas
  • Agustus 20, 2019 pada 18:26
    Permalink

    Alhamdulillah…Luar biasa pak Guru…semangatnya patut menjadi contoh…maju terus pantang menyerah…SMP AL ISLAH luar biasa smoga semakin Jaya???

    Balas
  • Agustus 20, 2019 pada 18:27
    Permalink

    Alhamdulillah berkat dukungan dari bapak kepala sekolah SMP Al Islah Surabaya yaitu Pak Abdul Mustain kamu tim ecopreneur bisa lebih membuat produk speispo dan semua siswa siswi SMP Al Islah bisa mengurangi limbah sampah plastik . Terimakasih Pak Abdul Mustain berkat beliau kami semua bisa lebih maju lagi . Tim Ecopreneur juga lebih semangatt lagii ?

    Balas
  • Agustus 20, 2019 pada 18:29
    Permalink

    Alhamdulillahirobilalamin
    Terus semangat dan Sehat selalu bapak Guru. Barokallah buat SMP AL-ISLAH sekolah swasta yg terus mengupayakan Prestasi serta peduli Lingkungan serta membaur memberu kemaslahatan dengan lingkungan warga sekitar. Semoga terus menginspirasi dan berdedikasi di dalam dunia pendidikan dan AL-ISLAH tercinta

    Balas
    • Agustus 20, 2019 pada 18:40
      Permalink

      Lanjutkan terus Pak. Dan jangan lupa dukung semua organisasi disekolahnya pak

      Balas
  • Agustus 20, 2019 pada 18:37
    Permalink

    Alhamdulillah selamat ya pak guru,semoga SMP AL ISLAH semakin maju dan lebih baik lagi ke depannya,sekolah yang bebas sampah dan lingkungan sekolah yang sehat,pak guru merupakan sosok pemimpin yang baik bagi kita semua,aamiin…

    Balas
  • Agustus 20, 2019 pada 18:48
    Permalink

    Berkat Bapak Abdul Mustain Ecopreneur Smp Al Islah MenjadiLebih Maju! Terima Kasih Pak Abdul Mustain?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *