Semarak Panen Raya SDN Komplek Kenjeran II

SDN Komplek Kenjeran II Surabaya panen raya hidroponik, Jumat (6/9/2019). Panen raya ini melibatkan komite sekolah dan orang tua siswa. Tidak semua tanaman langsung dipanen. Sayuran yang dipanen adalah sayuran yang siap dibeli oleh yang memanen atau siap langsung diolah.

Harga jual sayurannya cukup sesuai. Yaitu 5000 rupiah untuk sayuran kecil. 10.000 rupiah untuk sayuran berukuran besar. “Kami tidak menggunakan kantong plastik untuk sayuran yang dibeli. Kami hanya menggunakan kertas roti untuk pembungkusnya,” kata Dyna Fitriyah, guru koordinator pembina hidroponik SDN Komplek Kenjeran II Surabaya.

Aktivis Senior Tunas Hijau Mochamad Zamroni dalam sambutannya mengapresiasi kinerja tim hidroponik SDN Komplek Kenjeran II Surabaya. “Kalian sudah berhasil panen. Sayuran yang kalian hasilkan juga segar dan besar menandakan semua aspek dalam perawatan hidroponik sudah sesuai,” kata Mochamad Zamroni.

Es krim sawi banyak diminati warga SDN Komplek Kenjeran II

Tim hidroponik sekolah yang berlokasi di Jalan Wiratno 2 Surabaya itu lantas diajak semakin berbeda dengan kebanyakan tim hidroponik sekolah yang lainnya. “Perbanyak jumlah hidroponiknya. Bila saat 356 lubang tanam dengan siswa sekitar 350 anak, maka peningkatan jumlah hidroponik bisa dengan 1 siswa 3 hidroponik. Jadi totalnya lebih dari 1000 hidroponik,” saran Zamroni.

Kepala SDN Komplek Kenjeran II Surabaya Jasmin menyatakan siap merealisasikan budidaya hidroponik dengan jumlah keseluruhan lebih dari 1000 lubang tanam. “Kami akan rapatkan khusus bersama tim untuk merealisasikannya. Kami akan lebih aktif melibatkan orang tua dan keluarga siswa,” kata Jasmin.

Jenis tanaman sayuran hidroponik yang dibudidaya di sekolah ini beragam. “Ada bayam, kangkung, samhong, siomak, sawi, pakcoy, kale, selada merah, selada keriting, selada RZ, dan selada roman. Semua tanaman sayuran itu disemai 1 Agustus 2019,” kata Amelia Olivia, siswa kelas 5 yang juga ketua tim hidroponik SDN Komplek Kenjeran II.

Bersamaan dengan panen raya itu juga digelar bazar makanan olahan hidroponik dan gebyar makanan/minuman sehat tanpa kemasan plastik sekali pakai. Diantara olahan makanan/minuman hidroponik adalah es krim sawi dan mie sawi.

Ada penampilan yel-yel bertema hidroponik dan usaha kesehatan sekolah, serta pameran poster hidroponik karya seluruh siswa.. Kali pertama pengumpulan jelantah juga dilakukan pada pagi hari itu.

Penulis: Mochamad Zamroni

2 tanggapan untuk “Semarak Panen Raya SDN Komplek Kenjeran II

  • September 8, 2019 pada 19:33
    Permalink

    Tetap semangat hidroponik SDN KOMPLEK KENJERAN 2.

    ZERO WASTE 👌
    SALAM BUMI LESTARI.

    Balas
  • September 14, 2019 pada 19:40
    Permalink

    Luar biasa , mantap tim hidroponik SDN Komplek Kenjeran II , Keberhasilan yang sudah dicapai tentu berkat kerja keras yang luar biasa. Tetap semangat semoga prestasi yang telah dicapai menjadi motivasi dan inspirasi bagi sekolah lain.
    Good Job

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *