Ketentuan Final Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023

Selamat berproses menyiapkan diri menyongsong masa depan gemilang dan menjadi pemimpin bangsa, negara dan dunia. Selamat berproses menjadi individu berkarakter peduli bagi kepentingan seluruh makhluk penghuni bumi.Selamat berproses menjadi generasi produktif, peduli dan anti rebahan kepada seluruh finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023. 

—–

Tahap final Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023 akan dilaksanakan hingga September 2023. Setiap finalis akan mendapatkan selempang yang bakal disematkan secara khusus.  

Finalis Pangerand dan Putri Lingkungan Hidup 2023 bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Tahap final menjadi tahapan terakhir dalam penentuan para juara pada program penganugerahan ini. Ketentuan Final Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023 adalah sebagai berikut:

1. Setiap orang finalis harus menjunjung tinggi kejujuran dalam penyampaian setiap laporan berkaitan dengan realisasi Keluarga Sadar Iklim dan Tanggap Bencana 2023 dan pencapaian proyek lingkungan hidupnya masing-masing. Dilarang memanipulasi data. Manipulasi data bisa berakibat diskualifikasi;  

2. Tiap finalis diminta membuat vlog capaian terukur proyek lingkungan hidupnya berdurasi minimal 2 menit melalui instagram. Termasuk juga target yang belum tercapai dan alasannya beserta target hingga akhir September 2023. Penjelasan menggunakan media (kertas, papan tulis, atau yang lainnya dengan menampilkan data terukur yang nampak jelas ketika dibuat videonya). 

Pastikan bahwa data yang disampaikan melalui vlog cukup jelas dibaca melalui video yang dibuat. Vlog ini diunggah melalui instagram paling lambat Kamis (10/8/2023). Sertakan tagar (#) #updateproyekFinalisPangeranPutriLH2023SMP #ASALSEKOLAH #pangeranputrilh2023SMP_nomorpeserta untuk SMP. 

Sedangkan untuk peserta kategori SD dengan menyertakan #updateproyekFinalisPangeranPutriLH2023SD #ASALSEKOLAH #pangeranputrilh2023SD_nomorpeserta;

Finalis Pangeran & Putri Lingkungan Hidup 2023 SMP

3. Tiap finalis diminta mengikuti pembekalan yang dilaksanakan secara online melalui webinar tiap Sabtu. Siapkan pertanyaan dan sertakan daftar hadir dengan mencantumkan #ASALSEKOLAH #finalispangeranputrilh2023SD_nomorpeserta untuk SD pada kolom komentar saat live webinar pada youtube atau zoom. Sedangkan untuk SMP menyertakan #ASALSEKOLAH #finalispangeranputrilh2023SMP_nomorpeserta 

4. Melakukan aksi pengembangan Realisasi Keluarga Sadar Iklim dan Tanggap Bencana 2023. Ketentuan seperti pada pengumuman khusus Keluarga Sadar Iklim dan Tanggap Bencana 2023 ditambahkan pada setiap posting foto realisasi aksi.  

5. Menuliskan optimisme mengikuti masa final pada kolom komentar artikel ini. Sertakan nama lengkap, nomor peserta, asal sekolah dan judul proyek. Sertakan juga update capaian proyek hingga akhir tahap III, serta tantangan yang dihadapi dalam pengembangan proyek lingkungan hidup selama ini;

Finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2022 SD

6. Sebagai upaya pengembangan kapasitas individu mengenai perkembangan lingkungan hidup, tiap finalis diminta aktif membaca setiap artikel terbaru yang ditayangkan melalui laman tunashijau.id dan meninggalkan komentar positif yang sesuai;

7. Tiap finalis diminta terus aktif melakukan aksi pengembangan proyek dan mengunggah foto-foto aksinya melalui instagram dengan menyertakan tanggal + tempat pelaksanaan aksi, data terukur capaian dan hal-hal unik lainnya. Di antara hal unik yang bisa disampaikan adalah hal unik yang dijumpai dalam aksi, kesan/pesan orang lain yang berinteraksi dalam proyek, penjelasan aksi, dan/atau hal yang lainnya;

8. Tiap finalis diminta mengirimkan foto close up keren luar ruangan terkini dengan visual proyeknya melalui insert dokumen whatsapp (bukan insert galeri) melalui nomor 081515618724 beserta biodata (nama lengkap, alamat rumah, sekolah, nama orang tua, hobi, cita-cita dan motto hidup), capaian, suka/duka melaksanakan proyek dan hal yang lainnya; 

9. Pelaporan realisasi jurnal pengembangan proyek lingkungan hidup disampaikan setiap hari Minggu sebelum pukul 18.00 WIB melalui link khusus pelaporan jurnal harian https://bit.ly/jurnal-harian-pangputlh-2023

10. Teknis Grand Final atau Puncak Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023 akan disampaikan lebih lanjut. 

11. Setiap finalis dan orang tua finalis membuat karangan bebas bernilai positif terkait pengalaman unik dan berkesan selama Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023 berisi sedikitnya 300 kata dan diunggah melalui akun Instagram masing-masing peserta. Batas akhir unggahan Minggu, 13 Agustus 2023. Tagar (#) khusus yang harus disertakan adalah #opiniortufinalispangeranputrilingkunganhidup2023 (untuk opini orang tua), #opinipembinafinalispangeranputrilingkunganhidup2023 (untuk guru pembina), #opinikasekfinalispangeranputrilingkunganhidup2023 (untuk kepala sekolah)

12. Setiap guru pembina yang aktif terlibat dan kepala sekolah membuat karangan bebas terkait pendidikan karakter melalui Panganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023 sedikitnya 300 kata. Karangan diunggah melalui akun Instagram masing-masing paling lambat 13 Agustus 2023. Bagi guru pembina yang aktif terlibat sejak awal program dan membuat karangan bebas ini akan diupayakan oleh Tunas Hijau untuk mendapatkan piagam penghargaan dari Wali Kota Surabaya. Berlaku juga bagi guru pembina dan kepala sekolah yang siswanya non finalis.

13. Seluruh finalis diminta mengikuti pameran dan bazar proyek lingkungan hidup pada Minggu, 6 Agustus 2023 di BK3S Jatim di Jalan Tenggilis Surabaya. Pameran digelar khusus dalam rangka Hari Anak Nasional 2023.

14. Seluruh finalis diminta terus mengembangkan diri dengan isu-isu lingkungan hidup lokal dan global. Akan ada sesi khusus tanya jawab finalis seputar permasalahan lingkungan hidup. Di antaranya melalui tema-tema yang dihadirkan dalam webinar tiap Sabtu. 

15. Setiap finalis diminta menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup dalam kehidupan sehari-hari bersama keluarganya. 

16. Untuk penilaian terkait pengembangan proyek lingkungan hidup di antaranya mencakup capaian, intensitas aksi, peran diri (individu) dalam aksi proyek, dampak yang dihasilkan dari aksi proyek yang dilakukan, tantangan, dan ketertiban pelaporan melalui Instagram + jurnal. Untuk intensitas aksi pengembangan proyek, setiap finalis harus bisa melakukan aksi minimal 3 hari dalam setiap pekan. 

17. Setiap finalis diminta menyiapkan diri untuk shooting/pengambilan video profil finalis. Durasi video minimal 5 menit dengan 1 kali pengambilan video. Finalis diharapkan untuk bisa memaksimalkan durasi video yang ada untuk meyampaikan hal-hal terkait dengan proyek LH masing-masing, meliputi capaian terukur, hal-hal unik , kisah lucu selama melakukan aksi proyek, pantun pembuka, pantun pertengahan, pantun penutup, dan manfaat dari proyek untuk peningkatan kualitas lingkungan hidup. 

Waktu dan tempat untuk shooting video profil tersebut pada poin 17 akan diinfokan lebih lanjut. Setiap finalis diminta untuk menyiapkan media display dan produk (bila ada) dari proyek LH masing-masing untuk keperluan video profil finalis. Media display maksimal berukuran A1. 

Isi display dapat berupa poster mengenai capaian proyek, atau rangkuman data capaian proyek. Bila hanya berupa tulisan dan angka, maka HARUS bisa dibaca dengan jelas dari jarak 3 meter. Semua media yang berisi teks/angka terkait proyek yang disajikan saat shooting harus bisa jelas dilihat/dibaca ketika divisualkan melalui layar hp. Lakukan persiapan khusus dan serius untuk ini.

Penulis: Mochamad Zamroni

44 thoughts on “Ketentuan Final Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023

  • Agustus 8, 2023 pada 11:18
    Permalink

    Alhamdulillah bisa sampai pada tahap ini.
    Harapan saya pada diri saya sendiri, mampu terus menerus memberikan yang terbaik untuk lingkungan. Mulai dari lingkungan tempat tinggal saya sendiri.
    Semoga dengan tantangan yang ada di tahap final ini, mampu mendorong saya menjadi manusia yang lebih baik dan manfaat bagi orang lain dan lingkungan.
    Semangaat buat semua teman teman finalis. Semoga dengan langkah kita bisa diikuti dengan langkah langkah yang lain, untuk bisa membuat bumi tersenyum kembali.

    GAIZKA FADHILIO HIRARKI
    031
    SDN BANYU URIP III /364 SURABAYA
    KREASI POT CANGKANG TELUR

    Balas
    • Agustus 8, 2023 pada 17:10
      Permalink

      Alhamdulillah terimakasih kepada kakak tunas hijau yang sudah memberikan kesempatan kepada saya sampai di titik ini yaitu tahap finalis pangeran lingkungan hidup 2023. Saya senang sekali karena dari awal saya mengikuti hingga saat ini saya sudah diberi berbagai ilmu khusus nya dalam melestarikan lingkungan juga ilmu pengetahuan yang lain.
      Terimakasih juga buat pembina saya ibu Lina Rachmawati yang selalu mendampingi dan mengajariku.

      Muhammad Raihan Rizqullah
      SDN nginden jangkungan 1 surabaya
      Nomer peserta 143.
      Proyek BUDIDAYA TANAMAN TAPAK DARA ???

      Balas
  • Agustus 8, 2023 pada 11:23
    Permalink

    Perlu semangat yg lebih tinggi lagi nih. Tugas semakin berat tetapi jika dijalankan dengan ikhlas InsyaAlloh akan menjadi ringan. Aku pasti bisa maju terus meraih selempang putri lingkungan hidup 2023 dengan penuh usaha, doa, dan dukungan dari semua orang. Semoga aku bisa menjadi contoh dan tauladan yg baik bagi teman, saudara, masyarakat, bangsa dan negara aamiin
    Bismillah semoga Alloh SWT selalu meridhoi setiap langkah dan tindakanku.
    Tunas hijau is the best karena Tunas hijau sudah menjadi bagian dari keluargaku. Separuh hatiku untuk Tunas hijau dan untuk keluargaku.
    Eno wahyu kamagading (234)
    SDN pacarkeling 1/182 Surabaya

    Balas
    • Agustus 10, 2023 pada 14:31
      Permalink

      Perlu semangat yg lebih tinggi lagi nih. Tugas semakin berat tetapi jika dijalankan dengan ikhlas InsyaAlloh akan menjadi ringan. Aku pasti bisa maju terus meraih selempang putri lingkungan hidup 2023 dengan penuh usaha, doa, dan dukungan dari semua orang. Semoga aku bisa menjadi contoh dan tauladan yg baik bagi teman, saudara, masyarakat, bangsa dan negara aamiin
      Bismillah semoga Alloh SWT selalu meridhoi setiap langkah dan tindakanku.
      Tunas hijau is the best karena Tunas hijau sudah menjadi bagian dari keluargaku. Separuh hatiku untuk Tunas hijau dan untuk keluargaku.
      UPDATE CAPAIAN PROYEK
      Tahap 1 :
      580 bibit kencur tertanam
      10tanaman mati
      79 partisipan
      190 (tas+tanaman) terbagi kan
      925menit pelaksanaannya
      Lahan rumah 480tanaman
      Lahan binaan 100tanaman
      Pengumpulan botol 165botol
      Jadi total tanaman 580 tanaman di tahap 1
      Tahap 2 :
      2.570 bibit kencur ternanam
      70 tanaman mati
      1.742 partisipan
      1.750 tanaman terbagi kan
      1.475 menit pelaksanaan nya
      Lahan rumah : 820 tanaman
      Lahan adopsi : 1.750 tanaman
      Pengumpulan kerdus 2kg
      Jadi total tanaman 2.570 tanaman di tahap 2
      Tahap 3 :
      2.857 bibit kencur tertanam(550+950+1.357)
      0 tanaman mati
      1.534 partisipan
      1.781 (produk olahan +tanaman) terbagikan
      3.575 menit pelaksanaan nya
      Lahan rumah : 400 tanaman
      Lahan adopsi : 2.457 tanaman
      Pengumpulan botol 8kg.kerdus 8kg.minyak jelantah 10liter.
      Jadi total tanaman 2.857 tanaman kencur di tahap 3
      tgl 27juni-3juli = 3.150+ 550= 3700
      Tgl 4juli- 20juli = 3700+ 950 = 4.650
      Tgl 21juli-29juli = 4.650+ 1.357= 6.007
      Jadi total tanaman saya mulai tahap 1-3 adalah 6.007 tanaman kencur
      KENDALA
      kencur lama tumbuh saat musim kemarau
      YANG BELUM TERCAPAI
      menambah kampung binaan lagi
      Promosi di media akan dilaksanakan di tahap finalis.
      Judul proyek budidaya tanaman kencur
      Eno wahyu kamagading (234)
      SDN pacarkeling 1/182 Surabaya

      Balas
  • Agustus 8, 2023 pada 11:26
    Permalink

    Bismillah
    Alhamdulillah
    Untuk sampai pada tahap ini, saya sangat senang sekali bisa menjadi bagian dari pemilihan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023. Banyak hal-hal yang bermanfaat yang saya lakukan dan banyak banyak pengalaman serta wawasan yang saya dapatkan.. saya yakin bisa menjadi yang terbaik.
    Mari teman-teman finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup kita lanjutkan aksi kita..kita bakar semangat kita di bulan kemerdekaan ini seperti semangat para pejuang kemerdekaan..

    Terimakasih Tunas Hijau
    Dimas Abhiyasa Wibowo
    SDN RUNGKUT MENANGGAL I/582
    SD-233
    Budidaya Aloevera

    Balas
    • Agustus 11, 2023 pada 23:45
      Permalink

      Alhamdulillah ?

      Semakin semangat mengerjakan satu persatu poin sebagai cara konsisten mencapai target proyek yang dikejar.

      Nama : Onitsuka Tofameiro Putri Aswan
      No peserta:204
      Sekolah : SDN Margorejo 1 SBY
      Proyek : Tabanan – Tas Baju bekas Ramah lingkungan

      Balas
  • Agustus 8, 2023 pada 11:27
    Permalink

    Alhamdulillah ala kulli hal
    Waktu adalah kesempatan yang harus diraih dan dimanfaatkan sebaik mungkin
    Percaya diri dan optimis akan membawa kekuatan yang besar untuk setiap langkah.

    Bismillah semangat menjalani ketentuan Final pangeran dan putri lingkungan hidup 2023,semoga semua berjalan dengan lancar,Aamiin.

    I’m ready and excited

    Nama : Nizam Muhammad Ibra Efendi
    No.peserta : 061
    Sekolah : SDN GADING VII
    Proyek : Budidaya Tanaman Daun Mint

    Balas
  • Agustus 8, 2023 pada 11:39
    Permalink

    Puji Tuhan saya bisa masuk sebagai peserta finalis penganugrahan pangeran dan puteri lingkungan hidup tahun 2023 juga dalam masa final ini saya merasa saya lebih percaya diri untuk ke tahap grand final
    Pencapaian terakhir :
    Saya sudah menanam tanaman binahong merah sebanyak 546 tanaman binahong merah juga tantangan saya dalam mengerjakan proyek ini adalah harus menanam lebih tanaman binahong merah karena tanaman binahong merah ini juga susah susah gampang untuk menanam. Untuk pengembangan proyek saya,saya sudah bersosialisasi ke 1.1490 orang dann juga sudah membuat 5 produk yaitu : puding = 55 pcs
    Rempeyek = 45 pcs
    Dawet = 28 pcs
    Teh = 50 pcs
    Oseng oseng = 5 pcs
    Total penjualan di bazar gereja dan pameran :
    470.000 ribu
    Nama : Stephani Dwi Puspa Anggun Pratiwi
    Sekolah : SMPN 3 Surabaya
    No peserta : 818

    Balas
    • Agustus 8, 2023 pada 11:41
      Permalink

      Dengan Judul Proyek : BUDI BINHOMER ( BUDIDAYA TANAMAN BINAHONG MERAH)

      Balas
  • Agustus 8, 2023 pada 11:48
    Permalink

    Untuk menjadi sukses sangatlah sulit, tapi akan lebih sulit lagi apabila tidak sukses.

    Sangat bersyukur atas campur tangan Allah SWT bisa Lolos sampai di tahap final Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023. Hal ini membuat aku senang sekali, namun juga harus diimbangi dengan kerja keras karena masih ada tanggung jawab lagi yang harus dilakukan dan dikerjakan untuk menjadi pemenang. Aku harus semangat dan optimis dalam menjalankan seluruh ketentuan final.
    Bismillah semoga apa yang aku kerjakan ini mendapatkan hasil yang baik dan berjalan dengan lancar.

    Yuk teman-teman Finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023, mari kita saling dukung dan jalankan dengan penuh semangat.

    Nama : Anjasmara Dewanata
    No. Peserta : 083
    Sekolah : SDN Kaliasin 1 Surabaya
    Judul Proyek : Budidaya Pandan Suji

    Balas
  • Agustus 8, 2023 pada 11:55
    Permalink

    Assalamualaikum.. Alhamdulillah saya bersyukur sekali untuk bisa sampai ke tahap finalis Pangeran putri lingkungan hidup 2023.
    Doa dan harapan saya ke depan adalah bisa lebih giat dan disiplin dalam aksi pada proyek saya, diperlukan semangat yang tinggi untuk dapat mengerjakan aksi dan tugas di tahap final.
    Bismillah insyaallah saya bisa dengan ridho dari Allah SWT menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

    Semangat buat teman-teman finalis Pangeran putri lingkungan hidup 2023…maju terus

    Nama : Muhammad Haykal Adha
    Asal : SDN Pacarkeling V/186
    No peserta : 183
    Proyek : Budidaya Tanaman Kunyit Untuk Obat Herbal

    Wassalam

    Balas
  • Agustus 8, 2023 pada 15:42
    Permalink

    Tidak menyangka saya bisa sampai ke tahap finalis. Sangat bersyukur, terimakasih kepada orang tua, keluarga, saudara, guru pembina yang telah mendukung dan memberi support ke saya selama ini. Kedepannya saya akan terus mengembangkan proyek saya, supaya lebih maju, dan berkembang. Untuk capaian proyek saya yaitu :

    Saya sudah menanam 3000 kangkung di sekolah, dan menanam 400 kangkung di rumah
    Saya juga sudah bersosialisasi ke 600 orang di sekolah, 40 orang di ibu ibu PKK RW, 10 orang di Grand City saat acara Indonesia Climate Change, 10 orang di tetangga sekitar, 20 orang di Balai Pemuda saat Acara Hari Anak Nasional.

    Produk olahan kangkung yang terjual saat pameran di BK3S :
    10 cookies kangkung
    13 stik kangkung
    Total : Rp 165.000

    Balas
  • Agustus 8, 2023 pada 16:22
    Permalink

    Pencapaian saya di proyek ini sudah menanam sebanyak 650 batang, 250 batang dirumah nenek, 50 batang di pagar depan kampung, 50 batang di sekolah dan 300 batang di halaman rumah. Saya sudah melakukan sosialisasi kepada 450 orang, ke saudara, teman sekolah, teman ngaji, tetangga, teman mama, dan masyarakat lain nya.

    Target saya ke depan nya bisa bersosialisasi kepada 1000 orang, bisa menanam 2000 batang tanaman, bisa menjual hasil tanaman saya dan bisa menghasilkan produk dari tanaman yang sudah saya budidayakan.

    Adapun kendala yang saya temui dalam budidaya bunga melati ini adanya hewan tikus dan kucing yang menginjak bibit tanaman saya sehingga tanaman saya menjadi rusak dan mati, selain itu suhu udara yang sangat panas, membuat tanaman saya menjadi kering dan mati kalau saya lupa menyiraminya, untung ada mama yang selalu mengingatkan saya untuk menyirami tanaman di pagi dan sore hari.

    Kesan saya selama mengikuti ajang pangput lh 2023, saya mendapat teman baru, ilmu baru tentang berbagai macam tanaman, ilmu tentang tanggap bencana, ilmu jurnalistik, ilmu tentang alam dan apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kelestarian alam. Saya menjadi lebih perduli terhadap lingkungan, dan bisa menjelaskan serta mengajak kepada saudara maupun masyarakat sekitar tentang penting nya penghijauan. Dan saya juga mendapatkan ide untuk produk apa yang akan saya hasilkan dari budidaya bunga melati ini.

    Saya berharap kita semua bisa ikut serta untuk terus menjaga kelestarian lingkungan, melakukan penghijauan dari sejak dini, dari diri kita sendiri, lalu kita bisa terus menularkan kebiasaan baik ke teman, keluarga dan lingkungan sekitar.

    Dewangkara Bagus Abisatya
    SD-221
    SDN Rangkah VI Surabaya
    BUMEL TAAT (Budidaya Bunga Melati Tanaman Bermanfaat)

    Balas
    • Agustus 8, 2023 pada 17:10
      Permalink

      Alhamdulillah saya bisa sampai ke tahap ini dan Bismillah semoga dilancarkan dan diberikan yang terbaik sampai puncak penganugerahan pangput 2023. Sampai saat ini saya sudah menanam sebanyak 3020 tanaman sambung nyawa,bersosialisasi proyek ke 2434 warga,memiliki 1 kampung budidaya,1 tempat adopsi,dan membagikan 65 tanaman sambung nyawa, juga sudah menghasilkan olahan dari sambung nyawa 1. Puding sambung nyawa 2. Sosis solo sambung nyawa 3.klanting sambung nyawa 4.mie sambung nyawa 5.teh sambung nyawa 6.tongseng sambung nyawa,dll. Dalam proyek tanaman sambung nyawa ini banyak kendala yaitu hama bekicot dan tikus yang suka memakan daun maupun batang sambung nyawa,cuaca yang panas,lahan adopsi. Harapan kedepanya menanam 3500 tanaman sambung nyawa,bersosialisasi kebanyak orang tentang manfaat dan olahan sambung nyawa serta bisa selalu turut menjaga lingkungan,menyayangi lingkungan,menularkan kebiasaan baik kesemua orang untuk kelestarian lingkungan. Salam bumi pasti lestari!!!

      Bilqis April Wahyudiyah Azzahra
      SDN Pacarkeling I/182 Surabaya
      No.peserta: 232
      Budidaya tanaman sambung nyawa

      Balas
  • Agustus 8, 2023 pada 17:09
    Permalink

    NAMA: MAHAPUTRI AIRA MZ
    SEKOLAH: SMPN 42 SURABAYA
    NO URUT: 978
    PROYEK: MENDAUR ULANG SAMPAH PLASTIK

    Jujur… Saya sangat senang dan bersyukur saya bisa masuk ke tahap finalis ini, saya tidak menyangka saya bisa dan saya harap saya bisa jadi yang terbaik.

    Capaian saya sekarang sudah mencapai 3kg sampah plastik kresek memang belum mencapai target saya yaitu 100kg, Karena saya juga banyak tugas sekolah dan juga Alhamdulillah sekarang di lingkungan saya sudah minik sampah kresek.

    Terimakasih banyak semuanya yang sudah support saya ??

    Balas
  • Agustus 8, 2023 pada 19:18
    Permalink

    Penganugerahan pangput lh 2023 telah berlangsung beberapa bulan, hingga pada akhirnya saya bisa sampai pada tahap final ini. Tentunya sangat senang perasaan saya karena bisa menjadi perwujudan generasi penerus bangsa yang produktif, peduli, dan anti rebahan.

    Aksi demi aksi yang terus saya lakukan, tentunya tidak akan sia-sia bagi lingkungan. Saya yakin bahwa setiap apa yang dilakukan menusia terutama hal terpuji, pasti akan mendapati hasil yang memuaskan diri. Beberapa tahap telah saya lalui, banyak aktifitas lain yang saya korbankan demi proyek ini, sekarang jalan kedepan pasti lebih baik daripada yang sebelumnya.

    Capaian saya selama proyek ini antara lain:
    1. 140 liter minyak jelantah terkumpul
    2. 338 lilin kecil dan 268 lilin besar telah diproduksi, total produksi 606 lilin aromaterapi
    3. Jangkauan sosialisasi: 397 orang
    4. Hasil penjualan produk: 219 ribu rupiah

    Target utama saya adalah mengajak seluruh lapisan masyarakat sekitar, sekolah, dan keluarga untuk semakin sadar akan pentingnya mencintai lingkungan hidup.

    Salam Bumi Pasti Lestari
    Wassalamualaikum wr wb

    -Judul Proyek: Pemanfaatan Limbah Minyak Jelantah Menjadi Lilin Aromaterapi
    -Nama: Justin Dwi Yanuar
    -Asal Sekolah: SMPN 38 SURABAYA
    -No Peserta: 527

    Penulis: Justin Dwi Yanuar

    Balas
  • Agustus 8, 2023 pada 21:42
    Permalink

    Terima kasih atas perhatiannya team Tunas Hijau atas terpilihnya saya masuk Finalis Pangeran Putri LH 2023,dan motivasi yang sangat solid terutama orang tua,kasek beserta guru SMPN 61,Sekolah Binaan,Kampung Binaan,dan teman2 semua yang tidak bisa saya sebut satu persatu.
    Alhamdulillah capaian proyek saya di Seleksi 3 PSBB saya berhasil mengadopsi 3500liter leri beras,300kg serabut kelapa,300kg bonggol pisang,dan 800kg sayuran bekas ( Januari – Juli 2023,sedangkan PPKM hasil limbah PSBB 100kg th 2021 untuk media tanam dan 500kg th 2023.moga September saat Finalis bisa mencapai target.Halangan yang sejak 2021 hingga 2023 belum adanya uji lab PSBB saya,jadi saya untuk memperjualbelikan secara luas PSBB tsb.
    Bismillah optimis yakin bisa…..pasti bisa
    Nama = Rafa Aźzahran Falah Purnama Putra
    No Peserta = 623
    Sekolah = SMPN 61 Surabaya
    Proyek = PSBB (Pengolahan Sampah leri Beras menjadi Bermanfaat) vs PPKM (Panen Pupuk Kompos Melimpah)

    Balas
  • Agustus 8, 2023 pada 22:39
    Permalink

    Alhamdulillah saya panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang Maha Kuasa yang telah memberikan rahmat, hidayah dan anugerah yang terindah pada diri saya dan berkat dorongan,niatan dan keinginan yang luhur untuk selalu peduli terhadap lingkungan sehingga saya bisa lolos sampai tahap final penganugerahan pangeran dan Putri lingkungan hidup 2023.

    Selalu optimisme mengikuti masa final adalah suatu tantangan yang harus saya lalui dengan penuh semangat, pantang menyerah dan jangan lupa selalu berdoa agar kita selalu diberi kesehatan ,kelancaran keberhasilan dan kesuksesan.

    Dengan optimisme bisa menambah motivasi saya untuk meraih kesuksesan karena optimisme merupakan kunci dalam menumbuhkan semangat, dan bila kita peduli dengan lingkungan kita akan menemukan cara untuk mewujudkannya.
    optimisme menunjukkan bahwa saya percaya dan mempercayai segala sesuatu tidak akan pernah sia-sia.

    Update capaian proyek hingga akhir tahap III ( 26 juni-29 Juli 2023), Saya sudah membuat pupuk organik Tumpi sebanyak 1501 kg dan sudah dipergunakan dan di aplikasikan pada:
    1.Lahan pertanian sendiri yaitu desa Kaligerman Karanggeneng Lamongan dan desa Bangle, Tenggor Gresik
    sebanyak 710 kg

    2.Dibagikan kepada sekolah, warga sekitar,teman,tetangga pelanggan kacang hijau, ibu PKK sebanyak 281 kg

    3.Laku terjual sebanyak 510 kg dan mendapatkan uang sebesar Rp1.530.000.

    Dari hasil pembuatan 1501 kg pupuk organik tersebut sudah menyerap:
    Tumpi kering sebanyak 751 kg. Kotoran hewan 600 kg, Sekam 150 kg EM4 150 cc ,molase 1500 ml,Air 300 liter.

    Tantangan yang harus saya hadapi dalam pengembangan proyek lingkungan hidup selama ini saya harus lebih semangat dan produktif lagi dalam membuat pupuk organik Tumpi lebih banyak lagi karena dengan menggunakan pupuk organik Tumpi ini dapat mengurangi emisi karbon penyebab pemanasan global dan perubahan iklim karena pupuk organik ini berbahan organik tanpa menggunakan zat kimia.

    “Mengalahkan Tantangan adalah Pencapaian”

    Muhammad Abril Rizky Illahi
    No Peserta: 345
    SMP NEGERI 12 SURABAYA
    Proyek lingkungan Hidupku: Pemanfaatan Limbah Kulit Kacang Hijau (Tumpi) Menjadi Pupuk Organik

    Balas
  • Agustus 8, 2023 pada 23:48
    Permalink

    Alhamdulillah bisa lolos dan lanjut ke Tahap Finalis.. Anugrah yang tidak terhingga..
    Terimakasih kepada Tunas Hijau, kak Roni, kak Bram, kak Nizam, kak Ichi, kak Fatih, ayah dan ibuku, kakak2ku, om dan tanteku, keluargaku, ibu Kepala Sekolah ibu Nanik, ibu Woro, ibu Rektor, ibu Guru Pembina Pangput LH, ibu Walikelas 7F & 8D, Bapak dan Ibu Guru, teman2ku SMPN 28 SBY, teman2 ibuku, tetanggaku dan semua yg sudah mensupport, memotivasi dan mendukungku yg tidak bisa saya sebutkan satu persatu
    Bismillah tetap semangat, tetap konsisten, tetap optimis dan tetap kontinu dalam melakukan aktivitas, selanjutnya berdoa dan serahkan sama sang Pencipta Alloh SWT…
    Selalu berdoa dan minta restu ibu dan ayah
    Iqbal Pasti Bisa … Bisa … Bisa .. aamiin
    Pangput LH 2023
    Produktif, Peduli dan Anti Rebahan

    Pencapaian Tahap III
    1.Menanam bibit pohon kelor sebanyak 3.010 Bibit pohon kelor
    2.Mensosialisasikan Proyek LH kpd 420 orang
    3. Mendonasikan bibit pohon kelor kpd 75 orang
    4. Mendonasikan bibit kelor sebanyak 86 bibit
    5. Total pendapatan sebesar Rp. 2.645.000
    Teh kelor Rp. 2.173.000 ( 2.940 gram)
    Teh botol Kelor Rp. 472.000 (86 botol)
    6. Mendonasikan Produk
    Teh kelor 26 orang
    Teh botol kelor 280 orang
    7. Produksi teh kelor sebanyak 3.810 gram

    YANG BELUM TERCAPAI DI TAHAP III
    1. Memiliki 1 kampung adopsi akan saya capai di Tahap Finalis

    Tantangan yang dihadapi dalam Pengembangan Proyek LH selama ini
    1. Cuaca yang kurang bersahabat, musim kemarau yang panjang
    2. Hama tanaman ( ulat, bekicot, kutu, tikus, kucing dll)
    3. Banyak bibit mati tidak kuat cuaca panas, kekurangan air, diganggu hama
    4. Bahan pokok produk olahan untuk teh daun kelor berkurang karena daun kelor banyak yang kuning
    5. Masih sulit menyesuaikan waktu bertemu kampung adopsi

    IQBAL tetap optimistis untuk menghadapi tantangan yang ada
    Bismillah Pasti Bisa

    Iqbal Fajar Khrisna Reyhan Halim
    No Peserta : 447
    SMP Negeri 28 Surabaya
    Judul Proyek : Pemanfaatan Lahan Sempit untuk Pembudidayaan Pohon Kelor

    Balas
    • Agustus 10, 2023 pada 20:50
      Permalink

      Alhamdulillah saya dapat mengikuti seleksi tahap final, sehat selalu untuk semua nya, tidak ada kata lelah untuk bersemangat menghijaukan bumi sekitar, saya sangat suenengggg tidak bisa berkata -kata lagi, Alhamdulillah bisa mengikuti tahap final, semoga diberi kesehat selalu untuk semua

      Sedikit informasi tentang proyek saya yang berjudul BUDIDAYA SOM JAWA

      • Saya sudah menanam 5.346
      • bersosialisasi kepada 3.500 orang secara online maupun offline
      • Sudah membuat produk
      1. Teh Som Jawa siap minum
      2. Teh daun kering Som Jawa

      Balas
  • Agustus 9, 2023 pada 02:08
    Permalink

    Partisipasi dalam masa final Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023 telah memberikan saya optimisme yang tak tergoyahkan. Momen ini bukan hanya tentang persaingan, tetapi lebih pada kolaborasi dan semangat untuk merangkul perubahan positif di dunia.
    Merasa berada di tengah-tengah para finalis yang memiliki komitmen serupa dalam menjaga lingkungan adalah pengalaman yang menginspirasi. Kami semua datang dari latar belakang yang beragam, tetapi tujuan bersama kami untuk melindungi planet ini menjembatani perbedaan-perbedaan tersebut. Optimisme saya bertambah ketika melihat semangat setiap finalis dan mendengarkan cerita inspiratif mereka tentang langkah-langkah yang telah mereka ambil dalam upaya melindungi alam.
    Sesi-sesi diskusi dan presentasi dalam masa final juga sangat memperkaya. Mendengarkan ide-ide kreatif dan solusi inovatif dari para finalis membuat saya yakin bahwa ada banyak cara untuk merespons tantangan lingkungan saat ini. Kami berbagi pandangan tentang bagaimana teknologi, pendidikan, dan aksi sosial dapat berperan dalam menciptakan dampak positif yang lebih besar.
    Selain itu, interaksi dengan para juri dan ahli lingkungan memberikan tambahan optimisme. Menerima umpan balik konstruktif dan mendengarkan pandangan mereka tentang perubahan yang dapat kita capai memberi kita dorongan untuk melangkah lebih jauh. Keberadaan mereka di sana adalah tanda bahwa upaya kami dihargai dan bahwa ada dukungan nyata dalam usaha kami untuk melindungi lingkungan.
    Namun, yang paling menginspirasi adalah perasaan persatuan yang dirasakan dalam komunitas finalis. Kami bukan hanya pesaing, tetapi rekan-rekan yang berbagi visi dan tekad untuk menjaga alam. Ini menciptakan rasa optimisme yang kuat, bahwa bersama-sama kita dapat membuat perubahan yang positif dan berkelanjutan. Melihat semangat dan komitmen dari para finalis membuat saya merasa bahwa masa depan lingkungan kita dalam genggaman yang baik.
    Secara keseluruhan, masa final Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023 telah mengkatalisasi optimisme saya. Ini telah menguatkan keyakinan saya bahwa walaupun tantangan lingkungan kompleks, kita memiliki potensi untuk menghadapinya dengan semangat, kolaborasi, dan inovasi. Masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan adalah hal yang mungkin, dan saya merasa terhormat dan bersemangat menjadi bagian dari gerakan ini.

    AFIQAH MUTIARA TUNGGA DEWI
    NO. PESERTA 224
    SDN NGINDEN JANGKUNGAN I SURABAYA
    JUDUL PROYEK ECOBRICKING

    CAPAIAN PROYEK :
    MENGADOPSI 25 WARKOP DAN 3 LOUNDRY
    MENERIMA DONASI PLASTIK BEKAS DARI BSI SURABAYA

    LIMBAH PLASTIK YANG SUDAH DIKUMPULKAN SAMPAI HARI INI ADALAH 1 TON 650 Kg.
    TELAH DIBUAT ECOBRICK SEBANYAK 1 TON 543,3 Kg.,
    RATA-RATA PER BULAN BISA MEMBUAT ECOBRICK 150 -200 KG.

    ECOBRICK YANG SUDAH DIBUAT SAMPAI HARI INI ADALAH
    1.720 BOTOL ECOBRICK KEMASAN 1500 ML, 1.550 BOTOL KEMASAN 600 ML
    DAN 1.615 BOTOL KEMASAN 350 ML

    PENJUALAN ECOBRICK
    ECOBRICK 600 ML TERJUAL 750 BOTOL PER BOTOL Rp. 12.000, MENDAPATKAN Rp 9.000.000 ,-
    ECOBRICK 1500 ML TERJUAL 600 BOTOL, PER BOTOL 22.000,- MENDAPATKAN Rp 13.200.000.,-
    ECOBRICK 350 ML TERJUAL 650 BOTOL, PERBOTOL 7.000,- MENDAPATKAN Rp 4.550.000 –

    TOTAL MENDAPATKAN HASIL Rp 26.750.000 (DUA PULUH ENAM JUTA TUJUH RATUS LIMA PULUH RIBU RUPIAH)

    PEMANFAATAN ECOBRICK
    ECOBRICK 1500 ML SEBANYAK 100 BOTOL, DIBUAT PAGAR,
    ECOBRICK 1500 ML SEBANYAK 150 BOTOL, DIBUAT GAPURA,
    ECOBRICK 350 ML SEBANYAK 150 BOTOL, DIBUAT MENJADI MEJA DAN KURSI
    TEMPAT BENDERA (TATAKAN TIANG BENDERA) 6 BUAH
    BANGUNAN TANAH TAMAN ECOBRICK

    TIGA TEMPAT BENDERA TELAH DIDONASIKAN
    SOSIALISASI:

    KE TEMAN LES, PARTISIPAN  2 ORANG
    SOSIALISASI DI SDN Nginden JANGKUNGAN K I SURABAYA  18 KELAS , Partisipan = 620 orang
    SOSIALISASI DI PUSKESMAS MENUR, PARTISIPAN 100 ORANG
    SOSIALISASI 4 HARI DI ACARA INDONESIA CLIMATE CHANGE EXPO & FORUM 2023, PARTISIPAN 100 ORANG
    SOSIALISASI DI KANTOR KELURAHAN NGINDEN JANGKUNGAN, PARTISIPAN 10 ORANG
    SOSIALISASI KEPADA WALI ATLIT PANAHAN, PARTISIPAN 4 ORANG
    SOSIALISASI DI KANTOR FAST ARCHERY, PARTISIPAN 2 ORANG
    SOSIALISASSI DI TERAS UMKM KEC, SUKOLILO, PARTISIPAN 10 ORANG
    SOSIALISASI DI KANTOR KECAMATAN, PARTISIPAN 5 ORANG
    SOSIALISASI KE TETANGGA TERDEKAT, PARTISIPAN 50 ORANG,
    SOSIALISASI KE IBU PKK RW.03 KEL. NGINDEN JK, PARTISIPAN 30 ORANG
    SOSIALISASI KE IBU PKK RW.04 KEL. NGINDEN JK, PARTISIPAN 50 ORANG
    SOSIALISASI KE WARGA RW.09 KEL. NGAGEL REJO, PARTISIPAN 50 ORANG
    SOSIALISASI KE MAHASISWA UNTAG, PARTISIPAN 4 ORANG
    SOSIALISASI DI PERPUS HERBAL, PARTISIPAN 120 ORANG

    LIVE IG 5 KALI PARTISIPAN 305 ORANG

    WORKSHOP PENGENALAN ECOBRICK DI KELAS 3-C, PARTISIPAN 30 ORANG MENGHASILKAN 30 ECOBRICK KEMASAN 600 ML
    WORKSHOP PENGENALAN ECOBRICK DI KELAS 5-A, PARTISIPAN 30 ORANG MENGHASILKAN 30 ECOBRICK KEMASAN 600 ML
    WORKSHOP PENGENALAN ECOBRICK BERSAMA SELURUH SISWA SEKOLAH, PARTISIPAN 600 ORANG MENGHASILKAN 1.000 ECOBRICK KEMASAN 600 ML
    WORKSHOP DI KAMPUNG HERBAL PARTISIPAN 55 ORANG MENGHASILKAN 50 ECOBRICK KEMASAN 600 ML

    LIPUTAN MEDIA ; BASRA 1 KALI LIPUTAN

    Balas
  • Agustus 9, 2023 pada 02:11
    Permalink

    Partisipasi dalam masa final Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023 telah memberikan saya optimisme yang tak tergoyahkan. Momen ini bukan hanya tentang persaingan, tetapi lebih pada kolaborasi dan semangat untuk merangkul perubahan positif di dunia.
    Merasa berada di tengah-tengah para finalis yang memiliki komitmen serupa dalam menjaga lingkungan adalah pengalaman yang menginspirasi. Kami semua datang dari latar belakang yang beragam, tetapi tujuan bersama kami untuk melindungi planet ini menjembatani perbedaan-perbedaan tersebut. Optimisme saya bertambah ketika melihat semangat setiap finalis dan mendengarkan cerita inspiratif mereka tentang langkah-langkah yang telah mereka ambil dalam upaya melindungi alam.
    Sesi-sesi diskusi dan presentasi dalam masa final juga sangat memperkaya. Mendengarkan ide-ide kreatif dan solusi inovatif dari para finalis membuat saya yakin bahwa ada banyak cara untuk merespons tantangan lingkungan saat ini. Kami berbagi pandangan tentang bagaimana teknologi, pendidikan, dan aksi sosial dapat berperan dalam menciptakan dampak positif yang lebih besar.
    Selain itu, interaksi dengan para juri dan ahli lingkungan memberikan tambahan optimisme. Menerima umpan balik konstruktif dan mendengarkan pandangan mereka tentang perubahan yang dapat kita capai memberi kita dorongan untuk melangkah lebih jauh. Keberadaan mereka di sana adalah tanda bahwa upaya kami dihargai dan bahwa ada dukungan nyata dalam usaha kami untuk melindungi lingkungan.
    Namun, yang paling menginspirasi adalah perasaan persatuan yang dirasakan dalam komunitas finalis. Kami bukan hanya pesaing, tetapi rekan-rekan yang berbagi visi dan tekad untuk menjaga alam. Ini menciptakan rasa optimisme yang kuat, bahwa bersama-sama kita dapat membuat perubahan yang positif dan berkelanjutan. Melihat semangat dan komitmen dari para finalis membuat saya merasa bahwa masa depan lingkungan kita dalam genggaman yang baik.
    Secara keseluruhan, masa final Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2023 telah mengkatalisasi optimisme saya. Ini telah menguatkan keyakinan saya bahwa walaupun tantangan lingkungan kompleks, kita memiliki potensi untuk menghadapinya dengan semangat, kolaborasi, dan inovasi. Masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan adalah hal yang mungkin, dan saya merasa terhormat dan bersemangat menjadi bagian dari gerakan ini.

    AFIQAH MUTIARA TUNGGA DEWI
    NO. PESERTA 224
    SDN NGINDEN JANGKUNGAN I SURABAYA
    JUDUL PROYEK ECOBRICKING

    CAPAIAN PROYEK :
    MENGADOPSI 25 WARKOP DAN 3 LOUNDRY
    MENERIMA DONASI PLASTIK BEKAS DARI BSI SURABAYA

    LIMBAH PLASTIK YANG SUDAH DIKUMPULKAN SAMPAI HARI INI ADALAH 1 TON 650 Kg.
    TELAH DIBUAT ECOBRICK SEBANYAK 1 TON 543,3 Kg.,
    RATA-RATA PER BULAN BISA MEMBUAT ECOBRICK 150 -200 KG.

    ECOBRICK YANG SUDAH DIBUAT SAMPAI HARI INI ADALAH
    1.720 BOTOL ECOBRICK KEMASAN 1500 ML, 1.550 BOTOL KEMASAN 600 ML
    DAN 1.615 BOTOL KEMASAN 350 ML

    PENJUALAN ECOBRICK
    ECOBRICK 600 ML TERJUAL 750 BOTOL PER BOTOL Rp. 12.000, MENDAPATKAN Rp 9.000.000 ,-
    ECOBRICK 1500 ML TERJUAL 600 BOTOL, PER BOTOL 22.000,- MENDAPATKAN Rp 13.200.000.,-
    ECOBRICK 350 ML TERJUAL 650 BOTOL, PERBOTOL 7.000,- MENDAPATKAN Rp 4.550.000 –

    TOTAL MENDAPATKAN HASIL Rp 26.750.000 (DUA PULUH ENAM JUTA TUJUH RATUS LIMA PULUH RIBU RUPIAH)

    PEMANFAATAN ECOBRICK
    ECOBRICK 1500 ML SEBANYAK 100 BOTOL, DIBUAT PAGAR,
    ECOBRICK 1500 ML SEBANYAK 150 BOTOL, DIBUAT GAPURA,
    ECOBRICK 350 ML SEBANYAK 150 BOTOL, DIBUAT MENJADI MEJA DAN KURSI
    TEMPAT BENDERA (TATAKAN TIANG BENDERA) 6 BUAH
    BANGUNAN TANAH TAMAN ECOBRICK

    TIGA TEMPAT BENDERA TELAH DIDONASIKAN
    SOSIALISASI:

    KE TEMAN LES, PARTISIPAN  2 ORANG
    SOSIALISASI DI SDN Nginden JANGKUNGAN K I SURABAYA  18 KELAS , Partisipan = 620 orang
    SOSIALISASI DI PUSKESMAS MENUR, PARTISIPAN 100 ORANG
    SOSIALISASI 4 HARI DI ACARA INDONESIA CLIMATE CHANGE EXPO & FORUM 2023, PARTISIPAN 100 ORANG
    SOSIALISASI DI KANTOR KELURAHAN NGINDEN JANGKUNGAN, PARTISIPAN 10 ORANG
    SOSIALISASI KEPADA WALI ATLIT PANAHAN, PARTISIPAN 4 ORANG
    SOSIALISASI DI KANTOR FAST ARCHERY, PARTISIPAN 2 ORANG
    SOSIALISASSI DI TERAS UMKM KEC, SUKOLILO, PARTISIPAN 10 ORANG
    SOSIALISASI DI KANTOR KECAMATAN, PARTISIPAN 5 ORANG
    SOSIALISASI KE TETANGGA TERDEKAT, PARTISIPAN 50 ORANG,
    SOSIALISASI KE IBU PKK RW.03 KEL. NGINDEN JK, PARTISIPAN 30 ORANG
    SOSIALISASI KE IBU PKK RW.04 KEL. NGINDEN JK, PARTISIPAN 50 ORANG
    SOSIALISASI KE WARGA RW.09 KEL. NGAGEL REJO, PARTISIPAN 50 ORANG
    SOSIALISASI KE MAHASISWA UNTAG, PARTISIPAN 4 ORANG
    SOSIALISASI DI PERPUS HERBAL, PARTISIPAN 120 ORANG

    LIVE IG 5 KALI PARTISIPAN 305 ORANG

    WORKSHOP PENGENALAN ECOBRICK DI KELAS 3-C, PARTISIPAN 30 ORANG MENGHASILKAN 30 ECOBRICK KEMASAN 600 ML
    WORKSHOP PENGENALAN ECOBRICK DI KELAS 5-A, PARTISIPAN 30 ORANG MENGHASILKAN 30 ECOBRICK KEMASAN 600 ML
    WORKSHOP PENGENALAN ECOBRICK BERSAMA SELURUH SISWA SEKOLAH, PARTISIPAN 600 ORANG MENGHASILKAN 1.000 ECOBRICK KEMASAN 600 ML
    WORKSHOP DI KAMPUNG HERBAL PARTISIPAN 55 ORANG MENGHASILKAN 50 ECOBRICK KEMASAN 600 ML

    LIPUTAN MEDIA ; BASRA 1 KALI LIPUTAN

    Balas
  • Agustus 10, 2023 pada 14:52
    Permalink

    Alhamdulilah yaAllah bisa lolos sampai ke tahap final. Harus lebih semangat untuk target berikutnya, semoga dalam Penganugrahan Pangeran Putri Lingkungan Hidup 2023 mendapatkan hasil yang memuaskan, Aamiin

    Capaian tahap 3 :
    -Budidaya Serai sebanyak 1.400 tanaman

    -Sosialisasi proyek kepada 1.125 orang
    -Menjual Produk Serai Herbal sebanyak 145 x 6.000 = 870.000
    -Menjual Produk Cao Sureh sebanyak 145 x 6.000 = 870.000

    Tantangan di Tahap Final :
    – Harus bisa bagi waktu antara tugas sekolah dan pangput.
    -Banyak tanaman yang mati karena cuaca sangat panas
    -harus bisa menambah kampung adopsi lagi

    Nama : Aryasatya Panca Nararya
    No. peserta : 047
    Asal Sekolah : SDN DUKUH MENANGGAL 1
    Judul Proyek : Amazing Of Serai (Budidaya Tanaman Serai)

    Balas
  • Agustus 10, 2023 pada 18:40
    Permalink

    Alhamdullilah bisa menjadi finalis pangput LH 2023
    Ditahap 3 pencapauan proyek saya menambah 100 bibit daun pandan wangi, dan kendala di musim panas yang mati mencapai 33 bibit.
    Melakukan pembuatan sabun cuci piring dengan ekstrak 100%daun pandan wangi,, pembuatan pertama trial dengan 1kg daun pandan wangi menghasilkan sebanyak 5 liter dan menjadi 20 botol dengan berat bersih 250 ml
    Pembuatan sabun ke 2 dijual ke pameran hari minggu kemaren membuat 5liter sabun dan menghasilkan 42 botol dengan berat
    bersih 100ml
    Untuk tahap selanjutnya :
    – mereview produk
    – evaluasi hasil sabun
    – pembuatan sabun
    – pembagian sabun
    Semoga tahap selanjutnya berjalan lancar dan tidak ada hambatan

    Thareq athaa
    SMP Negeri 2 Surabaya
    381

    Balas
  • Agustus 10, 2023 pada 18:57
    Permalink

    Terima kasih atas semua dukungan yang diberikan kepada saya hingga bisa mencapai tahap final ini. Saya akan terus produktif mengembangkan proyek LH saya, tak ada kata lelah untuk maju dan menjadi yang lebih baik. Update capaian proyek saya hingga akhir tahap 3 yaitu :
    *Penyemaian benih : 6.913 benih
    *Tanaman yang tumbuh : 2.315 tanaman
    *Dalam psoses pembibitan : 2.437 bibit
    *Jumlah partisipan yang terlibat selama proses semai, menanam bibit dan pindah tanam : 970 orang
    *Jumlah partisipan yang terlibat dalam sosialisasi proyek : 2.506 orang
    *Durasi Aksi : 164 jam 50 menit
    *Memiliki 2 lahan adopsi
    *Memiliki 2 kampung binaan

    Nama : Malik Zabran Kendra Zahabi
    No.Peserta : 113
    Proyek : Budidaya Tanaman Rosella
    Asal Sekolah : SDN Ketabang 1/288 Surabaya

    Balas
  • Agustus 10, 2023 pada 20:38
    Permalink

    Alhamdulillah semoga kita di beri kesehatan untuk melakukan challage kententuan seleksi 4.Sedikit sharing tentang capaian proyek saya.

    Mengolah popok:315,5 kg
    Sosialisasi:4,235
    Membuat pot:252 Pot
    Kampung adopsi:3 Tempat
    Jam hijau: 13.759
    Lomba:-Lpps masuk kategori spesial
    award 2
    -asah terampil
    Ini adalah lomba yang telah
    saya ikuti menggunakan
    produk saya terimakasih

    Nama:Muhammad Bayu Panji Saputra
    No:141
    Sekolah: SDN NGINDEN JANGKUNGAN I
    Proyek:Diapers Waste (Mengolah limbah popok

    Balas
  • Agustus 11, 2023 pada 18:59
    Permalink

    Alhamdulillah senang sekali rasanya bisa masuk ke tahap Finalis pangeran lingkungan hidup tahun 2023
    Saya sangat bersyukur dan berharap saya bisa lebih konsisten dari tahap sebelumnya

    Pencapaian proyek saya:
    ? Mengolah sampah organik 4.167 kg
    ? sosialisasi proyek ke 5.026 Audience
    ? Membudidayakan Maggot 119 kg
    ? Tim terlibat 1.197 orang
    ? kampung binaan 12 RT

    Dan tantangan yang paling sulit saat menjalankan proyek adalah untuk tetap selalu konsisten saat upload,
    Dan jika sampah yang diberi warung tercampur saya harus memilah-milah terlebih dahulu

    Nama: Galang
    No urut: 081
    Sekolah: SDN jemur wonosari 1/417
    Proyek: Maggot sebagai pakan ternak dan penanganan sampah organik

    Balas
  • Agustus 12, 2023 pada 06:21
    Permalink

    Puji Syukur Alhamdulillah atas segala kemudahan dalam perjalanan pangputLH 2023 serta terima kasih kepada Kakak-Kakak Tunas Hijau dan seluruh peserta yang bersama saling memotivasi hingga Rafa Syamil menjadi bagian dari Finalis PangputLH 2023. Kesempatan luar biasa ini, bukanlah akhir, melainkan proses yang akan terus berkesinambungan. Kesempatan yg bukan hanya menghadirkan aksi lingkungan tetapi memberikan manfaat dalam membentuk kemandirian, percaya diri, dan kepemimpinan.

    Hingga seleksi III, capaian proyek BUKRE KESIGA adalah sebagai berikut:
    *BUDIDAYA*
    ▪️Pot Botol Media Tanah (5 – 10 Daun): 104
    ▪️Pot Botol Media Air Vertical Garden (5 – 10 Daun): 190
    ▪️Pot Media Tanah (30 – 50 Daun): 40
    ▪️Pot Gantung Media Tanah (30 – 50 Daun): 26
    ▪️Pot Botol Pembiakan (5 Daun): 413

    *KREASI KEPANG*
    ▪️Kreasi Kepang 6 & 9 : 15
    ▪️Kreasi Kepang 3: 40

    Nama: Rafa Syamil Irshadullah
    No Urut: 375
    Asal Sekolah: SMP Negeri 19 Surabaya
    Alamat: Medayu Utara III 41 A (67), RT 3 RW IX, Medokan Ayu, Rungkut

    Balas
  • Agustus 12, 2023 pada 07:55
    Permalink

    Alhamdulillah saya bisa lolos sampai tahap ini semoga saya bisa lebih baik lagi untuk melestarikan lingkungan dan semoga semua pangput LH 2023 sekses selalu ?

    Aurelia Tanisha Ulirohani
    SDN Pakis 3 Surabaya
    Budidaya tanaman Sirsak

    Balas
  • Agustus 12, 2023 pada 12:17
    Permalink

    Puji Tuhan, Tahun 2023 ini saya dapat kembali lolos menuju tahap Final Pangput LH, dengan capaian

    》Eco enzyme : 1.026,739 Liter
    》Sampah organik : 308,0217 kg
    》Panen eco enzyme : 322,805 Liter
    》Ecosoap : 335 pcs
    》Liquid ecosoap : 54 Liter
    》Sosialisasi
    ●Offline : 1.714 partisipan
    ●Online : 307 partisipan
    》Jam Hijau :
    ●353 jam
    ●45 menit
    》Total penjualan : Rp 802.500

    Nama : Samuel Wisely Pramudhita
    No. Peserta : 523
    Sekolah : SMPN 35 Surabaya

    Balas
  • Agustus 12, 2023 pada 17:59
    Permalink

    Alhamdulillah bisa lolos ke tahap final, semoga bisa menjadi duta lingkungan, selalu melestarikan lingkungan dan produktif mengolah limbah handuk bekas. Man jadda WA jadda

    Adhigana Romzi Prawira
    Smpn26 Surabaya
    441

    Balas
  • Agustus 12, 2023 pada 17:59
    Permalink

    Alhamdulillah bisa lolos ke tahap final, semoga bisa menjadi duta lingkungan, selalu melestarikan lingkungan dan produktif mengolah limbah handuk bekas. Man jadda WA jadda

    Adhigana Romzi Prawira
    Smpn26 Surabaya
    441

    Balas
  • Agustus 12, 2023 pada 21:01
    Permalink

    ANGGUN BERLIANA SIVA
    SMPN 21 SURABAYA
    688

    BERSYUKUR SEKALI BISA MENCAPAI FINALIS, GA NYANGKA SEKALI BISA MENGINJAK HINGGA SAAT INI MENGIKUTI FINALIS PANGPUT 2023 , APAPUN YANG TERBAIK UNTUK SURABAYA DAN SEKITARNYA

    Balas
  • Agustus 13, 2023 pada 11:21
    Permalink

    Alhamdulillah bisa Lolos ke Tahap Finalis Pangput LH 2023, rasanya ngga nyangka dan senang sekali, karena ini juga pengalaman pertama kali Saya mengikuti Lomba seperti ini, biasanya Saya mengikuti Lomba yang bersangkut paut dengan Akademik tapi mengarah ke Biologi. Sempat Saya merasa pesimis karena dengan Proyek Saya yang kalau dibandingkan dengan yang lain masih kurang menonjol, tapi Alhamdulillah dan Terimakasih Banyak kepada Kakak Tunas Hijau yang telah memberikan kesempatan kepada Saya untuk meningkatkan Aksi Saya dan melaksanakan seluruh Target di Tahap 1-Finalis yang mungkin beberapa belum terealisasikan, Terimakasih juga kepada Keluarga, Guru dan Teman Teman yang selama ini selalu mensupport Saya menjadi Diri Sendiri yang lebih Baik di Seleksi Tahap 1 hingga Finalis ini

    Balas
    • Agustus 13, 2023 pada 16:52
      Permalink

      Ada kesamaan pangput dan P5 dalam kurmer, proyek memberikan pengalaman anak dalam ketrampilan dan kemandirian, semoga anak-anak kedepannya lebih dapat menyongsong masa depannya.

      Balas
  • Agustus 13, 2023 pada 21:51
    Permalink

    Generasi muda Surabaya harus memiliki multi talenta sebagai bekal mendasar generasi emas Indonesia mendatang. Dari berbagai aktivitas mungkin bisa mengedepankan pilihan kegiatan pemeliharaan, perintis dan penyelamatan lingkungan hidup. Oleh karena itu kegiatan pangeran dan putri lingkungan hidup Badi Ananda Ken Akheela merupakan pilihan cerdas sebagai wahana menempa diri dalam berkarya. Bekerja melakukan aktivitas positif jauh lebih baik sekedar memberi komentar terhadap generasi muda yang beraktivitas secara nya. Semoga segala jerih payahnya pemikiran dan semua kegiatan pada pangeran dan putri lingkungan mampu menorehkan sejarah dan mengukir kehidupan mewujudkan generasi pencinta lingkungan.
    Kami sangat mendukung aktivitas ananda Ken Akheela dalam berbagai kesempatan agar memiliki semangat luar biasa menjadikan dirinya generasi emas lingkungan Indonesia di masa mendatang.
    Selamat berkarya
    Selamat menjalankan kegiatan lingkungan
    Selamat menjadi teladan bagi generasi SDN Kertajaya Surabaya

    Balas
  • Agustus 18, 2023 pada 09:04
    Permalink

    Assalamu’alaikum perkenalkan nama saya Azifatul Nabil Uliya No peserta 1176 dari SMPN 9 Surabaya

    Judul projek saya Mengolah Pupuk Organik Menjadi Pupuk POC.

    Alhamdulillah saya lolos tahap 3 ini dan masuk finalis. Saya optimis akan tercapai target tentu dengan keras keras dan semangat.

    Pencapaian saya dari bulan Februari sampai 10 Agustus 2023 yaitu
    Sosialisasi ke 1242 orang
    Mengumpulkan sampah organik sebanyak 473 kg
    Air leri sebanyak 217 liter
    Pupuk POC yang dihasilkan sebanyak 374 botol
    Menanam bibit cabai dan tomat sebanyak 120 batang
    Pupuk yang dibagi sebanyak 180 botol
    Pupuk yang terjual sebanyak 15 botol
    Tanaman cabai dan tomat yang dibagi 40 batang

    Kendala atau kesulitan yang dihadapi selama ini :
    •Ketika liburan berada di desa menemani nenek sehingga projek di Surabaya tertunda
    •Lamanya proses fermentasi
    •Pembagian waktu antara tugas di sekolah, di rumah dan aksi terkait projek yang harus dilakukan

    Balas
  • Agustus 19, 2023 pada 21:05
    Permalink

    Alhamdulilah bisa lolos di tahap final. Semoga bisa membuat lingkungan sekitar lebih bersih dan hijau.
    Nama: Ayu Sintia Nengseh
    Sekolah: SMP AL-ISLAH
    No. Peserta: 486
    Proyek: Budidaya Bunga Telang

    Balas
  • Agustus 20, 2023 pada 21:53
    Permalink

    Alhamdulillah sekali karena saya masih diberi kesempatan untuk lanjut ke tahap berikutnya.. Kedepannya saya harap saya dapat menjalankan proyek lebih baik lagi dan mengatur waktu menjadi lebih baik jugaa. Saya ucapkan banyak terimakasih kepada pihak sekolah, keluarga serta masyarakat yg ikut berpartisipasi dlam berkembang nya proyek saya.. Tetap semangat untuk kita semua!!
    *:..。o○update capaian proyek hingga akhir tahap III○o。..:*
    1. telah menanam: 1000 tanaman
    2. bersosialisasi: 4230 orang
    3. meng-adopsikan: 15 tanaman
    4. mengumpulkan ampas teh untuk pupuk: 11kg
    5. mengolah bunga sepatu, dgn rincian:
    a. HiRo-Sin Pudding : 32pcs
    b. HiRo-Sin The Lychee : 18pcs
    c. HiRo-Sin The Selasih : 17pcs
    6. memanen bunga sepatu : 250 bunga
    7. total produk olahan yg terjual : 51pcs
    8. hasil penjualan produk : Rp248.000,00
    »»—Tantangan yang dihadapi—««
    – banyak bunga sepatu yg kering dan mati karena cuacanya yg tidak seimbang antara air dn cahaya matahari
    – batang stek bunga sepatu yg masih muda membuat bunga sepatu kurang kokoh sehingga mudah layu
    – lahan yang terbatas membuat pertumbuhan bunga sepatu sedikit terhambat
    – pada pengolahan nya dibutuh kan takaran yg pasti agar tidak mengubah cita rasa yg ada

    Nama: Elvira Maulidia Diva Prasojo
    No Peserta: 690
    Asal Sekolah: SMPN 21 Surabaya
    Judul Proyek: Budidaya Bunga Sepatu ‘Si Cantik yang Lezat dan Berkhasiat’

    Balas
  • Agustus 30, 2023 pada 13:53
    Permalink

    Alhamdulillah saya bangga dan bahagia bisa menjadi bagian. dari tunas hijau……saya akan terus semangat optimis bisa menjadi juara di ajang ini…saya ingin bahagiakan mama saya yang selama ini selalu ada di setiap kegiatan saya….d akan terus menjalankan proyek saya. Serta membantu orang orang dan membersihkan lingkungan di daerah perumahan jemur ada

    Balas
  • Agustus 31, 2023 pada 21:34
    Permalink

    Alhamdulillah saya berterimakasih banyak. Atas Rahmat Allah SWT sehingga saya dapat mencapai titik ini. Serta berkat doa dan dukungan orang tua, keluarga, tetangga, teman teman, guru guru, pembimbing, warga sekolah, kepala sekolah, masyarakat, dan berkat doa kalian semua yang senantiasa menyertai. Saya tetap semangat dan optimistis untuk kesuksesan yang manis. Saya lolos tahap seleksi 3 dan masuk tahap finalis dengan menggunakan selempang finalis puteri lingkungan hidup 2023. Selamat untuk kalian yang telah lolos. Dan tetap semangat untuk kalian yang belum berkesempatan untuk lolos. Semoga aku, kamu, kalian bisa meraih kesuksesan.

    <<>>
    •mengolah limbah cangkang telur 400 kg, mengolah limbah kulit pisang 200 kg, mengolah limbah sayuran sisa 200 kg
    •menghasilkan pupuk 150 kg
    •sosialisasi proyek kepada keluarga, tetangga, sekolah, masyarakat
    •mengadopsi pedagang nasgor, martabak, kue, gorengan, pisang keju, toko sayur, pasar,
    •mengadopsi 15 tetangga

    <<>>
    •tidak mengeluarkan biaya untuk pengembangan proyek.
    Karena proyek saya alami berbahan limbah yang biasa dibuang. Tetapi walapun dari limbah, ternyata juga dapat menghasilkan uang dengan dijual

    <<>>
    •Saat hendak mengambil limbah, limbah tersebut belum ada atau belum siap kumpul. Tetapi ketika saya kembali, limbah tersebut sudah dibuang atau diambil tukang sampah.

    <<>>
    •Mengajak orang orang yang tidak peduli dengan lingkungan, menjadi semakin cinta lingkungan

    ~DARI LIMBAH MENJADI BERKAH… (qan)

    Nama: Quaneisha aisy nasywa
    Sekolah: SDN MANUKAN KULON II SURABAYA
    No. Peserta: 186
    Judul proyek: PUCAT PASI (pupuk dari cangkang telur, kulit pisang, dan sayuran sisa)

    Balas
  • September 18, 2023 pada 04:05
    Permalink

    Alhamdulillah sangat bersyukur sekali lolos ke tahap final menjadi bagian dari dari yang terpilih dan menjadi salah satu dari terbaik… sungguh terharu sekali…

    Terimakasih yang sebesar-besarnya buat keluargaku, Guru pembina beserta seluruh Bapak Ibu guru SDN JEMUR WONOSARI 1 SURABAYA, teman-teman semua yang senantiasa mendukungku meskipun aku juga memiliki banyak kekurangan… Ibu-ibu wali murid yang telah banyak membantu menjembatani silaturahmi dengan warga sekitar maturnuwun sanget…
    Tak lupa terimakasih yang tak terhingga kepada kakak-kakak Tunas hijau ID yang telah banyak bersabar dalam membimbing kami semua…

    Saya sangat Optimis dan bersemangat mengembangkan proyek saya dalam final ini, saya yakin sekali Allah selalu memberikan pertolongan-Nya dan memudahkan setiap urusan saya, Allah juga menganugerahkan orang-orang yang menyayangi saya di manapun saya berada… jadi saya yakin sekali mampu melewati setiap challenge dalam sesi final dengan baik dan optimal…
    Terlebih lagi ini adalagi kegiatan yang sangat bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat sekitar…
    Saya berharap proyek saya memberikan banyak manfaat dan dampak baik yang berkelanjutan untuk lingkungan dan masyarakat sekitar…

    Adapun pencapaian saya adalah
    Saya telah :
    Menanam tanaman budidaya : 22.469
    (Dalam bentuk Indukan/POHON dan pembibitan dari benih)
    Membagikan Indukan dan bibit : 7.855
    Sosialisasi kepada : 19.905 audiens
    Pengomposan sampah organik : 6.563kg
    Sell out Produk : 450 botol MorC Glow body lotion.
    Memiliki 5 RW binaan :
    RW 3,5,8,9 Kelurahan Jemur Wonosari
    RW 3 Kelurahan jambangan
    Dengan total RT binaan : 34 RT
    Lahan adopsi : 87 lahan dengan rata2 luas lahan adopsi @ 2X3 meter

    Semoga semua aksi pengembangan proyek yang telah saya kerjakan membawa banyak manfaat, menjadi inspirasi teman-teman lainnya dan tentunya semoga diridhai Allah subhanahu wa ta’ala… Aamiin Allahumma Aamiin ?

    AISYAH AVICENA RHAZES LAVOISIER
    SDN JEMUR WONOSARI 1 SURABAYA
    No peserta : 124
    Judul proyek : Pemanfaatan lahan adopsi menjadi taman budidaya “HUTARA MENGKUDU”

    Balas
  • Oktober 1, 2023 pada 16:08
    Permalink

    Alhamdulillah saya bisa lolos sampai tahap final pangput tahun 2023 ini, semoga saya menjadi putri lingkungan hidup tahun 2023, aamiin. Semangat…

    Nama : Michayla Tasya Kustria
    Sekolah : SMPN 26 Surabaya
    No peserta : 786
    Judul proyek : Budidaya Kemangi

    Capaian dari tahap 1 hingga tahap 3 usai :
    1. Menyemai sebanyak 1.451 biji Kemangi
    2. 57 kemangi berukuran besar
    3. 312 tanaman baru berkecambah
    4. Membagikan 27 tanaman kemangi
    5. Mengolah 63 batang kemangi untuk produk olahan
    6. Membagikan biji kemangi kepada 92 orang dan pihak sekolah SD
    7. Sosialisasi proyek ke 1.059 orang
    8. Memiliki kampung adopsi yakni di DK Sambikerep RT 03 RW 04 Surabaya
    9. Inovasi produk pangan : Nasi Bakar Bumbu Kemangi, ayam suwir bumbu kemangi, Botok
    10. Membuat label tanaman kemangi
    11. Menjual 57 olahan kemangi
    12. Menuntaskan realisasi keluarga sadar iklim tanggap bencana tahun 2023
    13. Membuat aplikasi branding produk budidaya kemangi
    14. Menjual sebanyak 41 olahan kemangi saat pameran di Gedung BK3S, dengan total omset Rp183.000,00
    !!(Capaian dari tanggal 21 Februari 2023 hingga tanggal 10 Agustus 2023)!!

    Saya senang sekali dapat mengikuti perlombaan ini dan lolos hingga tahap final. Disini saya belajar banyak, tentang ilmu lingkungan hidup, teknologi, public speaking, dan bertemu dengan banyak orang hebat. Saya juga sangat senang saat tanaman kemangi saya tumbuh subur.

    Duka :
    Saat kemangi saya gagal tumbuh alangkah terkejut dan kecewanya saya, sudah menanam banyak tetapi gagal tumbuh. Tak hanya itu cuaca yang panas membuat kemangi saya banyak yang kering lalu mati. Hama-hama yang ada di tanaman kemangi sehingga ada kemangi yang daunnya kecil.

    Balas
  • Oktober 1, 2023 pada 16:17
    Permalink

    Alhamdulillah, bisa terus melanjutkan aksi proyek lingkungan hidup saya hingga saat ini. Semoga saya bisa menjadi Putri LH 2023, aamiin.

    Nama : Michayla Tasya Kustria
    Sekolah : SMPN 26 Surabaya
    No peserta : 786
    Judul proyek : Budidaya Kemangi

    Capaian dari tanggal 21 Februari hingga 1 Oktober 2023:

    1. Menyemai sebanyak 1.556 biji kemangi
    2. Sebanyak 101 tanaman kemangi yang dibudidayakan dengan stek batang (media air dan tanah)
    3. Mendistribusikan sebanyak 1.070 biji serta tanaman kemangi
    4. Partisipan proyek 4.923 orang
    5. Sosialisasi ke 3.685 orang
    6. Inovasi produk : botok, ayam suwir bumbu kemangi, nasi bakar bumbu kemangi
    7. Menjual 79 produk inovasi budidaya kemangi dengan omset Rp262.000,00
    8. Kampung adopsi 1 di DK. Sambikerep RT 03 RW 04 Surabaya
    9. Kampung Adopsi 2 di DK. Bungkal RT 01 RW 03 Surabaya
    10. Memiliki 7 rumah adopsi kemangi, yang tersebar di Sambikerep dan Pengalangan.
    11. Eksperimen ramuan herbal daun kemangi
    12. Membuat label tanaman kemangi
    13. Membuat aplikasi branding produk “Budidaya Kemangi”
    14. Jam hijau 8.868 menit
    15. Membuat peta persebaran kemangi yang saya distribusikan
    (Di update 1 Oktober 2023)

    Suka/duka menjalani proyek lingkungan hidup :

    Saya sangat senang dan bangga bisa mengikuti ajang ini. Saya senang sekali saat tanaman kemangi saya tumbuh untuk pertama kalinya waktu itu, saya juga sangat senang saat tanaman kemangi saya tumbuh banyak. Peran orang tua, guru, teman-teman, dan warga kampung juga penting untuk proyek lingkungan hidup saya.
    1. Saat kegiatan menanam kemangi bersama warga, mereka sangat antusias untuk mengikuti kegiatan menanam kemangi, yang awalnya saya kira hanya sedikit yang datang tetapi banyak warga yang datang saat kegiatan bersama kampung adopsi.
    2. Teman-teman yang antusias untuk menerima tanaman dan biji kemangi yang saya bagikan.
    3. Teman-teman yang suka dengan produk olahan budidaya kemangi saya (botok) mereka selalu menanyakan kapan saya akan membawa botok lagi ke sekolah.
    4. Saat sosialisasi proyek budidaya kemangi juga sangat menyenangkan, saya bertemu dengan orang banyak, sekaligus melatih publik speaking saya. Saya dilatih untuk berbicara didepan umum.

    Selain itu dengan mengikuti lomba ini saya dilatih untuk disiplin, jujur, bertanggung jawab, dan semangat cinta alam. Tak hanya itu di ajang pangput ini saya senang karena kita terus dilatih untuk mengikuti perkembangan zaman yang ada dengan membuat aplikasi branding produk. Saya juga senang dapat dipertemukan dengan teman peserta lainnya, walau kami sedang berkompetisi tetapi satu sama lain saling mendukung, kebersamaan dan persahabatan yang sangat keren.

    Duka :
    1. Kemangi kering dan mati karena cuaca Surabaya yang akhir-akhir ini panas.
    2. Ulat yang memakan daun kemangi saya
    3. Beberapa orang yang belum paham tentang proyek saya, sehingga ada beberapa yang seolah-olah tidak mendukung.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *