Bukuku Keabadianku, Bukumu Keabadianmu

Puisiku
Aku ada karena buku
Kamu ada karena buku
Kita ada karena buku

Buku-ku keabadian-ku,
Buku-mu keabadian-mu
Buku-kita keabadian-kita

Hasil tulisan yang dibukukan akan menjadi warisan abadi yang tiada habisnya dan tak ternilai harganya. Buku berkonstribusi besar dalam mengembangkan dan mengaktualisasikan bagi penulis dan bagi pembacanya. Buku menjadi sumber inspirasi bagi sebuah peradaban dan bahkan menjadi ukuran sebuah kemajuan peradaban. Kegiatan menulis memaksa kita lebih banyak menyerap, mencari serta menguasai informasi sehubungan dengan topik yang ditulis, demikian pula membaca dapat memahami dan mempelajari sesuatu yang tidak diketahuinya.

Sangat beruntung bagi umat Islam dengan bimbingan Nabi Muhammad SAW yang membawa mukjizat istimewa bila dibandingkan dengan nabi-nabi sebelumnya. Mukjizat para nabi sebelumnya terbatas hanya diperuntukkan bagi umat dan pada masa tertentu, tidak demikian dengan mukjizat Rasulullah SAW yang kekal sepanjang zaman dan berlaku untuk seluruh umat manusia. Allah memberikan mukjizat Al Quran sebagai sarana untuk menyampaikan kebenaran yang dibawa dan sebagai jalan untuk menyelamatkan umat Islam dari segala bentuk kesesatan.

Nabi Muhammad tidak meninggalkan harta tapi meninggal buku, 2 buku yang sangat hebat yaitu Al Quran dan Al Hadits agar umat setelahnya tidak tersesat. Berdasarkan riwayat hadits Abu Hurairah, r.a., dari Nabi s.a.w., bahwa Baginda bersabda: “Aku tinggalkan dalam kalangan kamu dua perkara yang kamu tidak sekali-kali akan sesat selagi kamu berpegang teguh kepada keduanya, yaitu kitab Allah dan sunnah Rasulullah SAW, (Imam Malik).”

Al Qur’an diturunkan mulai tanggal 17 Ramadhan secara berangsur angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Isi al quran mencakup beberapa aspek, antara lain : masalah aqidah; ibadah, akhlak, hukum dan iptek. Perintah awal Allah SWT adalah membaca dan menulis yang tertuang dalam QS. Al ‘Alaq :1-5 “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.”. Artnya Allah SWT mewajibkan membaca dan menulis bagi umat manusia.

Al Quran merupakan sumber bahan tulisan yang tidak akan pernah habis. Allah menantang umat manusia untuk menulis, seperti yang tertulis dalam firman QS. Luqman. 27 “Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi) sesudah (kering)-nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”.

Perintah membaca, menulis dan membukukan ini memberi inpirasi para ulama pada abad ke 7 – 14 sehingga muncul ilmuwan ilmuwan muslim yang sangat terkenal. Imuwan muslim yang produktif di bidang astronom dan astrofisikawan antara lain Ibrahim al-Fazari, Al-Khwarizmi, Al-Farabi (Abunaser), Ibn al-Haytham (Alhacen), Abū Rayhān al-Bīrūnī, Avicenna (Ibn Sīnā), dan Averroes .

Bidang kimia antara lain Khalid ibn Yazid (Calid), Jābir ibn Hayyān (Geber), Al-Kindi (Alkindus), Abū Rayhān al-Bīrūnī, Avicenna, dan Ibn Khaldun. Imuwan Ekonom dan sosiolog Abu Hanifa an-Nu‘man (699-767), Abū Rayhān al-Bīrūnī (973-1048), dianggap sebagai antropolog pertama dan perintis indologi (ilmu tentang India), Ibn Sīnā (Avicenna) (980–1037), Al-Ghazali (Algazel) (1058–1111), Ibn Taymiyyah (1263–1328), ekonom, Ibn Khaldun (1332–1406), perintis sains sosial seperti demografi, sejarah kebudayaan, historiografi, filosofi sejarah, sosiologi dan ekonomi,

Al-Khawarizmi, ahli matematika sekaligus penemu angka nol dan penemu salah satu cabang ilmu matematika, Algoritma, yang diambil dari namanya. Nama lengkapnya Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi (770-840) lahir di Khwarizm (Kheva), kota di selatan sungai Oxus (sekarang Uzbekistan) tahun 770 masehi. Pengaruhnya dalam perkembangan matematika, astronomi dan geografi tidak diragukan lagi dalam catatan sejarah. Beberapa bukunya diterjemahkan ke dalam bahasa Latin pada awal abad ke-12 oleh dua orang penerjemah terkemuka, yaitu Adelard Bath dan Gerard Cremona. Risalah-risalah aritmatikanya, seperti Kitâb al-Jam’a wa at-Tafrîq bi al-Hisâb al-Hindi, Algebra dan Al-Maqâl fî Hisâb al-Jabr wa al-Muqâbilah hanya dikenal dari translasi berbahasa Latin. Buku-buku itu terus dipakai hingga abad ke-16 sebagai buku pegangan dasar oleh universitas-universitas di Eropa.

Abu Musa Jabir bin Hayyan, atau dikenal dengan nama Geber, diperkirakan lahir di Kuffah, Irak pada tahun 750 – 803. Kontribusi terbesar Jabir adalah dalam bidang kimia. Ia mengembangkan teknik eksperimentasi sistematis di dalam penelitian kimia, sehingga setiap eksperimen dapat direproduksi kembali. Jabir menekankan bahwa kuantitas zat berhubungan dengan reaksi kimia yang terjadi, sehingga dapat dianggap Jabir telah merintis ditemukannya hukum perbandingan tetap. Karya Jabir antara lain: Kitab Al-Kimya (diterjemahkan ke Inggris menjadi The Book of the Composition of Alchemy), Kitab Al-Sab’een, Kitab Al Rahmah, Book of Balance, dll

Bapak Ibn Sina 980-1037 adalah seorang pakar kedokteran dan menerbitkan sekitar 267 buku karyanya. Bukunya yang terkenal di bidang kedokteran adalah Al-Qânûn fi al-Thibb. Ibn Rusyd seorang filosof, dokter sekaligus pakar fikih dari Andalusia. Al-Kulliyât, salah satu bukunya yang terpenting dalam bidang kedokteran, berisi kajian ilmiah pertama mengenai fungsi jaringan-jaringan dalam kelopak mata. Bersamaan dengan Ibn Rusyd , rekannya dari Crodova az-Zahrawi, adalah orang pertama yang mengenalkan teknik pembedahan organ tubuh manusia. Karyanya berupa eksiklopedia pembedahan dijadikan referensi dasar dunia kedokteran dalam bidang pembedahan selama ratusan tahun.

Demikian pula dengan ilmuwan yang bernama Az-Zarkalli dari Cordova, seorang ahli astronomi yang pertama kali mengenalkan ASTROLUBE yaitu alat yang digunakan untuk mengukur jarak sebuah bintang dari horison bumi. Penemuan ini sangat penting karena dapat membantu navigasi laut yang kemudian mendorong berkembangnya dunia pelayaran secara pesat.

Ibnu Rusyd lahir pada tahun 1128, adalah seorang jenius yang berasal dari Andalusia dengan pengetahuan ensiklopedik. Dia mendalami banyak ilmu, seperti kedokteran, hukum, matematika, dan filsafat. Ibnu Rusyd mendalami filsafat dari Abu Ja’far Harun dan Ibnu Baja. Ibnu Rusyd dikenal sebagai Averroes dan komentator terbesar atas filsafat Aristoteles yang memengaruhi filsafat Kristen di abad pertengahan, termasuk pemikir semacam St Thomas Aquinas Banyak orang mendatangi Ibnu Rusyd untuk mengkonsultasikan masalah kedokteran dan masalah hukum. Karya-karya Ibnu Rusyd meliputi bidang filsafat, kedokteran dan fikih dalam bentuk karangan, ulasan, essai dan resume. Hampir semua karya-karya Ibnu Rusyd diterjemahkan ke dalam bahasa latin dan Ibrani (Yahudi) sehingga kemungkinan besar karya-karya aslinya sudah tidak ada. Karyanya antara lain Bidayat Al-Mujtahid (kitab ilmu fiqih), Kulliyaat fi At-Tib (buku kedokteran), Fasl Al-Maqal fi Ma Bain Al-Hikmat Wa Asy-Syari’at (perihal perkataan-perkataan dalam hal kebijaksaan dan syariat).

Para ilmuwan itu menghasilkan jutaan buku yang tersimpan bagai di berbagai tempat pada zaman khalifah. Seperti yang dilakukan para khalifah pada abad ke-10, telah mendirikan 20 perpustakaan umum di Andalusia seperti Perpustakaan Umum Cordova, yang memiliki 400 ribu judul buku. Perpustakaan al-Hakim Andalusia pernah menyimpan buku-bukunya di dalam 40 ruangan yang berisi 18 ribu judul buku/per ruangan, kalau dijumlahkan perpustakaan tersebut menyimpan sekitar 720 ribu judul buku. Tapi jumlah itu belum seberapa, jika dibandingkan dengan Perpustakaan Darul Hikmah di Kairo , yang mempunyai sekitar 2 juta judul buku. Bahkan Perpustakaan Umum Tripoli di Syam mempunyai lebih dari 3 juta judul buku, termasuk 50 ribu eksemplar al-Quran dan tafsirnya.

Penulis: Amien Widodo

Keterangan foto: Imam Bukhari, periwayat hadits, yang masih dipakai sampai sekarang

81 thoughts on “Bukuku Keabadianku, Bukumu Keabadianmu

  • April 3, 2024 pada 08:57
    Permalink

    Nama : M. Alcander Jawdan Alim
    Sekolah : SMP Negeri 2 Surabaya
    Nomor Peserta : 411
    Judul Proyek : Lobata (Pengelolaan Limbah MInyak Jelantah)

    Saya memilih projek ini dikarenakan banyak sekali limbah minyak yang sudah berkali kali pakai dan tidak bagus untuk lingkungan dan juga pasti sangat banyak minyak jelantah yang terbuang begitu saja.

    Balas
    • April 4, 2024 pada 22:31
      Permalink

      Nama:Meyta Dirgahayu Eka Putri
      Asal sekolah: SMPN 47 Surabaya
      No peserta:1030
      Proyek saya saat ini adalah membuat tas dari tutup botol
      Saya memilih membikin proyek ini karena tutup botol ini sangat banyak sekali di sekitaran saya,jadi saya memilih untuk di daur ulang menjadi barang yang lebih berguna.

      Balas
  • April 3, 2024 pada 09:00
    Permalink

    Buku merupakan jendela dunia
    Dengan buku kita dapat mengetahui dan memperoleh informasi tentang segala hal yang bermanfaat.

    M. Haykal Adha
    SDN Pacarkeling V/186
    Pangputlh2024sd
    No peserta 231-SD
    Maggot D OWA

    Balas
    • April 5, 2024 pada 03:04
      Permalink

      Nama : Almira Kayla Setiyawan
      Sekolah : SDN Kebonsari 1 Surabaya
      Nomor peserta : 176
      Proyek : Pengelolahan daur ulang kertas

      Buku adalah jendela dunia,dengan membaca buku bisa mengetahui dan mencari informasi yang bermanfaat.

      Balas
  • April 3, 2024 pada 09:01
    Permalink

    Nama: Fiorenza Nathania janitra
    Asal sekolah: SMP NEGRI 2 SURABAYA
    nama proyek: dalang liin cuan (daur ulang limbah kain)
    No perserta:726
    Kenapa sih saya memilih untuk mengelola kain perca?
    Di lingkungan saya banyak sekali kain perca mengelola kain perca juga ad dampak positif nya lohh kita bisa mengurangi sampah dari kain dan dari kain perca kita bisa mengasah ke kreatifitas kita.

    Balas
    • April 3, 2024 pada 10:10
      Permalink

      Buku adalah pusat informasi yang abadi

      Nama : Areta Alfu Qomaroo Ulumuddin
      Sekolah : SDN Jemurwonosari I/417 Surabaya
      Nomer peserta : 100
      Nama Proyek : Budidaya Bunga Telang
      Dengan menanam bunga Telang dobel manfaatnya, satu lingkungan menjadi hijau asri . Dua manfaat kesehatan karena kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan. Telah menanam 250 benih bunga Telang

      Balas
      • April 3, 2024 pada 10:35
        Permalink

        Nama : Amanda septi ramadhan
        Sekolah : smpn 56 surabaya
        Nomer urut 1084
        Judul proyek : budjang (budidaya pepaya Jepang) tanaman ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh mencegah kanker dan hasil positif lainnya

        Balas
        • April 4, 2024 pada 00:32
          Permalink

          Assalamu’alaikum wr, wb.

          Hallo teman – teman,
          Semoga seleksi 1 pangeran putri lingkungan hidup tahun 2024 berjalan sesuai deadline dan sesuai target yang diharapkan. Aksi pengembangan proyek lingkungan hidup ini dapat menjadi inspirasi untuk generasi emas yang berkelanjutan.
          Salam bumi, salam lestari, salam sadar iklim.

          Nama : Aliyyah Nugraheni
          Sekolah : SMPN 44 Surabaya
          Judul proyek : Pemanfaatan Cangkang Telur
          No peserta : 984

          Balas
    • April 4, 2024 pada 03:27
      Permalink

      Nama: Raihanah Augustin Kirani
      Sekolah: SDN MARGOREJO 1/403
      Proyek: Sabun Lerak Multi Guna
      No Peserta: 300

      Berdasarkan berbagai sumber, Perairan sudah banyak yang tercemar oleh limbah cair. Antara lain Limbah cair dari rumah tangga, yang tak lain dari detergen dan sejenisnya. Oleh sebab itu proyek saya, ingin mengajak masyarakat beralih ke sabun yang lebih ramah lingkungan. Maka diperlukan pula berbagai informasi dari buku-buku, dan bahan literasi lainnya untuk menambah wawasan tentang proyek saya.

      Balas
  • April 3, 2024 pada 09:02
    Permalink

    Nama : Carissa Emily Putri Agung
    Sekolah : Smp Negeri 2 Surabaya
    Nomor Peserta : 722
    Penjelasan Proyek JUDUL PROYEK : “BUYARISIK” ( budidaya sirih asik ).

    Saya sudah menanam sirih di kalangan rumah saya yang berjumlah 17 tanaman sirih pada tanggal 25 bulan februari tahun 2024 , selanjutnya bertambah lagi yang jumlahnya 6 tanaman sirih pada tanggal 29 bulan maret tahun 2024. saya juga sudah bersosialisasi kepada keluarga besar, dan tetangga-tetangga saya.

    Balas
  • April 3, 2024 pada 09:03
    Permalink

    Nama : Zifara Aira Rinjani
    Sekolah : SMPN 3 Surabaya
    Nomor Peserta : 852
    Judul Proyek : BPFC (Butterfly Pea Flower Cultivaction)

    Alasan saya memilih proyek ini karena ingin membudidayakan bunga telang yang merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak khasiat.

    Balas
    • April 4, 2024 pada 07:20
      Permalink

      Buku adalah jendela dunia
      Dengan membaca buku , kita bisa mendapatkan beragam pengetahuan yang belum kita ketahui

      Nama : Wilda Al Aluf
      Sekolah : SDN WONOKUSUMO VI/45
      Nomor Peserta : 566
      Proyek : Ranca Manik (Kerajinan Kain Perca Menarik dan Unik). Proyek ini mengolah limbah kain perca menjadi barang yang menarik dan unik

      Balas
    • April 5, 2024 pada 11:07
      Permalink

      Assalammualaikum waramatulahi wabarahkatuh

      Haii sobat hijau
      Alasan saya memilih proyek ini karena ingin membudidayakan tas dari bungkus kopi yang merupakan salah satu kerajinan yang mempunyai banyak manfaatnya.

      Nama: Keyla Melinda Permatasari
      Asal Sekolah: SMPN 60 Surabaya
      Judul Proyek: Satik tas(sampah plastik tas)
      Nomor urut:1152

      Balas
  • April 3, 2024 pada 09:04
    Permalink

    Nama : Carissa Emily Putri Agung
    Sekolah : Smp Negeri 2 Surabaya
    Nomor Peserta : 722
    Penjelasan Proyek JUDUL PROYEK : “BUYARISIK” ( budidaya sirih asik ).

    Saya memilih proyek ini karna Dampak proyek ini sangat baik pada masyarakat karena manfaat yang dimiliki daun sirih dapat menjadi obat herbal yang kaya akan manfaatnya dan juga berdampak baik bagi lingkungan sekitar. Lingkungan akan menjadi lebih asri dan hijau tentunya bisa mengurangi pemanasan global dan mengurangi polusi udara.

    Balas
  • April 3, 2024 pada 09:05
    Permalink

    Buku memberikan informasi dan pengetahuan tentang berbagai topik, membantu pembaca memahami dunia dengan lebih baik.
    Haii sobat hijau!!
    Perkenalkan aku
    Nama: Bintang Putra Rachmanianto
    Sekolah: Smp Negeri 8 Surabaya
    Nomor peserta : 609
    Degan judul proyek aku
    “Penggunaan Cangkang Telur Untuk Pelestarian Alam”
    Pada proyek ini aku ingin mengurangi limbah cangkang telur dengan cara mengadopsi kepada warga sekolah sekitar dan penjual” yang menggunakan cangkang telur untuk ikut berpartisipasi mengurangi limbah cangkang telur loh!! Untuk aksi” aku jangan lupa pantengin terus di ig aku yaa!! @bintangputra_lh2024
    “Yuk, kita jadikan cangkang telur sebagai bahan untuk proyek DIY kita kali ini!”

    Balas
    • April 3, 2024 pada 12:30
      Permalink

      Hai sobat hijau!!!
      Nama : Faqih Ikbar Alfiansyah
      Sekolah : SMPN 40 SURABAYA
      Nomor Peserta : 487
      Judul Proyek : Mengolah sampah organik rumah tangga menjadi kompos.
      Buku memberikan informasi dan pengetahuan tentang berbagai topik,
      Pada proyek ini saya ingin mengurangi sampah organik maka dari itu saya akan mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos

      Balas
  • April 3, 2024 pada 09:06
    Permalink

    Nama: Eryna Nayla Siti Nafisah
    Sekolah: SMP negeri 2 Surabaya
    Nomor peserta: 724
    Judul proyek: mask Aloe Vera

    Saya memilih proyek ini karna , lidah buaya memiliki sangat banyak sekali manfaat , dan bisa dibilang lidah buaya juga sangat mudah sekali dibudidayakan. Banyak sekali orang orang yang tidak tau manfaat dari lidah buaya untuk kulit , jadii saya ingin lebih memperkenalkan lebih dalam manfaat lidah buaya untuk semuaa orang

    Balas
    • April 3, 2024 pada 09:13
      Permalink

      Nama : Naura Novani
      Sekolah : SMP Negeri 5 Surabaya
      No. Peserta : 1032
      Judul Proyek : Budidaya Jamur
      Buku adalah gudang ilmu bagi kita semua
      Dengan buku kita dapat memperoleh informasi dan pengetahuan di dalamnya, sehingga kita lebih tahu dan berkembang dalam berbagai hal.

      Balas
      • April 7, 2024 pada 11:28
        Permalink

        Buku adalah jendela dunia.
        Dengan membaca buku, membuat kita lebih mengenal dunia.

        Assalamualaikum wr wb
        Nama : Harun al-Rasyid Saputra
        Sekolah : SDN Pacar Keling 1 / 182 Surabaya
        No. Peserta : 203
        Judul Proyek : Berselancar dengan sampah anorganik
        Dimana proyek saya ini kegiatannya mengumpulkan botol plastik bekas & sampah plastik kemasan untuk dijadikan ecobrik.

        Balas
    • April 3, 2024 pada 09:24
      Permalink

      Informasi yang bermanfaat sekali! ????????

      Nama : Naila Putri Divia
      Sekolah : SMP Negeri 16 Surabaya
      No. Peserta : 706
      Nama proyek : Leafy Elixir
      Leafy elixir adalah sebuah proyek pemanfaatan dan riset pada tanaman Centella Asiatica. Centella Asiatica ini akan di manfaatkan menjadi crystal jelly yang memiliki beragam khasiat, selain itu dalam proyek ini akan di lakukan riset mengenai ke efektivan Centella Asiatica untuk di jadikan masker wajah dan toner. Proyek ini juga akan menerbitkan buku mengenai Centella Asiatica yang dimana buku tersebut akan di taruh di beberapa perpustakaan umum agar semakin banyak orang yang memiliki pengetahuan tentang centella asiatica.

      Balas
  • April 3, 2024 pada 09:08
    Permalink

    Buku adalah hadiah yang bisa kamu buka lagi, dan lagi.

    Nama : Aisyah Yasmin Fadillah Izzati
    Sekolah : SDN Jepara 1/90 Surabaya
    Nomor Peserta : 106
    Judul Proyek : Budidaya Sambiloto untuk batuk SeLuSin

    Saya memilih Proyek budidaya sambiloto karena sejak adanya virus covid19 atau dengan nama lain SARS-COV-2, Kebanyakan orang tubuhnya menjadi rentan sehingga sering flu dan batuk. Untuk itu saya melakukan budidaya sambiloto sebagai langkah awal pengobatan herbal bagi keluarga,teman dan masyarakat sekitar yang terserang flu dan batuk.

    Balas
    • April 3, 2024 pada 10:34
      Permalink

      Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

      Halo… Halo semuanya, kenalin nih aku
      Nama: Dhenis Maulana Ismail
      Asal Sekolah: SMPN 63 SURABAYA
      No Peserta:605

      proyek saya adalah SAMMILAN (sabun mangrove minyak jelantah) di proyek ini saya akan memanfaatkan minyak jelantah dan buah mangrove yg jarang org tau banyak manfaatnya dan disini lah saya akan membuktikannya lewat proyek SAMMILAN yg saya harap dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat di sekitar saya.

      Balas
    • April 3, 2024 pada 20:59
      Permalink

      Nama: Alisya Shifra Athalia
      Asal sekolah: SMPN 42 SURABAYA
      No.peserta: 940
      Judul proyek: handliya Aloe Vera (handsanitizer lidah buaya/Aloe Vera

      Kenapa sih memilih proyek itu?
      Jadi sobat hijau, saya memilih proyek itu karna di lingkungan saya banyak anak anak yang malas untuk cuci tangan dengan sabun, maka hal itu saya berfikir akan membuat handsanitizer ini untuk di pakai mencuci tangan yang lebih praktis dan bisa di bawa kemana². Dan handsanitizer lidah buaya ini juga banyak manfaatnya loh, 1. sebagai pembersih tangan, 2. Meredakan rasa gatal akibat gigitan nyamuk, 3. Pembersih kacamata, handphone dan jam tangan, 4. Sebagai deodoran, 5. Mensterilkan luka, dan masih banyak lagi.

      Balas
  • April 3, 2024 pada 09:11
    Permalink

    Terima kasih untuk semua penulis, dari karyanya menjadi semua orang yg membacanya menjadi suatu pengetahuan yg baru, Hebatnya seorang penulis dapat menjadi inspirasi kita semua,
    semoga nantinya saya bisa menjadi seperti beliau dari karyanya bisa mengilhami dan mencontohnya…..

    Nama : Ni Luh Gede Reva Dealove Valentcia Atmaja
    Sekolah : SMPN 35 Surabaya
    Judul Proyek : Budidaya Rosella
    No Peserta : 888

    Balas
  • April 3, 2024 pada 09:51
    Permalink

    Keutamaan membaca (menuntut ilmu)
    Lihat Kata Imam Bukhari, Berilmu Dulu Baru Beramal.

    Amirul Mukminin dalam bidang hadits yaitu Imam Bukhari rahimahullah menyatakan dalam kitabnya Shahih Al-Bukhari, Bab “Al-‘Ilmu Qabla Al-Qaul wa Al-‘Amal” (ilmu sebelum berkata dan beramal), lantas beliau menyebutkan dalil. Di sini menunjukkan bahwa kita mesti berilmu sebelum beramal. Tidaklah sah suatu amalan yang tidak didasari ilmu terlebih dahulu. Demikian dijelaskan oleh Syaikh Haytsam bin Muhammad Jamil Sarhan.

    Syaikh ‘Abdullah Al-Fauzan menjelaskan sebagai berikut.

    Kalimat “فَاعْلَمْ أَنَّهُ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ” menunjukkan perintah untuk berilmu dahulu. Sedangkan kalimat “وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ” menunjukkan amalan.

    Surah Muhammad ayat 19 sekaligus menunjukkan keutamaan berilmu.

    Abu Nu’aim rahimahullah dalam Hilyah Al-Auliya’ (7:305) dari Sufyan bin ‘Uyainah ketika ditanya mengenai keutamaan ilmu, ia menyatakan, “Tidakkah engkau mendengar firman Allah Ta’ala ketika memulai dengan ‘فَاعْلَمْ أَنَّهُ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ’ artinya dimulai dengan ilmu, baru setelah itu disebutkan perintah untuk beramal pada ‘وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ’.” Dinukil dari Hushul Al-Ma’mul, hlm. 29.

    Kesimpulannya surah Muhammad ayat 19 menunjukkan:

    1. Keutamaan ilmu.
    2. Berilmu lebih didahulukan daripada beramal.
    Sumber : rumaysho.com

    .

    Mari membaca shalawat pada saat disebut nama Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, di setiap waktu dan tempat, terlebih-lebih pada hari jum’ah, dan lain-lain.

    Di dalam hadits shahih Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

    مَنْ صَلَّى عَلَيَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

    Barangsiapa memohonkan shalawat atasku sekali, Allah bershalawat atasnya sepuluh kali. [HR Muslim, no. 408, dari Abu Hurairah].

    Dan termasuk shalawat yang disyari’atkan, yaitu shalawat yang biasa diucapkan dan ditulis oleh Salafush Shalih.

    Syaikh Abdul Muhshin bin Hamd Al ‘Abbad hafizhahullah berkata, ”Salafush Shalih, termasuk para ahli hadits, telah biasa menyebut shalawat dan salam kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika menyebut (nama) beliau, dengan dua bentuk yang ringkas, yaitu:

    صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ
    (shalallahu ‘alaihi wa sallam)

    dan

    عَلَيْهِ الصّلاَةُ وَالسَّلاَمُ
    (‘alaihish shalaatu was salaam).

    Referensi : almanhaj.or.id

    .

    Ibnu Sina, juga dikenal sebagai Avicenna di dunia Barat, adalah salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah ilmu pengetahuan dan kedokteran pada abad pertengahan. Ia mempunyai nama lengkap Abu Ali Al Hussain Ibnu Abdullah Ibnu Sina.
    Sumber : aicu.ac.id

    Nama Aisyah avicena disematkan dengan harapan bisa mengikuti jejak Aisyah Radhiallahu anha dan kerennya Ibnu Sina dalam dunia kedokteran hehe…
    Saya berpandangan tidak ada yang salah dengan harapan, karena menunjukkan kasih sayang yang besar ❤️

    Harapan bukanlah suatu tuntutan, bersyukur dengan semua yang Allah anugerahkan adalah pintu lapang dada & kebahagiaan dalam setiap keadaan…

    Buat orang tuaku…
    Terimakasih telah mencintaiku apa adanya ❤️

    .

    Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan dengan komentar ini ????

    Semoga Allah subhanahu wa ta’ala senantiasa merahmati kita semua,
    Salam ????

    Balas
    • April 6, 2024 pada 22:24
      Permalink

      Sebelum saya mengupas tuntas mengenai buku,tahukah kamu arti dari buku itu sendiri,buku adalah kumpulan tulisan ato gambar yang digabungkan menjadi satu,pepatah mengatakan bahwa “Buku Adalah Jendela Dunia”
      sekilas kita mengartikan buku adalah jendela,sebagai ungkapan akan pentingnya buku karena memberikan banyak pengetahuan kepada manusia,tapi sekarang ditengah arus informasi digital orang terkadang lebih memilih menggunakan digital daripada buku padahal kalo ditelaah lebih jauh lagi,ada perbedaan yang terkandung didalamnya .
      . Internet : dalam menampilkan informasi lebih menarik (tapi sayangnya tidak didukung dengan keakuratannya) beda lagi klo
      . Buku : dalam menampilkan informasi kurang menarik ( tapi lebih akurat) karena buku adalah sumber utama dalam penulisan karya ilmiah.

      by. Nama Verlita Anggraini Putri
      Sekolah Smpn 19 surabaya
      No peserta 720
      Judul Proyek Pemanfaatan Limbah
      Cangkang Telur
      Saya sudah mengolah limbah cangkang telur sebanyak 3,400 kg dengan jumlah keseluruhan proyek 14,4 ton

      Balas
  • April 3, 2024 pada 10:10
    Permalink

    Kadang-kadang, kamu membaca buku dan itu memenuhi kamu dengan semangat evangelis yang aneh ini, dan kamu menjadi yakin bahwa dunia yang hancur tidak akan pernah disatukan kembali kecuali dan sampai semua manusia yang hidup membaca buku itu.

    Nama: Khansa Ghaisani Belva S.
    Sekolah: SMPN 12 Surabaya
    no peserta: 656

    Balas
    • April 17, 2024 pada 18:15
      Permalink

      Buku adalah jendela dunia, dengan membaca buku kita dapat menjadi apa yang kita inginkan

      Nama: Nevan Azka Fiardy
      Sekolah: SMPN 1 SBY
      No. Peserta: 361
      Proyek Nevan adalah organic waste bank, mengubah sampah menjadi cuan

      Balas
  • April 3, 2024 pada 10:47
    Permalink

    trimakasihhh untuk semua penulis, Karna karya mu ini saya bisa membaca dan mengetahui sesuatu yg saya belum mengetahui hal itu

    Balas
  • April 3, 2024 pada 11:06
    Permalink

    Buku memang jendela dunia. Kita bisa mendapat informasi dan pengetahuan jika membaca buku.Dengan buku kita juga bisa berimajinasi tentang apapun yang kita baca.

    Raisa Azzahra Praminda
    SDN Pacarkeling V/186 Surabaya
    No. Peserta 400
    Proyek Budidaya Sirih Cina (liar terabaikan tapi bermanfaat)

    Balas
  • April 3, 2024 pada 12:30
    Permalink

    Nama : Athifa Hayu K.
    Sekolah : SMPN 16 SURABAYA
    Nomor peserta : 684
    Penjelasan singkat mengenai proyek lingkungan yang sedang dikembangkan : (Pengurangan Sampah Plastik) Pengurangan sampah plastik adalah tindakan yang dilakukan untuk mengurangi sampah plastik menumpuk di sekitar rumah dan lingkungan sekolah. Mengurangi sampah plastik dapat dimulai dari diri kita sendiri dengan menyimpan sampah plastik yang kita dapat

    Balas
    • April 3, 2024 pada 13:15
      Permalink

      Buku adalah jendela dunia, dengan membaca buku kita bisa memperoleh wawasan yang sangat luas..

      Nama : Najwa khaira Wilda Firdian
      Asal sekolah : SDN Petemon Surabaya
      No peserta : 440
      Nama proyek : budidaya bawang dayak

      Dengan adanya proyek ini saya ingin masyarakat lebih mengetahui tentang beragam banyak manfaat bawang dayak bagi kesehatan….

      Balas
  • April 3, 2024 pada 15:12
    Permalink

    Nama : Apriliani Ardiningrum Umariswati
    Sekolah : SMPN 16 Surabaya
    Nomor Peserta : 682
    Judul proyek : kegiatan memilah pilih sampah plastik

    Kegiatan tersebut adalah upaya untuk mengurangi sampah plastik dan mengumpulkan sampah plastik jika telah terkumpul maka akan dijadikan sebagai produk

    Balas
  • April 3, 2024 pada 17:26
    Permalink

    Buku adalah cendela ilmu bagi kita semua.
    Salam Bumi Pasti Lestari.

    #tunashijauid
    #seleksi1pangputlh2024
    #pangputlh2024
    #pangputlh2024_335
    #sdntambaksari1_kristianmarcellokrisbianto
    #pangeranputrilh2024sd

    Balas
  • April 3, 2024 pada 17:50
    Permalink

    ???? “Buku adalah bentuk akhir dari ekspresi diri. Buku dapat mengubah hidupmu, mendiskusikan minatmu, dan menjadi sahabat dalam waktu singkat.”
    HALO SOBAT HIJAU!!????????????????????????
    Nama : Shesilia Putri Salsabilla
    asal sekolah : SMPN 45 Surabaya
    no. peserta : 523
    judul proyek : Daur Ulang Plastik Mie Instan Menjadi Tas
    ????Sobat hijau saya memilih proyek ini bertujuan untuk mengurangi sedikit demi sedikit sampah plastik berupa bungkus mie instan. Lalu saya membuat dan saya hasilkan berupa kerajinan atau karya berupa tas yang terbuat dari bungkus mie instan.
    ????Tetap semangat sobatt dan tetap jangan lingkungan kalian

    Balas
  • April 3, 2024 pada 17:52
    Permalink

    “Buku adalah bentuk akhir dari ekspresi diri. Buku dapat mengubah hidupmu, mendiskusikan minatmu, dan menjadi sahabat dalam waktu singkat.”
    HALO SOBAT HIJAU!????????????????????????????????
    Nama : Shesilia Putri Salsabilla
    asal sekolah : SMPN 45 Surabaya
    no. peserta : 523
    judul proyek : Daur Ulang Plastik Mie Instan Menjadi Tas
    Sobat hijau saya memilih proyek ini bertujuan untuk mengurangi sedikit demi sedikit sampah plastik berupa bungkus mie instan. Lalu saya membuat dan saya hasilkan berupa kerajinan atau karya berupa tas yang terbuat dari bungkus mie instan. Tetap semangat sobatt dan tetap jangan lingkungan kalian

    Balas
  • April 3, 2024 pada 20:37
    Permalink

    Buku adalah gudang ilmu dan jembatan ilmu. Untuk itu teman-teman ayo kita rajin membaca buku.

    Nama: Abdullah Fattah Ghazali
    Asal sekolah: SDN PACARKELING V
    No peserta: 207
    Judul proyek: Budidaya Cabe (BUCA)

    Balas
    • April 5, 2024 pada 09:13
      Permalink

      Dengan buku kalian dapat mengetahui berbagai pengetahuan baru. Mari kita tingkatkan minat baca di Indonesia mulai dari diri sendiri

      Nama: Esterina Christyn Febyanti Suharto
      No: 758
      Asal sekolah: SMPN 23 Surabaya
      Judul proyek: Mengolah kohe kambing menjadi pupuk kompos

      Balas
    • April 5, 2024 pada 20:06
      Permalink

      Nama: Fredella Anya carrissa
      Nomor peserta:266
      Sekolah :SDN Margorejo 1\403 Surabaya
      Judul proyek: BUCUR
      (Budidaya Tanaman Kencur )

      Proyek saya yaitu membudidayakan tanaman kencur.
      Target saya yaitu menanam kencur sebanyak 4250 kencur.
      Aksi yang akan saya lakukan adalah, saya akan mengajak teman di sekolah mau pun diluar sekolah untuk menanam tanaman kencur sebanyak-banyaknya.
      Saya juga akan mengajak warga, RT, RW ditempat saya tinggal.
      Pengembangan proyek mengajak lebih banyak lagi orang orang untuk menanam kencur.
      Harapan dari proyek saya memaksimalkan tanaman kencur supaya memberikan manfaat bagi seluruh orang.
      Tujuan untuk di jadikan sebagai tanaman apotik hidup, untuk mengurangi global warming, untuk memaksimalkan tanaman kencur supaya memberikan manfaat bagi seluruh orang.

      Balas
  • April 3, 2024 pada 20:39
    Permalink

    Buku itu adalah gudangnya ilmu pengetahuan
    Nama: Nabila Mahira Putri
    No.Peserta: 292
    Sekolah: SDN MARGOREJO 1/403 SURABAYA
    Judul proyek: Self Watering System For Plants dengan memanfaatkan limbah sampah botol plastik.
    Penjelasan singkat proyek: Saya memilih proyek ini karena sangat ramah lingkungan,kita menggunakan kembali botol plastik bekas air mineral yang terbuang percuma untuk dijadikan sesuatu yang bermanfaat seperti pot sumbu pada budidaya tanaman.

    Balas
  • April 3, 2024 pada 20:52
    Permalink

    Nama : Laurensia Cashmyra Emanuella
    No peserta : 182
    Asal sekolah : SDN KEBONSARI I
    Judul proyek: jelantah mu selamatkan bumi ku( pengolahan minyak jelantah)

    Alasan saya memilih proyek ini adalah karena dirumah saya sering ada sisa minyak jelantah dan biasa nya dikumpulkan di sekolah.saua ingin mengolah limbah minyak jelantah menjadi lebih ekonomis dan aman , minyak jelantah akan saya olah menjadikan lilin dan sabun..

    Balas
  • April 3, 2024 pada 20:59
    Permalink

    Nama: Alisya Shifra Athalia
    Asal sekolah: SMPN 42 SURABAYA
    No.peserta: 940
    Judul proyek: handliya Aloe Vera (handsanitizer lidah buaya/Aloe Vera

    Kenapa sih memilih proyek itu?
    Jadi sobat hijau, saya memilih proyek itu karna di lingkungan saya banyak anak anak yang malas untuk cuci tangan dengan sabun, maka hal itu saya berfikir akan membuat handsanitizer ini untuk di pakai mencuci tangan yang lebih praktis dan bisa di bawa kemana². Dan handsanitizer lidah buaya ini juga banyak manfaatnya loh, 1. sebagai pembersih tangan, 2. Meredakan rasa gatal akibat gigitan nyamuk, 3. Pembersih kacamata, handphone dan jam tangan, 4. Sebagai deodoran, 5. Mensterilkan luka, dan masih banyak lagi.

    Balas
  • April 3, 2024 pada 23:53
    Permalink

    Rajin membaca merupakan pembuka wawasan luas. Buku adalah jendela dunia. Dimana kita mengetahui apapun dengan “Membaca Buku”.

    Nama : Asyiffa Wijaya Architasari
    No.Peserta : 370
    Asal Sekolah : SDN PacarKeling V Surabaya
    Judul Proyek : Budidaya Cabe Rawit (CBR)

    Balas
  • April 4, 2024 pada 09:22
    Permalink

    Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku wawasan kita luas dan kaya ilmu.

    Nama : Achmad Al Farizy
    Sekolah : SDN Wonokusumo VI/45 Surabaya
    Nomor Peserta : 341
    Proyek lingkungan yang dikembangkan: *Kripik Pak Eko* (Kreasi Apik Pakai Ecobrick)
    Sebuah inovasi untuk mengurangi sampah plastik dengan mengolahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat.

    Balas
  • April 4, 2024 pada 11:17
    Permalink

    MOCHAMMAD RAFFI ALEA KALEVI, SD ISLAM AL AZHAR KELAPA GADING SURABAYA, 011,saat ini saya sedang mengembangkan proyek lingkungan hidup berupa budidaya bunga telang, proyek yang sedang saya kembangkan adalah sosialisasi kepada warga, warga yg telah saya sosialisasi sudah berjumlah 2 orang, saat ini saya telah menghasilkan 53 pot biji bunga telang

    Balas
  • April 4, 2024 pada 11:21
    Permalink

    Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku kita memiliki banyak pengetahuan dan wawasan kita akan luas kaya ilmu

    nama: Fairuz Zahirah Rizki Putri
    asal: SMP Negeri 12 Surabaya
    no peserta: 652
    judul proyek lingkungan hidup adalah “Mengolah Limbah Sayur dan Buah untuk POC”

    Balas
  • April 4, 2024 pada 11:24
    Permalink

    Proud to be Moslem,
    banyak baca buku jadi makin banyak tahu,
    menulislah dan jadilah abadi…

    Intip juga proyek maggotku sebagai pakan ternak dan juga pengurai sampah organik yang semakin menumpuk, berbau, merusak pemandangan dan lingkungan serta berpotensi meledak akibat gas metana yang dikandungnya harus segera diatasi untuk lingkungan yang lebih baik.

    Semangat mengurai sampah organik dengan #maggotbyDW

    Dewangga Kasyafa Prestian
    SD Al Hikmah Surabaya
    No.urut : 001
    Proyek Maggot BSF by DW
    Si Pengurai Sampah Organik

    Balas
  • April 4, 2024 pada 12:10
    Permalink

    Website tentang buku ini memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan dan menginspirasi. Penulis berhasil menyampaikan pesan pentingnya buku dan membaca dengan cara yang menarik dan bermakna. Saya yakin website ini akan memberikan nilai tambah bagi pembacanya.

    Nama : Devina Agustin Ramadhani
    Sekolah : SMPN 19 Surabaya
    Nomor Peserta : 718
    Penjelasan singkat proyek lingkungan yang sedang ke kembangkan : Air limbah leri adalah air sisa dari proses pencucian beras atau nasi. Proyek-proyek ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif dari pembuangan air limbah leri yang tidak dikelola dengan baik, serta memanfaatkan potensi nutrisi dan bahan organik yang terkandung di dalamnya dengan cara pembuatan pupuk organik cair ( POC ) Dengan demikian, air limbah leri dapat dikelola secara lebih berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

    Balas
  • April 4, 2024 pada 13:25
    Permalink

    Buku adalah jembatan ilmu bagi kita…
    Slalu membaca buku akan banyak ilmu dan pembelajaran yg akan kita dapat, dengan ini kita bisa menjadi orang yg jenius…

    Nama : Keyzha Syafa Difynia
    Sekolah : Sdn Pacarkeling V/186
    No peserta : 384
    Nama proyek : budidaya tanaman kunyit menjadi minuman herbal

    Balas
  • April 4, 2024 pada 14:09
    Permalink

    Judul proyek:pengolahan sampah botol plastik
    Alasan saya memilih proyek ini adalah saya masih melihat banyak sampah dilingkungan rumah saya makadari itu saya berinisiatif mengolah samaph botol menjadi barang yg bermanfaat dan memiliki nilai jual

    Balas
  • April 4, 2024 pada 16:01
    Permalink

    Halo sobat hijau..
    Perkenalkan ????
    Nama : Anindya Nataneila Ramadhani
    Sekolah : SMP Negeri 9 Surabaya
    No peserta : 1196

    Saya adalah peserta seleksi Putri Lingkungan Hidup 2024. Saya akan menjelaskan tentang proyek saya.
    Proyek lingkungan hidup tentang menggambar saya adalah cara kreatif dan menyenangkan untuk mengedukasi orang tentang keindahan alam dan pentingnya menjaga lingkungan.

    Balas
  • April 4, 2024 pada 16:50
    Permalink

    Tidak heran mengapa ada sebuah pepatah yang mengatakan “buku adalah jendela dunia” ternyata betul buku banyak mengajarkan hal baik kepada kita, dan juga kita harus bersyukur sebagai umat muslim kita di beri sosok Nabi Muhammad SAW sebagai sosok yang dapat kita contoh.

    Nama : Safir nadia farhana
    Asal sekolah : SMPN 44 Surabaya
    No.peserta : 1000
    Penjelasan singkat mengenai proyek pangput :

    “Pengolahan sabut kelapa menjadi pupuk organik cair (POC)”, untuk membuat pupuk organik cair dari sabut kelapa membutuhkan proses fermentasi selama 3minggu. Saya mengambil proyek ini di karenakan lingkungan rumah saya berdekatan dengan pasar dan pedagang kelapa dan saya banyak melihat sabut kelapa di buang sembarangan, dibakar dan itu dapat merusak lingkungan. Jadi saya berinisiatif menggunakan sabut kelapa itu menjadi pupuk organik cair (poc).

    Balas
  • April 4, 2024 pada 16:51
    Permalink

    Tidak heran mengapa ada sebuah pepatah yang mengatakan “buku adalah jendela dunia” ternyata betul buku banyak mengajarkan hal baik kepada kita, dan juga kita harus bersyukur sebagai umat muslim kita di beri sosok Nabi Muhammad SAW sebagai sosok yang dapat kita contoh.

    Nama : Safira nadia farhana
    Asal sekolah : SMPN 44 Surabaya
    No.peserta : 1000
    Penjelasan singkat mengenai proyek pangput :

    “Pengolahan sabut kelapa menjadi pupuk organik cair (POC)”, untuk membuat pupuk organik cair dari sabut kelapa membutuhkan proses fermentasi selama 3minggu. Saya mengambil proyek ini di karenakan lingkungan rumah saya berdekatan dengan pasar dan pedagang kelapa dan saya banyak melihat sabut kelapa di buang sembarangan, dibakar dan itu dapat merusak lingkungan. Jadi saya berinisiatif menggunakan sabut kelapa itu menjadi pupuk organik cair (poc).

    Balas
  • April 4, 2024 pada 16:52
    Permalink

    Tidak heran mengapa ada sebuah pepatah yang mengatakan “buku adalah jendela dunia” ternyata betul buku banyak mengajarkan hal baik kepada kita.

    Nama : Safira nadia farhana
    Asal sekolah : SMPN 44 Surabaya
    No.peserta : 1000
    Penjelasan singkat mengenai proyek pangput :

    “Pengolahan sabut kelapa menjadi pupuk organik cair (POC)”, untuk membuat pupuk organik cair dari sabut kelapa membutuhkan proses fermentasi selama 3minggu. Saya mengambil proyek ini di karenakan lingkungan rumah saya berdekatan dengan pasar dan pedagang kelapa dan saya banyak melihat sabut kelapa di buang sembarangan, dibakar dan itu dapat merusak lingkungan. Jadi saya berinisiatif menggunakan sabut kelapa itu menjadi pupuk organik cair (poc).

    Balas
  • April 4, 2024 pada 18:31
    Permalink

    Bunda juga suka membaca buku dan kata bunda dengan membaca buku kita akan jadi banyak pengetahuan dan berdampak positif
    Aku Cecilia Farah Calysta siswi dari Smpn43 Surabaya no peserta 980 dengan proyek PJKA Peduli Jelantah Kita bisa
    Memilih minyak jelantah Krn minyak Jelantah banyak ditemui dimasyarakat.tujuannya Cecil ingin sosialisasi tentang bahayanya minyak jelantah selain itu minyak jelantah bisa dimanfaatkan untuk banyak hal.
    #tunashijauid
    #seleksi1pangputlh2024
    #pangputLh2024
    #panputLh2024_980
    #SMPN43surabaya_Cecilia Farah calysta
    #Pangeranputrilh2024smp

    Balas
  • April 4, 2024 pada 21:56
    Permalink

    Buku adalah jendela dunia
    Dengan membaca buku , kita bisa mendapatkan beragam pengetahuan yang belum kita ketahui

    Nama: Nysrina Aqella
    Asal Sekolah: SMPN 23 Surabaya
    No Peserta: 764
    Judul Proyek: Handycrafts Kain Perca

    Handycrafts Kain perca adalah suatu kerajinan tangan yang dibuat dari bahan dasar limbah kain perca. Kain Perca adalah kain sisa potongan dari pabrik atau garmen yang memproduksi pakaian, sprei dan lain sebagainya yang menggunakan bahan dasar kain. Pada proyek saya kali ini saya akan mengurangi limbah kain perca tersebut agar tidak menumpuk terlalu banyak dengan cara membuat kerajinan tangan yang terbuat dari kain perca.

    Balas
  • April 5, 2024 pada 08:12
    Permalink

    Salamm bumi pasti lestarii

    Haloo semuaa perkenalkan saya Aditya Wardana Putra saya berasal dari SMP Negeri 40 Surabaya dengan nomor peserta 473 dan proyek saya yang berjudul larutan sejuta manfaat atau yang biasa disebut dengan “ECO ENZYME”

    Semoga saya bisa menjalankan seleksi pertama dengan baik dan lancar. Aamiin

    Balas
  • April 5, 2024 pada 10:21
    Permalink

    Buku adalah jendela dunia, mari kita budayakan gemar membaca
    Muhammad Haniadrian Wibowo
    SDN Jambangan I/413 Surabaya
    No 069
    Proyek saya adalah budidaya sambung nyawa. Sambung nyawa sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan kita, diantaranya mencegah penyakit ginjal, melindungi jantung, mengatasi diabetes dll. Jadi saya mengajak teman² dan warga sekitar rumah untuk menanam dan membudidayakan sambung nyawa

    Balas
  • April 5, 2024 pada 12:00
    Permalink

    Buku adalah jendela dunia dengan membaca buku kita akan jadi banyak pengetahuan.

    Nama peserta: Najwa Elmira Mutiara Ramadhani
    Asal sekolah: SMPN 23 Surabaya
    No urut peserta: 760
    Judul proyek : Bucin (Budidaya Cincau)

    Balas
  • April 5, 2024 pada 12:06
    Permalink

    Semakin banyak membaca buku maka semakin banyak pengetahuan yg kita dapat.karna buku adalah jendela dunia

    Azka Sangaji Jiwo Panuntun
    SDN BANJARSUGIHAN V/617 SURABAYA
    No. 015

    Proyek saya disini yaitu pembuatan pupuk organik cair POC dari limbah rumah tangga seperti sayur2an bekaa, buah2an dan sampah tanaman. POC bisa digunakan sebagai alternatif pengganti pupuk kimia yg lebih alami dan memiliki kaya akan manfaat bagi kesuburan tanah dan tumbuhan khususnya.

    Balas
  • April 5, 2024 pada 12:14
    Permalink

    Nama peserta: Angel Fredella Arfiansyah
    Asal sekolah : SMP NEGERI 23 SURABAYA
    Nomer peserta: 750
    Judul Proyek : “Mendaur Ulang Sampah Plastik”

    Halo sobat hijau perkenalkan nama Saya Angel, disini saya akan menjelaskan pengertian mendaur ulang yang menjadi proyek saya, Mendaur ulang atau yang biasa disebut dengan Recycle yaitu kegiatan mengolah kembali Sampah atau produk Sekali pakai atau Produk habis pakai menjadi produk baru kembali yang bermanfaat.

    Balas
  • April 5, 2024 pada 12:45
    Permalink

    Buku adalah jendela informasi
    Buku sangat menginspirasi dan bermanfaat banyak orang
    Ayo baca buku Sobat

    Rasyid Maulana Riffat
    SDN Pacarkeling V Surabaya
    Nomor Peserta: 241

    Proyek : Budiros Nyakman
    (Budidaya Rosella Banyak Manfaatnya)

    Mengikuti seleksi pangeran dan putri lingkungan hidup 2024 adalah pengalaman yang berharga bagi saya, karena semakin banyak ilmu yang saya dapat dan tentunya bermanfaat serta menginspirasi banyak orang

    Salam Bumi Pasti Lestari

    Balas
  • April 5, 2024 pada 14:03
    Permalink

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Hai Sobat Hijau

    Nama : MUHAMMAD KHABIBI NUR ROKHMAN
    Sekolah : SDN BANJARSUGIHAN V/617 SURABAYA
    No.Peserta : 017

    Betul Sekali Buku merupakan Jendela Dunia karena dengan buku dan membacanya kita bisa mengetahui serta dapat memperoleh informasi tentang segala hal yang sangat bermanfaat bagi kita semua.

    Dan jangan lupa intip Proyek Lingkungan Hidup Saya yaitu Pengurangan Sampah Plastik untuk pembuatan ecobrick. Disini saya menghimbau dan mengajak orang lain untuk sadar akan bahaya sampah plastik jika tidak dikelola dengan baik, terbuang begitu saja sampai menumpuk sehingga mengakibatkan banjir, bau tidak sedap dan dapat menimbulkan penyakit. Maka dari itu mari kita mengurangi sampah plastik dan menjadikan sesuatu yang bermanfaat untuk pembuatan ecobrick.

    Salam Bumi Pasti Lestari
    Salam Sadar iklim
    Salam Zero waste
    Salam Basuma Jaya Jaya Jaya
    Iki lho areke
    Wes ngeten pull

    Balas
  • April 5, 2024 pada 16:04
    Permalink

    Hai sobat hijau… saya jenoah Xavier Abraham Narendra dari SMPN 61 Surabaya, no peserta 599, saat ini saya sedang mengebangkan proyek olahan bunga telang dan jahe, dengan proyek ini saya akan membuat minuman dan makanan dari bunga telang dan jahe karena bunga telang dan jahe memiliki manfaat yang banyak

    Balas
  • April 5, 2024 pada 17:23
    Permalink

    Buku adalah jendela dunia
    semakin banyak membaca buku semakin banyak pengetahuan yang di dapat
    Nama : SANIA NURRAHMA
    Asal sekolah : SD HANG TUAH 12
    No peserta : 002
    Judul Proyek : Memanfaatkan daun kering penganti bahan bakar migas
    saat ini saya sedang mengembangkan sebuah proyek daur ulang dari daun kering menjadi sebuah penganti bahan bakar migas, karena dilingkungan sekolah setiap hari banyak sampah dedaunan yang berjatuhan, oleh karena itu saya memanfaatkan daun kering sebagai penganti bahan bakar migas supaya lebih bermanfaat.

    Balas
  • April 5, 2024 pada 19:08
    Permalink

    membaca buku itu penting sekali, ayo kita membaca buku

    Nama: Cantika Putri Agita
    Sekolah: SMP Negeri 62 Surabaya
    Proyek: Budi Daya Aloe Vera
    No. Peserta: 1172

    Balas
  • April 5, 2024 pada 20:33
    Permalink

    Nama:fredella Anya carrissa
    Nomor peserta:266
    Sekolah:SDN Margorejo 1\403 Surabaya
    Judul proyek:BUCUR
    BUDIDAYA TANAMAN KENCUR

    Proyek saya kali ini adalah membudidayakan tanaman kencur. Saya mengambil proyek ini karena disekitar rumah saya terdapat tanaman kencur, maka dari itu saya tertarik untuk membudidayakannya. Selain itu menanam tanaman kencur juga cukup mudah dan tanaman kencur juga memiliki banyak kaya manfaat bagi kesehatan tubuh.

    Balas
  • April 5, 2024 pada 20:37
    Permalink

    Dengan membaca kita bisa menjelajah dunia
    Saya Escravadio Triasa Ariffulloh dari SDN KANDANGAN 2, no peserta 089,,,proyek saya adalah budidaya bjnga sepatu untuk dijadikan semir sepatu seduai dengan namanya selain itu banyak manfaat lainnya yg didapat dari bunga sepatu

    Balas
  • April 5, 2024 pada 23:05
    Permalink

    Buku adalah jendela dunia
    Dengan membaca buku , kita bisa mendapatkan beragam pengetahuan yang belum kita ketahui

    nama: Melani putri Maheswari
    sekolah: SMPN 44 Surabaya
    no urut:998

    Balas
  • April 5, 2024 pada 23:42
    Permalink

    Hallo sobat hijauu????????

    Perkenalkan nama saya Merry Gessyah Agatha Wibowo, dari SMP Negeri 36 Surabaya, nomor peserta 890.

    Saat ini saya sedang mengembangkan proyek saya yang bernama BULIBERO

    Apa sih bulibero itu?
    ???? Bulibero adalah singkatan dari Budidaya Lidah Buaya Menjadi Berbagai Olahan. Lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat contohnya nih kesehatan, kecantikan, perawatan rambut dan masih banyak lagi lainnya.

    Sekian dari saya Terimakasih ????????

    Balas
  • April 5, 2024 pada 23:50
    Permalink

    Nama: Prince Khalifa Ratridaffa
    Sekolah: SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya
    Nomor Peserta: 005

    Proyek: My Sella (Gummy Rosella)
    Proyek pembuatan makanan sehat berupa permen jeli yang berbahan baku utama bunga rosella

    Balas
  • April 6, 2024 pada 03:17
    Permalink

    Dengan membaca buku, kita bisa mendapatkan beragam pengetahuan yang belum kita ketahui. Sehingga wawasan kita kian bertambah. Jadi itulah makna buku adalah jendela dunia. Makna tersebut menggambarkan betapa pentingnya buku karena memberikan banyak pengetahuan kepada manusia.

    Balas
  • April 6, 2024 pada 03:19
    Permalink

    Nama : falisha Misha alkhansa
    Sekolah : SDN Rangkah VI Surabaya
    No peserta: 1208
    Judul : briket daun kering
    Dengan membaca buku, kita bisa mendapatkan beragam pengetahuan yang belum kita ketahui. Sehingga wawasan kita kian bertambah. Jadi itulah makna buku adalah jendela dunia. Makna tersebut menggambarkan betapa pentingnya buku karena memberikan banyak pengetahuan kepada manusia.

    Balas
  • April 6, 2024 pada 13:11
    Permalink

    Buku adalah jendela dunia

    Nama: Yuan Krisna Atmadja

    Sekolah: SMPN 19 Surabaya

    Nomor Peserta: 409

    Penjelasan singkat proyek lingkungan yang sedang ke kembangkan: minyak jelantah adalah minyak goreng sisa pemakaian rumah tangga. Proyek-proyek ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif dari pembuangan limbah minyak jelantah yang tidak dikelola dengan baik. Dengan demikian, limbah minyak jelantah dapat dikelola secara lebih berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

    Balas
  • April 7, 2024 pada 10:01
    Permalink

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Salam Bumi pasti lestari✨

    Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku kita dapat mengetahui dan memperoleh informasi tentang segala hal yang bermanfaat. Maka dari itu kita harus menghargai buku.

    Nama : Raihan Jouzu Syamsudin
    Sekolah: SMP Negeri 57 Surabaya
    No peserta: 571
    Judul proyek : PEMANFAATAN LIMBAH KULIT BAWANG PUTIH SEBAGAI PEWARNA SINTETIS DALAM PEMBUATAN TINTA SPIDOL.
    Dengan adanya proyek pangputlh saya ini saya dapat mengurangi pembuangan limbah, mengurangi emisi gas metana sehingga menghambat laju global warming, mengurangi penggunaan bahan kimia pada tinta spidol yang dapat merusak pernafasan, kerusakan otak permanen, kerusakan hati, ginjal dan sistem saraf pusat. Rencana kedepan proyek saya ( mengumpulkan kulit bawang putih 150 kg, melakukan grebeg pasar, mengajak seluruh warga SMPN 57/Ibu ibu pkk Siwalankerto untuk mengumpulkan kulit bawang putih ). Dan juga harapannya tinta spidol yang saya buat dapat digunakan di SMPN 57 Surabaya serta dapat diproduksi secara masal dan dipasarkan untuk umum.

    Balas
    • April 7, 2024 pada 12:52
      Permalink

      wahhh wahh kerenn sekalii. dengan membaca buku kita dapat mengetahui informasi informasi yang sebelumnya belum kita ketahui nihh..oleh karena itu kita haruslah tetap menghargai buku yaa…

      haii sobatt hijauu perkenalkan kembali nama saya Zahra Zahiyah Pasah dengan nomor peserta 1098 dari smp negeri 57 surabaya. Saat ini saya sedang mengembangkan proyek saya yaitu “obat nyamuk elektrik ramah lingkungan dengan memanfaatkan ekstrak lidah buaya”. Disini saya awalnya membudidaya lidah buaya sehingga dengan keberhasilan tersebut saya membuat sebuah produk obat nyamuk elektrik tanpa bahan kimia dan tidak menimbulkan efek samping untuk lingkungan maupun kesehatan lohh sobat hijau.

      Balas
  • April 7, 2024 pada 18:18
    Permalink

    Malam…. sahabat tunas Hijau.
    Nama : ABDIE PUTRA DARMAWAN
    Sekolah : SDN SAMBIKEREP 2
    No urut : 277
    Proyek : pemanfaatan sampah organik menjadi kompos

    bangga menjadi salah satu dari umat nabi Muhammad yang ditinggali Al-Qur’an dan Al-hadist sebagai pedoman hidup,dan untuk para ilmuwan yang telah menuliskan sejarahnya didalam sebuah buku terima kasih dengan buku-buku tersebut bisa menjadi pengetahuan yang sangat berharga bagi anak² muda khususnya para pelajar.

    Balas
  • April 9, 2024 pada 09:34
    Permalink

    Nama : Syamsa Arundina
    Sekolah : SDN Gayungan 1/422 Surabaya
    No. Peserta : 064
    Judul Proyek : Budidaya Bawang Dayak

    Assalamualaikum,
    Saya sangat bersyukur karena dengan adanya buku, kita dapat mengetahui hal-hal yang tidak kita ketahui.

    Balas
  • April 9, 2024 pada 19:38
    Permalink

    Nama:raissa dzaky alaydrus
    Sekolah:smpn 47 surabaya
    No peserta:553
    Saya ingin menjelaskan tentang proyek saya yaitu pemanfaatan lacuras(limbah air cucian beras) sebagai poc(pupuk organik cair)

    Balas
  • April 13, 2024 pada 15:20
    Permalink

    Buku adalah jendela dunia.semakin banyak kita membaca Buku semakin luas wawasan kita.maka kita harus merawat, melestarikan dan tidak merusak buku.di dalam buku banyak ilmu ilmu yang berguna dan bermanfaat.

    Nama: Akbar Jamaludin Mustofa
    No.peserta:395
    Kelompok lomba: pangeran smp
    Proyek: pestisida ramah lingkungan
    Sekolah: SMP Negeri 12 Surabaya

    Balas
  • April 14, 2024 pada 21:23
    Permalink

    Sangat menarik,karena buku adalah jendela Dunia
    Nama : Niken wulan Ramadhani
    Sekolah: SMPN 24 Surabaya
    No peserta:780.
    Proyek : MPnzym waste
    Merupakan pengolahan sampah organik menjadi eco enzym serbaguna yang bermanfaat bagi lingkungan maupun kehidupan
    Terimakasih

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *