Menggapai Puasa Fitri

Puasa adalah menahan nafsu dua anggota badan, perut dan alat kelamin sehari penuh, sejak terbitnya fajar kedua sampai terbenamnya matahari dengan disertai niat. Puasa adalah salah satu kewajiban kaum muslimin,  setiap kewajiban yang berasal dari Allah Subhanahuwata’ala pasti akan berguna bagi manusia dan berguna bagi alam semesta.

Dari referensi kedokteran menyebutkan bahwa puasa berarti mengistirahatkan saluran pencernaan beserta enzim dan hormon. Saat tidak berpuasa, enzim dan hormon tersebut biasanya bekerja untuk mencerna makanan terus-menerus selama kurang lebih 18 jam. Dengan berpuasa, organ vital ini dapat istirahat selama 14 jam. 

Puasa dapat meremajakan sel-sel tubuh. Saat puasa, organ tubuh berada pada posisi rileks, sehingga mempunyai kesempatan untuk memperbarui sel-selnya. Oleh karenanya makanan yang masuk harus baik, dalam jumlah dan kualitasnya, tidak asal makanan. Jadi makanan yang masuk ke tubuh kita harus betul betul halal dan thoyib.

Sabda  Rasulullah dalam hadits disebutkan, “Tidaklah sekali-sekali manusia memenuhi sebuah wadah pun yang lebih berbahaya dari perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap makanan untuk menegakkan tubuhnya. Jika ia harus mengisinya, maka sepertiga (bagian lambung) untuk makanannya, sepertiga lagi untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk napasnya (udara).” (HR. Tirmidzi).

Dn  firman Alllah Subhanahuwata’ala: “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf: 31).

Sesuai sunah Rasulullah Muhammad Sollallahu ‘Alaihi Wasallam dan firman Allah Subhanahuwata’ala maka semestinya kita hanya membeli apa-apa yang dibuat oleh kerabat muslim yang menggunakan bahan bahan lokal, halaL dan thoyib. Puasa kita akan memberi barokah bagi kaum muslimin semua dan akan mempererat persaudaraan. Lebih jauh kalau ini bisa terjadi ke seluruh masyarakat muslim dunia akan penuh barokah. Dan kita hanya makan sahur dan buka saja atau sehari hanya makan 2 kali saja, kalau lebih dari itu sama saja dengan hari biasa, organ tubuh tetap bekerja seperti hari hari biasa. Puasa yg menyehatkan bisa gagal.

Allah Subhanahuwata’ala berfirman: “Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan.” (QS. Al Isro’: 26-27).

Ayat ini jelas bahwa Allah Subhanahuwata’ala melarang kita berlebihan dan menghambur-hamburkan makanan yang kita miliki.

Lebih jauh dari kajian FAO menyebutkan bahwa sampah makanan berkonstribusi pada perubahan iklim. FAO memperkirakan bahwa sepertiga dari produksi pangan global akan terbuang atau hilang. Limbah makanan itu menguras potensi sumber daya alam yang besar, namun justru menjadi kontributor terhadap dampak lingkungan yang negatif.

Setelah berada di tempat pembuangan sampah, makanan rusak akan menghasilkan gas metana. Metana 23 kali lebih kuat daripada CO2 untuk menyumbang pembentukan emisi gas rumah kaca yang memberikan kontribusi besar terhadap perubahan iklim saat ini. Menurut FAO, sampah makanan memberikan kontribusi sebesar 8% emisi GHG (Green House Gas).

Jadi puasa yang diharapkan adalah kita makan makanan halal, thoyib, tidak berlebihan dan HANYA 2 X. Kemudian secara spiritual kita mengikuti tuntunan Nabi Muhammad seperti taraweh, tadarus, tadabur, maka puasa kita menuju fitri.

Selamat berpuasa Ramadhan. Jangan limbahkan makanan.

Penulis: Amien Widodo

6 thoughts on “Menggapai Puasa Fitri

  • April 4, 2024 pada 09:03
    Permalink

    Nama : Alvaro Tristan Cetta Purnama
    Sekolah : SDN KALIASIN 1/280 SBY
    No. Peserta Pangput LH 2024 : 077
    Proyek : “Biopori (Lubang Resapan Biopori)
    Lubang resapan biopori adalah lubang resapan yang di buat ke dalam tanah berdiameter 10-30 cm dengan kedalaman 60-100 cm bertujuan untuk mengurangi genangan air, mencegah banjir dan menyuburkan tanah di saat kemarau.
    Proyek saya ini menggunakan sampah plastik bekas seperti galon plastik untuk membuat alat resapannya.

    Balas
    • April 5, 2024 pada 20:09
      Permalink

      ehhh… puasa udah tinggal berapa hari lagi yah 🙁 jadi kangenn hbis ini lebaran yah 🙁 hmm…
      nanti lebaran bikin apa yah?? enaknya bikin juss lidah buayaa ga sihh, enak itu loo kemarin aku bikin yang es nya aja udah behh segernyaaa

      eh iya perkenalan nama saya FANI ANGGRAENI NABILA PUTRI siswi dari SMP NEGERI 56 SURABAYA no urut 1086 proyek saya yaitu DIBA (budidaya aloe barbadensis miller)

      Balas
  • April 4, 2024 pada 09:35
    Permalink

    Alhamdulillah.. Bisa menjalankan ibadah puasa.

    Nama : Achmad Al Farizy
    Sekolah : SDN Wonokusumo VI/45 Surabaya
    Nomor Peserta : 341
    Proyek lingkungan yang dikembangkan: *Kripik Pak Eko* (Kreasi Apik Pakai Ecobrick)
    Sebuah inovasi untuk mengurangi sampah plastik dengan mengolahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat.

    Balas
  • April 4, 2024 pada 19:33
    Permalink

    Puasa salah satu rukun islam.puasa melatih kita agar lebih sabar.saat puasa hendaknya memperbanyak melakukan kebaikan agar Allah melipat gandakan pahala untuk kita.jangan jadi kaum rebahan yaa Teman2
    Aku Cecilia Farah Calysta siswi dari Smpn43 Surabaya no peserta 980 dengan proyek PJKA Peduli Jelantah Kita bisa
    Memilih minyak jelantah Krn minyak Jelantah banyak ditemui dimasyarakat.tujuannya Cecil ingin sosialisasi tentang bahayanya minyak jelantah selain itu minyak jelantah bisa dimanfaatkan untuk banyak hal.
    #tunashijauid
    #seleksi1pangputlh2024
    #pangputLh2024
    #panputLh2024_980
    #SMPN43surabaya_Cecilia Farah calysta
    #Pangeranputrilh2024smp

    Balas
  • April 5, 2024 pada 14:10
    Permalink

    Semoga kita semua diberi kelancaran dalam melakukan ibadah puasa….dan meninggalkan godaan-godaan yang dapat membatalkan puasa,dan di bulan Ramadhan ini pahala kita dilipat gandakan maka dari itu kita harus memperbanyak shalat 5 waktu dan rajin membaca Al-Qur’an

    Haaaai sobat hijau…….

    Nama : Mocha Brilliant Adelia
    No Peserta : 122
    Asal Sekolah : SDN Kandangan 1/121 Surabaya
    Judul Proyek : SO menjadi EE

    Tujuan utama saya dalam membuat proyek ini adalah saya bisa menanggulangi sampah organik yang menumpuk, apalagi sampah organik adalah sarang penyakit

    Sampah organik ini akan saya kelola menjadi cairan eco enzmy.Nah teman-teman eco enzmy adalah cairan hasil fermentasi antara sampah organik seperti kulit buah, sayuran dan lainnya, eco enzmy ini memiliki seribu manfaat.

    Manfaat dari cairan eco enzmy adalah sebagai persediaan kebutuhan rumah tangga (PKRT) yang memiliki sifat ramah lingkungan. Pembuatan Eco enzmy pun sangat mudah hanya membutuhkan sampah kulit buah seperti kulit buah jeruk, nanas dll dan juga membutuhkan gula merah/molase serta air

    Pencapaian saya adalah saya telah mengembangkan beberapa formulasi yang dapat dikombinasikan dengan eco enzmy. Semoga kedepannya saya dapat membuat lebih banyak kombinasi yang lebih bervariasi

    SALAM BUMI PASTI LESTARI

    Balas
  • April 5, 2024 pada 20:19
    Permalink

    Semoga di dalam puasa kali ini amal baik kita dapat di terima oleh ALLAH SWT dan usaha yang kita kerjakan dapat mendapat hasil yang maksimal

    Nama:arifah febriani
    No.urut:754
    Asal sekolah: smpn 23 surabaya
    Proyek pangput saya: budidaya daun kelor

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *